8 Rekomendasi Cairan Pembersih Karat yang Membuat Benda-benda Berbahan Logam Kembali Berkilau (2020)

8 Rekomendasi Cairan Pembersih Karat yang Membuat Benda-benda Berbahan Logam Kembali Berkilau (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Banyak benda di sekitar kita yang terbuat dari logam. Sayangnya, jika tidak dirawat dengan baik, benda-benda tersebut menjadi mudah berkarat. Anda bisa menghilangkan karat ini dengan produk cairan pembersih karat rekomendasi dari BP-Guide.

Proses Korosi Sering Muncul pada Benda-benda di Sekeliling Kita

Sumber gambar unsplash.com

Korosi atau pengkaratan merupakan degradasi atau kerusakan pada logam. Hal ini terjadi karena adanya reaksi redoks antara logam dengan zat-zat yang ada di sekitarnya sehingga membentuk senyawa yang tidak dinginkan.

Contoh proses korosi adalah pada lapisan besi. Selain itu, korosi juga menyebabkan warna perak memudar dan kemunculan warna hijau pada tembaga. Akibatnya, berbagai benda yang terbuat dari logam menjadi mudah rusak.

Faktor-Faktor Penyebab Karat

Faktor Eksternal

Sumber gambar unsplash.com

Faktor pertama dari pengkaratan adalah faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar dan lingkungan sekitar. Faktor eksternal tersebut meliputi kelembapan suhu udara dan air.

Kelembapan suhu udara menjadi faktor yang berpengaruh dalam proses perkaratan. Kondisi udara yang lembap dan mengandung banyak uap air dapat meyebabkan percepatan proses korosi. Salah satu lingkungan yang dapat mempercepat proses korosi adalah lingkungan di dekat laut.

Air yang menggenang juga menjadi musuh utama untuk benda-benda mengandung logam. Air laut mengandung garam sedangkan air biasa mengandung asam. Garam dan asam merupakan senyawa elektrolit yang merupakan sarana untuk mengikat oksigen di udara. Kandungan air hujan dan air garam merupakan sumber penyebab korosi.

Faktor Internal

Faktor selanjutnya adalah faktor internal yaitu dari bahan logam itu sendiri. Kriteria yang termasuk dalam faktor ini adalah seperti bentuk permukaan logam yang tidak rata.

Hal ini dapat menyebabkan korosi karena permukaan memudahkan terbentuknya kutub-kutub muatan anode dan katode. Sedangkan permukaan logam yang licin akan mempersulit pembentukan kutub-kutub tersebut.

Cara Mengatasi Karat

Agar benda berbahan logam awet dan tidak mudah berkarat, terdapat beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan:

  • Simpan dan Letakkan di Tempat yang Tepat
    Anda dapat menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner (AC) untuk mencegah karat pada benda-benda berbahan logam. Penggunaan AC dapat menurunkan kelembapan sehingga dapat proses oksidasi akan lebih lambat. Letakkan benda berbahan logam di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Hal ini karena panas dapat meningkatkan proses korosi. Untuk furnitur berbahan logam yang diletakkan di luar rumah, Anda dapat menggunakan sarung pelindung agar terhindar dari hujan atau perubahan cuaca. Sebaiknya gunakan penutup yang tidak terbuat dari plastik. Plastik dapat menahan kelembapan, panas, dan air yang dapat mempercepat kerusakan.
  • Lapisi dengan Pelapis Antikarat
    Agar benda berbahan logam tidak cepat berkarat, Anda dapat melapisinya. Beberapa bahan pelapis besi yang terjangkau untuk mencegah proses karat adalah cat dan pelumas. Anda juga dapat menggunakan pelapis antikarat yang dapat dibeli di toko perlengkapan bangunan.
  • Bersihkan karat
    Saat muncul karat, Anda dapat membersihkannya dengan sikat kawat. Pembersihan karat juga dapat menggunakan bahan-bahan seperti cuka atau baking soda.

8 Cairan Pembersih Karat Rekomendasi BP-Guide

Berikut ini adalah delapan cairan pembersih karat rekomendasi BP-Guide yang berguna untuk menghilangkan karat pada benda-benda berbahan logam di rumah Anda.

Noverox

Noverox dapat membersihkan dan mencegah karat pada logam. Kandungan produk ini ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan beracun seperti timbal, seng kromat, atau asam mineral.

