10 Rekomendasi Ban Mobil Termurah dan Berkualitas untuk Si Roda Empat Kesayangan (2020)

10 Rekomendasi Ban Mobil Termurah dan Berkualitas untuk Si Roda Empat Kesayangan (2020)

Bepergian dengan mobil memang terasa nyaman, apalagi untuk perjalanan jauh. Tapi kamu tidak boleh lupa untuk merawatnya ya. Salah satu komponen yang terpenting adalah ban mobil. Jangan biarkan ban mobilmu aus dan tipis dengan rekomendasi ban mobil termurah dan berkualitas dari BP-Guide berikut ini.

Ban Mobil Harus Dirawat Supaya Performa Mobil Selalu Prima

Berkendara dengan mobil memang menawarkan kenyamanan saat perjalanan. Banyak orang yang suka mobilitas menggunakan kendaraan roda empat ini, terutama di tengah cuaca terik atau hujan. Mobil juga sangat mendukung perjalanan jauh dan bisa memuat beberapa orang sekaligus. Sangat cocok sekali untuk bepergian bersama keluarga atau teman bukan?

Tapi jangan hanya asal pakai mobil saja tanpa memperhatikan perawatannya, ya. Jika kamu sering memakai mobil, kamu juga harus rutin mengecek kondisi mobil agar semuanya tetap prima. Salah satu yang terpenting tentu saja adalah ban mobil.

Ban merupakan aspek yang harus diperhatikan. Kamu pasti pernah mendengar banyaknya kecelakaan mobil yang disebabkan oleh pecah ban di jalan yang memakan korban jiwa kan? Jangan sampai kejadian nahas itu kamu alami.

Lakukan pengecekan rutin terhadap ban mobil, apakah kondisinya masih layak untuk dipakai atau sudah waktunya diganti. Saat-saat krusial untuk mengecek kondisi mobil antara lain adalah sebelum dan sesudah melakukan perjalanan jauh. Bahkan jika mobil hanya kamu pakai untuk rutinitas sehari-hari saja, jangan pernah menyepelekan kondisinya, ya.

Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Permukaan Benjol

Tidak semua kondisi jalan yang kamu lalui selalu mulus. Banyak jalan berlubang yang bisa merusak ban dengan cepat. Apalagi saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi, kamu akan sulit menghindari lubang yang ada di jalan.

Terlalu sering "menghantam" lubang jalan bisa membuat permukaan ban menjadi benjol. Jika sudah demikian, kondisi ban menjadi rapuh dan rawan pecah. Ini nih yang harus kamu waspadai. Tapi, mengapa ban bisa benjol?

Ini karena jalinan kawat yang ada di dalam ban terputus akibat hantaman keras. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, ban akan rawan pecah dan membahayakan pengendara. Selain itu, penyebab lain yang mengakibatkan permukaan ban benjol adalah pengisian angin terlalu berlebihan. Oleh karena itu, pastikan kondisi ban selalu seimbang agar kamu juga nyaman menggunakannya.

Ban Sering Kempes

Sumber gambar digitaltrends.com

Ban yang terlalu sering kempes dan bocor sudah waktunya diganti. Terlalu banyak tambalan pada ban membuat kondisinya menjadi rapuh dan cepat rusak. Apalagi kalau kamu sering terkena jebakan ranjau yang dipasang oleh orang-orang usil dan tidak bertanggung jawab di jalanan.

Tidak hanya itu, ban yang terlalu sering kempes telah berkurang kekuatannya untuk menahan bebas. Akibatnya, keselamatanmu selama di perjalanan akan dipertaruhkan. Terutama dalah kondisi jalanan basah setelah hujan, ban yang sudah rapuh sangat rawan tergelincir karena grip yang sudah berkurang.

Sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sebaiknya segera ganti ban mobilmu dengan yang baru.

Permukaan Ban Pecah-pecah

Iklim tropis Indonesia dengan suhu panas turut membawa dampak bagi ketahanan ban mobil. Permukaan ban akan sering retak dan pecah, hingga lebih cepat rusak. Retakan yang ada di alur ban ini bisa terjadi pada ban baru juga, lho.

Untungnya hal ini bisa dicegah asalkan kamu tahu caranya. Sering-seringlah memberi cairan khusus ban untuk menjaga permukaannya tetap lembap. Mencuci ban secara rutin juga membantu menjaga kelembapan ban hingga membuatnya lebih awet dan tahan lama. Ketika cuaca sedang panas terik, jangan biarkan permukaan ban tetap kering terlalu lama, ya.

Ban Mobil Menipis

Untuk yang satu ini, rasanya tidak ada pilihan lain. Seberapa baik kamu merawat banmu, permukaan ban akan semakin menipis seiring berjalannya waktu. Tanda dari ban yang kian menipis adalah alur atau motifnya yang semakin pudar.

