10 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif (2021)

10 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik untuk Kulit Sensitif (2021)

Toner merupakan salah satu produk skincare yang dibutuhkan semua jenis kulit, tak terkecuali kulit sensitif. Nah, tapi kamu wajib berhati-hati dalam memilih toner yang sesuai supaya bisa memberikan hasil yang maksimal. Simak tips memilih hydrating toner terbaik untuk kulit sensitif dan rekomendasinya dari BP-Guide!

Kulit Sensitif Butuh Perawatan yang Ekstra

Kulit sensitif adalah salah satu jenis kulit yang butuh perawatan ekstra. Ini adalah kondisi dimana kulit mudah mengalami iritasi karena beragam faktor. Bisa karena udara, bahan kimia produk kecantikan, polusi, dan lain sebagainya. Agar kulit sensitif tidak mudah kambuh iritasinya maka kamu harus merawat kulit dengan baik dan ekstra hati-hati.

Mereka yang memiliki kulit sensitif sering merasakan keluhan pada kulit. Beberapa contohnya adalah gatal, kering, ruang, beruntusan hingga rasa terbakar atau perih. Biasanya hal ini terjadi usai kulit terpapar aneka faktor pemicu kulit iritasi.

Untuk merawat kulit sensitif, kamu perlu membersihkan wajah secara rutin. Gunakan sabun wajah khusus kulit sensitif. Pilih sabun yang bebas bahan kimia dan jangan menggosok wajah terlalu kuat. Hindari produk dengan kandungan pewangi agar kulit tidak mudah iritasi.

Usai mencuci wajah, jangan biarkan begitu saja. Kamu bisa gunakan toner untuk mengembalikan kelembapan wajah yang hilang usai mencuci wajah. Penggunaan toner tidak bisa disepelekan bagi pemilik kulit sensitif. Kamu disarankan untuk memakai hydrating toner yang lebih maksimal dalam melembapkan wajah.

Kamu juga wajib memakai pelembap supaya kulit tidak mudah kering dan akhirnya jadi iritasi. Kamu bisa oleskan pelembap di wajah secara rutin usai mencuci wajah. Usahakan pelembap kaya akan ceramide, hyaluronic acid, niacinamide, atau petrolatum.

Selain itu, kamu bisa juga melakukan perawatan wajah dengan memakai sederet produk skincare. Namun, pastikan kamu memakai produk khusus untuk kulit sensitif, ya.

Tips Memilih Toner untuk Kulit Sensitif

Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Kulit sensitif memiliki banyak tipe atau jenis. Kamu wajib tahu aneka tipenya supaya bisa memilih toner terbaik untuk kulitmu.

Pertama, ada jenis kulit sensitif berminyak. Ini merupakan kondisi dimana lapisan bagian dalam kulit terlalu kering. Akhirnya, kulit bisa mengeluarkan banyak sebum ke permukaan kulit dengan tujuan menjaga keseimbangan kadar air. Jenis kulit sensitif semacam ini bikin kulit terasa perih dan mudah berjerawat.

Kulit sensitif berminyak bisa diatasi dengan toner yang mengandung ceramide. Kandungan ini bisa melembapkan hingga ke lapisan dalam sehingga kulit tidak akan menghasilkan sebum yang berlebihan. Hindari toner yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Pilih produk yang tulisannya tidak menimbulkan komedo, ya.

Selanjutnya, ada kulit sensitif kering. Jenis kulit ini kerap kemerahan, mengelupas, dan terasa perih. Kamu bisa memakai toner dengan kandungan bahan seperti ceramide karena bisa mempertahankan kelembapan kulit dan bisa menutrisi kulit dengan baik. Bisa juga memilih bahan seperti aloe vera, hyaluronic acid, centella asiatica, hingga rose water untuk tonernya. Aneka bahan tersebut bisa mengatasi kulit sensitif kering dengan tepat.

Nah, jika kulit kamu sensitif karena ketidakseimbangan hormon maka kamu wajib memilih toner yang kandungannya sederhana. Ini akan bisa membantu menetralkan kondisi kulit. Dengan memilih toner dengan formula yang simpel maka bisa mengurangi kemungkinan kerusakan pada kulit. Hindari toner dengan bahan peeling atau anti aging supaya risiko iritasi bisa berkurang.

