Bersihkan Sneakers Kesayangan agar Tetap Awet dengan 10 Rekomendasi Cairan Pembersih Sepatu Ini (2020)

Bersihkan Sneakers Kesayangan agar Tetap Awet dengan 10 Rekomendasi Cairan Pembersih Sepatu Ini (2020)

Sneakers harus dirawat agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tetapi, bila setiap bulan atau bahkan setiap minggu harus dicuci di laundry shoes, bisa membuat kantong kurang sehat. Kamu bisa mencucinya sendiri menggunakan cairan pembersih sepatu rekomendasi BP-Guide.

Tak Perlu Repot ke Laundry Shoes, Gunakan Saja Cairan Pembersih Sepatu untuk Membersihkan Sepatu

Sumber gambar Shutterstock

Sepatu menjadi sebuah fashion item favorit untuk dikoleksi oleh para pria. Jenisnya pun bermacam-macam mulai dari sepatu olahraga hingga sepatu kasual. Setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Namun satu hal yang sama di antara orang-orang yang mengoleksi sepatu, yaitu menyayangi sepatu-sepatunya, terutama jika sepatu tersebut tergolong bermerek atau memiliki nilai sejarah tersendiri.

Agar sepatu koleksi kamu awet dan tahan lama, kamu perlu rajin merawatnya. Menyisihkan sedikit bujet kamu untuk biaya perawatan sepatu adalah sebuah hal yang penting agar umur sepatumu tetap panjang. Nah, salah satu perawatan sepatu yang paling dasar dan sangat perlu kamu lakukan adalah dengan rutin membersihkannya.

Jika kamu merasa kerepotan untuk membawa sepatu-sepatu kamu ke laundry shoes atau kamu merasa memanggil jasa cuci sepatu terus-terusan terasa boros, kamu bisa mencuci sepatu sendiri di rumah. Tak perlu khawatir akan kesulitan, sebab kini sudah banyak produk pembersih sepatu yang bisa kamu temukan. Bahkan, banyak juga merek-merek lokal yang merilis produk pembersih ini sehingga bisa memberikanmu harga produk yang terjangkau.

Berbagai Produk Pembersih Sepatu Lokal yang Bisa Kamu Andalkan

Sumber gambar Shutterstock

Sepatu memiliki banyak sekali jenis bahan yang digunakan. Setiap bahan sepatu memerlukan cara perawatan yang berbeda-beda. Sekarang sudah banyak produk-produk perawatan sepatu berdasarkan bahan-bahan sepatu tersebut. Sehingga kamu punya banyak pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan sepatu kamu.

Ada produk yang khusus untuk satu jenis bahan, misalnya kulit yang memerlukan produk pembersih khusus. Ada juga produk untuk hampir semua jenis bahan, sehingga kamu tidak perlu membeli banyak varian produk yang berbeda. Kamu pun bisa mencari info dari penjualnya terlebih dahulu, kira-kira produk mana yang kamu perlukan berdasarkan jenis sepatu yang kamu miliki.

Ketahui Dulu Cara Membersihkan Sneakers Berdasarkan Jenis Bahannya

Suede

Sumber gambar Shutterstock

Jika kamu punya sepatu berbahan suede, salah satu hal terpenting yang perlu diingat untuk merawatnya adalah jangan sampai sepatu berbahan suede ini terkena air. Seandainya kamu tidak sengaja kehujanan dan sepatumu basah, cepatlah keringkan menggunakan tisu kering dengan cara menepuk-nepuk bagian luar sepatu secara perlahan. Kemudian, diamkan hingga kering dengan cara diangin-anginkan.

Ingat, jangan pernah menjemur sepatu langsung di bawah terik matahari. Untuk mengeringkannya, cukup diangin-anginkan saja. Menyimpannya pun tidak boleh di tempat yang lembap. Sebaiknya simpan sepatu jenis ini di tempat yang sejuk.

Untuk menghilangkan noda pada sepatu suede, caranya adalah dengan menggosok-gosok bagian yang kotor menggunakan sikat khusus bahan suede. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi bekas berbulu lembut jika tidak punya sikat khusus suede.

Gosok searah (jangan bolak-balik) menggunakan pembersih yang tidak mengandung detergen. Jika nodanya terlalu bandel, barulah gunakan detergen dalam jumlah yang sedikit. Setelah selesai disikat, gosok dengan penghapus karet untuk membuat kelembutannya terjaga.