Bahan-bahan yang terkandung pada cairan pembersih karat ini juga tidak mudah terbakar. Selain itu, sifat Noverox yang tidak agresif akan melindungi permukaan besi yang dicat. Pembersih karat dari Swiss ini melindungi logam secara permanen karena dapat menghentikan proses korosi.

Anda dapat menerapkan Noverox di berbagai permukaan seperti peralatan rumah tangga, industri, hingga otomotif. Untuk menggunakan Noverox, Anda cukup mengoleskannya pada bagian yang berkarat. Bahan Noverox akan mengubah karat menjadi senyawa hitam yang stabil. Dengan demikian, proses korosi telah dinetralkan.

Senyawa hitam tersebut berfungsi untuk menutup kelembapan dan udara yang dapat membentuk karat baru. Permukaan besi yang dilapisi Noverox akan terlindungi dari serangan korosi. Noverox terdiri dari berbagai ukuran mulai dari 100 ml, 750 ml, hingga 5 liter.

Harga Rp. 65.000-3.000.000

Shima

Semprotan pembersih karat Shima memiliki berbagai keunggulan antara lain dapat mengurangi kelembapan, melarutkan korosi, dan dapat menembus pada retakan karat.

Cara kerja Shima adalah membersihkan atomisasi, proses oksidasi, dan partikel halus yang ada di permukaan logam. Setelah menyemprotkan cairan ini, Anda dapat menghapus karat pada permukaan. Shima mengembalikan warna cerah permukaan logam dan juga mencegah adanya korosi kembali.

Saat menyemprotkan cairan ini, Anda tidak perlu menggunakan pelindung seperti sarung tangan atau masker. Shima memiliki bahan yang aman sehingga tidak mengandung racun dan tidak menimbulkan asap.

Cairan pembersih karat ini dapat digunakan pada berbagai permukaan seperti logam, vinil, besi tempa, magnesium, stainless steel, krom hingga plastik yang terdapat pada peralatan rumah tangga dan kendaraan. Bahan baku Shima juga aman dan tidak merusak cat.

Selain itu, Shima aman untuk benda-benda elektronik karena bersifat non-konduktif. Oleh karena itu, cairan ini tidak akan menimbulkan arus pendek. Meski demkian, cairan pembersih karat ini tidak disarankan untuk permukaan yang sangat mengkilap. Shima terdiri dari beberapa ukuran yaitu 150 ml dan 100 ml. Daya simpan cairan pembersih karat ini mencapai 3 tahun.

Harga Rp. 70.000-182.000

Waxco Anti Rust Spray

Waxco Anti Rust merupakan produk pembersih karat yang juga dapat menghilangkan bunyi berdecit dan melindungi permukaan besi. Produk ini memiliki formula khusus yang dapat menguraikan dan menghancurkan permukaan berkarat.

Waxco Anti Rust dapat digunakan di permukaan seperti roda, pintu gerbang, sekrup, dan mesin. Untuk menggunakan produk yang dibuat di Malaysia ini, Anda cukup menyemprotkan pada bagian yang perlu dibersihkan. Setelah itu, biarkan hingga kering.

Harga Rp. 35.000-168.000

Rust Combat

Cairan pembersih karat Rust Combat merupakan cairan pembersih yang ramah lingkungan karena memiliki pH 7 atau setara air biasa dan tidak mengandung bahan asam. Selain itu, Rust Combat juga aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit atau mata.

Rust Combat dapat digunakan berulang kali. Cairan pembersih ini efektif membersihkan hingga ke pori-pori besi. Cairan ini akan bekerja secara maksimal pada suhu di atas 16 drajat Celcius. Produk ini tidak merusak permukaan besi atau cat yang ada di besi. Meski demikian, produk tidak bekerja secara efektif apabila pH melebihi 7,2.

Rust Combat dapat digunakan untuk berbagai benda seperti obeng, radiator, baut, pompa, pipa bagian dalam, alat-alat masak, peralatan bengkel, atau benda-benda otomotif. Untuk menggunakannya, Anda cukup merendam benda-benda tersebut pada cairan Rust Combat.

Rendam benda dengan karat ringan selama kurang lebih 20 menit dan rendam benda selama 2-12 jam untuk benda dengan karat yang berat. Rust Combat tersedia dalam pilihan ukuran mulai dari 500ml, 1liter, 4 liter hingga 20 liter.

