Buat Interior Mobil Menjadi Semakin Nyaman dengan 10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil Pilihan Berikut Ini (2020)

Buat Interior Mobil Menjadi Semakin Nyaman dengan 10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil Pilihan Berikut Ini (2020)

Saat panas terlalu menyengat, maka diperlukan semacam tirai perlindungan tambahan untuk bagian dalam mobil. Nah, pelindung kaca mobil bisa memberikan kenyamanan juga menjadikan interior mobil semakin cantik. Baca dulu ulasan dan tips memilih produknya berikut ini.

Kaca Mobil Adalah Salah Satu Komponen Penting Dalam Kendaraan Roda Empat

Kaca mobil adalah komponen dari mobil yang sering terabaikan. Berbeda dengan komponen lain seperti ban, oli, spion, cover kursi, mesin, dan komponen lainnya yang selalu menjadi perhatian utama sehingga selalu diservis atau diganti. Padahal, kaca mobil memiliki fungsi yang sangat penting.

Tidak hanya untuk menghalau debu, angin kencang, dan serangga yang masuk ke dalam mobil, kaca mobil memiliki fungsi yang lebih vital karena berhubungan dengan keselamatan Anda. Jika kaca mobil Anda kotor atau buram, Anda tidak bisa melihat jalanan dengan jelas. Membiarkan kaca mobil yang kotor dan buram sama saja dengan mencelakai diri sendiri.

Jenis Kaca Mobil yang Perlu Kita Kenali

Kaca Laminated

Kaca laminated adalah kaca yang memiliki daya tahan yang sangat kuat. Terdiri dari tiga lapisan, yaitu sebuah lapisan film Poly Vinyl Buthryal dengan ketebalan 0,76 mm dan dua lapisan kaca setebal 2 mm. Kekuatan tiga lapis dari kaca laminated dapat meredam benturan yang keras. Seandainya terjadi kecelakaan, kaca tersebut cukup tangguh untuk membuat Anda tetap aman. Tidak hanya itu saja, kaca laminated juga memiliki visibilitas yang baik. Meskipun kaca retak atau pecah, Anda tetap dapat melihat jalan dengan jelas.

Kaca Tempered

Kaca tempered adalah kaca yang memiliki kekuatan yang luar biasa. Kaca yang dibuat dalam suhu kisaran 6000 derajat celcius ini setelah dipanaskan molekul kacanya berubah menjadi lebih kuat. Kaca mobil yang memiliki ketebalan hingga 5 milimeter ini memiliki kekuatan 5 kali lipat lebih besar dari kaca biasa. Kekuatannya dapat menahan benteruan hingga 1,500 Kg/Cm2, sehingga dapat mengamankan Anda saat terjadi kecelakaan. Namun, jika kaca pecah, Anda akan kesulitan melihat jalan raya. Maka dari itu, gunakan kaca jenis ini pada bagian jelenda kiri dan kanan saja.

Kaca Partially Tempered

Kaca Partially Tempered adalah kaca yang proses pembuatannya sama seperti kaca jenis tempered glass. Namun, pada bagian tengahnya kadar pendinginannya sedikit dikurangi. Pengurangan tersebut dimaksudkan agar ketika terjadi kecelakaan, kaca bagian tengah tidak terlalu pecah berkeping-keping dan Anda masih bisa melihat jalan dengan jelas. Kaca mobil jenis ini memiliki daya tahan yang sangat kuat, sehingga dapat membuat Anda tetap aman saat terjadi kecelakaan. Untuk mendapatkan kaca jenis ini, Anda dapat memilih kaca mobil dengan kode pabrik bertuliskan Zonelite (Z).

Untuk Mengurangi Kenaikan Suhu di Dalam Mobil, Diperlukan Pelindung Kaca Mobil

Suhu panas di luar mobil dapat menghantarkan panas hingga masuk ke dalam kabin mobil. Panas yang mengumpul di dalam mobil dapat membuat Anda dan penumpang serasa berada di dalam oven. Meskipun Anda telah menggunakan AC, tetapi suhu panas dari luar akan terus masuk ke dalam kabin mobil.

