10 Rekomendasi Rak Dinding Minimalis Serbaguna yang Sekaligus Memperindah Dinding (2020)

10 Rekomendasi Rak Dinding Minimalis Serbaguna yang Sekaligus Memperindah Dinding (2020)

Rak dinding minimalis menjadi solusi bagi Anda yang ingin tempat penyimpanan atau memajang barang dekorasi. Namun, rak tersebut idealnya bisa lebih menghemat ruang dan sekaligus memperindah interior ruangan. Berikut tips dan rekomendasinya untuk Anda.

Dinding Tidak Hanya Sekadar Berfungsi Sebagai Pembatas

Dinding pada rumah memiliki fungsi utama sebagai pembatas ruangan. Namun, jika dilihat dari sisi desain interior, dinding menjadi salah satu aspek interior yang perlu Anda perhatikan. Meskipun interior rumah Anda telah dilengkapi dengan berbagai ornamen, namun jika dindingnya dibiarkan kosong dapat membuat ruangan rumah Anda menjadi monoton dan tidak hidup. Tidak hanya itu saja, dinding juga sering dimanfaatkan untuk menempatkan rak berdesain mengambang atau floating shelves. Rak seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki rumah berukuran minimalis.

Inspirasi Rak Dinding di Setiap Ruangan

Ruang Tamu

Ruang tamu adalah ruangan dengan desain interior yang wajib Anda perhatikan. Hal ini dikarenakan desain ruang tamu tidak hanya untuk kenyamanan Anda saja, tetapi juga untuk kenyamanan setiap tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Jika Anda bingung untuk menghias ruang tamu Anda, manfaatkanlah rak dinding untuk melengkapi desain interior rumah Anda. Rak dinding dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan berbagai ornamen atau hiasan. Pasanglah rak dinding pada dinding ruang tamu yang Anda rasa masih kosong. Manfaatkanlah rak built-in agar dapat mengisi sudut-sudut kosong yang sering terabaikan.

Kamar Tidur

Kamar tidur adalah ruangan pribadi, sehingga desain interiornya dapat Anda sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Jangan biarkan barang-barang di kamar Anda kotor dan berantakan, karena dapat memberikan energi yang negatif untuk Anda setiap harinya. Selain itu, berbagai funitur atau ornamen yang tidak tersusun dapat membuat kamar Anda terkesan menjadi sempit. Gunakanlah rak dinding untuk kamar agar berbagai barang atau ornamen dapat tersusun dengan rapi. Tidak hanya itu saja, rak dinding juga dapat membuat tampilan dari dinding Anda tidak kosong.

Dapur

Salah satu ruangan yang wajib memiliki rak dinding adalah dapur. Kehadiran rak dinding di dapur tidak hanya membuat desain interior dapur Anda menjadi lebih rapi dan menarik. Tetapi rak dinding dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai perlengkapan dapur, mulai dari alat masak hingga bumbu dapur. Rak dinding dapat membuat Anda lebih mudah menyimpan dan memisahkan setiap barang. Sehingga Anda akan sangat terbantu saat memasak atau kegiatan di dapur lainnya.

Tips Memasang Rak Dinding Tanpa Perlu Dibor

Perhatikan Kondisi Dinding

Pemasangan rak dinding perlu memperhatikan kondisi dindingnya, terlebih jika Anda memasangnya tidak menggunakan bor. Pilihlah dinding yang memiliki permukaan yang rata dan halus. Tempelkan rak dinding langsung pada dinding yang tidak dilapisi wallapaper. Jangan pula pasang rak dinding Anda pada dinding yang baru saja dicat, sebaiknya tunggu minimal 7 hari terlebih dahulu.

Sebelum memasang rak dinding, bersihkanlah terlebih dahulu dindingnya menggunakan lap yang diberi cairan alkohol agar perekat dapat menempel sempurna. Jangan gunakan cairan pembersih kaca atau produk-produk pembersih yang dapat meninggalkan residu.

Pilih Model Rak yang Ringan

Saat memilih rak dinding, jangan berpikir bahwa rak yang tebal adalah rak yang kokoh. Rak yang tebal terkadang juga rapuh dan tidak tahan lama. Bobotnya juga berat. Rak yang memiliki bobot yang berat dapat menyusahkan Anda saat proses pemasangan. Tidak hanya itu saja, rak yang berat memiliki risiko lebih besar untuk jatuh karena perekat tidak mampu menahan beban dari rak dinding. Maka dari itu, pilihlah rak yang memiliki bobot yang ringan saja. Namun, agar rak dinding Anda tahan lama dan tidak rapuh, pilihlah rak yang terbuat dari bahan yang berkualitas.