Jangan menyepelekan kondisi ban yang sudah tipis karena berhubungan erat dengan keselamatanmu selama di perjalanan. Perhatikan juga TWI (Tread Wear Indicator) yang biasanya tertera pada ban. TWI disimbolkan dengan segitiga di batas terbawah alur atau kembangan ban. Jika TWI sudah menyentuh aspal, saat itulah kamu harus mengganti ban.

Rekomendasi Ban Mobil Termurah dan Terbaik

Michelin Energy XM2 185/70 R14

Michelin Energy XM2 185/70 R14 adalah ban mobil tangguh yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan pada saat kamu berkendara. Ban ini dapat mengurangi tahanan guling, sehingga lebih hemat bahan bakar.

Ukuran ban sangat pas untuk mobil tipe Chevrolet, Xenia, Ford Fusion, Hyundai Elite, Toyota, Volkswagen, Nissan Cedric, dan masih banyak lagi. Keunggulan lain dari ban ini adalah jarak tempuhnya yang lebih tinggi 20% dari para pesaingnya. Demikian juga dengan jarak pengereman yang lebih pendek 1,2 meter dari merek lainnya.

Ban ini sangat direkomendasikan buat kamu yang menyayangi kendaraanmu.

Harga Rp. 625.000-883.000

Ban Mobil Good Year Assurance Duraplus 2

Goodyear Assurance Tripe Max 185/55 R15 adalah produk dari merek ban kenamaan, Goodyear. Seri ini adalah pengembangan dari produk sebelumnya yang diluncurkan pada tahun 2015. Sasarannya adalah mobil-mobil keluarga dengan berbagai fitur unggulan yang bisa menjamin keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Jarak pengereman yang lebih pendek membuat ban ini aman saat hujan, d imana kondisi jalan sangat licin dan basah. Daya cengkeramnya kuat dengan usia pakai yang panjang. Selain itu, ban ini juga bisa membantu menghemat BBM lho. Performa yang senyap selama mobil melaju juga merupakan kelebihan lain dari ban ini.

Ban ini menggunakan konstruksi baru dengan pola tapak simetris dan dinding samping ban yang lebih kuat. Ketahanan terhadap dampak eksternal juga semakin baik dengan peningkatan senyawa pada kompon dan rongga yang lebih lebar.

Harga Rp. 427.350-483.400

Ban Good Year Assurance Triplemax 2

Saat berkendara di tengah hujan lebat, kamu tentu harus ekstra hati-hati. Jarak pandang yang terbatas serta jalanan licin membuat kamu harus mengurangi kecepatan dan bersiap-siap mengerem kapan saja. Dalam kondisi ini, ban yang kuat dan tangguh sangat kamu butuhkan.

Goodyear Assurance TripleMax 2 dirancang dengan daya cengkeram kuat dan jarak pengereman lebih pendek pada jalanan yang basah. Bahkan saat kondisi sedang hujan lebat, ban ini bisa mengurangi jarak pengeremannya lagi hingga 5,6 meter.

Produk ini juga mengutamakan kenyamanan dengan teknologi baru HydroTred Technology untuk meningkatkan kinerja ban secara keseluruhan, membuatmu semakin nyaman berkendara dan menjamin keselamatan semua penumpang.

Harga Rp. 532.800-571.650

Bridgestone New Techno Tecaz

Pabrikan ban asal Jepang, Bridgstone, selalu memberikan inovasi terbaru pada setiap produknya. Bridgestone New Techno Tecaz 175/70 R12 termasuk di antaranya. Ban ini merupakan pengembangan dari produk sebelumnya yaitu Bridgestone Techno 10 yang disambut baik oleh para konsumennya.

Ban ini dibekali dengan performa luar biasa dan kompatibel dengan mobil kecil, menengah, hingga mobil sedang. Berbagai keunggulan dari ban berkualitas ini antara lain adalah ketangguhannya untuk dipakai sehari-hari, cocok untuk kamu yang punya mobilitas tinggi. Tidak hanya itu, ban ini juga tahan untuk perjalanan jauh ke luar kota.

Dirancang sesuai dengan standar baru sehingga tetap stabil saat melakukan akselerasi, berbelok, hingga mengerem. Berkendara akan semakin nyaman dan aman dengan ban ini.

Harga Rp. 406.800-598.750

Accelera r14

Rekomendasi ban mobil terbaik kali ini datang dari Accelera. Seri Ecoplush 195/70 R14 dari merek ini hadir dengan tapak asimetris yang stabil dengan handling maksimal ketika berkendara. Performa grip-nya handal, menjamin keselamatanmu selama berada di jalan.

