10 Rekomendasi Sampo Mobil Terbaik untuk Bikin Mobil Awet Kinclong (2021)

10 Rekomendasi Sampo Mobil Terbaik untuk Bikin Mobil Awet Kinclong (2021)

Mobil yang kerap kita gunakan wajib rutin dicuci. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Agar bodi mobil tidak berkerak dan dipenuhi bercak-bercak air, tentu kita wajib rutin mencucinya minimal seminggu sekali. Mencuci mobil dengan air saja tidak cukup. Kita butuh sampo khusus untuk mencuci mobil. Pilih sampo yang tepat untuk mobil kamu. Nah, cek rekomendasinya dari kami, ya!

Di Era New Normal Ini, Mobil jadi Transportasi Paling Nyaman

Mobil merupakan alat transportasi yang memudahkan kita dalam banyak hal. Kita bisa bepergian dalam jarak jauh maupun dekat dengan nyaman. Naik mobil tak perlu membuat kita khawatir kepanasan atau kehujanan. Saat macet pun, kita bisa tetap nyaman duduk dengan santai sambil ngemil atau mendengarkan musik.

Pandemi Corona-19 yang terjadi sejak tahun lalu memang mengubah sebagian besar kebiasaan kita. Mulai dari kebiasaan berinteraksi, bekerja, belajar, hingga berkendara. Jika dulu transportasi umum banyak jadi primadona maka semenjak pandemi, kendaraan pribadi lebih banyak diminati.

Baik sepeda motor atau mobil pribadi lebih aman dan nyaman untuk dipakai bepergian karena risiko tertular virus juga jadi lebih kecil. Kita tak perlu berdesakan dengan orang di luaran sana dan bisa terhindar dari kontak dengan banyak orang dibanding dengan jika kita naik kendaraan umum.

Kita juga harus menjaga kebersihan mobil dengan lebih teliti. Pastikan mobil dalam kedaan bersih dan sudah disemprot disinfektan sebelum bepergian. Membersihkan mobil secara rutin juga perlu dilakukan agar kita bisa menggunakannya dengan nyaman.

Tips Menjaga Tampilan Mobil agar Tetap Kinclong

Usahakan Tidak Terlalu Lama Terparkir di Bawah Sinar Matahari

Agar tampilan mobil tetap keren dan kinclong, kamu wajib memperhatikan tempat parkir mobilmu. Usahakan mobil tidak terparkir terlalu lama di bawah terik sinar matahari langsung. Sinar UV bisa cepat bikin warna mobil kusam. Jika ingin parkir dalam waktu lama, usahakan mencari parkiran yang teduh. Atau kamu bisa juga membawa sarung mobil atau penutup mobil sendiri. Dengan begini, mobil bisa lebih terlindung dari debu, hujan, maupun sinar UV.

Rutin Mencuci Mobil

Jangan lupa juga untuk rutin mencuci mobil. Sebab, mobil tentu sudah melewati berbagai cuaca, dari panas, berangin yang membuat banyak debu menempel, hingga hujan dan becek yang bikin tampilan bodi mobil terlihat kotor dan lusuh. Rutin mencuci mobil tidak hanya bisa membersihkannya dari kotoran namun juga bisa membuatnya tampak senantiasa baru.

Mobil yang jarang dicuci akan membuat noda pada mobil jadi makin susah dibersihkan. Apalagi jika warna mobilnya cerah seperti putih, pastinya setitik saja noda sudah terlihat dan bisa membuat tampilan mobil kurang oke.

Saat mencuci mobil, lakukan di tempat terbuka dengan atap tertutup jika mungkin. Hindari mencuci mobil di bawah terik matahari. Hal ini agar air dan sabun tidak mudah kering dan malah menimbulkan bercak di kaca maupun bodi mobil.

Kamu tidak perlu mencuci mobil setiap hari. Kamu bisa mencucinya minimal seminggu sekali kala musim kemarau. Namun jika musim hujan, usahakan kamu segera mencuci atau mengeringkan mobil usai terkena hujan. Ini supaya air hujan tidak memudarkan cat mobil dan membuatnya kusam. Air hujan mengandung asam tinggi yang bisa bikin mobil jadi terkesan buram dan kusam.

Gunakan Sampo Khusus Mobil

Untuk mencuci mobil, kamu bisa memakai sabun atau cairan khusus pembersih mobil. Pemakaian sabun khusus ini supaya mobil lebih bersih maksimal dan bebas noda baik debu, kotoran, kerak, hingga jamur. Selain itu, sabun khusus mobil hadir dengan kadar yang sudah disesuaikan agar cat mobil tetap awet dan terjaga warnanya.

Hindari mencuci mobil dengan detergen apalagi sabun colek. Ini hanya akan bisa membuat cat bodi mobil makin tipis dan kasar. Ini juga bisa bikin warna mobil tidak merata dan tidak terlihat bersih.

