10 Rekomendasi Cairan Pembersih Keramik yang Ampuh Menghilangkan Noda Membandel (2020)

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Keramik yang Ampuh Menghilangkan Noda Membandel (2020)

Penggunaan yang rutin membuat benda-benda berbahan keramik di rumah seperti lantai kamar mandi mengalami kondisi yang kotor dan tak jarang penuh noda. Untuk mengatasinya, gunakan pembersih keramik yang dapat membuat permukaan keramik menjadi bersih dan berkilau kembali.

Agar Tetap Bersih, Kamar Mandi Harus Selalu Dibersihkan

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang cenderung kotor di rumah. Di dalam kamar mandi, suhu seringkali cenderung lembap dan hangat. Hal ini yang menyebabkan munculnya jamur, virus, dan bakteri. Beberapa di antaranya adalah E. coli, hepatitis, influenza, salmonella, dan streptococcus. Bakteri dan virus ini dapat menyebabkan penyakit seperti tifus atau gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, kamar mandi harus dibersihkan secara rutin minimal dua hingga tiga kali dalam sepekan.

Tips Membersihkan Kamar Mandi

Dalam membersihkan kamar mandi, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Bersihkan kamar mandi menyeluruh secara teratur. Membersihkan kamar mandi juga dapat dilakukan sedikit demi sedikit setiap hari agar pembersihan secara menyeluruh lebih efisien.
  • Keluarkan benda-benda yang ada di kamar mandi. Benda-benda yang dimaksud adalah sabun, sikat gigi, sampo, dan peralatan mandi yang lain. Apabila perlu, buang benda-benda yang sudah tidak digunakan.
  • Bersihkan kamar mandi dimulai dari atas ke bawah. Mulai dari menghilangkan sarang laba-laba, membersihkan dinding, kemudian membersihkan lantai. Sikat dinding terlebih dahulu, kemudian lantai kamar mandi.
  • Gunakan pembersih keramik untuk membersihkan kamar mandi. Bubuhkan pembersih kerami pada lap atau spons secara merata.
  • Bersihkan kloset.Jika memiliki kloset duduk, bersihkan pula area-area seperti sandaran duduk. Jangan lupa untuk membersihkan sudut terdalam pada kloset.
  • Setelah selesai, masukkan kembali barang-barang yang tadi dikeluarkan ke kamar mandi.

10 Cairan Pembersih Keramik Rekomendasi BP-Guide

Glisbers

Glisbers merupakan cairan pembersih keramik yang dapat digunakan untuk permukaan keramik seperti wastafel, bathtub, hingga keramik pada dapur. Formula Glisbers dapat membersihkan kerak yang membandel, tetapi tidak merusak warna keramik dan sambungan keramik atau nat. Noda yang dapat dibersihkan oleh Glisbers antara lain noda yang berasal dari sabun, oksidasi udara, dan kerak air. Selain itu, tidak menimbulkan bau yang menyengat dan tidak menimbulkan perih atau gatal di tangan. Glisbers memiliki tiga ukuran yaitu 500ml, 1liter, dan 5liter.

Keringkan dulu permukaan yang akan dibersihkan. Tuang cairan pembersih Glisbers pada satu wadah. Gunakan kuas cat untuk mengoleskan permukaan yang ingin dibersikan dengan Gilsbers secara merata. Biarkan cairan pembersih bereaksi dan tunggu selama kurang lebih satu hingga dua menit. Oleskan kembali cairan pembersih Gilsbers dengan kuas. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Apabila belum bersih, ulangi langkah tersebut.

Untuk perawatan keramik, gunakan takaran 1:2. Sedangkan untuk membersihkan noda yang membandel, gunakan cairan Gilsbers tanpa campuran (murni).

Harga Rp. 25.000-350.000

Faaz

Faaz merupakan cairan pembersih keramik dan porselen. Cairan pembersih ini dapat digunakan di berbagai jenis keramik mulai dari keramik bertekstur, keramik putih, hingga keramik berwarna. Namun, produk ini juga dapat digunakan di beberapa permukaan besi, stainless steel, dan plastik. Sayangnya, Faaz tidak cocok apabila digunakan di permukaan berbahan marmer, terrazzo, granit, dan ubin.

Cairan pembersih ini memiliki beberapa keunggulan seperti tidak merusak sambungan keramik atau nat dan dapat menjaga warna keramik atau porselen. Faaz dapat mengikis kotoran seperti endapan kerak air yang menahun. Selain itu, penggunaan cairan pembersih Faaz dapat menghemat waktu serta tenaga karena hanya cukup dioleskan tanpa menyikat permukaan. Keunggulan lain dari Faaz adalah tidak mengandung bahan HCL dan tidak berbau menyengat.