Ban ini didesain tangguh untuk semua medan, bisa diandalkan di jalanan basah saat hujan. Fungsi pengereman yang mantap membuatnya tetap bisa melaju stabil di semua kondisi, baik itu basah maupun kering. Ban jenis all-season ini didesain khusus untuk mobil penumpang ukuran sedang seperti Toyota Avanza.

Fitur unggulan pada ban ini termasuk tiga tulang rusuk utama, alur mini diagonal serta tulang rusuk di tengah. Accelera juga memberikan garansi jarak tempuh dan perlindungan bagi para konsumennya.

Harga Rp. 382.000-407.400

Dunlop Himax

Ban yang diproduksi oleh Dunlop ini dirancang khusus untuk meningkatkan performa mobil agar semakin tangguh. Kinerjanya yang luar biasa akan memberikan perlindungan selama berkendara agar semakin nyaman.

Fitur Hi-Max pada ban ini dikembangkan khusus dari bahan tekstil dan radial untuk mobil-mobil penumpang. Kenyamanan, performa, dan harga yang ekonomis adalah alasan mengapa kamu tidak boleh melewatkan produk yang satu ini.

Harga Rp. 385.000-487.500

Dunlop R1

Dibandingkan dengan ban lain di kelasnya, Dunlop SP Touring R1 185/60 R15 termasuk yang paling ekonomis. Namun untuk kinerja dan kualitas tidak perlu diragukan lagi. Kamu dijamin akan puas berkendara dengan didukung oleh ban ini.

Ban yang punya tekstur empuk ini tidak akan membuat mobilmu berguncang meski melewati jalanan aspal yang kosong. Terbukti mampu mengurangi suara gemuruh hingga 90% menambah kenyamananmu selama di perjalanan.

Soal tampilan, ban ini terlihat sangat sporty dengan telapak 4 rib dan 3 alur lebar. Dijamin mobilmu akan semakin kece dengan ban ini. Kamu akan merasa nyaman, aman, dan tenang selama mengendarai mobilmu dengan ban ini.

Harga Rp. 375.000-395.000

Accelera Eco Plush

Accelera Eco Plush 175/65 R14 didesain tangguh dengan traksi tinggi dan pengereman mantap. Lajunya tetap stabil meski sedang melewati medan yang sulit seperti jalanan basah, kering, dan berlubang. Saat mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi, kamu tidak akan merasakan banyak goncangan.

Ban produksi Accelera ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu rolling resistance yang rendah sehingga kemampuan bergulingnya lebih jauh dari ban kebanyakan. Dengan kinerja mesin yang lebih ringan, konsumsi bahan bakar pun lebih rendah sehingga kamu bisa lebih irit BBM. Dengan demikian, ban ini juga bisa disebut ramah lingkungan karena mampu mengurangi produksi CO2 di udara.

Harga Rp. 382.000-520.000

Goodyear Duraplus 83T

Goodyear Duraplus 83T TL 165/80 R13 dirancang dengan Hydrogrip Technology untuk daya cengkeram yang lebih kuat. Kamu tidak perlu khawatir saat berkendara, karena ban ini memastikan kamu tetap nyaman.

Dilengkapi pula dengan 3 benefit maxium yaitu maximum wet grip, maximum control, dan maximum braking ability. Ban ini juga dibekali dnegan TredLife Technology milik Goodyear dengan pengembangan terbaru yang telah ditingkatkan. Komponen telapaknya lebih mutakhir dengan kombinasi DuPont Kevlar sebagai pelapis agar kekuatan ban semakin bertambah.

Harga Rp. 300.000-360.000

Bridgestone Ecopia EP150

Bridgestone Ecopia EP150 menghadirkan performa maksimal dengan fitur khusus untuk menghasilkan akselerasi yang mantap. Pengereman lebih optimal dengan cengkeraman kuat, semakin menjamin keselamatanmu selama berkendara.

Teknologi canggih NanoPro-Tech bekerja menurunkan koefisien hambatan gulir, namun tetap menjaga energi tetap stabil pada puncak kompon pada saat ban bergulir. Dibandingkan dengan pesaingnya, hambatan gulir pada ban ini 23% lebih baik sehingga kendaranmu dapat melaju dengan cepat namun tetap aman.

Harga Rp. 490.000-535.000
From our editorial team

Biasakan Mengecek Kondisi Ban Secara Berkala

Ban adalah komponen yang sangat penting untuk sebuah mobil. Jangan lupa untuk mengecek kondisi mobil secara berkala, terutama kalau kamu menggunakan mobil setiap atau atau akan melakukan perjalanan jauh. Pilih rekomendasi ban mobil termurah dan berkualitas dari BP-Guide di atas, ya!