10 Rekomendasi Pembersih Sepatu dan Cara Merawat Sepatu yang Benar Sesuai Bahannya (2019)

10 Rekomendasi Pembersih Sepatu dan Cara Merawat Sepatu yang Benar Sesuai Bahannya (2019)

Sumber gambar pixabay.com

Baik pria maupun wanita, pasti punya sejumlah koleksi sepatu kesayangan. Sebagai alas kaki, sepatu sangat rentan kotor dan berdebu hingga membuat warnanya terlihat kusam. Agar sepatu selalu nampak baru, kamu harus rutin mencucinya. BP-Guide punya rekomendasi pencuci sepatu terbaik untuk kamu.

Punya Koleksi Sepatu di Rumah? Jangan Lupa untuk Selalu Dibersihkan, Ya

Sumber gambar thesolemates.com

Ada ungkapan "A pair good shoes will take you to good places."

Penampilan yang sempurna tidak lengkap rasanya tanpa memakai sepatu yang oke. Tidak mengherankan jika kamu punya ragam koleksi sepatu dalam jumlah banyak di lemari. Sepatu yang dikenakan tentu saja harus sesuai dengan kesempatan yang akan dihadiri.

Sebagai alas kaki, tidak heran jika sepatu mudah kotor karena debu yang menempel dari luar. Jika tidak dibersihkan, sepatumu akan terlihat usang dan tidak enak dipandang.

Kamu harus merawat koleksi sepatumu agar awet dan tahan lama. Eits, tapi jangan sembarangan ya. Membersihkan sepatu harus disesuaikan dengan bahannya. Kalau kamu asal membersihkan sepatu, maka bahan aslinya malah cepat rusak.

Cara Membersihkan Sepatu Berdasarkan Bahannya

Suede (Beludru)

Sumber gambar burton.co.uk

Bahan suede punya tekstur yang halus dan lembut. Saat membersihkannya, kamu harus menggunakan sikat khusus. Hindari membersihkan sepatu suede dengan air, karena bahan ini sangat sensitif dengan kondisi basah. Jadi jika timbul noda apapun, sebaiknya bersihkan saat sepatu dalam keadaan bersih.

Cara menyikat sepatu suede adalah satu arah dan secara berulang. Noda masih membandel? Gunakan penghapus pensil dari bahan karet atau kamu juga bisa membeli penghapus noda khusus untuk bahan suede.

Kanvas

Sumber gambar ca.dhgate.com

Kanvas termasuk bahan yang sangat mudah kotor. Kamu yang punya sepatu kanvas harus sering membersihkannya agar sepatumu tidak menjadi sarang bertumbuhnya bakteri.

Berbeda dengan bahan suede, kamu bisa membersihkan kotoran pada sepatu kanvas dalam keadaan basah. Gunakan sikat gigi berbulu halus atau lap bersih untuk menggosok kotoran yang menempel di sepatu.

Cuci sepatu kanvas secara manual saja, tidak menggunakan mesin cuci karena bisa merusak tekstur bahannya. Oh iya, jika sepatu kanvasmu bertali, lepas dulu talinya dan cuci secara terpisah.

Setelah noda hilang, keringkan sepatu kanvas dengan diangin-anginkan saja ya. Menjemur di bawah sinar matahari bisa memudarkan warna sepatu, sementara mengeringkan dengan hair dryer akan merusak serat-serat bahan.

Kulit

Sumber gambar aliexpress.com

Sepatu berbahan kulit biasanya lebih mahal sehingga kamu harus merawatnya dengan hati-hati. Untuk membersihkan kotoran pada sepatu, cukup gunakan kain lembap saja lalu gosok secara perlahan. Jika warna sepatu sudah mulai pudar, gunakan semir untuk mengembalikan warnanya. Sikat semir dalam satu arah saja agar alur alami sepatu tetap terjaga.