Kanvas

Sumber gambar Shutterstock

Sepatu berbahan kanvas merupakan salah satu jenis sepatu yang paling mudah terkena noda. Namun demikian, tidak perlu khawatir sebab untuk mencuci sepatu ini pun caranya tidak terlalu sulit. Pertama-tama, lepaskan tali sepatunya terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan seember air hangat. Celupkan sepatu ke dalam air hangat. Sebab tujuannya hanya untuk membasahi sepatu, jadi tidak perlu dicelup terlalu lama.

Siapkan sikat berbahan nilon dan cairan pencuci piring, kemudian gosokkan pada bagian dalam dan luar sepatu secara perlahan sampai bersih. Jika sudah bersih, bilas menggunakan air mengalir dan diamkan hingga kering. Kamu bisa menggunakan gumpalan koran untuk membatu proses pengeringan bagian dalam sepatu. Jangan mengeringkan sepatu menggunakan hair dryer ataupun pengering jenis apapun.

Kulit

Sumber gambar Shutterstock

Sepatu berbahan kulit banyak ditemukan pada sepatu-sepatu formal. Bahan kulit akan membuat penampilanmu lebih berwibawa, dewasa, dan elegan. Dibandingkan sepatu jenis lain, sepatu berbahan kulit ini memiliki trik perawatan yang cukup khusus. Diperlukan kehati-hatian untuk merawatnya, sebab cara perawatan yang salah justru bisa merusak bahan kulitnya.

Untuk membersihkan noda yang menempel, kamu bisa lap bagian tersebut menggunakan kain yang lembut. Jika nodanya agak bandel, lap dengan kain yang diberi larutan sampo atau kondisioner. Kamu juga bisa menggunakan campuran air dan cuka dengan kadar yang seimbang. Setelah dilap, keringkan sepatu dengan kain katun atau kaos kering yang sudah tidak terpakai. Agar lebih berkilau, kamu bisa semprot sepatu dengan sedikit pembersih kaca.

Bagaimana jika sepatu memiliki goresan atau warnanya sudah pudar? Pertama, kamu bisa mengoleskan shoe polish atau losion khusus sepatu berbahan kulit menggunakan kain katun yang lembut. Atau, kamu bisa juga menggunakan petroleum jelly dengan cara mengusapkannya di bagian yang lecet. Intinya adalah diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat sepatu berbahan kulit.

Rajut

Sumber gambar Shutterstock

Untuk sepatu rajut, cara perawatannya tidak jauh berbeda dengan cara mencuci baju yang biasa kita gunakan. Pertama, campurkan deterjen dan air hangat. Jika deterjen dirasa terlalu keras untuk sepatumu, kamu bisa juga menggunakan sabun mandi. Rendam sepatu ke dalam air hangat tersebut.

Setelah itu, gunakan sikat lembut untuk membersihkan noda-noda yang menempel. Jangan lupa untuk menyikatnya secara perlahan. Setelah noda hilang, bilas sepatu hingga bersih. Kemudian, rendam di dalam air yang sudah ditambahkan pewangi. Keringkan dengan cara diangin-anginkan atau menggunakan mesin pengering.

Pilihan Cairan Pembersih Sepatu yang Bikin Sepatu Kembali Kinclong

Andrrows Shoe Cleaner Starter Kit

Andrrows adalah merek pembersih sepatu premium pertama yang hadir di Indonesia. Tujuan utama dari Andrrows adalah menghadirkan produk pembersih sepatu yang tidak hanya melindungi bahan sepatu kamu, tapi juga turut melestarikan lingkungan dari zat-zat pembersih berbahan kimia yang kurang baik untuk lingkungan.

Oleh karena itu, produk-produk Andrrows dibuat dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan, seperti minyak kelapa murni dan minyak jojoba.

Agar sepatumu lebih wangi, Andrrows menambahkan aroma lavender dan minyak lemon yang ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap. Karena dibuat dari bahan-bahan alami, produk Andrrows ini sangat aman untuk segala jenis warna sepatu dan juga aman untuk kulit tangan kamu.

Produk Andrrows menawarkan metode dry cleaning yang tanpa perlu dibilas air. Metode ini seringkali disebut metode “brush it then wipe it”, jadi kamu tidak perlu kerepotan menggunakan air.

