Rawat Kebersihan dan Kesegaran Mobil dengan 10 Rekomendasi Cairan Pembersih AC Mobil (2020)

Rawat Kebersihan dan Kesegaran Mobil dengan 10 Rekomendasi Cairan Pembersih AC Mobil (2020)

Kehadiran AC dalam mobil membuat perjalanan terasa lebih nyaman tanpa takut gerah. Agar performa AC mobil tetap terjaga, kebersihannya pun perlu diperhatikan. Salah satu cara menjaga kebersihan AC mobil adalah dengan membersihkannya secara rutin menggunakan cairan pembersih. Berikut 10 cairan pembersih AC mobil rekomendasi BP-Guide yang bisa kamu gunakan.

AC Mobil Perlu Dibersihkan Seiring Penggunaannya

Jika berbicara mengenai kebersihan mobil, mencuci mobil adalah salah satu bentuk perawatan yang paling sering dilakukan. Tak hanya eksterior mobil, interior mobil padahal juga perlu untuk dibersihkan secara rutin. Salah satu bagian yang perlu dibersihkan berkala adalah AC mobil.

AC mobil berperan dalam mengatur sirkulasi udara dalam mobil. Kondisi AC mobil yang kotor tentu membuat udara dalam mobil tidak lagi sejuk, bahkan memunculkan bau tak sedap. Untuk mengatasinya, kisi-kisi evaporator AC perlu dibersihkan. Dengan demikian, suhu kabin mobil tetap stabil dan mobil tetap nyaman untuk bepergian.

Cara Membersihkan AC Mobil

Bongkar Evaporator AC

Tak perlu ke bengkel, kamu juga bisa membersihkan AC mobil sendiri di rumah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membongkar evaporator atau filter AC. Dalam membongkar evaporator, sebaiknya parkirkan mobil di tempat yang tidak berdebu agar sirkulasi udara tetap baik. Selain itu, pastikan bahwa mesin mobil dalam kondisi mati.

Untuk membongkar evaporator, pertama buka glove box untuk menemukan box filter AC. Kemudian, ambil filter AC dalam kotak tersebut. Kamu perlu menemukan letak saluran masuk udara blower untuk membersihkannya.

Pakai Cairan Pembersih Khusus

Membersihkan AC mobil tak bisa sembarangan, apalagi dalam memilih cairan pembersihnya. Sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus yang memang diformulasikan untuk membersihkan AC mobil. Cairan ini sebenarnya mudah ditemukan di pasaran, terutama di bengkel AC. Kamu bisa memilih pembersih berbentuk spray dengan kandungan foam yang mudah menyebar ke permukaan evaporator.

Kuras Kotoran dari Evaporator AC

Setelah mengaplikasikan cairan pembersih, langkah selanjutnya dalam membersihkan AC mobil adalah menguras kotoran dari evaporator. Bersihkan evaporator menggunakan air agar kotoran terangkat. Kemudian keringkan menggunakan kain kering bertekstur lembut.

Kamu juga perlu membersihkan bagian di sekitar evaporator, terutama ventilator. Pastikan selang ventilasi tidak tersumbat, sehingga pembuangan sisa kotoran dapat berjalan dengan lancar. Gunakan lidi untuk memastikan selang ventilasi tidak tersumbat.

Nyalakan AC Mobil

Langkah terakhir dalam membersihkan AC mobil adalah menyalakannya. Sebelum menyalakan AC, hidupkan mesin mobil terlebih dahulu. Putar suhu AC pada mode paling tinggi untuk merasakan putaran blower.

Apabila embusan blower belum maksimal, kamu perlu memeriksa kembali bagian filternya. Jika putaran blower sudah normal, tetap nyalakan AC mobil selama 5 menit. Dengan demikian embun dapat keluar dari permukaan evaporator.

Hindari Kebiasaan Buruk saat Menggunakan AC Mobil agar Tetap Awet

Sering Merokok di Dalam Mobil

Ingin AC mobil tetap awet? Ada beberapa kebiasaan buruk yang perlu kamu hindari agar AC mobil tetap dalam kondisi yang stabil. Pertama, jangan merokok di dalam mobil.

