10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik untuk Bikin Dapur Lebih Rapi (2021)

10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik untuk Bikin Dapur Lebih Rapi (2021)

Rak piring sangat dibutuhkan di dapur untuk membuat tampilan dapur lebih rapi. Selain itu menata peralatan makan pada rak piring bikin peralatan lebih aman dari aneka hewan seperti semut, serangga, dan lain sebagainya. Simak tips memilihnya dari kami dan rekomendasi terbaiknya dari BP-Guide.

Tata Peralatan Makan dengan Rak Piring agar Lebih Rapi

Dapur adalah tempat yang paling banyak dikunjungi di dalam rumah. Mulai dari untuk memasak, makan, sekadar mengambil minum hingga camilan, dan lain sebagainya. Selain itu, dapur juga jadi tempat mencuci peralatan makan dan juga tempat menyimpan peralatan makan.

Di dapur ada banyak peralatan makan dan peralatan memasak. Agar dapur lebih tertata rapi, kamu bisa memakai rak piring untuk menata koleksi piringmu. Pemakaian rak piring ini bisa memberikan banyak manfaat, loh.

Dengan memakai rak piring maka koleksi peralatan makan dan peralatan memasak kamu jadi lebih rapi. Kamu jadi bisa menata sesuai dengan kelompoknya, misalnya bagian pirnig sendiri, sendok garpu sendiri, dan lainnya. Kamu bisa juga mengatur barang berdasarkan warna atau ukuran.

Saat peralatan makan tertata rapi, kamu jadi lebih mudah menemukan peralatan makan yang kamu butuhkan. Rak piring membuat piring dan peralatan makan berjajar rapi jadi tidak bertumpuk tidak beraturan. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah mengambilnya tanpa membuat alat makan lainnya berantakan.

Adanya rak piring juga bikin peralatan makan kamu cepat kering. Semisal kamu selesai mencuci piring, kamu tinggal meletakkannya di rak piring. Dengan cara ini, peralatan makan jadi lebih cepat kering.

Tips Memilih Rak Piring

Pilih Ukurannya

Saat memilih rak piring kamu bisa melihat ukurannya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Jika di rumahmu hanya ada satu atau dua orang, maka kamu bisa memilih rak dengan ukuran kecil. Sementara, jika ada 3 atau lebih orang di rumah, pilih rak piring dengan ukuran besar sehingga kapasitasnya lebih besar dan bisa muat lebih banyak.

Rak piring juga bisa disesuaikan dengan ukuran tempat cuci piring. Ini supaya kamu bisa lebih menghemat tempat. Jika ukuran tempat cuci piringnya sempit, maka ada baiknya pilih ukuran kecil sehingga tempat cuci piring tidak terkesan makin sempit.

Pilih Modelnya

Pilih juga model rak piring sebelum kamu membelinya. Di pasaran tersedia aneka model dan tipe rak piring. Kamu bisa memilih model rak gantung, rak bawah, rak minimalis, dan lain sebagainya. Jika ingin lebih menghemat tempat, kamu bisa pilih model rak gantung. Sementara, jika ingin rak yang lebih aman dan tidak rawan jatuh, kamu bisa memilih rak piring yang di bawah. Ada juga model rak piring yang bertingkat. Model semacam ini bikin kamu bisa lebih banyak menyimpan aneka peralatan dapur dan peralatan makan.

Pertimbangkan Warnanya

Pertimbangkan juga warna rak piring yang hendak kamu beli. Ada banyak pilihan warna di pasaran. Kamu bisa memilih yang pilihan warnanya cerah, gelap, atau bisa juga memilih yang netral. Jika kamu ingin memiliki kesna dapur yang cerah dan penuh semangat, kamu bisa pilih rak piring yang warnanya cerah juga. Boleh juga jika kamu ingin menyamakan warna rak piring dengan warna dinding dapur kamu.

Pilihan warna lainnya yang bisa kamu pilih adalah warna netral. Rak piring dengan warna netral bisa cocok dipadukan dengan aneka dekorasi dapur lainnya.

