10 Rekomendasi Rak Kayu Terbaik untuk Menata Aneka Koleksimu (2021)

10 Rekomendasi Rak Kayu Terbaik untuk Menata Aneka Koleksimu (2021)

Rumah akan terlihat lebih rapi dan lebih bersih jika kita pandai mengatur barang-barang. Salah satu cara untuk merapikan barang adalah dengan memakai rak untuk menyimpan dan menata barang. Simak tips memilih rak penyimpanan dan cek rekomendasi rak kayu terbaik untuk kamu!

Rak Penyimpanan Punya Banyak Manfaat Tak Terduga

Salah satu furnitur yang wajib kita miliki di rumah adalah rak penyimpanan. Adanya rak penyimpanan akan membuat rumah kita jadi lebih bersih dan tertata rapi. Ada kalanya koleksi buku, pajangan, foto, hingga tanaman kita tergeletak dimana-mana. Ini bikin ruangan jadi tampak kurang rapi dan sumpek. Dengan memakai rak, kamu jadi bisa menata koleksi dan barang lainnya dengan lebih tertata rapi. Dan, ternyata, rak penyimpanan memiliki banyak manfaat lain selain bikin barang jadi lebih rapi.

Rak penyimpanan bisa juga jadi dekorasi di ruangan kamu. Sekarang ini, rak penyimpanan hadir dalam aneka warna dan bentuk. Ini bisa memberikan sentuhan unik tersendiri dalam suatu ruangan. Kamu bisa juga mengkombinasikan rak penyimpanan dengan furnitur lainnya agar lebih seimbang dan serasi dengan tema ruangan.

Selanjutnya, rak penyimpanan juga bisa diletakkan dimana saja untuk mendukung kebutuhan kamu. Misalnya untuk di dapur, kamu bisa memakai rak untuk menyimpan bumbu-bumbu. Di kamar, kamu bisa memakainya untuk menyimpan buku-buku. Dan di luar rumah, kamu bisa memakai rak untuk menyimpan koleksi sepatumu.

Rak penyimpanan bisa jadi dekorasi pemisah antara dua ruang juga, loh. Rak dengan ukuran cukup besar, bisa kamu manfaatkan untuk menyekat dua ruang. Jenis rak yang cocok adalah rak model terbuka. Rak semacam ini akan bisa membedakan dua ruang tanpa membuat kedua ruang tersebut terkesan sempit dan sumpek.

Tips Memilih Rak Penyimpanan di Rumah

Pilih Berdasarkan Jenisnya

Pilihlah rak sesuai dengan kebutuhan kamu. Di pasaran, ada banyak sekali jenis rak. Kamu bisa memilih rak sesuai dengan kegunaannya. Beda jenis raknya beda juga fungsinya.

Ada rak buku yang sesuai namanya, rak ini dikhususkan untuk buku. Rak buku ada yang terbuat dari bahan besi, plastik, hingga kayu. Umumnya, rak buku bisa menahan beban yang cukup berat. Untuk modelnya, rak buku cukup beragam, ada yang tertutup di satu sisi, ada juga yang bentuknya terbuka di semua sisi.

Selanjutnya, ada rak display. Rak semacam ini bisa digunakan sebagai rak pajangan. Ukurannya tidak terlalu besar. Umumnya, rak display terbuat dari bahan kayu dengan ukuran yang lebh kecil dibanding dengan kabinet.

Ada juga rak sepatu yang fungsinya untuk menampung koleksi sandal dan sepatu kamu. Rak sepatu ukurannya beragam, ada yang susun 2 ada juga yang susun hingga 5 tingkat. Rak sepatu umumnya terbuat dari bahan kayu, plastik, hingga kaca. Kamu bisa memilih bahan rak sesuai kebutuhan.

Rak dapur juga tidak bisa kamu lewatkan untuk dimiliki. Rak dapur punya beragam bentuk dan fungsi. Ada yang fungsinya untuk menampung piring dan peralatan makan, ada juga yang raknya difungsikan untuk bumbu-bumbu agar lebih rapi. Lalu, ada juga rak dapur yang difungsikan sebagai tempat gelas atau minuman.

Berikutnya, ada yang namanya rak dinding. Fungsinya hampir sama dengan rak dinding yakni sebagai rak pajangan. Bedanya, rak dinding letaknya menempel pada dinding dan biasanya spacenya terbatas.

Kenali Keunggulan Bahan

Di pasaran tersedia rak dengan berbagai bahan. Kamu harus tahu dan mengenali aneka keunggulan bahan tersebut. Dengan begini maka kamu bisa memilih rak dengan bahan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pertama, ada rak bahan besi. Keunggulannya tentu saja lebih kuat. Bahan besi tahan lama karena tahan banting. Kamu bisa meletakkannya di mana saja karena raknya anti rayap. Rak semacam ini cocok untuk aneka barang.

Kedua, ada rak bahan plastik. Keunggulannya, bahannya ringan sehingga lebih mudah dipindahkan. Pilihan desain dan warnanya juga banyak. Harganya pun lebih murah. Sayangnya, rak bahan plastik lebih cepat rusak jika bahan plastiknya tidak berkualitas.

