10 Rekomendasi Rak Mobil Atas untuk Mengakomodasi Bawaan Saat Bepergian (2021)

10 Rekomendasi Rak Mobil Atas untuk Mengakomodasi Bawaan Saat Bepergian (2021)

Roof rack alias rak mobil atas tentu akan sangat berguna jika Anda ingin bepergian. Namun, pemasangannya sedikit banyak berpengaruh pada aerodinamis mobil. Rak ini bisa menahan terpaan angin saat mobil melaju. Ini akan membuat konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Jadi, perhatikan bentuk rak yang akan dipasang agar tidak menghalangi laju mobil, ya. Nah, cek rekomendasi rak mobil terbaik dari kami!

Berwisata Lebih Nyaman dengan Mobil Pribadi

Di saat musim liburan tiba, tak ada salahnya bepergian atau berwisata bersama keluarga sesekali. Meski kondisi sedang pandemi, namun selama kita patuh terhadap protokol kesehatan, maka kita bisa bepergian dengan aman dan nyaman.

Saat bepergian jauh, akan lebih nyaman jika kita membawa mobil pribadi. Apalagi di saat masa pandemi seperti sekarang tentunya lebih aman jika kita menjauhi kerumunan. Membawa mobil pribadi membuat Anda dan keluarga jadi lebih aman dari risiko tertular virus kaena tak perlu berdesakan mengantre tiket atau berdesakan di dalam transportasi umum.

Membawa mobil pribadi untuk bepergian juga lebih nyaman karena Anda lebih terlindung dari cuaca. Mau panas ataupun hujan, Anda tetap bisa bepergian dengan tenang. Apalagi jika Anda memiliki anak usia balita. Bayi rentan merasa gerah dan kedinginan. Kadang mereka juga rewel jika terlalu sumpek atau terlalu lama di jalan. Dengan membawa mobil pribadi maka Anda bisa mengkondisikan agar bayi tetap tenang dan nyaman selama perjalanan.

Kelebihan lain dari membawa mobil pribadi adalah Anda jadi bebas menentukan rute yang akan diambil hingga sampai di tempat tujuan. Kita bisa mengecek di Google Maps untuk mengetahui rute tercepat. Kita juga bisa melihat tingkat kemacetan di rute yang kita ambil. Jika sedang macet, maka kita bisa menghindarinya dan mencoba mencari jalan lainnya.

Anda tentu akan lebih bebas menikmati perjalanan bersama keluarga saat naik mobil pribadi. Anda bisa memutar musik kesukaan keluaga, bisa memutar film kartun untuk anak-anak, bisa sambil ngemil di jalan, dan lain sebagainya. Anda juga bebas sewaktu-waktu ingin berhenti untuk mencari toilet atau restoran jika sedang membutuhkan.

Kelebihan lain saat naik mobil pribadi untuk bepergian adalah Anda bebas menentukan sebanyak apa barang bawaan Anda. Saat naik kendaraan umum, tentu kita jadi repot membawa banyak barang naik dan turun. Kita juga repot menjaga keamanan barang kita. Selain itu, kita juga jadi sungkan dengan orang di sebelah kita jika bawaan kita terlalu banyak. Namun, jika naik mobil pribadi kita bisa membawa barang yang sekiranya dibutuhkan dan bisa menunjang keperluan selama di perjalanan.

Rak Mobil Bisa Digunakan untuk Meletakkan Barang Bawaan

Ketika hendak bepergian jauh, tentu ada banyak barang yang ingin kita bawa. Misalnya untuk mudik, tentu kita butuh membawa pakaian, oleh-oleh, makanan, bantal, dan lain sebagainya. Atau misalnya Anda akan pergi kemping bersama keluarga, tentu bawaannya banyak mulai dari, sepeda, tenda, makanan, kompor, dan lain sebagainya.