Pastikan Multifungsi

Ada baiknya memilih produk rak piring yang multifungsi. Artinya, rak tidak hanya bisa menata piring saja namun juga memiliki fungsi lainnya. Contohnya, rak bisa digunakan untuk meniriskan peralatan makan yang baru saja dicuci. Fungsi lainnya yang bisa kamu dapatkan dari produk rak piring multifungsi adalah bisa mempercantik ruangan. Pilih saja rak piring yang desain dan warnanya keren sehingga bisa menambah estetik tampilan dapur kamu.

Ini Loh Rak Piring Plastik yang Lengkapi Dapurmu

Claris Callista Rak Piring 2110

Claris Callista Rak Piring 2110 merupakan rekomendasi pertama kami. Rak piring yang satu ini bahan plastiknya tebal dan berkualitas tinggi. Produk awet dan tahan lama digunakan. Rak tidak mudah patah. Ruang penyimpanannya luas. Ada bagian tanpa sekat sehingga bisa digunakan untuk mengeringkan aneka peralatan makan. Ada water tray pada produk ini. Untuk jumlah piring yang bisa dimasukkan adalah 14 buah.Ukuran keseluruhan produk ini adalah 44,5 cm x 38,5 cm x 11,5 cm.

Harga Rp. 93.000-113.000

Lucky Star Rak Piring 3 Susun

Lucky Star Rak Piring 3 Susun terkesan sederhana namun sangat berguna untuk menata aneka peralatan makan. Kamu bisa mengeringkan lebih banyak piring dengan mudah. Produk ini hadir dengan tiga tingkat sehingga bisa menampung aneka peralatan memasak dan juga peralatan makan. Bahkan, ada juga tempat pengeringan sendok dan garpu yang tersedia.

Desain produknya terbuka sehingga aneka peralatan makan jadi lebih cepat kering. Produk berukuran 53 cm x 29 cm x 70 cm.

Harga Rp. 115.000-137.500

Kris Rak Piring Plastik

Kris Rak Piring Plastik bikin sisa air cucian bisa langsung mengalir pada area sink. Rak juga dilengkapi dengan water tray. Rak piring terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi. Bahannya kokoh dan tidak mudah pecah sehingga lebih tahan lama digunakan. Ada 9 slot piring yang tersedia. Kamu bisa menjadikannya tempat untuk menyimpan aneka peralatan makan seperti piring, gelas, mangkuk, dan lain sebagainya. Ukuran produknya adalah 45 cm x 31 cm x 8 cm.

Harga Rp. 84.000-159.000

Sunxin - Rak Piring 2 Susun Plastik -2115

Sunxin - Rak Piring 2 Susun Plastik -2115 adalah rekomendasi berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan. Ada dua pilihan warna yang bisa kamu pilih. Rak yang satu ini bisa membantu menata peralatan makan. Di bagian atas bisa diletakkan piring. Di bagian bawah bisa dipakai untuk gelas dan mangkuk.

Bagian dasarnya dilengkapi water tray yang mudah dikeluarkan. Pada bagian samping ada tempat untuk menggantung sendok dan garpu. Rak mudah dibongkar pasang dan mudah dipindahkan. Bahannya juga membuat rak mudah dibersihkan. Ukuran keseluruhannya adalah 31 x 24 x 33 cm.

Harga Rp. 65.000-112.000

Angola Rak Piring Plastik Dengan Tutup C28

Angola Rak Piring Plastik Dengan Tutup C28 bisa menjaga agar peralatan makan bisa tetap higienis saat akan digunakan. Ada penutupnya sehingga peralatan makanan bisa bebas kuman, bakteri, debu, dan kotoran lainnya. Rak juga bisa digunakan untuk meniriskan peralatan makan usai dicuci. Bagian bawahnya bisa meniriskan air dan juga anti lembap jadi tidak akan berjamur.

Bahan raknya food grade jadi lebih aman dan berkualitas. Bahan covernya transparan sehingga bisa terlihat dari luar isiannya. Kapasitasnya cukup luas sehingga bisa menampung banyak peralatan. Produk cukup kompatibel sehingga mudah dipindahkan ke berbagai tempat.

Harga Rp. 109.000-173.000

Calista Nebula Rak Piring Plastik

Calista Nebula Rak Piring Plastik merupakan rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini bisa jadi tempat pengering peralatan makan. Kamu juga bisa menjadikannya tempat untuk menata koleksi peralatan makan kamu agar lebih rapi dan lebih mudah ditemukan. Pada bagian samping rak dilengkapi hook. Ini membuat kamu bisa menggantung gelas lebih banyak.

