10 Rekomendasi Toner Lokal yang Tak Kalah Kualitasnya dengan Toner Luar! (2021)

10 Rekomendasi Toner Lokal yang Tak Kalah Kualitasnya dengan Toner Luar! (2021)

Kita membutuhkan produk toner untuk membantu menjaga kesegaran kulit. Toner buatan dalam negeri tidak kalah loh dari toner buatan luar. Kalau kamu hendak mencari toner lokal yang bagus, simak dulu tips memilihnya. Jangan lupa cek rekomendasi toner lokal terbaik dari BP-Guide!

Yuk, Mulai Beralih ke Skincare Buatan Lokal!

Wanita memang tidak bisa jauh dari yang namanya skincare. Perawatan kulti wajah pasti diutamakan karena bisa bikin tampilan jadi lebih cantik dan awet muda. Ada banyak skincare yang digunakan wanita mulai dari pembersih wajah, toner, serum, dan lain sebagainya. Pemilihan skincare pun tidak bisa asal saja supaya hasilnya maksimal dan tidak menimbulkan efek samping saat digunakan.

Dalam memilih skincare, wanita Indonesia banyak yang tergoda melirik skincare buatan luar. Padahal, skincare dalam negeri tidak kalah bagus, loh dari skincare luar negeri. Malahan, skincare buatan lokal punya sederet keunggulan, loh.

Pertama, mudah didapatkan karena diproduksinya di negeri sendiri. Saat skincare-mu habis, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produkmu kembali. Skincare lokal dijual di toko sekitar kita sehingga tidak perlu jauh-jauh mendapatkannya.

Kedua, harganya lebih terjangkau. Ini karena bahan-bahannya juga didapat di negeri sendiri. Proses distribusi juga tidak terlalu jauh sehingga bisa menekan harga skincare-nya. Dengan begini, kantong kamu juga lebih aman, kan?

Selanjutnya, kualitas produk dalam negeri juga tidak kalah dari produk luar negeri, kok. Kualitasnya sudah terjamin dengan adanya label BPOM. Jika produk sudah memiliki sertifikasi BPOM maka kita tidak perlu khawatir karena produknya terjamin memakai bahan yang aman dan tidak mengiritasi kulit.

Produk skincare lokal juga lebih sesuai untuk kita. Ini karena skincare disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit wanita yang tinggal di area tropis seperti Indonesia.

Yang terpenting lagi, produk skincare lokal terjamin kehalalannya. Sebagai penduduk dengan mayoritas muslim, tentu produsen wajib memikirkan produk yang tidak hanya aman namun juga halal digunakan para wanita muslimah. Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir jika dalam skincare sudah ada logo halal MUI. Dipastikan produknya memakai bahan halal dan prosesnya pun halal.

Tips Memilih Toner Lokal yang Bagus

Pilih Jenis Toner yang Kamu Butuhkan

Toner hadir dengan beragam varian. Setiap varian memiliki fungsinya sendiri. Bahan dan kandungannya juga berbeda agar bisa menghasilkan formula yang sesuai dengan variannya. Kenali jenisnya supaya kamu tidak salah pilih toner, ya.

Pertama, ada jenis cleansing toner. Jenis yang satu ini digunakan usai pemakaian milk cleanser. Gunanya adalah untuk membersihkan sisa kotoran dan makeup di wajah.

Selanjutnya, ada jenis moisturizing toner. Jenis yang satu ini bisa melembapkan kulit. Toner juga kerap digunakan sebelum pemakaian pelembap di pagi dan siang hari. Ini untuk memberikan formula double moisturizing pada kulit wajah, utamanya yang jenisnya kering.

Ada juga jenis exfoliating toner. Jenis yang satu ini bisa mengangkat sel kulit mati dan juga mengangkat sebum yang bisa berpotensi menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat maka bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Pemakaian toner yang satu ini bisa mengecilkan pori-pori sehingga wajah tampak lebih mulus.

