Punya Banyak Sepatu? Ini 10 Rekomendasi Gantungan Sepatu untuk Menyimpan Koleksi Sepatumu!

Punya Banyak Sepatu? Ini 10 Rekomendasi Gantungan Sepatu untuk Menyimpan Koleksi Sepatumu!

Masing-masing kita memiliki lebih dari 1 pasang sepatu karena beda kegiatan, beda pula sepatu yang akan dipakai. Hal ini menyebabkan koleksi sepatu makin bertambah sehingga kita pun membutuhkan tempat penyimpanan sepatu agar semua sepatu awet. Nah, simak yuk, cara menyimpan sepatu yang benar dan rekomendasi gantungan sepatu yang bisa kamu miliki!

Simpan Sepatu dengan Benar Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Alas kaki seperti sepatu dan sandal jadi kebutuhan bagi semua orang untuk keluar rumah. Sayangnya, terkadang sepatu yang telah dipakai ditaruh sembarangan sehingga membuat sepatu tidak awet. Terlebih jika sepatu yang dimiliki dibeli dengan harga yang tidak murah. Padahal sepatu jika dirawat dengan benar bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Jika terawat dengan baik, tentu hal ini juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli sepatu baru. Agar sepatu awet, kita juga harus menyimpannya agar terlindung dari debu, sinar matahari, dan udara lembab yang bisa menimbulkan jamur pada sepatu. Nah, sudahkah kamu menyimpan sepatumu dengan benar?

Tips Menyimpan Sepatu agar Tidak Cepat Rusak

Bersihkan Secara Berkala

Agar sepatu tidak cepat rusak dan awet lebih lama, kita harus rutin membersihkan sepatu. Terlebih jika sepatu dalam keadaan kotor dan lembap karena kebasahan. Beda bahan sepatu tentu beda pula cara perawatannya. Berikut cara membersihkan sepatu sesuai jenis dan bahannya.

  • Sepatu Kanvas
    Sepatu bahan kanvas bisa kamu bersihkan dengan campuran air, detergen dan baking soda. Bagian sepatu yang kotor disikat dengan sikat gigi. Dan sebaiknya sepatu dikeringkan secara alami dan hindari menggunakan mesin pengering.
  • Sepatu Sneakers
    Membersihkan sepatu kotor cukup dengan menyikat bagian yang kotor dengan sikat gigi. Jika ada kotoran membandel bersihkan dengan cairan detergen menggunakan kain bekas. Setelah itu biarkan sepatu kering dengan sendirinya.
  • Sepatu Kulit (Leather)
    Untuk membersihkan sepatu kulit beda lagi. Kamu bisa menghilangkan kotoran pada sepatu kulit menggunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan seimbang. Celupkan kain katun pada cairan tersebut lalu gosokan pada sepatu secara perlahan. Terakhir, keringkan sepatu sampai benar-benar kering. Agar lebih kinclong jangan lupa semir sepatu menggunakan shoe polish.
  • Sepatu Kulit dengan Permukaan Mengkilap
    Kalau sepatu kulit yang permukaannya mengkilap, bersihkanlah kotoran yang menempel pada sepatu dengan petroleum jelly menggunakan cotton bud atau lap. Setelah bersih semprotkanlah glass cleaner agar permukaannya tetap mengkilap.
  • Sepatu Beludru (Suede)
    Sepatu berbahan suede dikenal lebih sulit dibersihkan kalau sudah kotor. Namun jangan khawatir karena kamu bisa membersihkan sepatu ini menggunakan lap yang telah dicelupkan pada white vinegar. Atau kamu juga bisa menggunakan nailbrush, scrub brush atau nail file untuk membersihkan bagian sepatu yang kotor.
  • Sepatu Pantofel
    Kalau sepatu pantofel, kamu bisa membersihkan kotoran yang melekat pada sepatu dengan lap kering atau sikat halus. Kamu juga bisa memakai deterjen cair tanpa kandungan pemutih untuk mencucinya. Untuk sepatu ini kamu tidak bisa mencucinya dengan mesin cuci karena bisa merusak jahitan sepatu. Juga, hindarilah sinar matahari langsung saat menjemurnya.

Sesuaikan Ukuran Tempat Penyimpanan Sepatu

Tempat penyimpanan sepatu membuat kita lebih mudah dalam mencari sepatu. Cara menyimpan sepatu yang benar agar awet adalah dengan memilih tempat penyimpanan yang ukurannya sesuai. Tempat penyimpanan sepatu yang kecil membuat sepatu-sepatu harus disimpan menumpuk di dalamnya.

Hal ini dapat membuat sepatu cepat rusak, lho. Karena itu sebelum membeli rak atau lemari sepatu, pilihlah ukuran yang tepat dan sesuai dengan jumlah sepatu yang dimiliki agar masing-masing sepatu mendapat tempat dengan baik.