Barang bawaan yang banyak tak akan menyulitkan jika mobilnya besar dan penumpangnya sedikit, hanya satu atau dua orang saja. Lain halnya kalau mobilnya memiliki penumpang yang banyak. Barang-barang bawaan tentu akan makin sumpek jika diletakkan di dalam mobil. Penumpang jadi kurang nyaman dan sepanjang perjalanan.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengandalkan rak mobil alias roof rack. Dengan rak mobil maka bawaan Anda dan keluarga bisa tetap terbawa dengan aman tanpa makan tempat di dalam mobil. Ini merupakan bagasi ekstra saat bepergian jauh. Anda tak perlu lagi berbagi tempat dengan koper dan barang bawaan lainnya. Ruangan di dalam mobil jadi lebih lapang dan nyaman.

Desain roof rack memang bisa menampung kelebihan barang bawaan. Kendati demikian, Anda tetap harus memperhatikan volume dan beratnya agar mobil bisa tetap berkendara dengan stabil, ya.

Tips Memilih Rak Mobil

Pilih Jenisnya

Roof rack hadir dalam aneka jenis. Ini bisa disesuaikan dengan jenis mobil atau kebutuhan Anda. Jumlah barang yang ingin Anda bawa juga akan menentukan jenis roof rack yang cocok.

Pertama ada jenis roof rack yang simpel. Bentuknya mirip rak penyimpanan barang dan diletakkan di atap mobil. Pemasangannya dan pelepasannya juga mudah saat tidak digunakan. Ini cocok untuk Anda gunakan saat mudik. Selain itu, roof rack simpel ini juga membuat mobil lebih fleksibel saat di jalanan.

Selanjutnya ada jenis roof box yang bisa Anda pilih. Jenis yang satu ini juga banyak digunakan saat akan bepergian jauh atau mudik. Fungsinya sama dengan roof rack pada umumnya, hanya saja roof box hadir dengan berbagai tipe dan ukuran. Pilih saja yang daya tahannya tinggi dan lentur. Pastikan juga bahannya kokoh dan warnanya tidak mudah pudar. Roof box mudah dibongkar pasang. Barang bawaan juga lebih aman dari hujan dan panas karena ada penutupnya.

Roof bag adalah pilihan lain untuk rak mobil. Terbuat dari bahan yang lunak seperti parasut, fungsinya sama juga dengan roof rack pada umumnya. Anda bisa menyimpan dan membawa aneka benda dalam alat ini. Roof bag bisa menahan beban berat dan juga cocok untuk segala cuaca. Agar lebih aman dari hujan, Anda sebaiknya memilih yang bahannya waterproof.

Terakhir ada roof basket yang tak kalah keren. Ini lebih mudah digunakan. Roof rack ini dilengkapi dengan jaring. Barang bawaan pun lebih terlindug karena tidak mudah jatuh. Selain itu, Anda bisa menambahkan terpal saat hujan agar barang bawaan makin aman.

Pilih Bahan dan Lapisan Cat

Ketika hendak memilih roof rack, ada baiknya Anda memilih bahannya dan lapisan catnya. Bahan roof rack harus kokoh dan juga kuat sehingga bisa tahan lama digunakan. Jika bahan roof rack kurang bagus maka berpotensi cepat rusak. Bahan yang kurang bagus juga bikin beban maksimal yang mampu ditopang jadi berkurang.

Salah satu bahan terbaik untuk roof rack adalah plastik ABS. Bahan yang satu ini tahan perubahan cuaca. Selain itu bobotnya ringan, jadi tidak akan memberatkan mobil dan mengganggu laju mobil. Sayangnya, bahan ini tidak bisa menahan banyak beban berat.

Pilihan bahan lainnya adalah dari baja. Kesannya kokoh dan tentu saja bisa menahan beban yang berat. Namun, Anda harus hati-hati karena kadang mobil tidak memiliki kemampuan untuk menahan beban terlalu berat. Umumnya roof rack berbahan baja cocok untuk mobil jip atau SUV.

Lapisan cat pada roof rack juga wajib dicek. Ini karena ada cat yang mudah mengelupas dan mudah menempel pada barang bawaan. Tentunya ini akan sangat mengganggu. Pilih lapisan cat roof rack yang kuat dan tahan sinar matahari. Dengan begini, warna roof rack tak cepat pudar dan terkesan tetap indah.