Perhatikan Kapasitas Beban

Jika rak dinding Anda tidak menggunakan bor dan bertumpu pada kekuatan lem perekat, maka beban dari rak dinding haruslah Anda perhatikan. Anda harus tahu beban maksimalnya agar rak tidak jatuh karena kelebihan muatan. Hindari barang-barang elektronik yang memiliki bobot yang besar. Hindari juga meletakkan barang-barang yang mudah pecah, seperti vas bunga, bingkai foto, ornamen kaca, pajangan keramik. Tetapi jika Anda tetap ingin meletakkannya di rak dinding rumah Anda, batasilah jumlah ornamennya dan pilihlah ornamen yang tidak mudah pecah.

Gunakan Perekat 3M

Agar rak dinding Anda dapat menempel sempurna tanpa bor, gunakanlah perekat 3M. Keunggulan dari perekat 3M adalah mampu menahan beban hingga 1,3 kg. Meskipun memiliki daya tahan yang kuat, perekat ini memiliki bentuk yang ramping, sehingga cocok untuk rak dinding yang memiliki frame yang kecil. Agar kekuatan dari perekat 3M lebih maksimal, aplikasikanlah perekat di setiap bagian dari rak dinding Anda. Tekanlah strip perekat ke dinding selama minimal 3 detik dan rak dinding Anda sudah siap untuk digunakan.

Rekomendasi Rak Dinding Minimalis untuk Memperindah Rumah

Multica Rak Dinding Laci Kayu Pvc

Multica Rak Dinding Laci Kayu Pvc adalah rak dinding yang terbuat dari bahan kayu MDF yang berkualitas, sehingga kokoh dan tidak mudah patah. Bahannya dilapisi dengan PVC yang membuat permukaan rak dinding tidak mudah lecet dan membuat tampilannya menjadi lebih mewah. Didesain dalam motif yang menarik yang dapat membuat tampilan ruangan Anda menjadi lebih elegan. Rak dinding dari Multica ini memiliki ukuran 39,5 cm x 20 cm x 5.5 cm dengan bobot hanya 2250 gram. Untuk pemasangannya, rak dinding ini dilengkapi dengan lempengan besi yang dapat memudahkan Anda saat memasangnya.

Harga Rp. 115.000-187.000

Rak Dinding Vintage Minimalis 1set

Rak Dinding Vintage Minimalis 1set adalah rak dinding yang memiliki akurasi dan furnishing yang rapi karena produk ini merupakan buatan mesin yang canggih. Terbuat dari bahan WPC yang berkualitas, sehingga kokoh dan dapat menahan bobot yang berat. Didesain dalam warna putih dengan motif batik yang cantik, sehingga dapat melengkapi keindahan interior ruangan Anda. Rak dinding yang memiliki pilihan ukuran 60cm x 10cm x 11cm, 46cm x 10cm x 9cm, dan 36cm x 10cm x 8cm ini dilengkapi dengan sekrup dan fisher yang membuatnya mudah untuk dipasang. Rak dinding ini juga dilengkapi dengan 5 hook yang dapat Anda manfaatkan untuk menggantung berbagai barang.

Harga Rp. 33.990-56.000

KENMASTER Rak Dinding [2 Susun]

KENMASTER Rak Dinding 2 Susun adalah rak dinding yang terbuat dari bahan baja yang solid dan mampu menampung beban berat hingga 20 kg. Daya tahannya yang kuat dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan barang yang berat sekali pun. Bahannya dilapisi dengan cat tahan karat dan tahan gores. Rak dinding dengan model dua susun ini memiliki ukuran 61 cm x 27 cm x 4 cm dengan papan berukuran 60cmx25cm. Untuk bentuk dan desainnya dapat Anda atur ulang dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Rak dinding yang memiliki sudut yang presisi ini dapat Anda manfaatkan untuk mengisi ruang-ruang kosong yang sulit untuk dihias.

Harga Rp. 77.999-79.900

Livien Rak Dinding Carlos Maple

Livien Rak Dinding Carlos Maple adalah rak dinding yang didesain minimalis dan multifungsi. Terbuat dari bahan besi dan fiberboard berkualitas premium yang menawarkan daya tahan yang luar biasa. Rak yang memiliki ukuran 43 x 16 x 67.5 cm ini mengusung warna maple yang memberikan kesan yang natural untuk interior ruangan Anda. Untuk catnya, produk dari Livien ini menggunakan cat NC/Duco yang ramah lingkungan. Intensitas warnanya juga tetap konsisten hingga bertahun-tahun. Rak dinding ini cocok untuk dapur Anda.