Kelompokkan Sesuai Jenis

Dalam satu rumah setidaknya memiliki beberapa jenis sepatu berbeda. Meski kamu sudah memiliki tempat penyimpanan sepatu yang tepat, cara penyimpanannya pun juga harus diperhatikan. Yakni dengan menyimpan sepatu sesuai dengan jenisnya. Misalnya, high heels dengan sesamanya, sepatu flat dengan sesamanya, sandal dengan sandal, dan begitu seterusnya.

Atau kamu juga bisa mengelompokkan sesuai dengan penggunaannya. Apakah dengan sesama sepatu formal atau santai. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengambil sepatu yang dibutuhkan dengan cepat. Pengelompokan ini juga mencegah sepatu yang telah tersusun rapi jadi berantakan lagi.

Jangan Tumpuk Sepatu

Karena rak sepatu penuh, sering kali kita menumpuk sepatu di atas sepatu lainnya. Namun kebiasaan ini harus segera dihentikan karena sepatu yang disimpan bertumpuk bisa membuat sepatu cepat rusak karena penyok. Lebih baik kamu tambahkan lagi rak sepatu yang lebih besar agar semua sepatu bisa tersimpan dengan rapi sehingga lebih awet.

Tentukan Tempat Penyimpanan

Nah, cara terakhir merawat sepatu-sepatu kesayanganmu adalah dengan menentukan tempat menyimpan sepatu yang tepat. Jika kamu telah memiliki lemari atau rak penyimpanan sepatu, taruhlah pada ruang yang tidak terkena sinar matahari langsung dan suhunya stabil. Tidak lembab, tidak basah, dan tidak pula terpapar terik matahari. Yang penting area penyimpanannya bersih dan aman dari hal-hal yang bisa membuat sepatu cepat rusak.

Rekomendasi Gantungan Sepatu Terkini

Rak Sepatu Gantung dengan 26 Saku Hemat Tempat

Sumber gambar https://shopee.co.id

Belum memiliki rak sepatu untuk menyimpan koleksi sepatu kesayanganmu? Rak Sepatu Gantung dengan 26 Saku Hemat Tempat bisa kamu pertimbangkan karena memiliki banyak saku untuk menyimpan sepatu. Rak sepatu ini juga tidak makan tempat karena kamu hanya perlu menggantungnya di dinding.

Materialnya terbuat dari bahan premium berupa kain tenun, logam, dan PVC yang tahan lama dan antibakteri. Gantungan sepatu ini juga memiliki ventilasi yang baik sehingga tidak menjadikan sepatu lembab dan berjamur. Gantungan berukuran 56 x 16 x 160 cm ini juga sudah dilengkapi dengan pengait untuk menggantung. Dapatkan gantungan sepatu ini di Shopee dengan harga Rp 170.000 - Rp 174.000.

Hengsong Toko Gantungan Pintu Sepatu Tas Penyimpanan Coklat 24 Grid

Sumber gambar https://www.lazada.co.id

Ingin menambah tempat penyimpanan sepatu di rumah agar sepatu-sepatu kesayangan bisa terlindung dari udara lembab dan jamur? Hengsong Toko Gantungan Pintu Sepatu Tas Penyimpanan Coklat 24 Grid ini bisa jadi pilihan. Materialnya terbuat dari kain non-woven yang ramah lingkungan dan bisa dilipat jika tidak dipakai.

Ukuran gantungan sepatu berdesain minimalis dan elegan ini 25 x 15 x 3 cm. Gantungan sepatu ini juga bisa dibersihkan dari debu menggunakan kemoceng, lap microfiber, dan cairan pembersih jika terkena noda membandel. Gantungan ini bisa kamu beli di Lazada dengan harga Rp 80.291.

Krishome Rak Sepatu Gantung 12 Kantung 46x84 Cm

Sumber gambar https://www.ruparupa.com

Krishome Rak Sepatu Gantung 12 Kantung 46x84 Cm merupakan rak untuk menyimpan sepatu yang terdiri dari 12 gantungan. Materialnya terbuat dari poliester berkualitas yang tidak mudah rusak. Rak ini juga mampu menampung beban lebih banyak. Gantungan ini juga praktis karena dapat disimpan dengan mudah dan bisa digantung di mana saja. Rak gantung untuk sepatu ini bisa kamu beli di Rupa-rupa seharga Rp 64.900.

