10 Rekomendasi untuk Jaga Kelembaban Kulit Dengan Hydrating Toner Untuk Kulit Kering (2021)

10 Rekomendasi untuk Jaga Kelembaban Kulit Dengan Hydrating Toner Untuk Kulit Kering (2021)

Toner adalah komponen penting dalam rangkaian perawatan kulit. Buat Anda yang punya kulit kering, Anda sebaiknya pilih hydrating toner. Simak rekomendasi hydrating toner terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Hydrating Toner, Solusi Kulit Wajah yang Lembab dan Sehat

Selama ini, toner mungkin lebih dikenal sebagai penyegar wajah. Tapi tahukah Anda toner dibagi menjadi 2 jenis? Ada hydrating dan exfoliating toner. Hydrating toner berfungsi untuk melembapkan kulit sekaligus menyeimbangkan kadar pH dalam kulit wajah.

Hydrating toner cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. Fungsi utamanya adalah membuat wajah menjadi lebih cerah dan berseri. Jika digunakan secara rutin, kulit akan lebih glowing dan sehat.

Cara Menggunakan Hydrating Toner

Chizu Saeki Method

CSM atau Chizuki Saeki Method merupakan metode perawatan dari Jepang. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli kulit yang bernama Chizuki Saeki. Saat itu Chizuki telah berumur sekitar 70 tahun, namun kulit wajahnya masih terlihat mulus dan segar.

Metode CSM ini berfungsi untuk meningkatkan kelembaban kulit dengan menggunakan hydrating toner. Caranya adalah dengan menuangkan hydrating toner ke sebuah kapas setelah itu diamkan di dalam kulkas. Pastikan seluruh kapas terbalur penuh dengan toner, lalu setelah beberapa saat Anda bisa menempelkan kapas tersebut ke kulit wajah Anda.

Double Toning

Double toning merupakan metode dengan menggunakan dua jenis toner yaitu hydrating dan exfoliating. Metode ini disarankan oleh ahli kecantikan bernama Affi Assegaf. Menurutnya, dengan menggunakan dua toner sekaligus, kulit akan lebih sehat dan lembap. Penggunaan dua toner ini sudah cukup untuk mengembalikan dan menjaga kelembapan kulit wajah.

7 Skin Method

7 skin method merupakan teknik yang berasal dari negeri Korea. Metode ini berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Caranya dengan menuangkan hydrating toner ke kapas, lalu usapkan ke wajah secara perlahan. Anda juga bisa menggunakan tangan dan menepuk-nepuk toner langsung ke wajah.

Sekilas, cara ini sama dengan cara menggunakan toner pada umumnya. Yang membedakan adalah Anda harus mengulanginya sebanyak 7 kali.

Dry Sheet Mask

Teknik dry sheet mask agak mirip dengan CSM. Bedanya, sheet mask yang digunakan adalah sheet mask kering yang nanti dibasahi dengan hydrating toner. Caranya adalah dengan menyiapkan mangkuk dan dan letakkan sheet mask di atasnya.

Kemudian teteskan toner hingga sheet mask terendam sempurna. Tempelkan sheet mask ke wajah dan diamkan selama beberapa saat sebelum diangkat.

Tips Memilih Hydrating Toner yang Cocok Untuk Kulit

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Kulit

Pada dasarnya hydrating toner aman untuk digunakan semua jenis kulit, karena kandungan di dalamnya hanya glycerin dan hyaluronic. Kulit kering yang bersisik maupun kulit berminyak semua dapat menggunakan hydrating toner.

Bagi pemilik kulit kering, tujuan penggunaan toner adalah untuk menjaga kulit tetap lembap dan tidak kering. Sementara kulit berminyak membutuhkan toner untuk menjaga keseimbangan pH kulit sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit.

Hindari Kandungan Penyebab Iritasi

Jika kulit Anda tergolong kulit yang sensitif, sebaiknya Anda memilih toner yang tidak memiliki kandungan alkohol dan sekaligus hindari toner yang memakai bahan pewangi. Toner yang terbuat dari bahan-bahan alami sangat disarankan buat Anda yang punya kulit sensitif. Misalnya seperti aloe vera dan essential oil yang ringan dan nyaman untuk kulit sensitif.

Pertimbangkan Ukuran Kemasannya

Anda juga sebaiknya mempertimbangkan ukuran kemasan dari toner yang akan dibeli. Jika Anda suka bepergian dan banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, toner dengan kemasan kecil adalah yang paling ideal buat Anda. Namun jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli toner dengan ukuran besar.

Rekomendasi Hydrating Toner yang Cocok Untuk Digunakan Sehari-hari

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner merupakan hydrating toner yang mempunyai ukuran minimalis dan nyaman untuk dibawa bepergian.

Toner ini sudah dilengkapi dengan vitamin E dan glycerin membuat kulit Anda semakin cerah dan berseri. Bahan-bahan tersebut mampu untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda juga di pastikan aman untuk semua jenis kulit.

Harga Rp. 70.000-200.000

Sukin Original Hydrating Mist Toner

Sukin Original Hydrating Mist Toner merupakan toner dari brand asal Australia. Toner ini sangat cocok untuk kulit dehidrasi yang sudah parah, namun bagus juga untuk jenis kulit yang normal.

