Wajah Bebas Kusam dengan 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik (2021)

Wajah Bebas Kusam dengan 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik (2021)

Kulit kita butuh yang namanya exfoliating toner. Setidaknya kita harus memakainya seminggu sekali. Ini supaya tampilan wajah jadi bebas kusam. Nah, pilih exfoliating toner kamu dengan teliti supaya hasil yang kamu dapatkan jauh lebih maksimal. BP-Guide sudah menyiapkan tips memilih exfoliating toner terbaik. Kami, juga sudah menyiaplan deretan produknya untuk kamu, loh!

Masukkan Exfoliating Toner ke Dalam Rutinitas Perawatan Wajah untuk Dapatkan Manfaatnya

Tampilan kulit kusam, berkomedo, berjerawat, dan kasar bikin kita jadi kurang percaya diri. Kamu bisa menuntaskan masalah tersebut dengan rutin memakai exfoliating toner. Ini merupakan jenis toner yang hadir dengan fungsi utama untuk mengeksfoliasi kulit sehingga sel kulit mati, minyak, dan kotoran terangkat sempurna. Exfoliating toner juga bisa menyeimbangkan pH di wajah sehingga kulit jadi tampak lebih halus dan juga lebih sehat. Umumnya, exfoliating toner terbuat dari AHA, BHA, dan aneka senyawa turunan asam lainnya.

Kamu bisa memakai exfoliating toner ini untuk proses detoksifikasi kulit wajah. Ini bisa menghilangkan racun yang setiap hari menyerang kulit wajah, mulai dari asap, hingga residu kimiawi lainnya. Bekas-bekas jerawat dan noda hitam juga bisa terangkat dengan pemakaian yang rutin.

Tampilan pori-pori yang besar bikin kita jadi kurang percaya diri. Ini juga bisa bikin minyak mengendap dan menimbulkan jerawat serta komedo. Dengan memakai exfoliating toner, maka tampilan pori-pori kulit jadi lebih mengecil dan wajah tampak lebih mulus.

Tips Memilih Exfoliating Toner

Pilih Kandungan Asam yang Tepat

Exfoliating toner umumnya mengandung AHA, BHA, atau PHA. Kandungan asam tersebut memiliki reaksi berbeda-beda pada setiap kulit. Kenali jenis-jenisnya sehingga kamu tidak salah pilih.

Pertama, AHA atau kepanjangannya adalah Alpha Hydroxy Acid bersifat lembut dan bisa melembapkan kulit yang kering. Asam ini larut dalam air karena terbuat dari sari buah. AHA hanya bekerja di permukaan kulit dengan fungsi untuk mengelupas serta membuat sel kulit baru. AHA aman untuk semua jenis kulit utamanya kulit kering dan sensitif. Kandungan AHA dalam exfoliating toner juga bisa mencerahkan wajah, memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan kerutan, dan mengecilkan tampilan pori-pori. Agar lebih maksimal, maka sebuah produk akan membutuhkan kandungan AHA sebanyak 8 hingga 10%. Makin kecil jumlah persentasenya, maka memperkecil kemungkinan timbulnya iritasi kulit.

Kedua, ada BHA atau Beta Hydroxy Acid. Bahan ini cocok untuk kulit berminyak. BHA kerap juga disebut sebagai salicylic acid. Formula BHA bisa menembus masuk ke dalam pori-pori. Ini akan menghilangkan minyak dan kotoran berlebih. BHA juga bisa menghilangkan komedo dan memperkecil tampilan pori. Untuk bekerja maksimal, kandungan ideal BHA adalah sebesar 1 hingga 2 %. Exfoliating toner dengan kandungan BHA akan kurang cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Selanjutnya, ada PHA atau Polyhydroxy Acid. Asam yang satu ini aman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Tidak seperti asam lain, PHA adalah asam yang memiliki molekul lebih besar. Makin besar molekulnya, maka makin sulit masuk ke dalam pori-pori sehingga tidak akan memicu timbulnya iritasi kulit. PHA hadir dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan. Ini akan membuatnya menetralkan asam kulit dan bisa mencegah terjadinya iritasi dengan lebih baik.

