10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik nan Estetik (2022)

10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik nan Estetik (2022)

Piring berbahan keramik banyak dijadikan pilihan untuk alat makan. Tapi belakangan muncul piring keramik dengan desain cantik yang membuatnya makin estetik. Yuk, simak rekomendasi piring keramik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Piring Dengan Desain Cantik Bikin Makan Lebih Semangat

Piring pada dasarnya memang memiliki fungsi sebagai wadah makanan. Namun, keberadaan piring juga dapat berfungsi untuk menambah selera makan, lho. Piring dengan desain yang cantik akan membuat hidangan di atasnya jadi terlihat lebih menggoda.

Ada banyak jenis piring yang tersedia di pasaran, dan salah satunya adalah piring keramik. Keramik merupakan bahan yang cukup aman digunakan sebagai wadah makanan. Piring keramik juga tersedia dalam beragam corak atau desain yang menarik.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Piring Keramik

Permukaan Keramik

Saat memilih piring keramik, perhatikanlah permukaannya. Hindarilah piring dengan permukaan yang kasar dan berpori. Piring dengan permukaan yang kasar dan berpori dapat membuat makanan mengendap di dalamnya.

Selain itu, hindari juga piring yang memiliki retakan. Jika ada retakan pada piring, biasanya terdapat bagian pinggirnya, maka retakan tersebut pun dapat menyebabkan sisa-sisa makanan mengendap di sana.

Berat dan Ukuran Piring

Piring jenis keramik memiliki variasi berat. Piring keramik yang terlalu berat akan sedikit lebih menyulitkan Anda dalam menggunakannya. Maka, akan lebih baik untuk memilih piring keramik dengan bobot yang lebih ringan.

Di samping itu, piring keramik juga tersedia dalam berbagai macam ukuran. Anda dapat menyesuaikannya dengan jenis makanan yang akan disajikan di atasnya. Untuk menyajikan makanan utama, sebaiknya pilih piring dengan diameter 20-30 cm. Sedangkan untuk menyajikan lauk, sebaiknya pilih diameter piring dengan ukuran 30 cm.

Model dan Corak

Piring keramik pun memiliki beragam model dan corak yang akan memberikan dan menambah keindahan di meja makan Anda. Pada dasarnya, Anda boleh memilih model atau corak manapun yang Anda sukai.

Jika Anda bingung, pilihlah piring dengan corak warna netral. Piring dengan model dan corak yang netral akan lebih mudah disesuaikan dengan segala macam jenis hidangan dan tema dekorasi meja makan.

Bentuk Piring

Piring keramik tersedia dalam berbagai bentuk. Ada yang berbentuk lingkaran, obal, persegi panjang, dan sebagainya. Sesuaikanlah dengan fungsinya. Piring dengan bentuk lingkaran akan lebih cocok digunakan sebagai piring makan. Sementara piring yang memanjang seperti oval dan persegi panjang akan lebih cocok untuk tempat lauk, terutama ikan.

Selain itu, periksa juga kedalaman piring. Piring dengan permukaan yang datar akan lebih pas digunakan untuk wadah makanan kering. Sementara piring dengan cekungan akan cocok digunakan untuk makanan berkuah.

Pengemasan Produk dari Penjual

Piring keramik termasuk benda yang rentan pecah jika mengalami benturan. Oleh karena itu, saat hendak membeli piring keramik, Anda perlu memastikan bagaimana pengemasan produk agar piring tetap utuh ketika sampai di rumah.

Terlebih jika Anda membeli secara online ataupun menggunakan jasa pengiriman yang berjarak cukup jauh dari rumah. Jika pengiriman menggunakan asuransi, maka akan lebih baik untuk menjadi pilihan.

Jenis Keramik yang Biasa Digunakan Sebagai Bahan Piring

Earthenware

Earthenware atau yang dalam bahasa Indonesia disebut gerabah ini merupakan jenis piring yang memiliki sedikit rongga-rongga di dalamnya. Piring ini dibuat dengan cara dibakar pada suhu 1000-1150°C. Kemudian dilapisi dengan serbuk kaca, lalu dibakar lagi.