Terakhir ada jenis hydrating toner. Sesuai namanya, toner ini menghidrasi dengan baik dan bisa jadi penyegar kulit wajah. Toner cocok untuk membersihkan kulit beminyak dan cenderung berjerawat.

Sesuaikan Jenis Kulit

Sesuaikan toner yang akan kamu pilih dengan jenis kulitmu. Ini supaya toner bisa bekerja maksimal. Jadi perhatikan labelnya baik-baik dan periksa untuk kulit jenis apa toner tersebut diperuntukkan.

Jika kamu memiliki kulit kering, maka utamakan memilih toner yang bisa melembapkan. Penyebab kulit kering bisa beragam, mulai dari perubahan cuaca, hormon, hingga bertambahnya usia. Agar kulit kering tidak terasa bersisik, gatal, dan terlalu kencang, gunakan toner yang bisa menghidrasi maksimal. Beberapa kandungan yang bagus untuk kulit kering adalah hyaluronic acid, asam amino, ceramide, dan gliserin. Aneka bahan tersebut bisa merangsang produksi kolagen sehingga kulit kenyal dan bebas kekeringan.

Sebaliknya, jika kamu memiliki kulit berminyak, ada baiknya memilih toner dengan bahan yang bisa mengontrol sebum dengan baik. Beberapa contoh bahan yang bisa mengontrol produksi minyak adalah zinc, witch hazel, dan kelopak bunga mawar. Aneka bahan tersebut juga mampu membersihkan hingga pori-pori terdalam.

Beberapa dari kita mengalami masalah kulit mudah berjerawat atau sedang berjerawat. Jika kamu salah satunya, utamakan memakai toner dengan salycilic acid dan tea tree oil. Kedua bahan tersebut bisa mempercepat penyembuhan jerawat. Kandungan asamnya bisa mengeringkan jerawat, membersihkan pori-pori, dan mencegah jerawat muncul kembali.

Nah, kalau kulit kamu cenderung sensitif, kamu wajib hati-hati memilih toner yang akan digunakan. Jenis kulit ini sangat mudah iritasi

Waspadai Bahan Tertentu

Saat membeli toner lokal, waspadai bahannya. Hindari beberapa bahan yang mungkin ada pada toner kamu. Contohnya bahan seperti paraben, sulfat, alkohol, silikon, dan lainnya. Aneka bahan tersebut bisa berpotensi membuat kulit jadi iritasi. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga sangat berbahaya untuk kulit sensitif karena bisa bikin wajah kemerahan dan gatal-gatal.

Butuh Toner untuk Wajah? Cek Dulu Rekomendasi BP-Guide Berikut!

BHUMI Resurface Mild Exfoliating Toner

BHUMI Resurface Mild Exfoliating Toner merupakan produk lokal rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini tergolong exfoliating toner. Tidak hanya bisa mengangkat sisa kotoran dan makeup, namun juga bisa mengangkat minyak berlebih di wajah. Toner akan mengeksfoliasi kulit secara ringan dan juga membersihkan pori-pori agar tidak tersumbat dan menimbulkan jerawat atau komedo.

Kandungan utamanya adalah hyaluronic acid yang bisa mengikat kelembapan di dalam kulit. Ada juga ceramide yang bisa memperkuat skin barrier, BHA yang membersihkan minyak berlebih, dan rosehip oil yang menghilangkan bekas jerawat, noda hitam dan dampak hiperpigmentasi pada kulit.

Harga Rp. 184.000-223.000

Avoskin Beauty Miraculous Refining Toner

Avoskin Beauty Miraculous Refining Toner merupakan produk lain yang bisa kamu andalkan. Toner akan memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata. Bekas jerawat bisa hilang dan juga bisa menjaga penampilan agar lebih mulus. Toner bertekstur cair dan cepat diserap kulit. Produk akan mengangkat sisa makeup, kotoran, minyak, dan debu secara maksimal.