Gunakan sikat khusus untuk menggosok sepatu, lalu untuk bagian-bagian kecil yang sulit dijangkau bisa digunakan sikat gigi yang lembut. Setelah itu, biarkan semir mengering selama 15 menit. Agar sepatu terlihat semakin mengkilat, beri sentuhan akhir dengan cara menggosoknya menggunakan kain flanel bersih.

Agar warna sepatumu tetap awet, jangan pernah membiarkan sepatu terpapar sinar matahari secara berlebihan, ya.

Patent Leather

Sumber gambar jumia.com.ng

Patent leather sedikit berbeda dengan leather atau kulit. Sepatu berbahan patent leather diberi lapisan khusus untuk memberikan kesan mengkilat. Membersihkan sepatu jenis ini tentu tidak bisa sembarangan. Salah memilih bahan atau alatnya, kilau alami pada sepatu bisa hilang lho.

Membersihkan sepatu bahan patent leather sebaiknya menggunakan petroleum jelly. Untuk pengaplikasiannya sendiri bisa memakai lap bersih atau cotton bud. Setelah kotoran hilang, kamu bisa menambahkan efek mengkilat pada sepatu dengan menyemprotkan cairan pembersih kaca. Tunggu sampai kering, sepatumu akan terlihat seperti baru!

Berbagai Pembersih untuk Merawat Sepatumu agar Terlihat Kinclong

Jason Markk

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bersihkan sepatu kesayanganmu dengan Jason Markk Premium Shoe Cleaner Brush and Solution. Produk ini terbuat dari bahan biodegradable, tanpa kandungan bahan kimia keras, dan aman untuk semua bahan sepatu. Kotoran dan noda yang menempel pada sepatu bisa dibersihkan secara maksimal tanpa merusak kualitas warna dan bahan.

Satu paket sudah termasuk sikat khusus untuk membersihkan sepatu. Satu produk bisa kamu gunakan untuk membersihkan 100 pasang sepatu, lho! Dapatkan produk ini di Tokopedia seharga Rp 390.000.

Angelus

Sumber gambar www.bukalapak.com

Angelus Easy Cleaner, produk pembersih sepatu all in one yang bisa digunakan untuk membersihkan sepatu dengan berbagai macam bahan. Pembersih dari Angelus ini memang sangat populer dan kerap menjadi pilihan banyak orang. Pembersih ini aman untuk bahan suede, kulit, karet, nilon, satin, kanvas, hingga vinyl. Menariknya produk ini juga dipasarkan dengan harga terjangkau.

Kamu bisa memberli Angelus Easy Cleaner di Bukalapak seharga Rp 250.000 atau di Tokopedia seharga Rp 282.000.

Talas Foam Cleaner

Sumber gambar www.blibli.com

Talas Foam Cleaner Fabric Pembersih Sepatu adalah pembersih serbaguna yang bisa digunakan untuk membersihkan berbagai macam barang yang berbahan tekstil. Selain sepatu, produk ini juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada jaket, topi, tas, dan semua yang terbuat dari tekstil. Membersihkan dengan ampuh tanpa merubah warna dan tekstur asli bahan serta melindungi dari sinar UV.

Cara menggunakan produk ini sangat mudah. Tinggal kocok saja, semprotkan, lalu diamkan busa selama 30 menit. Setelah itu gosok dengan kain basah atau sikat halus. Selanjutnya sisa busa yang ada diseka dengan kain bersih.

Talas Foam Cleaner Fabric Pembersih Sepatu dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 149.000.

Clyde

Sumber gambar fjb.kaskus.co.id

Clyde Premium Shoes Cleaner terbuat dari 99,1% bahan alami yaitu minyak jojoba dan minyak kelapa. Sangat ampuh untuk membersihkan noda pada permukaan yang terbuat dari bahan katun, kulit, nilon, kanvas, vinyl, dan lain sebagainya. Tidak berbahaya dan dapat membersihkan kotoran tanpa merusak warna asli bahan.

Gunakan sikat gigi halus untuk menggosoknya agar serat alami bahan tidak rusak. Clyde Premium Shoes Cleaner dijual dengan harga Rp 450.000 di Kaskus.

