Ciptakan Dapur yang Lebih Rapi dengan 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (2020)

Ciptakan Dapur yang Lebih Rapi dengan 10 Rekomendasi Rak Piring Terbaik (2020)

Siapa sih yang tidak ingin dapurnya terkesan rapi dan bersih? Untuk menciptakan kesan dapur yang bersih dan tertata rapi, Anda butuh rak khusus untuk menata piring dan peralatan makan lainnya. Cek cara memilih rak piring yang tepat untuk dapur Anda. Selain itu, cek juga rekomendasi produknya dari kami!

Dapur yang Tertata Rapi Bikin Kita Semangat Memasak

Dapur menjadi salah satu bagian rumah yang wajib kita jaga kebersihan dan kerapiannya. Ini karena dapur merupakan tempat asal aneka hidangan yang kita persembahkan untuk keluarga tercipta. Jika dapur dalam keadaan kotor dan berantakan, tentunya kita jadi malas masak dan masakan kita jadi kurang higienis.

Setiap orang tentu ingin memiliki dapur yang tertata rapi. Ini karena dapur yang rapi memudahkan kita untuk mencari barang yang akan kita gunakan untuk memasak. Dapur yang rapi juga lebih enak untuk dipandang. Selain itu, dengan dapur yang rapi maka dapur terkesan terorganisir dengan baik dan menunjukkan bahwa kita adalah orang yang gemar kebersihan dan kerapihan.

Dapur rapi bisa mempengaruhi mood kita juga loh. Saat dapur berantakan, cucian piring menumpuk, dan barang-barang asal tergeletak saja, maka kita jadi malas ke dapur. Jangankan untuk memasak, untuk mengambil makanan saja membuat kita jadi ogah-ogahan. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menata dapur supaya tampak bersih dan rapi, ya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merapikan dapur adalah menyusun perlengkapan dan peralatan dapur berdasarkan prioritas. Letakkan barang-barang yang paling sering digunakan pada tempat yang mudah dijangkau. Sementara itu, untuk barang-barang yang jarang digunakan bisa diletakkan di lemari atau laci agar tidak terlalu bejubel dengan barang yang sering digunakan.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah memilih kombinasi warna dapur dan mendesain dapur senyaman mungkin. Dengan pemilihan warna dinding dapur yang pas tentu dapur terlihat lebih luas. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan pilihan warna alat dapurnya untuk disesuaikan. Ini tentu akan bikin dapur jadi lebih nyaman dihuni dan bikin Anda lebih semangat memasak.

Terakhir, belilah rak-rak khusus untuk tempat barang tertentu. Misalnya untuk piring, panci, dan lain sebagainya. Dengan adanya rak khusus tentu Anda jadi bisa membuat dapur terkesan lebih terorganisir.

Rak Piring Wajib Ada di Dapur karena Banyak Manfaatnya

Rak piring menjadi salah satu produk yang wajib Anda miliki di dapur Anda. Manfaat produk yang satu ini sangatlah banyak. Salah satunya adalah untuk membuat susunan piring terlihat lebih rapi. Anda bisa memilih rak piring terbuka demi menjaga kerapiannya. Dengan rak piring model terbuka maka Anda bisa lebih mudah meletakkan piring usai dicuci agar tidak saling tindih dengan barang lainnya.

Adanya rak piring juga akan memudahkan Anda untuk meniriskan air sisa cucian piring. Ini akan sangat membantu untuk Anda yang malas mengelap piring sampai kering. Dengan menatanya di rak khusus piring, maka piring lebih cepat kering dan bisa cepat digunakan kembali.

Rak piring juga membuat ruang dapur jadi lebih lapang. Rak semacam ini juga bikin hemat tempat. Saat ruang dapur sangat sesak dan tidak mungkin menambah sebuah lemari piring, maka solusinya adalah menambahkan rak piring. Anda bisa menambahkan rak piring model gantung agar bisa membuat dapur terkesan lebih luas tanpa menghabiskan banyak ruang.

Adanya rak piring juga membuat Anda dan penghuni rumah bisa menemukan piring dan peralatan makan lainnya dengan lebih mudah. Selain itu, anggota keluarga lain juga tidak akan membuat dapur berantakan hanya demi mencari sebuah piring jika piringnya sudah tertata rapi pada rak.

Tips Memilih Rak Piring Terbaik

Tentukan Jenis Bahannya

Saat hendak membeli rak piring, hal paling utama yang wajib dipertimbangkan adalah menentukan jenis bahannya. Ada banyak bahan yang bisa digunakan jadi rak piring. Setiap bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Ada rak piring bahan plastik yang bisa jadi pilihan. Kelebihannya adalah harganya sangat murah. Selain itu bobotnya juga ringan, sehingga Anda mudah memindahkannya kemana saja. Rak plastik juga mudah untuk dibersihkan. Kekurangannya adalah raknya tidak bisa diberi beban yang terlalu berat karena mudah rusak.