Di dalam satu paket produk pembersih Andrrows, selain mendapatkan 1 botol pembersih ukuran 100 ml yang bisa digunakan untuk mencuci hingga 50 pasang sepatu, kamu juga akan mendapatkan sikat dan premium microfiber towel.

Sikatnya terbuat dari rambut sapi yang cocok untuk sepatu berbahan nubuck, kulit asli, kanvas, dan suede. Sedangkan premium microfiber towel-nya memiliki kemampuan menyerap air 7 kali lebih baik daripada lap biasa. Menarik, bukan?

Harga Rp. 148.000-357.000

Gustans Shoe Cleaner

Sama seperti produk sebelumnya, produk pencuci sepatu yang satu ini juga menggunakan sistem dry cleaning. Sangat praktis sebab kamu tidak perlu menggunakan air untuk mencuci sepatu-sepatumu. Terbuat dari bahan-bahan natural yang tidak hanya aman untuk sepatu, tapi juga untuk kesehatanmu dan lingkungan sekitar. Produk ini dapat memberikan aroma yang harum pada sepatu-sepatumu.

Saat membelinya, kamu akan mendapatkan kain microfiber. Sebelum digunakan untuk membersihkan sepatu, sebaiknya cuci kain microfiber tersebut terlebih dahulu.

Harga Rp. 60.000-70.000

Jason Markk Shoe Cleaner

Produk Jason Markk muncul pada tahun 2007 dan salah satu produk pembersih sepatu yang awal muncul. Waktu itu, produk ini lumayan menarik perhatian para penggemar sneakers karena mereka tidak perlu lagi kerepotan mencari produk pembersih sepatu. Bahan yang digunakan pun 98,3% bahan alami, tanpa mengandung bahan kimia dan bersifat biodegradable. Produk ini diklaim bisa membersihkan hingga 100 pasang sepatu.

Tidak hanya menawarkan produk pembersih sepatu, Jason Markk juga telah membuka jasa cuci sepatu di Little Tokyo, Los Angeles. Jasa cuci sepatu tersebut dibuka pada tahun 2014 dan diberi nama The World’s First Drop-off Sneaker Care Service. Jadi selain produknya sudah teruji untuk menghilangkan noda, Jason Markk juga bisa menangani sneakers kamu dengan tenaga-tenaga ahlinya di bidang cuci sepatu.

Harga Rp. 352.450-780.000

Octopus Cleaner

Octopus Shoe Care tidak hanya menawarkan produk perawatan sepatu, tapi juga tas dan jaket. Merek yang berdomisili di Bandung ini menyediakan produk pembersih tanpa zat kimia berbahaya dan berbahan natural, seperti olive oil, coconut oil, dan essential oil dengan wangi lemon. Aman digunakan untuk membersihkan sepatu, tas, dan jaket berbahan mesh, knit, kanvas, suede, nubuck, bahkan kulit.

Di dalam 1 boks produk yang kamu beli, kamu akan mendapatkan 1 botol shoe cleaner ukuran 100 ml, 1 botol refresher berukuran 60 ml, premium brush, dan microfiber cloth. Cukup lengkap untuk membantumu merawat sepatu, bukan?

Harga Rp. 125.000-187.000

Bright Premium Shoe Cleaner

Masih menggunakan metode dry cleaning tanpa perlu dibilas, produk pembersih sepatu yang satu ini cocok untuk kamu yang enggan ribet ketika membersihkan sepatu. Dibuat dari minyak zaitun berkualitas tinggi, bahkan diimpor langsung dari Spanyol. Cocok untuk membersihkan segala jenis bahan sepatu seperti denim, nubuck, kulit, faux leathter, dan suede. Pembersih ini juga terasa lembut di kulit tangan kamu. Kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan hingga 60 pasang sepatu.

Harga Rp. 210.000-216.000

Arback Shoe Cleaner

Bandung memang merupakan salah satu kota yang banyak memiliki usaha-usaha kreatif, terutama di bidang produk pembersih sepatu. Begitu pula dengan Arback, sebuah brand yang basisnya di Bandung ini.

Produk Arback menggunakan bahan konsentrat dan organik yang cocok untuk segala jenis sepatu. Ketika sepatu dibersihkan, sepatu menjadi netral atau tidak berbau karena bakteri yang menempel di sepatu tersebut jadi hilang.