Hindari Kandungan yang Bikin Iritasi

Poin paling penting untuk diperhatikan adalah kamu wajib menghindari kandungan produk yang bikin iritasi. Kulit sensitif sangat rentan terhadap aneka bahan seperti alkohol, pewangi, pewarna, paraben, essensial oil, dan minyak mineral. Maka dari itu, sebaiknya hindari saja aneka kandungan tersebut agar kulitmu tidak iritasi.

Pilih Kemasannya

Kamu juga perlu memilih kemasan hydrating toner. Jika kamu masih dalam tahap mencoba-coba dan mencari mana toner yang tepat untuk kamu, maka sebaiknya kamu memilih toner dengan kemasan kecil atau kemasan travel size. Ini supaya kamu bisa menguji kecocokannya dengan kulit. Jika cocok, maka kamu bisa membeli yang ukurannya besar. Jika kurang cocok maka tentu kamu tidak rugi karena belinya ukuran kecil.

Kamu juga bisa memilih kemasan toner berdasarkan intensitas pemakaiannya. Jika kamu sering memakainya maka pilih saja yang ukurannya besar sekalian supaya lebih hemat.

Pemilihan kemasan juga bisa didasarkan pada mobilitas kamu. Jika kamu sering bepergian, alangkah baiknya memilih kemasan travel size supaya lebih mudah dibawa.

Ini Loh Deretan Hydrating Toner yang Aman untuk Kulit Sensitif

COSRX Galactomyces Alcohol Free Toner

COSRX Galactomyces Alcohol Free merupakan rekomendasi pertama kami. Hydrating toner ini non alkohol sehingga tidak akan bikin iritasi. Ini cocok untuk kulit kering dan sensitif. Kandungan utamanya adalah galactomyces yang merupakan sejenis jamur. Kandungan tersebut kaya akan amino acid, vitamin, hingga enzim. Fungsinya adalah untuk menutrisi kulit dan mengurangi tampilan pori sekaligus blackhead. Hydrating toner juga kaya antioksidan sehingga bisa melembutkan dan mengembalikan kilau alami kulit. Kamu bisa memakainya sebagai mist juga loh.

Harga Rp. 136.200-290.000

Etude House Soon Jung pH 5.5 Relief Toner

Etude House Soon Jung pH 5.5 Relief Toner berperan penting untuk menyehatkan wajah. Kulit wajah yang kering dan sensitif bisa kembali segar karena produk ini akan mengembalikan pH wajah pada kondisi normal. Tekstur produknya ringan seperti air sehingga cepat diserap kulit. Produk ini juga hadir dengan kandungan pentanol dan madecassoside sehingga bisa melembapkan kulit dengan maksimal.

Harga Rp. 168.900-179.350

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner cocok untuk membuat kulit terhidrasi dengan sempurna. Hydrating toner ini bebas alkohol jadi tidak akan bikin kulit makin kering dan iritasi. Tidak hanya bisa menenangkan kulit namun juga bisa membersihkannya dengan maksimal. Ada kandungan anti inflamasi yang bisa bikin kulit berjerawat cepat pulih.

Ada kandungan allantoin dan ekstrak bunga calendula yang bisa menenangkan kulit yang meradang karena jerawat. Produk juga kaya akan great burdock root yang bisa melembapkan wajah. Kulit sensitifmu jadi lebih aman dan nyaman seharian karena tidak ada rasa lengket usai pemakaian.

Harga Rp. 90.000-446.000

Simple Kind To Skin Soothing Facial Toner

Simple Kind To Skin Soothing Facial Toner adalah produk yang bebas kandungan yang mengiritasi seperti alkohol, bahan kimia, dan pewangi. Produk ini tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit. Hydrating toner ini kaya akan niacinamide dan witch hazel yang bisa melembapkan dan juga memberikan efek mencerahkan pada wajah. Toner ini kaya akan chamomile, allantoin, dan vitamin B5 sehingga bikin kulit lembap dan segar.

Harga Rp. 65.900-94.000

COSRX Centella Water Alcohol-free toner

COSRX Centella Water Alcohol-free toner terbuat dari bahan yang bebas alkohol. Produk yang satu ini juga bebas dari bahan kimia dan pewangi yang rawan menyebabkan iritasi. Hydrating toner ini memiliki ekstrak air daun Centella Asiatica yang dapat menenangkan kulit yang iritasi karena jerawat. Produk juga bisa menutrisi kulit berkat kandungan vitamin dan mineral. Hydrating toner ini cocok untuk semua jenis kulit, utamanya kulit sensitif.

