10 Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin Mobil Paling Efektif dan Ekonomis (2020)

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin Mobil Paling Efektif dan Ekonomis (2020)

Performa mobilmu mulai menurun? Bisa jadi itu disebabkan oleh mesin mobil yang kotor. Untuk mengembalikan performanya, kamu bisa membersihkan mesin menggunakan cairan pembersih mobil yang efektif. Berikut adalah 10 rekomendasi produk pembersih mesin yang bisa kamu pilih untuk mobil kesayanganmu.

Meski Selalu Tertutup, Ruang Mesin Mobil Bisa Terpapar Debu dan Kotoran

Sebagai pemilik mobil, banyak orang yang sangat memerhatikan kebersihan dan juga nilai estetika bagian interior maupun eksterior mobil kesayangan. Tentu saja karena bagian interior dan eksterior sudah seperti wajah bagi kendaraan. Namun, ada bagian lain yang perlu diperhatikan oleh para pemilik mobil, yaitu ruang mesin.

Meski tertutup, ruang mesin pada mobil bisa terpapar debu dan kotoran akibat terhisap filter, kemudian masuk ke sistem injeksi. Suplai udara yang terhambat akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Maka dari itu, ruang mesin juga harus dibersihkan dan diperhatikan agar mobil bisa beroperasi dengan normal.

Beberapa Jenis Cairan Pembersih Mesin

Engine Conditioner

Membersihkan mesin adalah salah satu upaya pemeliharaan mobil agar dapat beroperasi dengan normal. Salah satu cairan pembersih mesin yang bisa digunakan adalah engine conditioner. Cairan ini terbuat dari bahan solvent yang ketika disemprotkan akan berbentuk busa atau foam. Engine conditioner berfungsi untuk membersihkan kerak-kerak yang ada pada internal mesin, ruang bahan bakar, hingga throttle body.

Untuk membersihkan ruang bahan bakar, semprotkan cairan ini melalui lubang besi. Agar hasil lebih maksimal, sebaiknya aplikasikan engine conditioner saat suhu mesin dalam kondisi hangat agar cairan segera menguap. Dalam kondisi hangat, kerak karbon juga mudah larut.

Engine Degreaser

Butuh pembersih untuk bagian luar mesin? Engine degreaser adalah jenis produk yang bisa dipilih. Cairan ini berbahan solvent dengan tekstur lebih keras, karena berfungsi untuk mengikat dan melarutkan kotoran pada mesin. Tepatnya, cairan ini digunakan untuk membersihkan kotoran pada permukaan luar mesin.

Cara penggunaannya cukup disemprotkan pada semua sudut ruang mesin, lalu diguyur dengan air setelah dibiarkan beberapa saat. Bilas pula dengan kain pembersih untuk membersihkan sisa-sisa cairan. Agar cairan bekerja dengan maksimal, pastikan untuk menggunakannya ketika suhu mesin mobil dalam keadaan hangat.

Engine Flush

Untuk membersihkan kotoran dalam karter mesin dan jalur oli, ada cairan khusus yang bisa digunakan, yaitu engine flush. Cairan ini bisa digunakan ketika ingin mengganti filter oli agar sirkulasi oli tidak terhambat akibat tumpukan kotoran. Secara garis besar, engine flush dimasukkan ke dalam ruang mesin bercampur oli, lalu dikuras hingga bersih.

Detergen khusus ini bisa dimasukkan ke dalam mesin melalui lubang oli. Kemudian mesin dinyalakan sejenak sekitar 15 menit, baru cairan tersebut dibuang melalui pembuangan oli. Kandungan pembersih dari engine flush bisa membantu membersihkan sludge dan karbon di ring piston mobil.

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Pastikan Mesin Mobil Dingin

Hendak membersihkan ruang mesin mobil? Sebelum membersihkannya, kamu perlu mengetahui beberapa cara efektif untuk melakukannya. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Dengan demikian, maka membersihkan ruang mobil akan lebih aman dilakukan.

Salah satu waktu yang disarankan untuk membersihkan mobil adalah pagi hari saat mesin mobil belum dinyalakan sama sekali. Jika memang hendak membersihkan mobil setelah dipakai, sebaiknya tunggu sekitar 30-45 menit terlebih dahulu agar mesin mobil mendingin.

Siapkan Peralatan

Sebelum membersihkan ruang mesin mobil, sebaiknya kamu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan ruang mesin, antara lain ember, sikat, kuas, spons, air bersih, selang, sarung tangan, dan lap microfiber.

Selain itu, siapkan pula bahan pembersih, seperti sabun khusus mobil dan engine degreaser untuk membersihkan kotoran pada mesin. Dengan mempersiapkan peralatan sekaligus, maka kamu tidak perlu bolak-balik dalam mencari alat untuk membersihkan bagian mobil yang lain.