Perlu diketahui bahwa asap dan debu dari rokok bisa masuk ke dalam filter. Hal ini membuat filter mudah kotor, sehingga pendinginan kabin kurang maksimal. Tak hanya itu, filter AC mobil menjadi berbau tak sedap. Tentu kondisi ini membuatmu tidak nyaman di dalam mobil.

Mematikan Mesin Mobil Tanpa Mematikan AC

Kebiasaan buruk berikutnya yang dapat merusak AC adalah mematikan mesin mobil tanpa mematikan AC mobil. Mematikan mesin mobil tanpa mematikan AC akan membuat AC otomatis bekerja ketika mesin menyala. Hal ini membuat aki mobil bekerja ekstra saat mobil pertama dinyalakan.

Kinerja aki yang tidak bisa maksimum membuat arus listrik pada AC menjadi kurang stabil. Ketidakstabilan ini yang memberikan pengaruh buruk bagi kelistrikan AC. Sebaiknya matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil.

Memilih Pewangi Mobil yang Keliru

Pemilihan pewangi mobil rupanya juga berpengaruh pada keawetan AC. Dalam memilih pewangi mobil, sebaiknya hindari pewangi berbentuk gel, sebab gel dapat menguap menjadi gas dan kembali menjadi gel jika terkena dingin. Hal ini akan menghambat filter dan evaporator dalam AC. Dibandingkan pewangi gel, pewangi cair lebih direkomendasikan karena tidak berpotensi menghambat filter.

Membuka Jendela saat AC Menyala

Pernahkah kamu membuka jendela padahal AC sedang menyala? Jika ya, sebaiknya kamu tidak lagi melakukannya. Kebiasaan ini akan membuat kinerja kompresor menjadi lebih berat dalam menciptakan suhu ideal dalam kabin.

Hal ini akan membuat suhu dingin dalam kabin tidak tercapai dalam waktu lama. Sehingga, pendingin akan bekerja ekstra untuk mencapai suhu dingin yang ideal. Kinerja berat secara terus menerus demi mencapai suhu ideal akan membuat AC mobil cepat rusak.

Rekomendasi Cairan Pembersih AC Mobil

Zerone AC Refresher

Rekomendasi cairan pembersih AC mobil yang pertama adalah Zerone AC Refresher. Produk ini merupakan pembersih AC yang diaplikasikan dengan cara spray. Pembersih AC keluaran Zerone ini berguna untuk membersihkan kisi-kisi evaporator atau ventilasi udara AC mobil.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu disemprotkan pada blower yang sedang menyala 3-4 kali secara bertahap. Produk ini juga bisa disemprotkan pada kisi-kisi AC setelah blower dan kontak pada posisi mati. Selain membuat udara AC beraroma segar, pembersih AC mobil ini juga mampu membersihkan debu, jamur, dan bakteri.

Harga Rp. 142.977-199.000

AC Cleaner GST52 Pembersih AC

AC Cleaner GST52 Pembersih AC adalah produk berikutnya yang direkomendasikan untuk membersihkan AC mobil. Produk ini berbentuk aerosol, sehingga mudah menyebar dan membersihkan secara efektif. Selain membersihkan, pembersih ini juga mampu menghilangkan bau apek AC mobil.

Tak hanya AC mobil, produk ini juga dapat digunakan sebagai pembersih AC split rumah. Satu kaleng AC Cleaner GST52 Pembersih AC hanya bisa digunakan sekali pakai untuk satu AC mobil atau AC split saja.

Harga Rp. 28.000-32.999

Geneo AC Refreshner

Apakah AC mobilmu mulai beraroma apek? Itu merupakan suatu pertanda bahwa AC mobilmu perlu segera dibersihkan. Tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan Geneo AC Refreshner untuk membersihkannya.

Geneo AC Refreshner merupakan pembersih AC yang diaplikasikan dengan spray. Produk ini digunakan untuk membersihkan ventilasi udara atau kisi-kisi evaporator unit AC. Tak hanya menghilangkan debu, kuman, jamur, dan bakteri, produk ini juga memberikan wangi citrus yang segar.