Selanjutnya, ada bahan kayu yang banyak dipakai sebagai rak. Produk rak kayu terkesan elegan dan klasik. Bahan kayu juga terbilang awet dan tahan lama. Pastikan saja kamu memilih rak dengan kayu yang tahan rayap sehingga raknya tidak akan mudah keropos.

Sesuaikan dengan Gaya Interior Ruangan

Kamu bisa memilih rak yang sesuai dengan gaya interior ruanganmu. Hal ini supaya rak bisa mendukung tampilan ruanganmu. Misalkan ruangan kamu bergaya modern, maka kamu bisa memasukkan rak dengan gaya minimalis modern. Dan jika ruangan kamu bergaya klasik, tidak ada salahnya memilih rak dengan gaya vintage atau shabby chic. Hati-hati salah padu padan rak dan ruangan sebab hasilnya jadi kurang enak dipandang dan kesan ruangannya jadi semrawut.

Pilih Ukurannya

Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan saat membeli rak adalah memilih ukurannya. Sesuaikan ukuran rak dengan kebutuhan dan ruang tempatnya diletakkan. Jika kamu butuh rak untuk menampung sedikit barang saja, maka beli saja yang ukurannya kecil. Jika butuh meletakkan banyak barang, maka bisa lirik ukuran yang besar. Namun, pastikan ukuran raknya juga sesuai dengan ruangan tempatnya diletakkan. Jangan sampai memilih rak yang terlalu besar untuk ruangan yang sempit. Ini hanya akan membuat ruangan terkesan sempit dan sumpek.

Ini Dia Pilihan Rak Kayu untuk Kamu Gunakan di Rumah

GUNINCO FLOATING NATURAL Rak dinding Kayu

GUNINCO FLOATING NATURAL Rak dinding Kayu adalah rekomendasi pertama kami. Rak kayu ini bisa menghias ruangan dengan baik. Kamu bisa meletakkan buku, hiasan suvenir, hingga foto dalam bingkai pada rak ini. Terbuat dari bahan kayu jati Belanda, produk ini terjamin kualitasnya.

Ukuran rak yang besar adalah 40 x 10 x 1,8 cm. Ukuran rak yang sedang adalah 33 x 10 x 1,8 cm. Dan ukuran rak yang kecil adalah 26 x 10 x 1,8 cm. Rak ini warnanya kayu natural sehingga bisa memberikan kesan alami yang vintage pada ruangannya.

Harga Rp. 8.000-21.000

Rak serbaguna KAYU PARTIKEL / Rak Buku

Rak serbaguna KAYU PARTIKEL / Rak Buku adalah rekomendasi kami selanjutnya. Rak kayu terdiri dari 3 susun dan 2 susun yang bisa kamu pilih sesuai selera. Kamu bisa memakainya untuk memajang buku, tanaman, hingga pajanganmu. Terbuat dari bahan berkualitas, raknya dikirim dalam keadaan knock down sehingga kamu harus merangkainya sendiri. Ada pilihan warna natural dan dark.

Harga Rp. 75.801-185.000

Up Space Otto Wooden Shelf 50 CM

Up Space Otto Wooden Shelf 50 cm ini adalah pilihan yang pas untuk kamu. Ukuran keseluruhan raknya adalah 50 x 25 x 50 cm. Terbuat dari bahan pine wood berkualitas ekspor, produk ini tahan lama digunakan. Bagian kakinya knock down dan harus dipasang sendiri. Rak ini bisa kamu gunakan untuk memajang apa saja, mulai dari sepatu, sandal, tanaman, buku, dan lainnya.

Harga Rp. 129.000-274.000

Indokurnia Rak Piring Kayu Isi 6

Indokurnia Rak Piring Kayu Isi 6 ini cocok untuk menjaga koleksi piring kamu agar tetap rapi dan tertata dengan baik. Rak terbuat dari bahan kayu mahoni. Produk ini bisa diletakkan di dapur untuk menambah kesan estetik dapur. Raknya berkesan simpel, bersih, dan vintage. Ada dua pilihan warna yang tersedia untuk raknya yakni warna natural dan warna hitam.

Rak piring ini bisa dipakai sendiri dan cocok juga jadi hadiah untuk pengantin baru yang akan pindah rumah. Ukuran panjang raknya 30 cm dengan lebar 15 cm dan tinggi 8,5 cm.

Harga Rp. 22.500-78.000

Muzy Rak HRK203

Muzy Rak HRK203 sayang untuk kamu lewatkan. Rak kayu yang satu ini bisa diletakkan di berbagai ruangan. Kamu bisa memakainya di ruang dapur, ruang belakang, kamar, dan lain sebagainya. Dengan adanya rak multifungsi ini, barang-barang dan peralatan kamu jadi lebih rapi. Kamu jadi punya space lebih luas dalam ruangan tersebut.