Bersihkan Juga Bagian Depan Mesin dan Kap Mesin

Ketika membersihkan mobil, jangan lupa untuk membersihkan bagian depan mesin dan kap mesin. Pembersihan kap mesin bisa dilakukan pertama kali setelah aki mobil diangkat. Hal ini untuk mencegah kotoran jatuh ke permukaan mesin yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Bagian ini bisa dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih dengan dibantu kuas untuk membersihkan kotorannya. Kemudian, bagian tersebut bisa dibilas menggunakan air dan dilap dengan kain microfiber.

Keringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

Setelah memastikan ruang mesin bersih dari kotoran, jangan lupa untuk mengeringkannya. Mengeringkan ruang mesin dimaksudkan untuk menghindari munculnya karat pada komponen mesin. Cara pengeringannya pun cukup mudah, setelah sisa-sisa cairan dibilas, selanjutnya lap dengan kain microfiber.

Kain microfiber biasanya tidak dapat mengeringkan mesin dengan sempurna, maka dari itu diperlukan langkah lebih lanjut agar mesin tidak lembap. Caranya dengan menghidupkan mesin sejenak, sehingga suhu mesin yang naik mampu menguapkan kelembapan yang tersisa.

Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin Mobil

Waxco Anti Rust Engine Degreaser

Bingung mencari cairan pembersih mesin mobil yang efektif? Kamu bisa mencoba produk Waxco Anti Rust Engine Degreaser. Produk ini adalah pembersih mesin mobil yang cocok untuk membersihan mesin dari debu, tanah, dan juga noda oli. Keunggulan dari produk ini adalah efektivitasnya, namun tetap aman bila terkena cat, selang radiator, kabel, dan plastik mobil.

Cara penggunaan Waxco Anti Rust Engine Degreaser sangat mudah, yaitu cukup disemprotkan pada bagian yang hendak dibersihkan. Sebelum menyemprotkannya, kocok dulu produk ini dan tutup bagian elektrikal mobil yang tidak bisa terkena air. Setelah disemprotkan pada mesin, tunggu selama 10 menit agar pembersih bekerja dengan optimal. Kemudian, bilas dengan air dan lap menggunakan kain.

Harga Rp. 68.000-152.000

Prestone Radiator Flush Cleaner

Pembersih berikutnya yang direkomendasikan adalah Prestone Radiator Flush Cleaner. Produk dengan formula 2 in 1 ini dirancang untuk membersihkan sistem pendingin dan mencegah panas berlebih yang kerap menimbulkan gagal mesin. Mampu bekerja cepat, produk ini aman untuk aluminium, besi, baja, karet, tembaga, kuningan, dan pateri.

Prestone Radiator Flush Cleaner tidak memerlukan penetralisir dan dapat digunakan untuk membersihkan endapan karat, korosi, kerak, serta residu minyak pada sistem pendingin. Cara penggunaannya cukup dengan memasukkan Prestone Radiator Flush Cleaner pada sistem pendingin.

Harga Rp. 59.990-80.000

Bardahl Special Duty Power Booster

Bardahl Special Duty Power Booster adalah pembersih mesin berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini bisa digunakan untuk membersihkan mesin alat berat, seperti loader, excavator, roller, truk trailer, truk ekspedisi, dan mesin lainnya. Produk ini akan membantu mesin dalam melindungi oli mesin agar operasi suhu tinggi tidak memecah kandungan bahan aktif pada mesin.

Cara penggunaan produk ini adalah mencampurkan Bardahl Special Duty Power Booster dengan oli pada mesin. Cocok untuk mesin berbahan bakar bensin dan solar, sekaleng produk ini bisa digunakan untuk campuran 8 liter oli. Produk ini tersedia dalam kemasan 32 oz yang ekonomis.

Harga Rp. 200.000-225.000

Megacools Full Penetrate

Butuh pelumas multifungsi untuk mesin? Produk Megacools Full Penetrate bisa menjadi salah satu pilihannya. Dapat digunakan sebagai pelumas karat dan melembapkan mesin kembali, produk ini juga cocok digunakan untuk melumasi perlengkapan rumah tangga, kantor, dan pabrik. Selain itu, cairan pembersih ini juga aman untuk media berbahan vynil, kulit, plastik, stainless steel, dan karet plastik.

Cara pemakaiannya cukup mudah, setelah dikocok semprotkan langsung ke bagian yang hendak dibersihkan. Setelah disemprot merata, kemudian sikat perlahan hingga bersih. Untuk perawatan rutin, pembersih ini bisa digunakan setiap 4-6 minggu. Keistimewaan produk ini adalah dapat digunakan ketika mesin beroperasi. Megacools Full Penetrate Megacools Full Penetratetersedia dalam kemasan 300 ml dan 500 ml.