Rak Sepatu gantung Resleting Hanging Shoes Organizer Zipper Karakter

Ada juga lho, gantungan sepatu dengan harga terjangkau, yakni Rak Sepatu gantung Resleting Hanging Shoes Organizer Zipper Karakter. Rak gantung ini terbuat dari material D420 dan mika 0.3 cm dengan motif karakter yang lucu seperti keroppi, doraemon, dan hello kitty. Ukuran rak 150 x 27 x 14 cm yang tiap sekatnya berukuran 27.5 x 12 x 14 cm, pas sekali untuk menyimpan koleksi sepatu-sepatumu. Harganya hanya Rp 16.500 yang bisa kamu beli di Tokopedia.

Rak Gantungan Dinding dengan Bahan Plastik untuk Organizer / Tempat Penyimpanan Sepatu

Sumber gambar https://shopee.co.id

Rak Gantungan Dinding dengan Bahan Plastik untuk Organizer / Tempat Penyimpanan Sepatu juga bisa dijadikan pilihan agar sepatu awet. Materialnya terbuat dari plastik berkualitas dengan desain tepi yang halus. Gantungan ini akan menghemat ruang dan memiliki ukuran yang pas untuk menyimpan sepatu. Gantungan sepatu dengan 2 kompartemen ini bisa kamu beli di Shopee dengan harga Rp 25.200 - Rp 32.900.

Ikea Skubb Rak Sepatu Gantung

Sumber gambar https://shopee.co.id

Ikea merupakan merek perabotan rumah tangga asal Swedia yang memiliki ratusan toko di berbagai negara di dunia. Kini pun produk-produk Ikea telah hadir di Indonesia. Ikea telah berdiri sejak tahun 1943 yang awalnya hanya menjual pulpen, bingkai foto, dompet, dan berbagai barang lainnya. Produk perabotan yang dijual Ikea merupakan hasil rancangan sendiri yang terkenal berkualitas dan modern.

Nah, produk Ikea yang bisa kamu pilih untuk menyimpan sepatu adalah Ikea Skubb Rak Sepatu Gantung. Ukuran rak 55 x 7 x 150 cm yang di dalamnya terdapat banyak ruang dan 16 kantong kecil. Kamu bisa membeli gantungan sepatu Ikea ini di Shopee dengan harga Rp 100.000 - Rp 109.000.

Gantungan Sepatu Di Stroller Bayi Baby Shoes Clip Jepit Sepatu Bayi

Gantungan Sepatu Di Stroller Bayi Baby Shoes Clip Jepit Sepatu Bayi merupakan gantungan sepatu untuk bayi yang bisa dibawa saat jalan-jalan dengan stroller. Gantungan sepatu ini pemasangannya mudah dan akan menempel pada stroller saat dibawa ke mana-mana. Bayi pun akan nyaman di dalam stroller tanpa adanya sepatu yang mengganggu. Gantungan sepatu ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 72.000.

Tempat Sepatu Little Pony / Rak Sepatu Kuda / Gantungan Sepatu Lucu

Tempat Sepatu Little Pony / Rak Sepatu Kuda / Gantungan Sepatu Lucu juga bisa jadi pilihan. Gantungan sepatu ini ukurannya 29 x 15 x 140 cm yang terdiri dari 8 susun. Materialnya terbuat dari triplek, mika tebal, dan kain banner. Gantungan ini dilengkapi dengan resleting pada samping kiri dan kanan sehingga sepatu-sepatumu akan terlindung dari debu. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Rak Sepatu Gantung 4 in 1 Resleting

Rak Sepatu Gantung 4 in 1 Resleting adalah pilihan selanjutnya. Materialnya terbuat dari mika, triplek, dan spondbound. Dengan gantungan ini sepatu-sepatumu akan tersimpan lebih rapi dan lebih awet tentunya. Bagian covernya yang transparan memudahkan kamu dalam mencari sepatu yang diinginkan. Tidak hanya untuk sepatu, gantungan ini juga bisa digunakan untuk menyimpan berbagai benda lainnya. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 165.000.

Hook Ram Display Sepatu/Gantungan Sepatu/Tatakan Sepatu

Hook Ram Display Sepatu/Gantungan Sepatu/Tatakan Sepatu merupakan gantungan dengan harga paling murah. Materialnya terbuat dari kawat besi dengan finishing nickel chrome berkualitas. Selain bisa digantung di dinding, bisa juga di taruh di lantai. Kamu bisa mendapatkan rak ini di Tokopedia dengan harga Rp 3.600 saja.

From our editorial team

Rak Sepatu Membuat Ruangan Rapi dan Bersih

Gantungan sepatu tidak hanya membuat sepatu menjadi awet lebih lama, tapi juga membuat ruangan jadi rapi dan bersih tanpa adanya sepatu yang bertebaran. Selain itu, gantungan sepatu juga tidak akan memakan tempat sehingga cocok untuk ruangan yang kecil. Nah, sudah tentukan rak sepatu yang menjadi pilihanmu? Yuk, segera miliki!