Harga Rp. 93.000-220.000

Sandara Jiwa Calendula Hydrating Toner

Sandara Jiwa Calendula Hydrating Toner merupakan produk lokal yang bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini mengandung aneka bahan alami sehingga kulit jadi lebih kenyal. Bahan utamanya adalah calendula yang bisa mencerahkan wajah dan melembapkan wajah. Produk juga hadir dengan bahan aloe vera dan royal jelly yang bisa menghaluskan kulit dan membuatnya jadi lebih terhidrasi. Kandungan tersebut juga bisa membuat kulit jadi bebas iritasi.

Kamu bisa memakainya pada pagi dan malam hari. Tidak ada rasa lengket di kulit sehingga kulit tetap terasa nyaman. Produk ini bikin kulit terasa lebih sehat dan terasa lebih plump.

Harga Rp. 166.000-270.000

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan. Hydrating toner ini kaya akan vitamin E dan gliserin yang bisa memberikan kelembapan ekstra. Untuk kamu yang memiliki kulit super kering dan super sensitif, maka sebaiknya memakai toner ini untuk menenangkan kulit yang iritasi atau terlalu kering.

Kadar air dalam kulit akan terjaga sehingga kulit terasa kenyal sepanjang hari. Kamu juga bisa memakai toner ini untuk membersihkan sisa make up yang kurang terangkat saat mencuci wajah. Produk ini dijamin bikin wajah jadi lebih cling setelah pemakaian.

Harga Rp. 115.000-165.000

Thayers Rose Petal Facial Toner

Thayers Rose Petal Facial Toner merupakan produk yang bisa mengontrol minyak berlebih. Hydrating toner ini bisa juga digunakan untuk mengunci kelembapan kulit. Kamu yang merasa kulitmu kering karena terlalu lama berada di ruang ber AC bisa memakainya. Produk ini hadir dengan kandungan kelopak bunga mawar dan witch hazel sehingga bisa menjaga kelembapan kulit lebih lama.

Teksturnya cair sehingga lebih mudah diserap oleh kulit wajah. Produk ini juga terasa ringan di kulit. Ada kandungan aloe vera yang bisa merawat kekenyalan kulit dan mencegahnya dari iritasi. Tidak ada alkohol di dalamnya sehingga aman untuk kulit berminyak, kering, dan sensitif.

Harga Rp. 173.000-304.000

Bioderma Sensibio Tonique

Bioderma Sensibio Tonique merupakan hydrating toner yang bisa mengembalikan kulit iritasi jadi kembali normal dalam waktu sekejap. Produk yang satu ini bisa menenangkan kulit supersensitif yang terasa perih terbakar dan berwarna merah.

Di dalamnya ada ekstrak timun yang bisa menyegarkan dan menenangkan kulit wajah. Tidak ada kandungan alkohol dan pewangi sehingga dijamin tidak akan bikin iritasi dan gatal-gatal. Produk ini hadir dengan castor oil, citric acid, dan allantoin sehingga cocok untuk kulit kering dan sensitif. Dikemas dalam botol ukuran 250 ml, produk ini awet digunakan.

Harga Rp. 80.000-275.000

Sukin Hydrating Mist Toner

Sukin Hydrating Mist Toner merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini bisa memberikan sensasi menyejukkan di kulit. Brand asal Australia ini bisa menghidrasi kulit dengan baik supaya terhindar dari stres. Hydrating toner kaya akan ekstrak bunga chamomile. Kandungan tersebut bisa merelaksasi kulit wajah yang lelah dan meradang akibat iritasi.

Untuk memakainya cukup mudah. Kamu tinggal semprotkan saja pada wajah lalu tepuk perlahan sampai menyerap. Tidak ada rasa lengket pada wajah dan kulit terasa lebih fresh. Mist toner ini paling cocok untuk kulit kering dan sensitif. Kamu bisa mudah membawa kemasannya kemana saja.

Harga Rp. 63.000-162.700
From our editorial team

Lakukan Tes pada Kulit Sebelum Memakai Toner

Memiliki kulit sensitif memang bikin serba repot. Kulit tidak mudah cocok dengan sembarang produk toner. Agar kulit bebas kering, tidak kemerahan, iritasi, dan tidak ada rasa terbakar, maka ada baiknya kamu mengetes dulu toner yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa coba dulu oles sedikit produknya ke belakang telinga atau ke lengan bagian dalam. Tunggu reaksinya, dan jika tidak ada reaksi negatif, kamu bisa mulai gunakan pada wajah. Dengan begini, kulit kamu jadi lebih aman dari iritasi dan juga aman dari risiko kemerahan.