Rak sudah bebas BPA jadi aman digunakan. Produk bisa menampung banyak piring dan gelas. Terbuat dari bahan plastik tebal berkualitas yakni plastik polypropylene 5, produk ini mudah dibersihkan. Ukuran keseluruhannya adalah 46 x 36 x 12 cm.

Harga Rp. 45.900-87.900

Lion Star Flora Dish Rack with Tray A-10

Lion Star Flora Dish Rack with Tray A-10 terkesan simpel namun sangat lengkap. Ada tempat untuk penyimpanan sendok dan garpu juga. Terbuat dari bahan plastik, bahannya aman dari rayap dan kokoh sehingga tahan lama digunakan. koleksi peralatan makan jadi lebih tertata rapi. Kamu jadi lebih mudah menatanya dan juga menemukannya. Produk lengkap dengan water tray. Ada 12 slot untuk piring. Ukuran keseluruhan rak piring ini adalah 43,5 cm x 35 cm x 12,8 cm.

Harga Rp. 53.486-56.900

Angola Rak Piring Tutup C48

Angola Rak Piring Tutup C48 adalah produk dengan kapasitas super besar. Rak piring ini bisa menampung aneka peralatan makan agar lebih tertata rapi dan lebih mudah ditemukan. Rak terbuat dari bahan plastik tebal yang kokoh dan anti karat. Rak juga anti jamur sehingga tahan lama digunakan. Kapasitasnya luas sehingga bisa menampung banyak barang sekaligus.

Rak memiliki 2 tingkat sehingga kamu bisa bebas menata dan mengelompokkan barang. Bagian atas dan bawahnya memiliki cover transparan sehingga bisa terlihat dari luar. Covernya membuat rak makan bisa lebih terjaga dari debu, kuman, binatang, atau serangga lainnya.

Modelnya simpel dan praktis untuk diletakkan di mana saja. Produk juga mudah dibersihkan. Ukuran produk keseluruhan adalah 38 x 25 x 45 cm.

Harga Rp. 229.000-390.000

Zehn Rak Piring Plastik

Zehn Rak Piring Plastik Rak Piring Plastik hadir dengan desain yang minimalis. Kamu bisa meletakkannya di dapur sebagai tempat untuk menata koleksi peralatan makan kamu. Rak piring 2 tingkat ini akan membantu kamu menghemat ruang. Kapasitasnya besar jadi bisa muat banyak. Bahannya cukup kuat sehingga produk ini tahan lama digunakan.Produk juga dirancang anti bau. Ukuran keseluruhan produk adalah
46 x 46 x 34,5 cm.

Harga Rp. 521.800-797.000

Rovega Pladys Dish Cabinet DCB-2568CRD

Rovega Pladys Dish Cabinet DCB-2568CRD merupakan rekomendasi terakhir kami. Rak piring keren ini bahannya dari plastik berkualitas tinggi. Desainnya dibuat berkesan kokoh sehingga bisa tahan lama digunakan. Ada wadah dan juga laci di bagian atas dan bawahnya. Ini akan memberikan kamu kemudahan untuk menyimpan makanan.

Rak piring ini sudah bersertifikat food grade. Ada 3 susunan yang bikin kamu lebih leluasa menyimpan aneka peralatan makan. Ukuran keseluruhan produknya adalah 480 x 355 x 760 mm.

Harga Rp. 399.000-480.000
From our editorial team

Letakkan Rak Piring di Tempat yang Tepat

Tempatkan rak piring di tempat yang tepat. Ini supaya rak piring tidak mudah rusak dan bisa tahan lama digunakan. Meletakkannya di tempat yang tepat juga bikin kamu bisa lebih mudah membersihkannya. Pastikan rak piring berada pada tempat yang mendapatkan cahaya alami dan juga sirkulasi udara yang lancar. Tujuannya adalah supaya peralatan makan lebih cepat kering usai dicuci. Bahan rak piring juga bisa lebih awet digunakan jika tempatnya tidak lembap. Rak piring jadi tidak mudah keropos atau berkarat. Kamu bisa meletakkannya di dekat area cuci piring. Ini supaya usai mencuci piring, kamu tidak terlalu jauh menjangkau tempat meletakkan piring-piringnya.