Agar suhu panas tidak masuk, Anda membutuhkan pelindung kaca mobil. Pelindung ini berfungsi untuk menangkal cahaya matahari langsung menyentuh kabin mobil, terlebih saat mobil terparkir. Berkat bantuan pelindung kaca, mobil Anda akan tetap sejuk meskipun udara di luar sangat panas.

Tips Sebelum Membeli Pelindung Kaca Mobil

Perhatikan Material Pembuatan

Sebelum membeli pelindung kaca, perhatikan bahan dasar atau material pembuatannya. Jangan sampai pelindung kaca yang Anda beli tidak tahan lama atau tidak mampu menghalau sinar matahari. Bahan kaca pelindung terbaik adalah nilon dan poliester. Dua bahan ini selain dapat melindungi interior mobil Anda dari terik matahari, tetapi juga lebih ringan dan tahan lama dibandingkan dengan bahan lain. Dilihat dari segi harganya, kedua bahan tersebut juga memiliki harga yang relatif terjangkau.

Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, Anda bisa melapisinya dengan lapisan tipis perak. Lapisan tipis ini berfungsi untuk membuat sinar matahari terpantul dan tidak masuk ke dalam kabin mobil.

Pastikan Ukurannya Sesuai dengan Ukuran Kaca Mobil Anda

Ukuran dari pelindung kaca mobil perlu Anda perhatikan sebelum membeli. Hal ini dikarenakan pelindung kaca mobil dirancang dalam berbagai ukuran yang disesuaikan dengan berbagai ukura kaca mobil. Usahakan pelindung kaca tersebut memiliki ukuran yang pas untuk kaca mobil Anda. Jangan Anda paksakan jika ukurannya tidak pas. Jika kaca mobil dan pelindung kaca Anda memiliki ukuran yang berbeda, maka perlindungannya tidak akan optimal. Risiko terbesarnya adalah kaca pelindung tidak memiliki efek sama sekali dan kabin mobil Anda tetap panas.

Pilih Produk yang Mampu Menangkal Sinar UV

Tujuan utama dari pelindung kaca mobil adalah menangkal sinar matahari. Maka dari itu, pilihlah pelindung yang mampu menahan sinar UV. Tidak hanya membuat kabin mobil Anda menjadi panas, tetapi sinar UV juga dapat membuat kaca mobil Anda menjadi retak dan memudarkan warna. Selain itu, sinar UV juga tidak baik untuk kulit, terlebih kulit bayi. Pelindung kaca yang dapat menangkal sinar UV dapat memberikan perlindungan maksimal hingga 97 persen sinar UV yang berbahaya.

Pastikan Mudah Dipasang dan Dilepas

Jangan memilih pelindung kaca yang terpasang permanen, karena tidak semua kondisi harus menggunakan pelindung kaca. Jika sedang musim hujan, pelindung kaca hanya akan membuat pandangan Anda menjadi kurang jelas. Maka dari itu, pilihlah pelindung kaca yang dapat dilepas dan dipasang kembali. Namun perlu Anda perhatikan, apakah pelindung kaca yang bisa dibongkar dan dipasang memiliki efek samping, seperti membuat kaca mobil tergores atau merusak suku cadang mobil. Pilihlah pelindung kaca yang tidak memiliki efek samping meskipun sering dibongkar-pasang.

Periksa Apakah Dapat Disimpan dengan Ringkas

Jika pelindung kaca sedang tidak digunakan, banyak pengendara yang bingung untuk meletakkannya. Beberapa pengendara meletakkannya di kursi paling belakang. Namun posisi letak ini dapat membuat kapasitas penumpang menjadi berkurang. Jika diletakkan di lantai kabin, risikonya adalah pelindung kaca akan tergores atau pecah. Maka dari itu, pilihlah pelindung kaca yang mudah disimpan. Seperti memiliki fitur yang bisa dilipat, sehingga dapat disimpan dengan mudah. Atau memiliki tempat untuk penyimpanan saat tidak dipakai.