Coba Beli Dalam Ukuran Mini

Kita sering membeli suatu produk dalam ukuran besar karena ingin lebih berhemat dan agar bisa digunakan dalam waktu lama. Nyatanya, kadang kita kurang cocok dengan produk yang kita beli sehingga akhirnya produk tersebut tidak digunakan lagi. Supaya kamu tidak sia-sia membelinya, ada baiknya kamu memilih kemasan exfoliating toner dalam ukuran mini dulu. Selain harganya lebih murah, kamu bisa memakainya sebagai percobaan untuk kulitmu. Cek reaksi usai kamu memakai produk tersebut. Jika cocok, maka kamu bisa teruskan pemakaiannya dan membeli kemasan ukuran yang lebih besar.

Pilih yang Bahannya Menenangkan Kulit

Kamu boleh memilih exfoliating toner yang bahannya lebih lembut dan lebih ringan agar kulit tidak iritasi. Ada beberapa exfoliating toner yang hadir dengan kandungan bahan lebih ringan. Contohnya adalah bahan seperti chamomile, lidah buaya, hingga ginseng. Nah, jika kulitmu cenderung sensitif, pastikan kamu baca label komposisi sebelum membelinya sehingga kulit kamu lebih aman dari risiko iritasi.

Ini Dia Rekomendasi Exfoliating Toner untukmu

Benton Aloe BHA Skin Toner

Benton Aloe BHA Skin Toner merupakan pilihan exfoliating toner yang pas untuk kamu. Dengan bahan seperti lidah buaya dan salicylic acid, toner ini mampu menghidrasi kulit secara maksimal. Kulit jadi lebih siap untuk menyerap manfaat produk skincare lain yang akan digunakan setelahnya.

Toner ini akan menenangkan dan melembapkan kulit. Selain itu, produk ini juga bisa mengatasi produksi minyak yang berlebih. Sel kulit mati penyebab wajah kusam bisa terangkat dan wajah pun terlihat lebih cerah.

Harga Rp. 117.000-143.000

The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Toner ini terbuat dari lidah buaya, air mawar, dan gliserin. Ini membuatnya bisa menghidrasi kulit dengan baik sehingga kulit bisa lebih lembap dan cerah. Kandungan AHA di dalamnya sangat ringan dengan pH rendah yakni 3,6.

Harga Rp. 121.000-246.000

COSRX BHA Blackhead Power Liquid

COSRX BHA Blackhead Power Liquid mampu membantu kamu membersihkan komedo yang membandel. Kamu yang memiliki pori-pori besar bisa juga memakainya untuk memperkecil tampilan pori. Dengan kandungan BHA, produk ini juga ampuh mengangkat minyak berlebih. Kulit tidak akan jadi terlalu kering dan tidak berisiko teriritasi.

Harga Rp. 195.000-221.950

Avoskin Miraculous Refining Toner

Avoskin Miraculous Refining Toner memiliki kandungan AHA, BHA, dan PHA sekaligus. Toner ini diperkaya dengan niacinamide dan witch hazel yang mampu mencerahkan warna kulit wajah dan mengontrol produksi minyak berlebih. Jerawat bisa berkurang karena adanya kandungan salicylic acid dan tea tree sebesar 2%. Produk ini juga memiliki kandungan lidah bauay dan gliserin sehingga bisa melembapkan kulit dengan baik.

Harga Rp. 75.000-200.000

The Body Shop Tea Tree Mattifying Toner

The Body Shop Tea Tree Mattifying Toner ampuh mengurangi produksi minyak di wajah. Toner ini juga bisa membersihkan wajah dengan baik. Hadir dengan tea tree oil dari Kenya, kamu bisa memanfaatkannya untuk mempercepat penyembuhan kulit berjerawat. Toner ini juga memiliki kandungan witch hazel yang mampu mengeksfoliasi kulit agar lebih bersih dan cerah.