Rak desain 5 tingkat ini memiliki space jarak antar tingkat yang luas dan tinggi sehingga bisa menampung berbagai macam size barang-barang. Ada gantungan kait dan kertas lembar PP sebagai pelengkap rak.

Terbuat dari bahan kayu yang super tebal dan kokoh, raknya bisa menahan beban sampai 280 kg. Bahannya juga anti rapuh dan anti gores. Pengerjaannya detail sehingga hasilnya juga menawan.

Harga Rp. 169.000-245.000

Dejavu Rak Sepatu Susun Kayu Zigzag

Dejavu Rak Sepatu Susun Kayu Zigzag ini menarik untuk dimiliki. Rak kayu ini terbuat dari bahan kayu berkualitas tinggi sehingga tahan lama digunakan. Rak mudah dilipat jika ingin disimpan dan tidak digunakan. Saat digunakan, raknya bisa ditarik sehingga bisa jadi wadah yang maksimal. Kamu bisa memakainya sebagai rak bunga, rak hiasan, rak suvenir, rak sepatu, rak dapur, hingga rak buku.

Bahannya tebal dan tidak mudah rusak. Rak kayu ini cocok diletakkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Ada pilihan rak 3 tingkat, 4 tingkat, dan 5 tingkat. Ukuran rak 3 tingkat adalah 50cm x 25cm x 39cm. Ukuran rak 4 tingkat adalah 50cm x 25cm x 57cm. Ukuran rak 5 tingkat adalah 50cm x 25cm x 78cm

Harga Rp. 199.900-567.000

Muzy Rak Tanaman Bunga 4 Susun

Muzy Rak Tanaman Bunga 4 Susun ini unik dan menarik desainnya. Produk ini mudah dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Kamu bisa memakainya untuk mempercantik ruangan atau tampilan tanaman agar lebih berkesan saat dipandang. Ada pilihan warna hijau dan coffee. Ukurannya ada varian 2 tingkat dan 4 tingkat. Untuk yang 2 tingkat ukurannya 28 x 28 x 56 cm dan untuk yang 4 tingkat ukurannya 38 x 38 x 110 cm Terbuat dari bahan kayu anti rayap, produk ini tahan lama digunakan.

Harga Rp. 109.000-670.000

Starlight Rak Buku Kayu Minimalis Rak Penyimpanan Serbaguna Standing Rak HRK203

Starlight Rak Buku Kayu Minimalis Rak Penyimpanan Serbaguna Standing Rak HRK203 merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Rak kayu yang satu ini terbuat dari bahan kayu berkualitas tinggi. Strukturnya kuat dan modelnya juga dinamis. Rak hadir dengan 5 susun sehingga bisa muat lebih banyak. Ukuran panjangnya 50 cm dengan lebar 25 cm dan tinggi 128 cm.

Harga Rp. 169.000-443.000

Rak Bumbu Kayu Minimalis Serbaguna 40cm

Rak Bumbu Kayu Minimalis Serbaguna 40cm ini menarik untuk dimiliki. Rak kayu ini bisa kamu letakkan di meja dapur untuk menata deretan bumbu yang biasa kamu gunakan. Tinggal letakkan bumbu pada botol atau jar lalu tata dengan rapi pada rak kayu ini. Ukuran panjang rak 35 cm dengan tinggi 30 cm. Jarak papan satu dengan lainnya adalah 16 cm dengan lebar papan atas 7 cm dan lebar papan bawah 10 cm. Terbuat dari bahan kayu solid yang berkualitas dijamin raknya tahan lama digunakan.

Harga Rp. 50.000-153.000

Rak Bunga Sudut Minimalis 4 Susun

Rak Bunga Sudut Minimalis 4 Susun ini adalah rekomendasi terakhir kami. Rak kayu ini cocok untuk tempat bunga atau bisa juga jadi rak pajangan suvenir. Ini pas untuk diletakkan di pojok ruangan untuk mengisi celah yang kosong. Tinggi raknya 110 cm dengan lebar 30 cm. Rak keren ini terbuat dari bahan kayu jati Belanda yang berkualitas tinggi. Warna produknya natural sehingga terkesan alami dan cocok untuk menghias ruangan dengan nuansa klasik atau vintage.

Harga Rp. 160.000-247.000
From our editorial team

Persiapkan Bujet Khusus

Sebelum membeli rak, ada baiknya kita menyiapkan bujetnya. Ini supaya kita bisa lebih siap dan bisa memilih rak dengan lebih leluasa. Pertama, browsing dulu untuk tahu berapa harga pasaran rak yang kamu incar. Kamu bisa bertanya pada teman atau saudara yang pernah membeli rak serupa. Bisa juga dengan mencari referensi di internet. Setelah itu, menabunglah untuk mempersiapkan bujet tersendiri untuk membeli rak. Baru setelahnya, kamu bisa mulai mencari produk rak sesuai dengan keinginanmu. Ingat untuk tidak membeli rak yang harganya tidka terjangkau bujet-mu supaya keuangan kamu bisa tetap aman hingga akhir bulan.