Bikin Kamar Mandi jadi Cantik dengan 8 Rekomendasi Keset Toilet yang Keren Ini (2020)

Bikin Kamar Mandi jadi Cantik dengan 8 Rekomendasi Keset Toilet yang Keren Ini (2020)

Lantai kamar mandi yang basah dan lembap seringkali menjadi licin. Hal ini tentunya bisa membahayakan keselamatan diri karena bisa menyebabkan terpeleset jika tidak hati-hati. Karena itu penting sekali untuk menambahkan keset khusus toilet. Tidak hanya untuk keamanan, namun keset toilet juga dapat memperindah ruangan, lho!

Keset Kaki juga Berfungsi Sebagai Elemen Dekorasi Rumah

Keset atau doormat menjadi salah satu perlengkapan untuk di rumah yang umum digunakan banyak orang. Keset biasanya ditaruh di depan pintu yang berfungsi untuk membersihkan telapak kaki dari kotoran yang menempel. Sehingga kotoran dari luar tidak ikut terbawa ke dalam rumah atau ruangan.

Dengan menambahkan keset di depan pintu, ruangan pun jadi lebih bersih dari kotoran dan partikel lainnya yang dapat mengotori lantai. Keset juga difungsikan untuk mengeringkan kaki dan mencegah terpeleset sehabis kaki basah dari kamar mandi.

Selain dua fungsi tersebut, ternyata keset juga memiliki fungsi dekoratif lho! Keset bisa menjadi elemen pelengkap ruangan jika memiliki motif, warna, dan desain yang cantik dan elegan. Keset juga terbuat dari beberapa jenis bahan yang umumnya menyerap air dan dapat menahan kotoran yang menempel di telapak kaki.

Keset pun dibedakan dalam beberapa jenis berdasarkan kegunaannya pada ruangan tertentu. Ada keset untuk kamar mandi, kamar tidur, dapur, dan teras. Kalau kamu juga ingin menambahkan keset pada beberapa ruangan di rumah, agar tidak salah membeli, simak dulu nih, perbedaan keset berdasarkan fungsinya pada ruangan.

Perbedaan Keset Berdasarkan Ruangannya

Kamar Tidur

Tidak semua jenis keset bisa ditaruh di ruangan mana saja sehingga kamu harus memperhatikan hal ini jika ingin membeli keset. Untuk keset kamar tidur pilihlah keset yang permukaannya terbuat dari bahan katun yang lembut atau bulu.

Keset dari kedua bahan ini cukup untuk membersihkan kaki yang tidak terlalu kotor saat masuk ke kamar tidur. Selain itu, keset dari kedua jenis bahan ini akan terlihat lebih cantik saat berada di balik pintu kamar tidur. Sebaiknya keset yang dipilih pada bagian bawahnya berbahan lateks agar tidak licin.

Teras Rumah

Keset teras berguna untuk membersihkan kaki yang kotor sebelum masuk rumah agar kotorannya tidak terbawa. Keset untuk teras didesain khusus agar bisa merontokkan kotoran yang menempel pada telapak kaki.

Keset yang cocok untuk teras adalah keset dengan desain anyaman yang terbuat dari besi atau plastik PVC. Selain bisa membersihkan telapak kaki dengan lebih baik, kedua jenis bahan ini lebih tahan dan tidak cepat kotor.

Agar keset teras yang ditaruh di depan pintu masuk terlihat lebih menarik, pilihlah keset yang warnanya senada dengan keramik teras. Sebuah pot tanaman berukuran kecil atau sedang pun bisa ditaruh di samping keset agar terlihat lebih cantik.

Dapur

Sumber gambar nighthawkbb.com

Ruangan dapur juga umum diberi keset yang digunakan untuk menjaga lantai dapur tetap kering dan tidak becek. Keset untuk dapur biasanya diletakkan di bawah wastafel untuk menyerap air yang menetes ke lantai.

Karena itu, keset yang cocok untuk ruangan dapur adalah keset yang terbuat dari bahan dengan daya serap yang baik. Keset dapur yang sudah lembap pun harus segera diganti agar lantai dapur tetap bersih.

Toilet

Toilet atau kamar mandi juga membutuhkan keset untuk menghindari kaki terpeleset saat keluar kamar mandi. Keset toilet diletakkan di depan pintu sehingga kaki yang basah saat keluar dari kamar mandi bisa segera dikeringkan.