Harga Rp. 59.000-179.000

The Bath Box Kombucha Gentle Exfoliating Toner

The Bath Box Kombucha Gentle Exfoliating Toner ini bebas alkohol sehingga aman dan nyaman untuk kulit kamu yang sensitif. Bahan lain yang ada di dalamnya adalah kombucha, edelweiss, dan fruit AHA. Kandungan fruit AHA berasal dari aneka bahan alami seperti ekstrak maple, sugar cane, jeruk, dan lemon.

Berbagai bahan tersebut bisa mengangkat kulit mati secara lembut jadi tidak akan menimbulkan iritasi. Selain itu bisa juga mengurangi komedo dan minyak berlebih. Tampilan wajah jadi lebih halus, cerah, dan kenyal.

Harga Rp. 119.250-165.000

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner merupakan produk yang terkenal dari Korea. Produk yang satu ini dijamin bisa membuat kulit kamu lebih cerah, lembap, dan halus dalam 30 hari penggunaan. Ini akan sangat cocok untuk kulit kombinasi, sebab di dalamnya kaya akan AHA, BHA, dan PHA.

Selain ampuh mengangkat sel kulit mati, toner ini juga bisa melawan bakteri penyebab jerawat berkat kandungan ekstrak licorice. Ada juga bahan niacinamide dan antiaging sehingga mampu mencerahkan noda hitam dan membuat tampilan pori jadi lebih kecil. Exfoliating toner ini bisa membuat kulit lebih kenyal sehingga tampak lebih awet muda.

Harga Rp. 79.000-212.000

Sbcskin Exfoliant 2% BHA Toner

Sbcskin Exfoliant 2% BHA Toner Exfoliating merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Ini karena kandungan bahannya tergolong lembut dan ringan sehingga tidak bikin iritasi kulit.

Dengan bahan seperti glycolic acid, galactosyl salicylate,serta ekstrak lidah buaya, produk ini akan mengangkat sel kulit mati, membersihkan komedo, dan memperkecil tampilan pori-pori wajah. Wajah pun jadi lebih halus dan mulus.

Harga Rp. 153.000-272.000

Pixi Glow Toner

Pixi Glow Toner merupakan toner yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Produk juga bisa memberikan efek berkilau pada wajah usai pemakaian. Kulit juga terasa jadi lebih lembut dan lembap, loh.

Dengan kandungan horse chestnut, toner ini bersifat antiinflamasi sehingga aman di kulit dan tidak bikin iritasi. Produk ini cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit kusam dan berjerawat. Kamu bisa pilih kemasannya mau yang ukuran 5 ml, 100 ml, atau 250 ml.

Harga Rp. 72.000-168.000

Whitelab Exfoliating Toner

Whitelab Exfoliating Toner adalah produk lokal yang kualitasnya bagus. Hadir dengan kandungan AHA 6%, Niacinamide 2%, BHA 1%, dan PHA 0,10%, toner ini ampuh untuk mengexfoliasi kulit wajah. Produksi minyak berlebih di wajah juga bisa terkontrol dengan baik. Selain itu, toner ini juga bisa mengatasi kemerahan dan iritasi karena jerawat. Kulit menjadi lebih lembap karena terhidrasi dengan baik.

Harga Rp. 42.000-59.000
From our editorial team

Aturan Memakai Exfoliating Toner

Ketika ingin memakai exfoliating toner, kamu cukup memakainya di malam hari saja. Ini karena saat dieksfoliasi, kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Kamu juga tidak perlu memakai exfoliating toner setiap hari. aplikasikan sesuai kebutuhan kulit saja, bisa sekali atau dua kali dalam seminggu sehingga kulit tidak terlalu kering dan mengelupas. Gunakan exfoliating toner usai mencuci wajah. Selanjutnya, kamu bisa aplikasikan produk skincare lainnya yang bisa menghidrasi dengan maksimal seperti serum, essence, atau moisturizer. Aplikasikan exfoliating toner dengan memakai kapas agar hasilnya maksimal. Cukup usap halus atau tepuk-tepuk perlahan pada wajah dan leher secara merata.