Dengan bahan seperti niacinamide, tea tree, witch hazel, dan aloe vera, produk ini akan menutrisi kulit dengan baik. Ada juga kombinasi AHA, BHA, dan PHA yang bisa membuat kulit jadi lebih cerah dan bebas kusam. Produk sudah BPOM dan pastinya aman digunakan.

Harga Rp. 65.000-199.000

Whitelab Brightening Face Toner

Whitelab Brightening Face Toner bisa mengangkat kotoran secara maksimal dan mengangkat sisa minyak berlebih pada wajah. Meski demikian, toner ini juga bisa melembapkan kulit agar tetap kenyal dan sehat.

Toner hadir dengan niacinamide yang bisa mencerahkan wajah, mengatasi noda bekas jerawat, dan menghaluskan kulit. Ada juga kandungan kolagen yang bisa merangsang pembentukan jaringan kulit sehat baru dan mempercepat proses penyembuhan luka. Pemakaian teratur juga bisa menghilangkan bekas jerawat dan bisa menjaga elastisitas kulit agar tetap awet muda.

Harga Rp. 39.000-44.100

Mineral Botanica Brightening Toner

Mineral Botanica Brightening Toner adalah toner lokal yang bisa digunakan sebagai penyegar dan pembersih wajah. Gunakan usai mencuci wajah untuk mengembalikan kelembapan kulit. Produk juga bisa mencerahkan kulit. Formulanya bekerja dengan baik untuk mengangkat kotoran dan bisa memberikan kesegaran pada kulit.

Toner dengan kandingan hamamelis virginiana leaf extract ini bisa menutrisi kulit dengan baik. Kandungan allantoin bisa meredakan kulit kemerahan. Selain itu ada juga kandungan grapeseed extract yang bisa bekerja sebagai antioksidan dan menghambat pertumbuhan melanin di wajah.

Harga Rp. 17.000-29.000

ERHA Truwhite Brightening Face Toner

ERHA Truwhite Brightening Face Toner tentu bisa jadi pilihan toner lokal yang bagus. Tidak hanya bisa membersihkan wajah namun juga bisa mencerahkan dengan baik. Produk ini juga bisa menutrisi kulit wajah hingga ke dalamnya. Kelembapan kulit terjaga sehingga garis halus dan kerutan bisa dikurangi dan bikin kulit tampak lebih awet muda.

Dengan kombinasi AHA dan PHA, produk ini bisa mengangkat sel kulit mati tanpa merusak lapisan kulit. Toner bisa membantu proses regenerasi sehingga wajah bebas kusam. Kandungan niacinamide bisa mengontrol produksi sebum penyebab komedo dan jerawat. Toner sudah BPOM jadi lebih aman digunakan. Produk juga terbukti bebas paraben, sulfat, dan alkohol.

Harga Rp. 86.000-174.000

Joylab Citrus Comb Facial Toner

Joylab Citrus Comb Facial Toner merupakan toner selanjutnya yang bisa jadi andalan kamu. Produk ini akan mencerahkan kulit kusam dengan baik. Bahan unggulannya adalah lactic acid dan botanical extract. Toner ini bisa menghaluskan kulit dan membuatnya lebih lembap alami.

Ada kandungan lemon extract di dalamnya yang akan mencerahkan kulit dan membuatnya jadi lebih bersinar. Ada juga orange dan sugar maple yang bisa menyegarkan kulit. Selain itu, kandungan gardenia florida bisa membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan lebih terawat.

Harga Rp. 85.000-191.000

Wardah Seaweed Primary Skin Hydrating Booster

Wardah Seaweed Primary Skin Hydrating Booster sangat unggul dalam hal melembapkan kulit wajah. Tidak perlu takut wajah terasa berat dan lengket, karena formulanya begitu ringan dan cepat diserap kulit. Wajah terasa lembap, lembut, dan lebih kenyal.

Kandungan di dalamnya adalah ekstrak rumput laut pilihan yang dapat membantu mempertahankan kondisi kulit. Toner juga hadir dengan Hydraboost Formula dari sodium PCA dan adenosin sehingga bisa menutrisi kulit dengan baik.