Utamakan mencari produk sampo mobil yang bisa menghemat penggunaan air. Gunakan juga produk yang ramah lingkungan sehingga aman digunakan. Jangan lupa memilih yang busanya lembut sehingga tidak membahayakan cat mobil.

Keringkan Mobil dengan Benar

Kamu juga perlu mengeringkan mobil dengan benar usai mencucinya. Ini agar cat mobil tetap terkesan mengkilap. Jangan biarkan air terlalu lama menempel pada mobil agar tidak membekas pada bodi mobil.

Saat mengelapnya, jangan memakai lap sembarangan. Pilih lap dari kulit agar air bisa lebih cepat terserap. Bahan ini juga bisa membuat mobil terhindar dari goresan. Hindari lap dari bahan katun karena bisa menyimpan partikel kecil yang membahayakan cat mobil,

Pakai Wax jika Perlu

Jika usia mobil sudah lama, maka perawatan ekstra perlu dilakukan agar mobil senantiasa tampak kinclong. Kamu bisa memakai wax, obat poles, hingga busa untuk membersihkan mobil. Gunakan teknik waxing untuk membuat mobil makin mengkilap. Cara ini berguna agar tampilan mobil tampak seperti baru.

Buat Tampilan Mobil Makin Menawan dengan Rekomendasi Sampo Mobil Berikut

Gyeon Bathe

Gyeon Bathe adalah salah satu jenis sampo mobil terbaik untuk kamu. Produk yang satu ini memang dibanderol dengan harga agak mahal. Kendati demikian, harganya sebanding dengan kualitasnya. Sampo mobil ini ampuh membersihkan noda pada bodi mobil. Busa yang dihasilkan pun banyak. Jenis busanya lembut sehingga bikin kita semangat saat membersihkan mobil.

Sampo mobil ini bersifat multifungsi juga. Ini karena kamu bisa memakainya tidak hanya pada bodi mobil namun juga bisa dipakai untuk ban hingga velg mobil. Produk ini memiliki pH yang bersahabat sehingga cocok untuk semua jenis kendaraan. Tampilan mobil pun jadi kinclong layaknya mobil baru.

Harga Rp. 391.000-562.000

Kit Wash and Glow

Kit Wash and Glow tentu tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan selanjutnya. Sampo mobil yang satu ini cocok untuk merawat permukaan mobil dari aneka kerak, kotoran, minyak, dan noda. Caranya mudah dan tentunya kotoran dan noda membandel bisa hilang dengan mudah. Produk dilengkapi bahan pelincir sehingga partikel kotoran tidak akan menggores cat mobil. Hasilnya, bodi mobil lebih bersih dan warna cat tetap mengkilap tanpa kusam.

Hadir dengan formula premium polymer, produk ini juga dilengkapi pH netral sehingga bisa melindungi semua warna cat mobil. Kamu cukup encerkan sampo dengan air lalu mengusapnya pada bodi mobil. Produk ini juga aman untuk coating mobil.

Harga Rp. 6.600-25.000

Turtle Wax Ice Car Wash

Turtle Wax Ice Car Wash adalah rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Sampo mobil yang satu ini hadir dengan busa yang melimpah. Ini membuatnya memiliki kemampuan membersihkan yang superior. Selain itu, ada juga ekstrak minyak kelapa di dalam sabunnya. Fungsi minyak kelapa adalah untuk menjaga kilap cat mobil agar senantiasa bersinar.

Sampo ini juga sudah lengkap dengan kondisioner yang membuat wax mobil tetap terjaga dan tidak terkelupas. Adanya fitur Smart Shield Technology bisa meningkatkan setiap polesan untuk membuat mobil makin terkesan baru. Gunakan spons berkualitas tinggi untuk mengaplikasikan sampo agar lebih maksimal hasilnya.

Harga Rp. 145.000-180.000

Citrus Wash & Gloss

Kamu bisa juga melirik Citrus Wash & Gloss. Sampo mobil yang satu ini bisa membersihkan kotoran, minyak, debu, dan kerak membandel dari mobil. Produk yang satu ini hadir dengan zat aktif yang dapat membersihkan bodi mobil dengan lebih baik. Mobil jadi terkesan berkilap seperti baru. Busanya melimpah dan lembut sehingga bisa lebih maksimal dalam mengangkat kotoran tanpa menggores cat mobil.

Sampo mobil ini memiliki bahan jeruk nipis di dalamnya. Ini membuat mobil lebih bersih dan bebas bau. Selain itu, ada biodegradable formula yang membuat permukaan cat mobil makin berkilau alami. Kesannya mobil seperti baru di-wax.