Oleskan Faaz pada permukaan yang akan dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit pada kerak yang sudah menahun seperti pada pijakan di toilet jongkok. Setelah itu, oleskan kembali permukaan dengan cairan pembersih Faaz. Usap permukaan dengan lap atau spons basah, kemudian lanjutkan membilas permukaan dengan air. Pastikan agar pemukaan bersih dari kotoran yang larut.

Untuk penggunaan cairan pembersih ini, perhatikan dengan baik cara penggunaanya. Penggunaan Faaz untuk kerak yang tergolong ringan dapat dicampurkan air dengan perbandingan 1:3. Pada tingkat kerak sedang, campuran air dapat berkurang menjadi 1:2. Untuk kerak yang tergolong berat, gunakan perbandingan campuran air 1:1. Apabila kondisi kerak sangat berat, maka lebih baik gunakan cairan pembersih Faaz tanpa campuran air sama sekali. Faaz dikemas dalam botol HDPE. Terdapat beberapa pilihan ukuran yaitu isi 1liter, 500ml, dan 250ml.

Harga Rp. 25.000-290.000

Gurilap

Cairan pembersih keramik Gurilap memiliki beberapa keunggulan antara lain tidak merusak permukaan porselen, dapat membersihkan noda yang menahun, dan dapat digunakan untuk keramik serta permukaan berbahan logam. Gurilap memiliki bahan aktif yaitu hydrofluoric acid 9%, hydrochloric acid 0,1%, dan citric acid 0,1%.

Saat membersihkan dengan Gurilap, gunakanlah sarung tangan dan masker karena mengandung bahan-bahan keras. Apabila terkena kulit dan mata, segeralah bilas bagian yang terkena dengan air banyak. Cairan pembersih ini dapat disimpan hingga 35 bulan.

Tuang cairan pembersih keramik pada satu wadah. Oleskan cairan tersebut ke permukaan porselen, keramik, atau logam. Gunakan kuas untuk mengoleskannya.Diamkan permukaan tersebut selama maksimal 30 detik. Gosok permukaan, kemudian bilas hingga bersih.

Harga Rp. 73.500-298.000

Astonish

Astonish pembersih kamar mandi dapat digunakan di berbagai permukaan seperti keramik, stainless steel, dan akrilik. Cairan pembersih ini dapat menghilangkan kerak air dan bekas sabun. Tetapi, Astonish tidak dapat digunakan di permukaan yang sensitif seperti marmer dan permukaan yang kasar.

Astonish menggunakan bahan-bahan vegan, tidak diujikan pada hewan (cruelty free), dan mudah terurai. Selain itu, kemasan botol Astonish juga dapat didaur ulang. Cairan pembersih ini memiliki isi 750ml dengan wangi fresh breeze.

Semprotkan Astonish ke permukaan yang ingin dibersihkan. Diamkan kurang lebih dua menit. Gosok dengan sikat yang lembut, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Jangan biarkan cairan Astonish terlalu lama di permukaan. Gunakan beberapa kali bila perlu jika ingin membersihkan kerak yang membandel.

Harga Rp. 54.900-198.000

Attar

Attar pembersih keramik dapat membersihkan kerak yang telah menahun. Namun, pembersih keramik ini tidak cocok untuk keramik yang mempunyai permukaan kasar (doff).

Dalam penggunaan awal, sebaiknya oleskan di area kecil terlebih dahulu. Apabila permukaan keramik tidak rusak, maka penggunaan dapat dilanjutkan. Penggunaan pembersih keramik ini hanya perlu dioleskan menggunakan kuas tanpa harus digosok. Tetapi, jika kerak sangat tebal, oleskan produk ini kemudian tunggu beberapa saat. Setelah itu, gosok atau sikat permukaan menggunakan spons.

Attar pembersih keramik tidak mengandung HCL. Meski demikian, ketika akan menggunakan produk ini lebih baik tetap menggunakan sarung tangan lateks agar terhindar dari iritasi. Basuhlah kulit segera, apabila produk mengenai kulit.


Harga Rp. 13.500-294.000

Mr. Blinkz

Mr. Blinkz pembersih keramik merupakan pembersih lantai serbuk yang dapat membersihkan kerak air, minyak, kerak sabun, dan jamur. Produk ini dapat digunakan untuk membersihkan lantai dan dinding kamar mandi serta lantai dapur.

Mr. Blinkz tidak memiliki aroma, tidak menyebabkan kerusakan pada permukaan perabot, serta nat pada lantai. Selain itu, produk ini bebas racun, tanpa asam, HCL, HF dan bahan kimia berbahaya. Mr. Blinkz juga aman jika terkena kulit. Karena mengandung antibakteri, produk ini tidak dapat digunakan di WC atau toilet. Dengan kemasan zipper, Mr.Blinkz memiliki waktu simpan 5 tahun.

Campurkan Mr.Blinkz dan air dengan rasio 1:1. Jika lantai atau dinding sudah basah, taburkan Mr.Blinkz pada permukaan secukupnya.