Harga Rp. 23.000-26.500

WEALTHY Silicon Spray

Rekomendasi cairan pembersih mesin mobil berikutnya adalah WEALTHY Silicon Spray. Produk ini berguna untuk mencegah dan menghilangkan getaran mengganggu akibat gesekan bahan yang berbeda pada mesin. Selain itu, produk ini juga berfungsi untuk mencegah kerapuhan karena pembekuan komponen karet, misalnya saja pada seal pintu dan kap mesin.

Produk ini efektif dalam memberikan kilap pada bumper, spoiler, dan panel interior berbahan plastik. Meski demikian, WEALTHY Silicon Spray tidak disarankan digunakan pada kaca, pedal gas, dan stir mobil. Keistimewaan cairan ini adalah mampu melindungi kontak listrik terhadap kelembapan. Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu semprotkan cairan ke permukaan bersih dengan jarak 20-30 cm. Kemudian lap secara lembut menggunakan kain.

Harga Rp. 65.000-75.000

STP Engine Flush

Selain eksterior dan interior mobil, kebersihan mesin perlu diperhatikan. Salah satu produk yang dapat digunakan untuk membersihkan mesin mobil adalah STP Engine Flush. Produk ini berfungsi untuk menguras bagian dalam mesin secara efektif. Dengan demikian, produk ini mampu mengoptimalkan daya lindung dan lumas dari oli baru.

STP Engine Flush adalah pembersih yang dapat menetralisir asam acida serta membersihkan deposit lumpur, varnish, dan kerak pada mobil. Cocok untuk mesin berbahan bakar bensin, produk ini dapat mengurangi keausan dengan aditif antiwear yang khusus. Pembersih ini tersedia dalam kemasan 450 ml yang hemat.

Harga Rp. 54.688-65.000

Liqui Moly Rapid Clear

Noda minyak pada mesin mobilmu sukar dibersihkan? Saatnya kamu mencoba produk Liqui Moly Rapid Clear untuk mengatasinya. Produk ini mampu membersihkan noda oli dan lemak pada mesin, lantai, peralatan, hingga kain. Bahkan, produk ini juga bisa menghilangkan karat serta kotoran dengan efektif.

Dengan demikian, mesin akan kembali bersih dan dapat beroperasi dengan optimal. Liqui Moly Rapid Clear dapat mencapai bagian terkecil pada mesin dan cocok untuk membersihkan rem, kopling, dan transmisi. Selain membersihkan, cairan ini cocok untuk perbaikan dan perawatan mesin mobil.

Harga Rp. 151.200-208.300

nanoTECH Protection Ultimate Degreaser

Rekomendasi pembersih mesin mobil berikutnya adalah nanoTECH Protection Ultimate Degreaser. Produk ini efektif membersihkan bug grease dari kerak kalsium serta oli pada bagian metal mesin. Biasanya kerak ini disebabkan oleh uap oli atau perembesan yang menimbulkan kerak.

Cara penggunaan nanoTECH Protection Ultimate Degreaser cukup mudah. Seperti cairan pembersih pada umumnya, cukup semprotkan produk ini pada bagian yang berkerak, lalu bilas menggunakan air. Setelah itu keringkan menggunakan kain bersih.

Harga Rp. 39.900-40.000

WYNNS Power Charge

Performa mesin mobil mulai menurun? Hal itu bisa disebabkan karena mesin yang kotor. Untuk mengatasi hal itu kamu bisa menggunakan produk WYNNS Power Charge. Produk ini merupakan cairan pembersih sistem bahan bakar yang mampu membersihkan injector, katup intake, dan ruang bakar dengan efektif. Katalis pembakaran produk ini membuat kinerja mesin pulih kembali, sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien.

Harga Rp. 396.000-440.000

PRO-V Engine Flush

Rekomendasi cairan pembersih mesin mobil yang terakhir adalah PRO-V Engine Flush. Produk ini merupakan formula untuk menguras bagian dalam mesin agar kembali bersih. Selain itu, pembersih ini juga dapat menetralisir asam acida serta mengurangi keausan dengan aditif antiwear khusus.

Produk keluaran Pro V ini berguna untuk membersihkan mesin dari deposit lumpur, varnish, dan kerak secara efektif. Dengan menggunakan pembersih ini, daya lindung dan pelumas dari oli baru menjadi lebih optimal. PRO-V Engine Flush tersedia dalam kemasan 325 ml yang ekonomis dan mudah didapat.

Harga Rp. 25.000-53.000
From our editorial team

Gunakan Kain Microfiber untuk Membersihkan Sisa Pembersih

Cairan pembersih mesin saat ini sudah banyak dipilih oleh para pemilik mobil untuk mengatasi debu, kotoran, hingga kerak pada mesin mobil. Karena bersifat cair, sisa-sisa pembersih kerap tertinggal dan berisiko menyebabkan korsleting hingga karat. Sebagai pencegahan, kamu bisa menggunakan kain microfiber untuk mengelap mesin agar kering secara maksimal. Dengan demikian mesin mobil menjadi lebih bersih dan aman.