Sesuaikan dengan Beban Maksimum Mobil

Saat memilih roof rack ada baiknya Anda sesuaikan dengan beban maksimum mobil. Setiap jenis mobil memiliki kemampuan menahan beban yang berbeda-beda. Anda harus tahu berapa kapasitas berat yang dimiliki mobil Anda. Pertimbangkan bobot penumpang, barang bawaan dalam mobil, dan juga barang dalam bagasi. Selain itu, pertimbangkan juga bobot yang dibawa roof rack. Total keseluruhan beratnya tidak boleh melebihi kapasitas berat mobil agar kenyamanan berkendara tetap terjaga. Terlalu berat muatan yang dibawa mobil juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

Pilih yang Mudah Dibongkar Pasang

Roof rack tak selalu kita gunakan. Ada kalanya kita tidak memakainya saat sedang tidak membawa banyak barang. Roof rack juga harus dilepas utamanya jika Anda ingin membersihkan bagian atap mobil. Maka dari itu, pilih roof rack yang sekiranya mudah untuk dibongkar pasang. Anda bisa memasangnya kembali jika memang ingin membawa banyak barang yang sudah tak muat lagi di bagasi mobil. Dengan roof rack yang mudah dibongkar pasang, Anda tak akan kesulitan lagi menggunakannya.

Ini Dia Rekomendasi Rak Mobil yang Bisa Membantu Membawa dan Menata Barang Bawaan

Otorack Luggage Universal

Otorack Luggage Universal ini merupakan rekomendasi kami untuk Anda yang pertama. Desainnya simpel dan tidak banyak detail yang rumit. Ini membuatnya mudah untuk dipasang dan juga dilepas. Poduk ini mampu menahan berat beban hingga 100 kilogram.

Roof rack ini tampak kokoh dan kuat. Ini karena bahannya dari besi yang anti karat. Warna hitamnya tak mudah pudar dan tidak mudah mengelupas karena bahannya pilihan. Ini membuatnya tahan di segala jenis cuaca. Anda bisa memasang roof rack ini sendiri di rumah. Selain itu, bisa juga ke bengkel untuk minta dipasangkan.

Harga Rp. 2.750.000-3.015.000

Roof Rack -Cross Bar Otorack Premium Black All New Rush

Roof Rack -Cross Bar Otorack Premium Black All New Rush tidak boleh Anda lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan plastik ABS yang awet dan tahan lama. Dengan sistem pemasangan jepit di roof rail, produknya mudah dilepas pasang.

Modelnya sporty dan tidak memberikan bekas pada mobil. Produk ini telah dilengkapi dengan kunci pengaman. Alat ini cocok untuk aneka mobil mulai dari Fortuner, Rush, Terios, Pajero Sport, dan lain sebagainya. Dengan adanya roof rack ini Anda bisa membawa lebih banyak barang hingga 75 kilogram.

Harga Rp. 750.000-1.850.000

Foxco Roof Rack

Foxco Roof Rack cocok untuk digunakan pada city car. Produk yang satu ini mudah untuk dipasang dan bisa dilakukan sendiri. Anda hanya perlu memakai mur dan baut untuk memasangnya. Berat raknya adalah 18 kg dan bisa menahan banyak beban sehingga cocok digunakan saat bepergian jauh dan butuh tempat untuk meletakkan barang-barang bawaan.

Roof rack ini berbahan plastik ABS berkualitas tinggi. Model ovalnya terkesan unik dan menarik karena lain dari yang lain. Dengan alat ini Anda bisa membawa koper, sepeda, dan barang ukuran besar lainnya.

Harga Rp. 580.000-750.000

Roof Box Whale Carrier Overlander

Roof Box Whale Carrier Overlander ini memiliki kpasitas 650 liter. Produk yang satu ini terbuat dari bahan ABS yang lentur dan tidak mudah pecah. Untuk warnanya ada pilihan putih glossy dan hitam glossy. Warnanya tahan terhadap berbagai cuaca jadi aman dan tidak mudah pudar. Desainnya kotak dan hadir dengan penutup. Ini membuat barang bawaan lebih aman dari cuaca panas atau hujan. Rak ini awet dan kokoh serta bisa menampung banyak barang. Raknya mudah dibersihkan dan pastinya bikin perjalanan lebih lancar dan nyaman.