Proses tersebut membuatnya jadi lebih berat dan tampak rustic. Piring ini pun lebih cepat menyerap cairan dan warna, sehingga Anda tidak boleh merendamnya terlalu lama di dalam air agar piring bisa lebih awet. Harganya pun cenderung lebih murah dibandingkan jenis keramik lain.

Stoneware

Jenis keramik stoneware cenderung lebih awet dibandingkan dengan jenis earthenware. Stoneware menggunakan material kaca di dalamnya, lalu dibakar pada suhu sekitar 1200°C, lebih panas dibanding earthenware. Piring ini lebih tebal dan lebih kuat.

Stoneware ini memiliki berbagai hasil akhir, yaitu berkilau, satin, dan matte. Perawatannya pun lebih mudah. Anda juga boleh memasukkannya ke dalam dishwasher, freezer, microwave, bahkan oven. Namun hindari menggunakannya dalam suhu yang terlalu ekstrim ya!

Porselen

Jenis keramik selanjutnya adalah porselen. Jenis ini cukup banyak ditemukan di pasaran, dan tahan lama. Hal ini karena piring ini dibuat dari clay dengan partikel halus, seperti feldspar, quartz, atau kaolin. Lalu dibakar pada suhu lebih dari 1200°C untuk hasil yang kuat dan tahan lama.

Proses pembuatan tersebut membuat porselen lebih tipis dibandingkan jenis keramik lainnya. Coraknya bisa didapatkan dengan pembakaran lebih lanjut. Biasanya porselen memiliki hasil akhir yang berkilau. Jenis ini juga aman digunakan dalam dishwasher, microwave, dan oven.

Rekomendasi Piring Keramik Terbaik Untuk Sehari-Hari

PLATERIE Piring Keramik Dinner Plate 10.5 Inch Gress Beige

Piring keramik dari PLATERIE ini memiliki corak yang cukup netral dengan warna gress beige / gress fermier. Piring dengan bentuk lingkaran ini memiliki diameter 27,5 cm, dengan tinggi 2,5 cm, dan berat 820 gram.

Harga yang diberikan sudah termasuk free packaging dan bubble wrap. Terdapat garansi pecah juga, jadi Anda bisa lebih tenang saat membelinya. Piring ini pun sudah memenuhi SNI, sehingga keamanannya terjamin. Dapat Anda masukkan ke dishwasher dan microwave juga.

Harga Rp. 22.000-32.000

SANGO Piring Keramik Gisella Black

Sesuai namanya, piring keramik SANGO Gisella Black ini berwarna hitam, sehingga tampak lebih elegan dan mewah. Namun piring ini tidak polos saja. Ada motif floral pada pinggirnya yang bergelombang, sehingga membuatnya makin cantik dan tidak monoton.

Piring dengan bentuk bulat berdiameter 27,5 cm ini sangat cocok digunakan sebagai alas makan bersama tamu ataupun bersama keluarga pada acara spesial. Material porselen yang digunakan pun membuatnya lebih awet dan bisa Anda gunakan di microwave.

Harga Rp. 40.000-100.000

KOPIN Piring Keramik Porcelain Ayam Kbp 9SN 9 inci

Piring makan dari Kopin ini merupakan piring ceper dengan tinggi 3 cm dan diameter 22,5 cm. Piring berbahan porselen ini memiliki warna putih dengan lis warna merah. Pada kedua sisinya terdapat sablon ayam yang fenomenal itu!

Piring ini mudah dibersihkan, Anda juga bisa menggunakan dishwasher. Piring ini juga aman digunakan di dalam microwave. Sebuah model yang klasik, namun tetap kekinian, dan cocok dipakai dalam berbagai acara.

Harga Rp. 17.000-35.000

Kedaung Stoneware Piring Coklat 8 inci

Piring porselen dari Kedaung ini memiliki dimensi 21 x 21 x 4 cm. Beratnya hanya 441 gram saja. Piring ini hadir dengan warna coklat yang cukup netral, dan terdapat lis berwarna coklat tua pada bagian pinggirnya.

Piring dengan desain yang simpel dan vintage ini tampak cantik dan elegan untuk Anda gunakan sebagai piring makan, maupun untuk menyajikan hasil masakan favorit Anda dalam berbagai situasi. Sebuah piring yang klasik dan otentik.