Keset untuk toilet haruslah yang terbuat dari bahan yang mampu menyerap air dengan baik, seperti bahan handuk misalnya. Keset juga harus antislip karena lantai depan kamar mandi biasanya juga lebih licin akibat sering terkena air dan lembap.

Keset untuk toilet pun baiknya berukuran lebih besar dan tebal agar bisa mengeringkan kaki dengan maksimal. Agar awet, keset kamar mandi juga harus sering diganti dan dijemur.

Ingin Mempercantik Toilet? Ini 8 Rekomendasi Keset Toilet yang Bisa Kamu Gunakan

JYSK Nyttige Toilet Mat Assorted Keset Toilet

Keset berbahan karpet atau handuk memang ideal untuk dijadikan keset toilet karena bahannya yang dapat menyerap air. Namun, agar keset tidak menimbulkan bau tak sedap karena kondisinya yang selalu lembap, gantilah keset minimal 2 kali seminggu. Karena itu setidaknya kamu membutuhkan 2 keset agar pemakaiannya bisa diganti-ganti.

Keset toilet dengan daya serap tinggi yang bisa kamu pilih adalah JYSK Nyttige Toilet Mat Assorted Keset Toilet. Keset yang didesain khusus untuk kamar mandi ini terbuat dari bahan nilon yang antilicin dan mudah dibersihkan. Ukuran keset 45 x 45 cm dan desainnya pun cantik.

Harga Rp. 59.900-83.000

Keset Kamar Mandi Bahan Memory Foam

Keset Kamar Mandi Bahan Memory Foam merupakan keset bergaya Korea dengan ukuran 40 x 60 cm. Bahannya terbuat dari beludru karang yang lembut, cepat kering, dan sangat menyerap air sehingga cocok sekali diletakkan di depan pintu kamar mandi. Bagian bawah keset berbahan PVC dan lateks nonslip yang mudah dibersihkan.

Keset dari memori foam ini saat diinjak akan mencetak bentuk kaki dan kemudian akan kembali ke bentuk aslinya secara perlahan. Gerakan pegasnya yang lambat inilah yang membedakan memory foam dengan busa biasa.

Memory foam juga umum ditemukan sebagai bahan pembuat kasur dan bantal karena jenis bahan ini juga dapat membuat kualitas tidur jadi lebih baik.

Harga Rp. 53.610-83.000

Miniso Official Keset Kamar Mandi Dapur We Bare Bears Cartoon Mat

Belakangan ini produk-produk Miniso sangat digemari karena memiliki desain yang unik dan lucu. Miniso merupakan perusahaan ritel yang dikelola oleh PT. Miniso Lifestyle Trading Indonesia yang memiliki logo bertuliskan huruf kanji Jepang nuansa merah putih.

Perusahaan ini buka pertama kali pada tahun 2016 dengan menjual berbagai barang kebutuhan rumah tangga, aksesori fashion, hingga produk elektronik.

Miniso pun juga memiliki produk keset, yakni Miniso Official Keset Kamar Mandi Dapur We Bare Bears Cartoon Mat. Keset dari Miniso ini terbuat dari bahan PVC, resin polietilen, dan pelembut yang ramah lingkungan dan bebas bau. Bahan kesetnya juga memiliki keunggulan, yakni tahan terhadap abrasi dan tidak cepat terbakar oleh api. Keset toilet bergambar kartun ini juga antislip dan mudah untuk dibersihkan.

Harga Rp. 49.900-60.900

TOFTBO Keset Pedestal

Toilet atau kamar mandi umumnya memiliki lantai yang licin dan karena sering basah dan lembap, termasuk lantai depan pintu masuk kamar mandi. Tak heran pula mengapa banyak kejadian terpeleset di kamar mandi dan malah bisa berakibat fatal.

Untuk mencegah hal ini terjadi kamu bisa menempatkan keset antislip berbahan karet pada lantai kamar mandi. Dengan begitu kecelakaan akibat licin bisa dihindari. Sementara untuk lantai depan pintu kamar mandi kamu bisa pilih TOFTBO Keset Pedestal.

Keset ini memiliki bahan yang lembut karena terbuat dari serat mikro. Bahannya juga memiliki daya serap yang baik dan cepat kering. Ukuran keset 55 x 60 cm dan desainnya pun unik dan tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Harga Rp. 99.900-152.000

Keset Cushion Mat Ukuran 040 x 060 cm Motif Kaki Keset Kamar Mandi Dapur Karet

Keset hadir dalam banyak pilihan baik dari segi desain, bahan, hingga ukurannya. Ada yang keset yang terbuat dari bahan microfiber, serat bambu, karet, PVC, dan yang lainnya. Namun tidak semua bahan keset pula bisa digunakan untuk semua ruangan.