Harga Rp. 26.000-35.000

KLEVERU Sea Buckthorn Essence Toner

KLEVERU Sea Buckthorn Essence Toner tidak bisa diremehkan sebagai produk lokal. Toner ini bisa menghidrasi maksimal sehingga seolah kamu telah memakai essence dan toner sekaligus. pH sudah disesuaikan dengan pH kulit alami jadi cocok untuk semua jenis kulit.

Ada banyak bahan aktif di dalamnya seperti hyaluronic acid, niacinamide, licorice, witch hazel, dan provitamin B5. Ada juga kandungan allantoin, gliserin, dan carrot extract. Dengan aneka kandungan bahan tersebut, toner ini bisa menyegarkan kulit. Wajah juga bisa terasa lebih lembap dan cerah. Toner juga akan memudarkan bekas jerawat, meredakan radang dan kemerahan, serta bisa melembutkan kulit.

Produk ini bebas alkohol, paraben, silikon, dan mineral oil. Toner juga sudah BPOM sehingga aman digunakan ibu hamil dan ibu menyusui.

Harga Rp. 119.000-149.380

Harlette Waterymelon Deep Hydration Toner

Harlette Waterymelon Deep Hydration Toner merupakan toner lokal yang tidak kalah bagusnya. Harganya memang mahal, namun ini sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Produk cocok untuk semua jenis kulit. Keunggulan dari produk ini adalah bisa menghidrasi kulit sehingga kulit bisa lebih lembap tanpa meninggalkan rasa lengket.

Toner juga bisa menenangkan kulit yang breakout atau iritasi. Pemakaian toner secara rutin bisa menutrisi kulit sehingga kulit jadi lebih sehat dan kenyal. Teksturnya ringan sehingga lebih cepat diserap kulit. pHnya seimbang membuatnya cocok untuk semua jenis kulit. Produk ini bebas alkohol, sulfat, dan paraben.

Toner dibuat dengan bahan alami yang tidak akan mengiritasi kulit. Bahan unggulannya adalah watermelon yang bisa menghidrasi dengan optimal. Ada juga centella asiatica yang bisa menenangkan kulit yang sedang bermasalah. Selain itu, ada niacinamide yang bisa memperbaiki skin barrier, mencerahkan kulit, dan memudarkan bekas jerawat.

Harga Rp. 210.000-273.000

Elsheskin Oily Refresh Toner

Elsheskin Oily Refresh Toner merupakan rekomendasi terakhir kami. Toner ini paling pas untuk kamu yang memiliki wajah berminyak. Gunakan toner untuk membantu mengangkat sisa makeup, kotoran, debu, dan minyak dari wajah. Produk bisa menyeimbangkan kadar pH alami kulit. Selain itu, produksi sebum berlebih juga bisa dikontrol dengan baik.

Di dalamnya kaya akan bahan aktif seperti lactoferin, allantoin, potassium thiocyanate, dan lactoperoxidase, dan lain sebagainya. Aneka bahan aktif tersebut membuat toner jadi lebih maksimal dalam membersihkan wajah. Untuk memakianya cukup basahi kapas dengan produk lalu usap atau tepuk lembut pada permukaan wajah hingga terserap sempurna. Produk sudah BPOM jadi terbukti aman digunakan,

Harga Rp. 65.000-90.000
From our editorial team

Bantu Dukung Industri Dalam Negeri

Dengan membeli produk dalam negeri, artinya kita sudah turut berpartisipasi dalam mendukung kemajuan industri Indonesia. Termasuk juga membeli kosmetik dan skincare, seperti toner. Membeli produk sendiri, berarti kita menghargai kerja keras pengusaha dan pekerja Indonesia. Sudah saatnya produk lokal merajai pasar di negaranya sendiri. Dengan begini maka perkembangan perekonomian dalam negeri dalam jangka panjang bisa lebih terjamin.