Ketika membeli produk ini, kamu akan mendapatkan 1 botol Arback Cleaner 100 ml, Arback Shoe Fragrance, lap microfiber premium, premium horse brush, dan nylon premium hard brush. Satu paket lengkap ini siap untuk membantumu membersihkan sepatu-sepatu koleksimu.

Harga Rp. 85.000-161.000

Venetian Shoe Cleaner

Rekomendasi produk yang satu ini sedikit berbeda dengan jenis produk sebelumnya, sebab teksturnya yang berbentuk minyak. Oleh karena itu, produk ini dinamakan Venetion Shoe Cream.

Karena teksturnya seperti minyak, maka produk ini memang dikhususkan sebagai pelembap untuk sepatu, dompet, atau jaket berbahan kulit asli. Namun, tidak direkomendasikan untuk bahan suede atau nubuck leather.

Setelah dilap menggunakan Venetion Shoe Cream, bahan kulit tersebut akan tampak lebih bersih dan berkilau. Selain itu, produk ini juga dapat melindungi semua warna kulit. Cocok untuk kamu yang hobi mengoleksi fashion item berbahan kulit.

Harga Rp. 130.000-259.000

Ufrezz Multi-purpose Antimicrobial Spray

Produk pembersih sepatu yang satu ini berbentuk semprot. Sesuai namanya, produk ini dapat melindungi sepatu kamu dari berbagai mikroorganisme seperti bakteri, jamur, lumut, dan tungau.

Di dalam satu botol antimicrobial spray ini mengandung inoverta antimicrobial agent, buthan, propane, ethanol, dan fragrance yang mampu mencegah pembelahan dan pertumbuhan sel bakteri. Istimewanya lagi, produk ini telah lulus standardisasi kesehatan sehingga aman untuk digunakan.

Untuk 1 botol berukuran 100 ml, biasanya dapat digunakan hingga 60 kali pemakaian. Sekali semprot, produk ini akan bertahan untuk melindungi sepatu, dompet, atau tas kamu hingga 6 hari lamanya.

Kamu perlu memastikan bahwa permukaan sepatu, dompet, atau tas sudah bersih. Kocok produk tersebut, kemudian semprotkan ke seluruh bagian sepatu kamu dengan jarak 10-15 cm. Diamkan selama 1 menit hingga kering. Setelah kering, maka sepatu sudah bisa langsung kamu gunakan.

Harga Rp. 99.000-170.500

Cololite Sneaker Care

Produk yang satu ini aman untuk segala jenis sepatu berbahan kanvas, nilon, dan vinyl. Formulanya pun aman untuk berbagai warna sepatu. Tak hanya itu, produk ini juga mengandung minyak khusus yang aman untuk sepatu berbahan kulit.

Dengan memiliki produk ini, kamu sudah bisa menggunakannya untuk membersihkan berbagai jenis sepatu. Sangat praktis, bukan?

Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Pertama basahi sepatu, kemudian tuang produk ini sedikit demi sedikit pada sikat. Sikatkan perlahan ke sepatu hingga nodanya hilang. Setelah itu, bersihkan menggunakan air dan kain microfiber. Keringkan di tempat yang terbuka.

Harga Rp. 67.500-85.600

Talas Foam Cleaner Fabric

Produk pemebrsih sepatu yang satu ini bisa mengangkat noda membandel pada barang-barang bermaterial tekstil.

Keunggulannya adalah tidak mengubah warna dan tekstur permukaan, tidak meninggalkan bau atau bekas setelah diaplikasikan, dan tidak menutup pori-pori. Selain itu juga memberikan perlindungan dari sinar UV.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu cukup semprotkan dari jarak sekitar 5 cm, kemudian diamkan selama 30 detik. Setelah itu gosok dengan kain lembap, spons, atau sikat jika nodanya membandel. Bersihkan sisa foam yang masih menempel dengan lap kering.

Harga Rp. 135.000-279.100
From our editorial team

Tentukan Cairan Pembersih Sepatu Sesuai Kebutuhan

Setiap bahan sepatu membutuhkan perawatan yang berbeda. Untuk itu, sebelum membeli cairan pembersih, lihat dan kenali dulu bahan sepatu yang kamu miliki. Bila sudah, kamu bisa membeli sesuai kebutuhan. Jangan lupa membaca petunjuk pemakainnya, ya.

Tag