Ada juga rak bahan besi alias stainless steel. Rak semacam ini banyak jadi pilihan. Ini karena raknya anti karat dan tahan lama digunakan. Raknya juga lebih kokoh dan tidak mudah goyah. Sayangnya, harganya lebih mahal. Selain itu karena bobotnya juga lebih berat, maka jadi sulit untuk dipindahkan.

Pilih Ukuran Sesuai Kebutuhan

Sekarang ini kebanyakan dari kita tinggal di rumah minimalis. Ketika berada di rumah yang desainnya minimalis maka tentu saja kita juga harus pandai mengatur dan menata barang agar rumah tetap terlihat lapang dan luas. Termasuk juga untuk di dapur. Kita tak bisa asal memasukkan semua barang sehingga dapur terkesan sempit.

Ketika hendak membeli rak dapur, Anda wajib mempertimbangkan ukurannya. Pastikan ukuran rak piring sesuai dengan tempat yang sudah Anda sediakan. Jangan sampai ukuran rak piring terlalu besar dan malah bikin sempit ruang dapur Anda.

Ukuran yang terlalu besar juga akan membuat Anda jadi lebih sulit bergerak di dalam dapur. Maka dari itu, selain memperhatikan ukuran, perhatikan juga letak penempatannya agar tidak mengganggu lalu lintas di dapur.

Pilih yang Multifungsi

Ketika memilih rak piring, pastikan juga memilih yang multifungsi. Artinya, bukan hanya bisa berfungsi sebagai rak namun juga bisa jadi lemari piring kecil.

Anda bisa juga memilih rak yang sekaligus bisa jadi peniris piring dan peralatan makan usai dicuci. Dengan begini Anda bukan hanya bisa menata dan meletakkan piring namun juga menata dan meletakkan gelas, sendok, dan peralatan makan lainnya.

Pilih Model dan Warna

Jangan lupa untuk memilih model dan warna rak piring yang bagus. Di pasaran ada banyak model dan warna rak piring yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih yang modelnya bertingkat. Rak piring model bertingkat bisa memuat lebih banyak peralatan makan.

Ini tentu bisa sangat menghemat tempat jika ruang Anda sempit. Anda bisa juga memilih model lipat. Rak model lipat semacam ini akan bisa dilipat saat sedang tidak digunakan. Ini bisa membantu Anda menghemat tempat dengan lebih baik.

Pilih juga warna rak sesuai dengan tema dapur Anda. Pemilihan warna mungkin terdengar sepele. Kendati demikian, jika warna rak piring dipilih secara hati-hati maka dapur bisa terlihat lebih menarik. Apalagi jika warnanya serasi dengan tema ruangan. Dapur jadi lebih indah dan Anda jadi lebih semangat memasak.

Ini Dia Rekomendasi Rak Piring Terbaik untuk Anda

KrisChef Rak Piring Alumunium 3 Tingkat

KrisChef Rak Piring Alumunium 3 Tingkat menjadi rekomendasi pertama untuk rak piring. Bentuk rak ini memanjang dan hadir dengan dua sisi.

Dengan model rak semacam ini, maka Anda bisa menyimpan banyak piring dan peralatan makan lainnya. Rak ini terbuat dari bahan alumunium kombinasi plastik. Bahannya memiliki daya tahan tinggi dan pastinya awet digunakan. Rak 3 tingkat ini juga memakai frame anti karat.

Di bagian samping raknya ada tempat khusus untuk sendok, garpu, dan alat makan lainnya. Ini jelas membuat Anda jadi lebih mudah untuk mengorganisir peralatan makan Anda.

Ukuran rak ini adalah 40 x 16 x 26 cm. Dengan rak ini Anda bisa mengeringkan semua perlengkapan makan dengan lebih mudah.

Harga Rp. 479.000-795.000

Lemari Rak Piring Rovega Dish Drainer Pladys

Untuk pilihan selanjutnya, ada Lemari Rak Piring Rovega Dish Drainer Pladys yang bisa jadi pilihan. Rak piring yang satu ini terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi.

Bahan plastiknya tergolong food grade, jadi aman dan tidak akan meracuni peralatan makan. Produk berukuran 48 x 36 x 76 cm ini juga dilengkapi dengan wadah di bagian atas dan bawah. Dengan begini, Anda bisa lebih leluasa menyimpan peralatan makan.

Harga Rp. 375.000-594.000

Rak Piring Kayu Pinus

Rak Piring Kayu PinusRak Piring Kayu Pinus / Tempat Piring Kayu Pinus menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Rak piring terbaik ini terbuat dari bahan kayu yang berkualitas tinggi dan terkesan alami. Finishing-nya juga natural sehingga lebih enak dipandang.

Desainnya minimalis dan bisa memberi kesan yang menarik di dapur. Anda bisa memakai rak ini di ruang makan atau di dapur untuk meletakkan piring dan aneka peralatan makan lainnya. Ukuran rak piring ini adalah 30 x 14,5 x 11,5 cm.