Harga Rp. 10.000-50.000

IKEA Dinera

Jika Anda mencari piring keramik dengan desain yang simpel, polos, dan minimalis, piring dari IKEA ini hadir sesuai desain yang Anda cari. Ada tiga pilihan warna yang netral, seperti pink, krem, dan abu-abu tua.

Piring jenis earthenware ini dilapisi dengan matt sehingga tampak lebih istimewa. Anda dapat menggunakan piring ini untuk menyajikan berbagai jenis dessert atau hidangan penutup. Sajian Anda yang cantik akan tampil stand out di atas piring ini.

Harga Rp. 30.000-50.000

Vicenza Dinner Plate 9.25 inch

Piring porselen berdiameter 23,2 cm ini hadir dengan desain yang simpel, klasik, dan elegan bergabung menjadi satu. Dalam 1 boks berukuran 27 x 27 x 18 cm, terdapat 1 lusin piring dengan berat total 7 kg.

Piring dengan motif Vicenza ini dapat Anda gunakan sebagai wadah sup, siomay, lontong, sayur, hingga kue dan makanan kering. Piring ini begitu praktis dan mudah dibersihkan setelah digunakan. Jadikanlah ia sebagai teman makan bersama keluarga tercinta.

Harga Rp. 230.000-400.000

MINISO Dinner Plate Stripe Series

Sebagai brand yang terkenal menjual peralatan unik, MINISO juga mengeluarkan produk piring makan lho. Piring keramik dari MINISO ini layak untuk Anda pertimbangkan, terutama jika Anda merupakan penggemar MINISO.

Piring keluaran MINISO ini terbuat dari bahan stoneware. Anda dapat menggunakannya di dalam dishwasher dan microwave. Namun, Anda perlu ingat bahwa bahan stoneware tidak sekuat porselen, jadi hindarilah menggunakannya pada suhu yang sangat panas.

Harga Rp. 15.000-40.000

ZEN Piring Keramik Animal Series

Piring porselen dari ZEN Tableware ini hadir dengan desain yang unik, yaitu gambar binatang. Ada berbagai gambar binatang yang dapat Anda pilih, seperti jerapah, beruang, kelinci, dan hewan-hewan lainnya.

Desain hewan ini begitu menarik, apalagi untuk anak-anak. Anda bisa memilih piring ini sebagai piring makan si kecil agar mereka lebih semangat. Gambar binatang yang terdapat pada piring ini akan membuat waktu makan jadi lebih menyenangkan.

Harga Rp. 45.000-150.000

Brewsuniq Black Clarity Dinner Plate 8 inci

Rekomendasi merk piring makan keramik selanjutnya adalah piring dari Brewsuniq. Brewsuniq merupakan brand webstore online yang menyediakan berbagai kebutuhan home living di Indonesia sejak tahun 2016.

Salah satu produk piring makan keramik yang menarik dari Brewsuniq adalah Black Clarity Dinner Plate. Piring ini memiliki bentuk bulat dengan warna hitam polos dengan lis emas di bagian pinggirnya, sangat elegan.

Harga Rp. 100.000-150.000

Homeco Tricolor Ceramic Plate

Jika Anda mencari piring keramik yang cerah berwarna, piring keramik seri Tricolor dari Homeco ini dapat menjadi pilihan. Piring ini didesain dengan teknik warna bergradasi untuk membuatnya tampak menarik.

Produk ini dibuat dari bahan keramik berglazur, yang kokoh dan juga awet. Material ini diklaim aman. Anda juga bisa menggunakan piring berukuran ini untuk menghangatkan makanan di microwave. Dengan diameter 8,25 inci, piring ini dapat memuat banyak makanan.

Harga Rp. 10.000-20.000
From our editorial team

Koleksi Piring Keramik Agar Makanan Makin Estetik dan Menggugah Selera

Buat Anda yang suka mengabadikan makanan dengan kamera sebelum makan, rekomendasi piring keramik dari BP-Guide di atas layak dipertimbangkan. Piring yang cantik akan bikin makanan Anda makin terlihat lezat dan menggoda. Tidak percaya? Coba saja sendiri!