Contohnya saja keset toilet atau keset untuk kamar mandi, keset yang cocok untuk ruangan dengan lantai basah ini adalah keset dari bahan karet yang antislip. Atau keset dengan permukaan yang mampu menyerap air dengan baik namun berbahan antislip pada bagian alasnya. Dalam memilih keset untuk kamar mandi pun sebaiknya ukurannya disesuaikan dengan luas kamar mandi.

Salah satu produk keset yang bisa dipilih untuk penggunaan di kamar mandi adalah Keset Cushion Mat Ukuran 040 x 060 cm Motif Kaki Keset Kamar Mandi Dapur Karet. Keset ini materialnya empuk dengan tebal 1 cm dan pada bagian alas keset sudah didesain antislip.

Harga Rp. 22.700-31.500

Vintage Story - Shabby Keset Kaki Kamar Mandi Antislip

Beberapa keset ada yang bagian alasnya tidak terbuat dari bahan antislip. Namun, sangat penting sekali memilih keset dengan alas antislip jika kamar mandi juga digunakan oleh orang tua. Ada baiknya juga untuk memilih keset kamar mandi yang warnanya cerah, mudah dibersihkan, serta dicuci mengingat keset untuk kamar mandi harus sering diganti agar kebersihannya terjaga.

Salah satu keset dengan desain yang cantik adalah Vintage Story - Shabby Keset Kaki Kamar Mandi Antislip. Keset bergaya Korea ini juga dapat digunakan sebagai alas sofa dan untuk ruangan lainnya. Keset berukuran 40 x 60 cm ini dibuat secara homemade dengan model jahitan quilting.

Keset motif printing semi patchwork ini terbuat dari bahan campuran poliester dan katun dengan ketebalan kapas 0,4 cm. Warna pada keset ini juga tahan lama karena tidak mudah pudar.

Harga Rp. 42.000-113.400

Ataru 60 x 40 Cm Keset Kamar Mandi PVC Stripe

Menghindari terjadinya kecelakaan seperti terjatuh dan terpeleset di kamar mandi bisa dilakukan dengan menaruh keset atau karpet khusus kamar mandi. Walau demikian banyak juga orang yang tidak memberikan keset pada kamar mandi karena dipastikan keset akan menjadi lembap, berbau, dan menjadi sarang bakteri.

Namun, saat ini keset kamar mandi sudah didesain khusus sehingga tidak akan menimbulkan bau walau sudah basah dan lembap.

Produk keset berbahan PVC yang bagus untuk lantai depan pintu masuk kamar mandi adalah Ataru 60 x 40 Cm Keset Kamar Mandi PVC Stripe. Keset dengan desain minimalis ini sekaligus memberikan kesan indah pada ruangan. Bahan keset nyaman dipijak dan juga dapat menahan kotoran yang menempel pada kaki.

Harga Rp. 69.900

Courts HR-10 Keset Kamar Mandi

Selain mencegah tergelincir, banyak sekali manfaat keset yang bisa didapat jika menaruhnya pada lantai kamar mandi. Seperti membuat ruangan kamar mandi terlihat lebih indah dan hangat serta membuat telapak kaki lebih nyaman ketimbang menginjak keramik atau ubin yang keras dan dingin.

Satu lagi pilihan keset toilet yang bisa kamu gunakan untuk kamar mandi adalah Courts HR-10 Keset Kamar Mandi. Keset dengan desain praktis ini terbuat dari bahan PVC yang cocok ditaruh pada depan pintu kamar mandiri maupun ruangan lainnya. Ukuran keset 38 x 65 cm dan bahannya pun dapat menyerap air dengan baik.

Harga Rp. 34.500-42.900
From our editorial team

Hindari Lantai Licin dengan Menambahkan Keset pada Kamar Mandi

Lantai kamar mandi seringkali menjadi licin karena lumut jika jarang disikat. Karena itu rutinlah menyikat kamar mandi agar tidak terjadi kecelakaan akibat lantai yang lincin. Jangan lupa pula untuk menambahkan keset pada lantai kamar mandi dan juga pada pintu masuk kamar mandi untuk menghindari risiko tergelincir.