Harga Rp. 38.000-101.000

Rak Pengering Piring Lipat Baja Galvanis - Kvot Foldable Dish Drainer

Rak Pengering Piring Lipat Baja Galvanis - Kvot Foldable Dish Drain ini tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Rak ini akan membantu Anda membuat dapur terkesan lebih rapi.

Bahannya berkualitas yakni dari baja kombinasi galvanis dan lacquer akrilik bening. Ini membuatnya terlihat sangat elegan dan indah. Bagian kakinya dilengkapi dengan karet sintetis sehingga produk tak mudah tergelincir dan terasa semakin stabil.

Rak piring ini hadir dengan ukuran 48 x 29 x 23 cm. Rak ini mudah dilipat saat tidak digunakan. Tentunya hal ini akan sangat membantu menghemat tempat di dapur Anda.

Harga Rp. 110.000-205.000

Rak Piring Mangkook Dapur MB 153 - Dish Drainer Rak Pengering Cuci Piring Foldabke Rak Lipat

Rak Piring Mangkook Dapur MB 153 - Dish Drainer Rak Pengering Cuci Piring Foldabke Rak Lipat tentu saja sayang untuk Anda lewatkan.

Rak piring yang satu ini bisa dilipat saat tidak digunakan sehingga bisa menghemat tempat di dapur. Rak berukuran 36,5 x 314 x 13 cm ini terbuat dari bahan TPR kombinasi PP sehingga kokoh dan tahan lama digunakan.

Pada raknya juga ada kompartemen untuk mengatur peralatan kecil. Pada bagian kaki ada grip silikon bermutu tinggi yang tidak tergelincir saat digunakan.

Harga Rp. 35.000-99.000

Rak Piring G04

Anda juga bisa menggunakan Rak Piring G04 sebagai pilihan. Rak ini hadir dengan model Eropa yang simpel namun elegan.

Adanya handle hand pada rak ini memudahkan rak ini untuk dipindahkan sesuai dengan tempat yang Anda inginkan. Rak bahan besi ini hadir dengan ukuran 39 x 24 x 15 cm.

Harga Rp. 113.000-203.000

Nagata MR 111

Nagata MR 111 menjadi rekomendasi selanjutnya untuk Anda. Rak yang satu ini memakai bahan plastik namun sangat kuat dan kokoh.

Produk ini hadir dengan ukuran 43 x 27 x 64 dan terdiri dari 3 susun sehingga bisa memuat lebih banyak perlengkapan dan peralatan makan.

Selain menyimpan piring, Anda bisa memakainya untuk menyimpan mangkuk, gelas, dan lainnya.

Harga Rp. 131.000-193.000

Rovega Premium Dish Rack Shella

Rovega Premium Dish Rack Shella adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Rak yang satu ini cocok untuk menyimpan piring, sendok, gelas, dan lain sebagainya.

Bahan rak ini dari plastik food grade sehingga lebih aman digunakan. Anda bisa menyimpan peralatan makan dengan lebih praktis. Produk ini juga hadir dengan penutup kaca yang bening sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam rak. Ukuran produk ini adalah 48,2 x 39 x 35 cm. Ada pilihan warna biru dan krem yang bisa dipilih.

Harga Rp. 95.000-130.000

Claris Rak Piring Callista

Claris Rak Piring Callista menjadi rak piring berikutnya yang bagus untuk Anda. Rak piring yang satu ini tidak akan makan banyak ruang di dapur.

Bentuknya praktis dan mudah dipindahkan ke mana saja dengan mudah. Rak ini juga akan bisa berfungsi optimal jika digunakan untuk menyimpan piring. Ada pula slot khusus yang bisa digunakan untuk menaruh mangkuk, gelas, atau alat makan lain.

Produk ini terbuat dari bahan plastik yang ringan. Harganya terjangkau namun bermutu tinggi. Ada varian warna biru, oranye, hijau, dan pink yang bisa dipilih. Ukuran produk ini adalah 44,5 x 38,5 x 11,5 cm.

Harga Rp. 88.000-214.000

Unisoh Rak Piring Mangkok Plastik Ukuran Kecil

Unisoh Rak Piring Mangkok Plastik Ukuran Kecil ini juga bisa jadi pilihan. Rak piring yang satu ini hadir dalam ukuran 37 x 31 x 22 cm.

Produk yang satu ini bisa jadi tempat mangkok, piring, gelas, sendok, dan lain sebagainya. Terbuat dari bahan utama PP, produk ini hadir dalam warna putih yang membuatnya terlihat sangat elegan.

Harga Rp. 109.000-204.000
From our editorial team

Rak Piring Bisa Jadi Dekorasi Dapur

Rak piring sebenarnya memiliki banyak sekali fungsi. Tentu saja fungsi utamanya adalah untuk menampung piring dan peralatan makan lainnya. Namun, selain itu, rak piring juga bisa jadi salah satu dekorasi ruang dapur. Pilih saja desain, model, dan warna yang keren dan sesuai dengan tema dapur Anda. Dengan begini, rak piring bisa jadi pendukung dekorasi dapur dan membuatnya tampak lebih indah.