Harga Rp. 7.250.000-9.052.000

Roof Rail sporty Roof Rack Calya Sigra

Roof Rail sporty Roof Rack Calya Sigra memiliki model presisi yang simpel. Terbuat dari bahan resin dan met yang berkualitas tinggi, roof rack ini awet dan tahan lama digunakan. Produk ini juga memakai stainless steel anti karat jadi tahan lama digunakan.

Warna roof rack ini hitam doff, cocok untuk Anda yang suka sesuatu yang simpel. Namun bisa juga dicat ulang dan disesuaikan dengan wana bodi mobil. Cocok untuk menahan beban 40 sampai 45 kg.

Harga Rp. 550.000-742.000

RAK ATAS MOBIL PLATINUM

RAK ATAS MOBIL PLATINUM hadir lengkap dengan panduan pemasangan. Ini membuat Anda bisa mulai memasangnya sendii. Bisa juga jika dipasangkan ke bengkel jika tak mau ribet. Produk ini berbahan aluminium dengan kualitas ekspor. Modelnya oval dan tampak sporty. Alat ini hadir dalam warna putih, silver, dan hitam. Anda bisa memakainya untuk tempat sepeda, koper, dan barang bawaan lainnya.

Harga Rp. 650.000-1.150.000

Roof Rack Mobil Stainless Roof

Roof Rack Mobil Stainless Roof terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama. Bahannya dari stainless steel yang anti karat dan kuat. Anda bisa memasangnya pada mobil saat hendak pulang kampung atau bepergian. Pemasangannya mudah dan bisa dilakukan sendiri. Anda bisa membawa lebih banyak barang dengan roof rack ini.

Panjang roof rack ini adalah 115 cm dengan lebar 90 cm dan tinggi 15 cm. Ada shield depan sehigga barang lebih aman. Kesannya lebih mengkilap karena ada bahan mirror-nya. Produk ini cocok untuk aneka jenis mobil.

Harga Rp. 950.000-1.370.000

Sporty Roof Rack Premium Montana Series By OTORACK

Sporty Roof Rack Premium Montana Series By OTORACK merupakan tambahan bagasi untuk Anda yang sedang akan bepergian dan butuh membawa banyak barang. Tak perlu lagi berdesakan dalam mobil. Produk yang satu ini bahannya kokoh dan kuat sehingga tahan lama digunakan. Terbuat dari bahan plastik injeksi, produk ini berwarna hitam. Pemasangannya mudah dan bisa dilakukan sendiri. Ukuran panjangnya 130 cm dengan lebar 90 cm dan tinggi 9 cm. Kapasitas roof rack ini adalah 75 kg.

Harga Rp. 750.000-950.000

Roof Rack Thule Square Bar Jimny JB64

Roof Rack Thule Square Bar Jimny JB64 juga bisa jadi pilihan Anda. Produk yang satu ini terdiri dari bar thule ukuran 135 cm. Untuk panjangnya bisa dipilih yaitu 118 cm, 127 cm, atau 150 cm. Bisa menahan beat hingga 40 kg. Anda bisa juga mengandalkannya saat butuh untuk membawa banyak barang kala bepergian.

Harga Rp. 3.598.000-4.079.000

Roof rack sporty roof rail avanza 2011-2017

Roof rack sporty roof rail avanza 2011-2017 merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini dibuat sendiri oleh para pengrajin fiber. Bahannya berkualitas yaitu stainless steel yang kokoh dan tahan lama digunakan. Produk ini bisa menahan beban hingga 45 kg. Pemasangannya mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Harga Rp. 550.000-808.000
From our editorial team

Bijaklah Memilah Bawaan

Pada dasarnya, roof rack adalah sebuah aksesori mobil. Anda bisa menambahkannya jika sedang dibutuhkan saja. Saat akan memakainya, Anda juga perlu memilah barang bawaan. Jangan karena produk ini bisa menahan beban banyak lalu Anda menambah sebanyak mungkin barang bawaan di atas mobil. Jika beban terlalu berat bisa jadi malah membahayakan keselamatan. Selain itu, pastikan juga barang bawaan sudah aman dalam tas atau koper. Ini untuk berjaga-jaga jika cuaca sedang hujan. Dengan begini, barang bawaan tetap aman.

Tag