Tak Cuma untuk Kulit Berminyak, 5 Hydrating Toner Ini Juga Anti Jerawat (2022)

Tak Cuma untuk Kulit Berminyak, 5 Hydrating Toner Ini Juga Anti Jerawat (2022)

Kulit kering menimbulkan banyak masalah. Atasi dengan 5 rekomendasi hydrating toner dari BP-Guide, lengkap dengan cara merawatnya!

Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak sering terjadi pada perempuan di negara-negara iklim tropis seperti Indonesia. Hal itu terjadi karena kelenjar sebaceous pada wajah menghasilkan sebum terlalu banyak akibat pengaruh faktor-faktor dari luar sehingga kulit jadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan biang dari jerawat. Tapi, bukan berarti sebum merupakan musuh yang harus dihindari ya. Sebum sebenarnya adalah salah satu elemen yang berfungsi menjaga kulit tetap lembap dan sehat.

Ada beberapa faktor lain yang membuat kulit semakin berminyak, seperti pori-pori membesar, penggunaan produk skincare yang tidak tepat atau berlebihan, lingkungan, melewatkan pelembap. Faktor-faktor tersebut harus kamu kenali dulu, mana yang kira-kira menjadi penyebab utama kulit wajahmu berminyak. Namun, apa pun penyebabnya selalu ada solusi ya untuk melakukan perawatan agar kulitmu tak lagi berminyak.

Cara Dasar Merawat Kulit Berminyak

Agar kulitmu menjadi sehat kembali, kamu perlu memahami cara-cara dasar di bawah ini.

Mengatur Pola Makan

Menu pola makan tak hanya berdampak bagi tubuh, tetapi juga kulit wajah. Agar kulit wajah tidak memproduksi minyak berlebih, ada baiknya untuk menghindari makanan yang tinggi lemak, goreng-gorengan, makanan tinggi gula, junk food, dan semacamnya. Sebaliknya, perbanyak mengonsumsi sayur dan buah segar. Vitamin yang terdapat dalam sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan kulit. Agar kulitmu senantiasa terhidrasi, jangan lupa untuk rajin konsumsi air putih ya.

Rutin Melakukan Double Cleansing

Mencuci muka sebanyak dua tahap atau double cleansing akan memberikan hasil bersih yang lebih optimal. Kamu bisa melakukan double cleansing saat malam hari sebelum tidur atau sore hari setelah seharian beraktivitas.

Tahap pertama dalam double cleansing adalah membersihkan wajah dengan cleanser, seperti cleansing oil, milk cleanser, atau micellar water. Tahap pertama ini berfungsi untuk membersihkan wajahmua dari kotoran yang menyumbat pori-pori. Tahap kedua menggunakan sabun muka. Menggunakan sabun yang lembut sangat direkomendasikan. Busa yang lembut akan membersihkan pori-pori wajah lebih tuntas.

Menghindari Produk Comedogenic

Produk-produk bersifat comedogenic berarti produk tersebut memicu timbulnya komedo atau menyumbat pori-pori kulit. Pilih produk yang berlabel non-comedogenic pada kemasan. Jika tidak ada, kamu perlu perhatikan bahan dasar produk yang akan kamu beli. Produk-produk comedogenic biasanya mengandung shea butter, minyak kelapa, olive oil, dan masih banyak lagi.

Menggunakan Toner

Tak hanya baik untuk kulit berminyak, toner juga berfungsing untuk menenangkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi, terutama bagi kamu yang sudah beraktivitas seharian. Pilih toner yang mengandung astringent alami, yang bermanfaat untuk mengatur produksi sebum pada wajah dan membantu mengecilkan pori-pori.

Menggunakan Pelembap dan Sunscreen

Pelembap tak hanya berfungsi melembapkan kulit kering, tetapi juga membantu merawat kulit berminyak. Tentu kamu harus memilih pelembap yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak. Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih produk pelembap. Tak hanya baik untuk kulit berminyak, lidah buaya juga bermanfaat untuk menenangkan kulit yang berjerawat sekalipun.

Setelah menggunakan pelembap, jangan lupa juga untuk mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya pada wajah. Paparan sinar matahari yang terlalu lama, terutama pada siang hari, akan merusak lapisan pelindung kulit, serta mempercepat penuaan.

Memilih Hydrating Toner untuk Kulit Berminyak

Sebelum membeli produk toner, simak dulu 3 poin di bawah ini ya, dear.

Mengandung Bahan-bahan Alami

Toner yang mengandung bahan-bahan alami dapat memberikan hasil optimal dalam perawatan kulit. Toner dengan kandungan aloe vera, tea tree, willow bar, witch hazel, lavender, juga sage, rupanya sangat baik untuk masalah kulit berminyak. Bahan-bahan tersebut dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah sehingga kelembapan kulit terjaga keseimbangannya.