Harga Rp. 63.250-2.199.400

RJ London Rust Guard

Cairan pembersih karat RJ London Rust Guard adalah produk yang memiliki multifungsi. Selain membersihkan karat, produk ini juga berfungsi untuk melindungi logam dari proses korosi. RJ London Rust Guard juga dapat mengurasi suara berdecit.

Anda dapat menggunakan cairan ini di berbagai permukaan seperti rantai, pintu mobil, sekrup, baut, sambungan pintu, peralatan memancing, peralatan olahraga, lubang kunci, atau peralatan industri mesin.

Untuk menggunakan produk ini, Anda sebaiknya membersihkan bagian yang akan diberi pelumas dengan sikat kawat terlebih dahulu lalu gunakan thinner.

Kocok kaleng RJ London Rust Guard selama kurang lebih 20 detik, kemudian semprotkan pada bagian yang berkarat atau yang berdecit secara merata.

Diamkan benda beberapa saat sehingga cairan terserap. Produk ini berwarna kuning-cokelat dengan kepadatan 0,70-0,73g/ml. RJ London Rust Guard tersedia dalam kemasan 65 cc, 150 cc, dan 400 cc.

Harga Rp. 13.000-66.000

Action Klean Anti Rust

Action Klean Anti Rust merupakan cairan pembersih dan penghilang karat pada lapisan besi dan logam. Cairan pembersih ini memiliki daya simpan hingga 5 tahun.

Untuk menggunakannya, langkah pertama adalah membersihkan benda yang terkena karat terlebih dahulu dari kotoran dan debu. Kemudian, rendam beda yang berkarat tersebut dengan Action Klean Anti Rust hingga ke seluruh permukaan.

Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu, angkat benda yang direndam lalu keringkan. Apabila masih ada karat, Anda dapat mengulangi langkah-langkah tersebut. Produk ini tersedia dalam ukuran 250 ml.

Harga Rp. 30.000-188.000

RPS Pembersih Karat

RPS Pembersih Karat adalah cairan pembersih karat yang dapat membersihkan kerak mobil dan sepeda motor. Produk ini dapat membersihan karat pada benda seperti karburator, buring, tromol dan sebagainya.

Produk ini juga cocok digunakan untuk perawatan permukaan mesin dan eksterior mobil dan sepeda motor seperti membersihkan noda pada jok, membersihkan jamur pada bodi dan kaca mobil, membersihkan tromol dan velg, serta membersihkan blok mesin mobil dan sepeda motor.

Untuk menggunakannya, pastikan benda yang akan dibersihkan dalam kondisi tidak basah. Anda juga dapat menggunakan sikat yang dapat menjangkau sela-sela buring. Gunakan RPS Pembersih Karat untuk menyikat permukaan yang terdapat kerak atau noda hingga bersih.

Bilas permukaan dengan air sembari disikat. Produk ini sebaiknya tidak digunakan untuk mesin yang dipoles. RPS Pembersih Karat tersedia dengan ukuran mulai dari 50 ml, 60 ml, 70 ml, 120 ml, 500 ml, dan 1 liter.

Harga Rp. 14.500-269.000

HKGJ Pembersih Karat

HKGJ Pembersih Karat merupakan cairan yang dapat membersihkan karat, memberikan pemolesan, dan memberikan perlindungan pada logam yang berlapis krom. Selain itu, HKGJ Pembersih Karat juga berfungsi sebagai pelumas.

Produk ini dapat digunakan untuk pelumasan pada berbagai permukaan seperti di bagian jendela, pintu, dan mobil. Membersihkan karat dengan pembersih karat ini dapat menghemat waktu serta tenaga Anda. Produk ini mengandung bahan yang ramah lingkungan sehingga aman digunakan.

Untuk menggunakannya, pertama Anda sebaiknya membersihkan permukaan logam dari debu dengan lap. Kemudian, semprotkan HKGJ Pembersih Karat pada permukaan logam dan diamkan selama 1-3 menit. Setelah itu, bersihkan permukaan dengan lap atau kuas. Langkah terakhir, bilas permukaan dengan air.

Harga Rp. 23.940-107.900
From our editorial team

HIlangkan Noda Karat dengan Tepat

Kini Anda tidak perlu risau lagi jika muncul karat pada benda-benda di rumah. Bersihkan saja dengan produk-produk cairan pembersih karat dalam artikel ini. Namun ingat, bersihkan karat dengan benar sesuai petunjuknya agar benda-benda tersebut tidak sampai rusak.

Tag