Venetian

Sumber gambar www.bukalapak.com

Saat sepatu kulitmu sudah mulai pudar warnanya dan ditempeli terlalu banyak debu, gunakan Venetian Shoe Cream Perawatan Kulit untuk membersihkannya. Produk ini dapat mengembalikan kilau alami bahan kulit yang sudah pudar. Aman untuk digunakan di berbagai jenis bahan kulit seperti dompet dan jaket kulit juga. Produk ini dijual di Bukalapak seharga Rp 225.000.

Reshoevn8r

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pembersih sepatu Reshoevn8r bisa digunakan untuk membersihkan semua bahan sepatu, kecuali suede. Dibuat langsung di Amerika Serikat menggunakan 100% bahan-bahan alami. Dalam setiap pembelian disertai sikat khusus. Selain pembersih sepatu, Reshoevn8r juga mengeluarkan produk sikat tahan air, penyemprot noda, dan pewangi. Reshoevn8r tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 625.000.

8 Plus Shoes Cleaner

Sumber gambar www.bukalapak.com

Untuk membersihkan noda sepatu yang sulit dibersihkan kamu bisa menggunakan produk 8 Plus Shoes Cleaner. Produk ini dapat digunakan untuk membersihkan sepatu dari bahan suede, kanvas, dan sol sepatu.

Sangat pas buat kamu yang punya segudang koleksi sepatu di rumah. Satu paket produk sudah termasuk sikat dan sabun pembersih. Produk ini tersedia di Bukalapak seharga Rp 170.000.

Martin & Claire Shoe Cleaner

Sumber gambar www.elevenia.co.id

Martin & Claire Shoe Premium Shoe Cleaner Starter Kit adalah pembersih sepatu yang terbuat dari bahan organik dan ramah lingkungan. Berkualitas premium sehingga aman untuk bahan suede, kulit, kanvas, vinyl, nilon, cotton mesh, dan lain-lain. Membersihkan noda tanpa merusak warna dan serat alami bahan.

Satu paket produk sudah termasuk sikat standar, dustbag, dan microfiber towel. Martin & Claire Shoe Premium Shoe Cleaner Starter Kit tersedia di Elevenia seharga Rp 350.000.

Boss Cleaner Shoe Perfume

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk noda membandel yang sulit dibersihkan, pilih saja Boss Cleaner Shoe Perfume. Produk ini aman untuk bahan kulit, suede, mesh, dan rajutan. Dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang tidak merusak tekstur dan serat alami bahan.

Pembersih ini sudah all in one karena juga bisa digunakan untuk membersihkan sol sepatu, lho. Jadi sepatumu akan bersih secara menyeluruh. Dapatkan produknya hanya di Tokopedia seharga Rp 120.000.

Andrrows Shoe Cleaner

Sumber gambar www.tokopedia.com

Masih bingung memilih pembersih sepatu? Coba Andrrows Shoe Cleaner Stater Kit. Menariknya, produk ini sudah tersedia lengkap untuk membersihkan sepatu. Satu paket sudah termasuk cairan pembersih, sikat premium, sikat standar, dan kain microfiber premium untuk membersihkan sepatu.

Paket hemat ini pas banget buat kamu. Disertai pula dengan boks untuk menyimpan peralatan setelah dipakai. Produk ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 400.000.

From our editorial team

Agar Awet dan Tahan Lama, Sepatu Harus Disimpan di Tempat yang Kering

Keawetan sepatu tidak hanya ditentukan oleh kualitas bahan saja, tetapi juga perawatannya. Percuma saja membeli sepatu dengan harga mahal kalau tidak disimpan dengan baik. Simpan sepatu di rak khusus yang kering dan terhindar dari sinar matahari. Hindarkan dari debu saat tidak dipakai agar warna sepatu tidak kusam. Untuk perawatan berkala, kamu bisa pakai produk rekomendasi dari BP-Guide di atas.

Tag