Toner ini tidak mengandung alkohol dan terbuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak bunga chamomile yang dipercaya mampu merelaksasi kulit wajah Anda.

Dengan kemasan spray, toner ini sangat mudah dipakai. Anda bisa menyemprotkannya langsung ke wajah atau dengan menggunakan kapas.

Harga Rp. 45.000-150.000

COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner

COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner merupakan toner yang diformulasikan khusus untuk kulit kering dan sensitif. Toner ini sama sekali tidak mengandung alkohol dan pewangi sehingga tidak menyebabkan munculnya reaksi alergi.

Kandungan yang ada di dalam toner adalah Centella Asiatica dan panthenol yang dipercaya mampu menenangkan kulit. Selain itu, sodium hyaluronate dapat menjaga keseimbangan pH alami kulit.

Harga Rp. 100.000-150.000

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion

Hada Labo Gokujyun Ultimate merupakan toner yang memiliki tekstur kental, mirip seperti lotion. Toner ini memakai bahan 3 jenis Hyaluronic Acid, yang dipercaya mampu melembapkan kulit wajah Anda. Produk ini tersedia dalam dua varian yaitu strip hijau untuk kulit berminyak sedangkan strip oranye untuk kulit normal.

Harga Rp. 25.000-50.000

Klairs Supple Preparation Facial Toner

Klairs Supple Preparation Facial Toner adalah toner bekerja menyeimbangkan pH alami kulit wajah. Tekstur dari toner ini terbilang sedikit kental, namun sangat efektif dalam mengangkat kotoran dan minyak dari kulit wajah.

Toner asal Korea ini menggunakan bahan-bahan alami yang sangat aman untuk kulit kering dan kulit sensitif.

Harga Rp. 65.000-250.000

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 90% Toner

Nature Republic Soothing & Aloe Vera adalah toner yang mengandung 90% gel lidah buaya. Toner ini dikenal dengan teksturnya yang lembut dan mudah menyerap ke dalam kulit.

Kandungan aloe vera di dalamnya memberikan efek dingin yang menenangkan saat diaplikasikan ke kulit. Selain itu, kulit juga terasa lebih lembap setiap saat.

Harga Rp. 60.000-200.000

The Bath Box Infused Essential Rose Hydrating Toner

The Bath Box Infused Essential Rose merupakan hydrating toner yang memakai mahkota bunga mawar asli di dalam kemasannya. Toner ini terbuat bahan-bahan alami yang aman untuk semua jenis kulit. Kandungan utama toner ini adalah 90% Bulgarian Rose Water yang dikombinasikan dengan ekstrak beras, glycerin, dan edelweiss yang cocok baik untuk kulit kering maupun kulit berminyak.

Harga Rp. 125.000-250.000

Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial Toner

Sensatia Botanical Sandalwood Facial Toner merupakan skincare berbahan natural yang berasal dari Bali. Produk yang satu ini sangat aman untuk dipakai ibu hamil dan menyusui. Bahan utama pembuat toner adalah lidah buaya dan daun pegagan yang dapat menutrisi kulit secara maksimal.

Harga Rp. 150.000-200.000

Corine de Farme Eau Gentle Rose Water

Corine de Farme Eau Gentle Rose Water adalah toner yang terbuat dari ekstrak mawar alami yang sangat baik untuk menenangkan kulit. Toner ini juga diklaim bebas alkohol dan paraben sehingga aman untuk kulit Anda dalam jangka panjang. Dengan tambahan kandungan Alpha Bisabolol, produk ini dipercaya dapat mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang rusak atau mati.

Harga Rp. 130.000-250.000

Pyunkang Yul Essence Toner

Berikutnya ada rekomendasi produk toner dari Korea, Pyunkang Yul Essence Toner. Toner ini mengandung ekstrak Milk Vetch Root sebesar 91,3% yang berfungsi mengencangkan dan mengenyalkan kulit wajah Anda. Meskipun toner ini memiliki tekstur yang sedikit kental mirip gel, namun sangat cepat diserap oleh kulit.

Harga Rp. 100.000-200.000

Holika Holika Aloe Soothing Essence 98% Toner

Holika Holika Aloe Soothing Essence 98% Toner sama sekali tidak mengandung alkohol sedikitpun. Kandungan glycerin di dalam toner ini dipercaya mampu membuat kulit tetap lembap.

Aloe vera yang ada di dalamnya dapat menenangkan kulit yang meradang. Toner ini sangat cocok buat Anda yang sedang bermasalah dengan jerawat atau kulit yang sensitif.

Harga Rp. 200.000-300.000
From our editorial team

Gunakan Toner Secara Rutin Untuk Hasil Terbaik

Fungsi utama hydrating toner adalah menjaga kulit tetap lembap alami. Namun untuk mendapatkan hasil terbaiknya, Anda harus menggunakan toner ini secara rutin setiap hari. Penggunaan toner adalah setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan essence atau moisturizer. Pilih hydrating toner yang paling cocok untuk kulit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!