Harga Rp. 330.000-665.000

WAXCO Wash and Wax Car Shampoo

WAXCO Wash and Wax Car Shampoo merupakan produk terbaik selanjutnya untuk kamu gunakan. Sampo mobil ini hadir dengan zat simpel yang ampuh tangani kerak dan noda pada bodi mobil. Formulanya bekerja afktif dan efektif mengangkat kotoran dengan lembut. Dengan busa melimpah, kamu jadi lebih semangat membersihkan mobil.

Sampo ini cocok untuk semua jenis mobil. Kamu bisa memakainya juga untuk kaca mobil, velg, dan ban mobil. Produk ini tidak akan membuat cat mobil terkelupas.

Harga Rp. 84.000-123.000

3M Car Wash Soap Gold Series

3M Car Wash Soap Gold Series adalah sampo mobil dengan banyak keunggulan. Kamu bisa mengandalkannya untuk berbagai kesempatan mencuci mobil. Produk ini bisa mengangkat kotoran dan tidak akan menimbulkan bekas bercak atau noda. Sampo ini juga efektif untuk mencegah timbulnya jamur. Di dalamnya ada kandungan pH netral dan nonkorosif sehingga bisa mencegah mobil agar tidak berkarat dan kusam.

Sampo ini berbahan dasar air. Ada anti static agent dan water repellent sehingga debu tidak mudah menempel. Dengan high gloss formula, produk ini tidak akan menghilangkan lapisan wax pada mobil. Hasilnya, mobil tampak lebih berkilau dan seperti baru usai dicuci.

Harga Rp. 37.000-94.000

Meguiar's NXT G12664

Meguiar's NXT G12664 sayang jika kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini berbahan dasar polimer sintetis. Bahan tersebut bisa melarutkan kotoran tanpa menghilangkan wax. Sampo mobil ini juga bisa menghilangkan noda kerak yang sulit dibersihkan. Produk akan menetralkan pH air yang digunakan untuk mencuci mobil sehingga aman untuk wax mobil. Sampo ini akan membersihkan kotoran kasar maupun debu halus. Busa sampo ini melimpah sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak produk untuk mencuci mobil. Produk ini aman digunakan karena ramah lingkungan.

Harga Rp. 234.000-337.000

AMWAY Car Wash

AMWAY Car Wash merupakan sampo mobil yang hadir dalam kemasan 1 liter. Produk yang satu ini bisa bikin mobil tampak lebih mengkilap. Sampo mobil ini hadir dengan busa melimpah. Produk ini juga mudah digunakan. Cukup larutkan pada air lalu usap memakai spon pada mobil. Bahannya mirip silikon cair sehingga cukup sekali pemakaian akan bisa tampak hasilnya. Sampo mobil ini tidak meninggalkan bau di mobil sehingga lebih mudah dibilas.

Harga Rp. 84.000-188.000

Sonax Car Gloss Shampoo Concentrate

Sonax Car Gloss Shampoo ini tentu bisa jadi pilihan utama kamu. Produk yang satu ini hadir dengan daya pembersih yang kuat. Ini membuat aneka kotoran dan minyak pada bodi mobil bisa terangkat sempurna. Selain itu, busanya melimpah dan lembut sehingga tidak akan menggores mobil. Produk ini bisa membersihkan aneka permukaan cat, logam, kaca, karet, plastik, porselin, dan ubin. Formula khususnya bisa membersihkan bagian interior mobil juga. Produk ini tidak akan meninggalkan bekas ketika mobil sudah kering. Ini karena produknya bebas phospat. Aroma produk juga tidak bikin pusing sehingga aman dan nyaman digunakan.

Harga Rp. 100.000-185.800

Carrera Shampo Mobil

Carrera Shampo Mobil juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dengan formula khusus yang sudah teruji efektif. Produk ini ampuh menghilangkan debu, kotoran, serta minyak. Sampo ini bebas phospat sehingga sabun bisa larut dalam air dengan baik. Busa yang dihasilkan cukup melimpah dan lembut sehingga aman digunakan untuk mengangkat kotoran tanpa menggores cat mobil. Hasilnya mobil lebih bersih, kinclong, dan harum.

Harga Rp. 7.300-10.000
From our editorial team

Singkirkan Seluruh Debu Sebelum Mencuci Mobil

Mencuci mobil ada aturannya. Kamu tidak bisa asal langsung mengguyur mobil dengan air. Awali mencuci mobil dengan membersihkan debu yang ada pada mobil. Kamu bisa memakai kemoceng untuk membersihkannya secara merata. Hindari membersihkan debu memakai lap atau kain lain karena bisa saja debu atau lapnya menggores cat mobil, apalagi jika kondisi debu mobil sudah sangat parah. Setelah debu tersingkir, barulah kamu bisa mulai mengguyur mobil dengan air dan mencucinya dengan sampo.