10 Rekomendasi Pelindung Kaca Mobil dari Sinar UV

Bonform Pelindung Kaca Mobil dari Matahari

Bonform Pelindung Kaca Mobil dari Matahari adalah pelindung kaca mobil yang didesain dalam bentuk yang ringkas, sehingga mudah disimpan dan dipasang kembali. Pelindung kaca yang memiliki warna silver ini dapat menahan dan menghalau sinar UV, sehingga interior mobil Anda tidak akan terkena dampak buruk dari sinar UV. Pelindung kaca ini juga dapat membuat suhu mobil Anda tetap stabil, meskipun suhu di luar sangat panas. Pelindung kaca mobil dari Bonform ini sangat cocok untuk kaca mobil Anda yang sering terparkir di tengah cuaca yang panas.

Harga Rp. 124.000-191.000

Mayitr Sun Shade Pelindung UV Kaca Mobil

Mayitr Sun Shade Pelindung UV Kaca Mobil adalah pelindung kaca mobil yang terbuat dari bahan berkualitas, yatu aluminium foil yang dipadukan dengan katun dan taffeta. Aluminium foilnya bertugas untuk melindungi interior mobil dari paparan sinar UV dan membuat suhu di dalam mobil tetap stabil. Sedangkan bahan katun dan taffeta yang lembut tidak akan membuat goresan pada kaca mobil Anda. Pelindung kaca yang memiliki ukuran 100 x 190 cm ini dapat dilipat dalam bentuk kecil, sehingga mudah untuk disimpan dan dibawa ke mana-mana. Pelindung dari Sun Shade ini juga sangat mudah dipasang dan dilepaskan kembali.

Harga Rp. 68.900-83.100

Codfea Penutup / Pelindung Kaca Mobil

Codfea Penutup / Pelindung Kaca Mobil adalah pelindung kaca berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan wol mutiara. Bahannya yang lembut dapat membantulkan 99,99% sinar matahari, sehingga dapat menghindari paparan sinar mahatari dan ultraviolet langsung ke interior mobil Anda. Pelindung kaca yang memiliki ukuran 130 x 60 cm dan berat 70 g ini dapat mengurangi suhu bagian dalam mobil hingga 20 sampai 30 derajat, meskipun suhu di luar mobil sangat panas. Didesain portabel untuk mudah dipasang dan dilepas kembali.

Harga Rp. 22.800-95.100

Benbat Dazzle Dreams Car Sunshade Square

Benbat Dazzle Dreams Car Sunshade Square adalah pelindung kaca yang dirancang dengan ukuran yang super lebar, yaitu 52 cm x 45 cm. Pelindung kaca ini dapat menutupi dan melindungi seluruh bagian jendela mobil Anda. Terbuat dari bahan polyester yang dapat menyaring cahaya dan menjaga suhu mobil tetap stabil. Pelindung kaca yang memiliki tekstur gelembung warna-warni ini dapat menghasilkan cahaya yang indah saat tersiram cahaya matahari. Selain indah, cahaya yang dihasilkannya juga dapat merangsang indra penglihatan secara visual.

Harga Rp. 319.000-414.700

VSA146 Sun Shield Car Shade

VSA146 Sun Shield Car Shade adalah pelindung kaca mobil yang dirancang dengan model black mesh. Pelindung yang memiliki ukuran 41 x 33 cm ini memiliki warna hitam yang dapat menghalau sinar matahari untuk masuk ke dalam mobil Anda. Terbuat dari bahan nilon berkualitas yang dapat mengurangi suhu panas di dalam mobil Anda, meskipun suhu di luar mobil sedang panas. Pelindung kaca dari VSA146 ini dapat menjaga interior mobil Anda tetap awet dan tidak mudah rusak. Pelindung kaca ini juga bisa dilipat, sehingga Anda mudah untuk menyimpannya di dalam mobil.