Harga Rp. 462.000-687.000

Rak Dinding Ikea BERGSHULT / SANDSHULT

Rak Dinding Ikea BERGSHULT / SANDSHULT adalah rak dinding serbaguna yang terbuat dari perpaduan bahan berkualitas, mulai dari particleboard, kertas foil, dan plastik untuk raknya serta bahan kayu aspen solid dan lacquer akrilik bening untuk bahan braketnya. Perpaduan bahan-bahan kualitas tersebut dapat membuat rak dinding Ikea ini mampu menahan beban yang berat sekali pun. Didesain dengan tampilan yang elegan untuk membuat interior ruangan Anda menjadi lebih mewah. Rak yang memiliki ukuran 59 cm x 20 cm x 5 cm ini cocok untuk berbagai ruangan, mulai dari kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, dan ruangan yang lainnya.

Harga Rp. 139.500-260.000

FUJI Rak Dinding 3 Ambalan Kayu dan Besi

FUJI Rak Dinding 3 Ambalan Kayu dan Besi adalah rak dinding yang terbuat dari bahan berkualitas, sehingga memiliki daya tahan dan tingkat keawetan yang luar biasa. Rak yang memiliki ruang penyimpanan yang luas ini memiliki 3 ambalan yang terbuat dari kayu dan besi. Tampilannya yang elegan dapat membuat desain interior ruangan Anda menjadi lebih mewah dan menarik. Rak yang memiliki lebar 10 cm dan tinggi bracket 40 cm ini memiliki panjang papan dalam berbagai ukuran, mulai dari 30 cm hingga 60 cm.

Harga Rp. 65.000-120.000

Rak Dinding Dapur Kitchen Rak Bumbu Gantung Aluminium

Rak Dinding Dapur Kitchen Rak Bumbu Gantung Aluminium adalah rak gantung yang didesain minimalis dengan tampilan yang menarik. Terbuat dari bahan aluminium berkualitas tinggi yang kuat, tahan lama, dan anti karat. Rak yang memiliki ukuran 58 x 12 x 10 ini terdiri dari tempat peralatan makan, gantungan spatula, tempat pisau, serta tatakan tempat bumbu. Untuk pemasangannya, Anda bisa menggunakan bor ataupun paku. Rak dinding untuk dapur ini telah dilengkapi dengan disher dan skrupnya, sehingga mudah untuk dipasang.

Harga Rp. 60.000-74.999

Livien Rak Dinding Yuri Maple

Livien Rak Dinding Yuri Maple adalah rak dinding serbaguna yang didesain simpel dengan tampilan yang natural dan cantik. Terbuat dari bahan kayu mindi berkualitas yang kokoh dan mampu menahan beban yang berat. Untuk catnya menggunakan cat NC/Duco yang ramah lingkungan. Warna maple-nya dapat menambah kesan natural untuk ruangan Anda. Rak buatan Indonesia ini dapat Anda manfaatkan untuk berbagai ruangan, mulai dari dapur hingga ruang tamu.

Harga Rp. 285.000-480.000

PERSHULT/BERGSHULTKombinasi rak dinding

Rak Dinding PERSHULT/BERGSHULT adalah rak yang didesain dengan satu tepi miring dan tepi halus di sisi panjangnya. Terbuat dari perpaduan bahan berkualitas, seperti particleboard, kertas foil, tepi plastik, dan baja yang membuat rak dinding ini mampu menahan beban hingga 10 kg. Rak yang memiliki warna maple ini dilapisi dengan serbuk epoksi yang membuatnya tidak mudah tergores dan warnanya menjadi lebih hidup. Untuk catnya menggunakan cat NC/Duo yang ramah lingkungan. Anda bisa memanfaatkan rak ini untuk semua ruangan, karena tampilannya yang cocok dalam berbagai tema.

Harga Rp. 310.000-1.073.800

Ifurnholic Morgan Curved Shelf Rak Dinding

Ifurnholic Morgan Curved Shelf Rak Dinding adalah rak dinding yang terbuat dari bahan kayu mahoni yang dipadukan dengan bahan MDF, sehingga membuat daya tahannya menjadi sangat tangguh dan kokoh. Rak yang didesain modern ini menggunakan finishing cat duco yang ramah lingkungan, sehingga dapat membuat tampilan ruangan Anda menjadi lebih mewah. Keunggulan dari rak iFurnholic ini adalah detail kerapiannya yang luar biasa, Anda tidak akan mendapatkan sisi yang cacat dari seluruh bagian rak dinding ini. Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan, seperti rak buku, rak souvenir, dan rak peralatan dapur.

Harga Rp. 490.000-550.000
From our editorial team

Rak yang Berkualitas Baik, Sudah Tentu Tahan Lama

Rak dinding yang berkualitas baik, tentunya lebih tahan lama. Dengan demikian, Anda tentunya jadi lebih hemat karena tidak perlu sering-sering mengganti rak dinding. Nah, rekomendasi dari BP-Guide di atas tentunya menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda memilih rak dinding yang tepat untuk rumah Anda.

Tag