Harga Rp. 39.500-198.000

Topron

Cairan pembersih Topron digunakan untuk menghilangkan noda pada kloset, ember plastik, gayung, lantai kamar mandi, dan kerak air yang menguning. Produk ini dapat digunakan untuk membersihkan noda yang membandel. Tetapi, cairan pembersih Topron lebih baik tidak digunakan di lantai berwarna gelap.

Dengan aroma yang segar dan tidak menyengat, Topron dapat disimpan selama 24 bulan. Selain itu, produk ini aman apabila terkena tangan karena tidak menyebabkan panas atau gatal. Untuk menggunakan Topron, cukup oleskan produk dengan kuas, diamkan selama 1-2 menit, kemudian sikat.

Harga Rp. 18.700-189.371

Napoclean

Pembersih keramik dan porselen Napoclean dapat digunakan untuk membersihkan dapur, lantai, dan toilet. Produk ini mengandung bahan antibakteri, crystal solution, asam, aqauadest, serta tidak mengandung HCL. Napoclean tidak merusak sambungan keramik.

Cara menggunakan Napoclean hanya dioleskan dengan kuas tanpa disikat. Oleskan dengan produk pembersih ini selama kurang lebih 10 detik. Kemudian, bilas dengan air sembari usap menggunakan spons. Ulangi pengolesan apabila masih ada noda.

Napoclean memiliki tiga varian. Napoclean Heavy Duty (Merah) dapat digunakan untuk membersihkan keramik berwarna putih atau keramik dengan warna-warna muda. Napoclean jenis ini memiliki kecepatan reaksi hingga 98%, daya bersih 98%, dan efisiensi mencapai 100%. Dalam penggunaan Napoclean Heavy Duty harus memperhatikan aturan pakai karena cairan pembersih ini berpotensi menimbulkan efek samping.

Napoclean Strong (Hijau) dapat membersihkan kerak air di keramik berwarna dan memiliki corak. Kecepatan reaksi cairan pembersih ini adalah 87%, sedangkan daya bersih 90% dan memiliki efisiensi hingga 100%.

Napoclean Limescale Remover (Biru) dapat membersihkan kerak kapur pada porselen dan keramik, salah satunya adalah membersihkan bekas semen. Penggunaan Napoclean Limescale Remover disarankan untuk rumah yang berada di pesisir pantai atau gunung kapur. Produk ini memiliki kecepatan reaksi 90% dengan daya bersih 90% dan efisiensi mencapai 95%.

Harga Rp. 8.000-262.000

Jet-X

Cairan pembersih Jet-X dapat digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan seperti lantai kamar mandi, wastafel, kloset, kaca, alumunium, porselen, dan stainless steel. Produk ini tidak dapat digunakan untuk bahan seperti granit, marmer, batu alam, atau stainless chrome yang palsu.

Jet-X tidak mengandung HCL dan tidak merusak keramik saat digunakan. Saat menggunakan produk ini, perlu diperhatikan agar tidak sampai terkena tangan. Oleh karena itu, selalu gunakan sarung tangan apabila akan menggunakan cairan pembersih ini. Apabila terkena mata, segera basuh mata dengan air mengalir.

Tuang produk pada satu wadah. Dapat pula dicampur dengan cairan pencuci piring. Basahi area yang akan dibersihkan. Oleskan Jet-X dengan kuas, kemudian bilas. Jika masih terdapat noda, lakukan pengulangan.

Harga Rp. 55.000-787.500

Ezclean

Ezclean dapat membersihkan kerak sabun, jamur, dan kerak air pada permukaan keramik dan porselen. Ezclean juga dapat membersihkan kerak menahun hingga 30 tahun. Produk ini ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan HCL. Formulanya melindungi motif, tidak merusak sambungan keramik, dan tidak memudarkan warna. Cairan pembersih ini tidak memiliki bau sehingga aman untuk pernapasan dan tidak membuat iritasi pada kulit. Ezclean dapat disimpan selama lima tahun. Produk ini memiliki kemasan 200ml dan 1liter.

Keringkan area permukaan yang akan dibersihkan. Kocok Ezclean terlebih dahulu dan teteskan pada alat gosok yang kering. Apabila ada kerak tebal, diamkan terlebih dahulu. Gunakan alat gosok kasar untuk membersihkan dinding keramik, lantai, closet, dan wastafel. Gunakan lap anti gores untuk membersihkan tutup kloset. Keringkan menggunakan lap berbahan katun.

Harga Rp. 25.000-81.500
From our editorial team

Gunakan Pelindung Saat Membersihkan Permukaan Keramik yang Bernoda

Cairan pembersih keramik mengandung bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya jika terhirup atau menempel di kulit. Oleh karena itu, pakai selalu masker dan sarung tangan saat menggunakan cairan ini agar tidak membahayakan kesehatan.

Tag