Pilih Toner dengan Kandungan Zinc

Zinc pada toner berfungsi untuk mengontrol produksi minyak atau sebum pada kulit. Tak hanya itu, kulit akan terjaga kelembapannya sehingga skincare lain yang kamu pakai akan dapat diserap kulit dengan optimal.

Hindari Toner yang Mengandung Alkohol

Beberapa produk toner untuk kulit berminyak diformulasikan dengan alkohol. Ada baiknya, kita menghindari produk-produk tersebut. Kandungan alkohol dalam toner, dapat membuat kulit kering. Hal ini bisa berpengaruh pada keseimbangan produksi minyak alami kulit. Jadi kamu bisa memilih produk hydrating toner yang berlabel alcohol-free ya, dear.

Bikin Bebas Kilap dan Jerawat, 5 Toner Ini Wajib Kamu Coba

Avoskin Refining Toner

Avoskin Refining Toner merupakan hydrating toner yang mengandung emollient agent yang berfungsi untuk mengentalkan konsistensi produk agar partikel produk tersebut dapat mengisi celah pada sel-sel kulit. Hydrating toner ini tak hanya melembapkan kulit berminyak, tapi juga memberikan kelembutan setelah pemakaian.

Avoskin Refining Toner memiliki kandungan 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA, juga bahan alami seperti tea tree dan witch hazel, yang memaksimalkan eksfoliasi kulit tanpa membuatnya kering. Hydrating toner bebas alkohol ini juga membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat, meratakan warna kulit, dan mengecilkan pori-pori.

Harga Rp. 100.000-190.000

COSRX CENTELLA WATER

COSRX merupakan brand asal Korea yang namanya cukup cepat dikenal luas. Salah satu produknya yang banyak digandrungi adalah Cosrx Centella Water. Hydrating toner ini mengandung 82% mineral water dari Pulau Jeju dan 10% ekstrak daun Centella Asiatica yang sangat baik untuk kelembapan kulit berminyak dan berjerawat. Tak hanya itu, hydrating toner ini dapat menenangkan kulit dengan kandungan vitamin dan mineralnya, juga menyeimbangkan pH alami kulit.

Cosrx Centella Water tak hanya laris di pasaran Korea Selatan, tetapi juga Indonesia. Hydrating toner ini cukup banyak mendapat review positif dari pemakainya. Bahkan, masuk jajaran produk toner yang banyak dibeli dan dicari. Jika kamu tertarik, kamu bisa menemukan produk ini di berbagai toko online maupun drugstore ya, dear.

Harga Rp. 90.000-150.000

Whitelab Acne Toner

Whitelab Acne Toner diformulasikan khusus kulit cenderung berminyak guna mencegah terjadinya jerawat. Hydrating toner dari Whitelab ini membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah karena menggunakan tea tree sebagai bahan formulasinya. Tak hanya itu, hexamidine pada toner ini juga bermanfaat sebagai anti microbial yang mecegah pertumbuhan bakteri penyebab alergi dan kemerahan. Hexamidine juga berfungsi untuk mengurangi iritasi akibat jerawat.

Whitelab Acne Toner tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui ya. Namun, produk ini sudah bisa dipakai untuk remaja minimal 12 tahun untuk menghaluskan dan melembutkan kulit.

Harga Rp. 27.000-50.000

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner mengandung 3 bahan alami ekstrak, yaitu Allantoin, Calendula, dan Great Burdock. Allantoin merupakan ramuan Eurasi yang telah lama digunakan sebagai obat herbal. Calendula atau bunga Marigold berasal dari Mediterasi yang setiap kelopaknya mengandung keunikan. Great Burdock juga telah digunakan selama berabad-abad untuk kulit. Formulasi 3 bahan ini dapat membantu menyamankan dan merawat area kulit yang bermasalah, terutama untuk jenis kulit berminyak. Hydrating toner ini akan sangat membantu mengurangi produksi minyak wajah yang berlebih sekaligus memberikan kelembapan yang optimal.
Bikin tertarik untuk segera coba ya, dear!

Harga Rp. 105.000-150.000

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner merupakan satu-satunya hydrating toner dengan klaim dapat menyelesaikan masalah kulit dalam 30 hari. Kandungan bahan-bahan aktif dalam produk ini dapat menuntaskan masalah jerawat. Sementara, kandungan AHA, BHA, dan PHA berfungsi sebagai eksfoliator, mengecilkan pori, dan mencerahkan kulit. Tak hanya itu, produksi minyak atau sebum di kulit juga lebih terkontrol. Kulit akan terstimulasi untuk memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk kekenyalan kulit dan mencegah penuaan dini.
Kamu bisa langsung cek marketplace favoritmu jika tertarik dengan hydrating toner satu ini ya, dear!

Harga Rp. 125.000-150.000
From our editorial team

Hydrating toner adalah item wajib perawatan wajah kamu!

Memastikan kulit wajah tetap terawat adalah kewajibanmu setiap saat. Jangan lupakan rutinitas penggunaan hydrating toner untuk membantumu memaksimalkan perawatan kulit wajah ya!