Harga Rp. 8.600-25.900

KUKE Payung Pelindung Kaca Mobil

KUKE Payung Pelindung Kaca Mobil adalah pelindung kaca yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, sehingga awet dan tidak mudah patah. Pelindung kaca yang berukuran 65 x 125 cm ini tahan terhadap aus dan penuaan. Uukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Pelindung dari Kuke ini juga dapat menangkal sinar UV, sehingga dapat menurunkan suhu interor mobil Anda. Selain itu juga dapat menjaga komponen pada interior mobil Anda agar tidak mudah rusak.

Harga Rp. 120.000-153.000

Apramo Cling Shade

Apramo Cling Shade adalah set pelindung kaca mobil yang terdiri dari dua pelindung. Pelindung kaca yang memiliki ukuran 48 x 31 cm ini dapat mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam kabin mobil. Selain itu, sinar UV yang berbahaya bagi interior mobil Anda juga dapat dihalau. Sehingga dapat membuat suhu di dalam mobil Anda tetap stabil di tengah cuaca yang panas. Kaca pelindung dari Apramo ini didesain untuk mudah dipasang dan dilepas, sehingga Anda bisa memasang dan melepasnya sendiri tanpa bantuan tukang servis.

Harga Rp. 100.000-124.000

Krey Lipat Car Sun Shield

Krey Lipat Car Sun Shield adalah pelindung kaca mobil yang didesain dalam bentuk yang simpel dan bobot yang ringan. Pelindung kaca yang berukuran 130 cm x 70 cm ini terbuat dari bahan berkualitas, yaitu aluminium foil. Selain awet, bahan tersebut juga dapat menghalang sinar UV dari sinar matahari yang dapat merusak komponen di dalam mobil Anda. Tidak hanya itu, aluminium foil juga dapat menjaga suhu mobil tetap stabil ditengah cuaca yang panas. Dilengkapi pula dengan karet suction ke kaca mobil agar pelindung tidak mudah lepas.

Harga Rp. 45.000-49.000

Bubble Cling Car Sunshade - Under The Sea

Bubble Cling Car Sunshade - Under The Sea adalah pelindung kaca mobil yang dapat menghalau sinar matahari dan suhu panas, tanpa menghalangi pandangan Anda saat berkendara. Kaca pelindung berukuran 43 x 36 cm ini hadir dalam desain "under the sea" yang lucu dan unik. Pelindung kaca dari Bubble ini selain berguna secara fungsi, juga menarik secara tampilan. Dilengkapi dengan kantong penyimpanan agar Anda lebih mudah menyimpannya di dalam mobil saat sedang tidak digunakan.

Harga Rp. 159.000-222.600

Benbat Bubble Dreams Car Sunshade

Benbat Bubble Dreams Car Sunshade adalah pelindung kaca mobil yang dirancang khusus untuk melindungi interior mobil dan keluarga Anda dari paparan sinar UV yang berbahaya. Pelindung mobil yang terbuat dari bahan plastik 100% poliester ini dapat menyaring cahaya tanpa mengganggu pandangan Anda saat berkendara. Teksturnya berupa gelembung warna-warni yang dapat menghasilkan visual yang indah di dalam mobil Anda. Cahaya yang dihasilkan dapat membuat anak Anda menjadi senang dan merangsa indra visualnya. Selain itu, pelindung kaca ini juga dapat melipat sendiri saat terhubung di jendela dengan velcro.

Harga Rp. 289.000-405.100
From our editorial team

Lindungi Keluarga dan Orang-orang Tercinta dari Bahaya Sinar UV Saat Berada di Dalam Mobil

Seringkali Anda dan keluarga harus bepergian bersama dengan mobil. Karena itu, sangat penting agar Anda menjadikan bagian dalam mobil lebih nyaman. Menggunakan pelindung kaca mobil menjadi salah satu pilihan yang pas untuk menjadikan hal tersebut. Ditambah lagi, rekomendasi produk dari BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan jitu.