Harga Rp. 120.000-144.462

Cairan Pembersih Evaporator Pengharum AC Mobil Rumah AC Cleaner Spray Foam

Rekomendasi produk berikutnya adalah Cairan Pembersih Evaporator Pengharum AC Mobil Rumah AC Cleaner Spray Foam. Produk ini adalah pembersih ventilasi udara AC yang efektif menghilangkan debu. Tak hanya itu, pembersih ini juga mampu menghilangkan kuman, jamur, dan bakteri pada unit AC. Pembersih ini hadir dengan aroma citrus, sehingga memberikan wangi yang menyegarkan.

Harga Rp. 22.500-28.500

AC Flush Eterm Cairan Pembersih Evap AC Rumah Mobil Frezzer

AC Flush Eterm Cairan Pembersih Evap AC Rumah Mobil Frezzer adalah produk berikutnya yang direkomendasikan. Cairan pembersih ini mampu membersihkan fin dan coil pada evaporator serta kondensor AC dengan efektif. Produk ini tidak mengandung asam, sehingga tidak merusak pori-pori evaporator. Pembersih ini dapat dipakai secara langsung tanpa dicampur dengan air.

Harga Rp. 24.000-47.000

Pembersih AC Mobil Rumah Spray Cleaner Refresher Cairan Aroma Lemon Lebih Dingin

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah Pembersih AC Mobil Rumah Spray Cleaner Refresher Cairan Aroma Lemon Lebih Dingin. Cairan pembersih ini bisa digunakan untuk menghilangkan debu, kuman, jamur, dan bakteri pada unit AC mobil maupun rumah. Produk ini hadir dengan aroma lemon yang segar, sehingga membuat mobil dan rumah terasa lebih nyaman.

Harga Rp. 27.500-39.000

ZONE Spray 400mL Pendingin Pembersih AC Mobil

Tak sekadar bersih, tentu semua orang juga ingin AC mobilnya terbebas dari kuman, jamur, dan bakteri. ZONE Spray 400mL Pendingin Pembersih AC Mobil adalah salah satu produk yang patut dipilih karena dilengkapi dengan anti bacterial foam. Dengan demikian, pembersih ini mampu mengatasi kotoran yang disebabkan udara kotor dari luar maupun asap rokok yang menimbulkan bau tidak sedap.

Sebelum menggunakan produk ini sebaiknya kocok terlebih dahulu, kemudian semprotkan pada ventilasi AC. Satu botol produk ini hanya bisa digunakan sekali pakai untuk satu unit AC mobil. Selain bersih, AC mobil juga beraroma lebih segar.

Harga Rp. 17.500-95.000

Foam Alat Pembersih AC Mobil KIVI

Bingung mencari pembersih AC mobil yang juga mampu menghilangkan bau tak sedap? Kamu bisa mencoba Foam Alat Pembersih AC Mobil KIVI yang mengandung lemon fragrance untuk menghilangkan bau tak sedap interior mobil. Produk ini efektif membersihkan AC mobil dari kotoran debu, jamur, dan juga bakteri.

Cara penggunaannya terbilang mudah, cukup semprotkan pada mesin udara AC berasal. Kemudian nyalakan AC pada mode maksimum selama 10-15 menit. Lalu, matikan mesin dan tunggu hingga cairan kotor terbuang dari outlet sekitar 10 menit.

Harga Rp. 34.900-58.000

MOBIL Cairan Pembersih AC & Evaporator Mobil Avanza Xenia Ertiga Expander Brother Premium Original

Cairan pembersih AC mobil berikutnya yang direkomendasikan adalah MOBIL Cairan Pembersih AC & Evaporator Mobil Avanza Xenia Ertiga Expander Brother Premium Original. Produk ini efektif dalam membersihkan ventilasi udara pada AC mobil. Sebelum disemprotkan secara merata pada kisi-kisi AC, produk ini dianjurkan untuk dikocok terlebih dahulu. Agar penyerapan sistem busa berjalan maksimal, tunggu selama 15 menit sebelum menyalakan mesin AC.

Harga Rp. 64.000-362.000

AC Cleaner Foaming RS Tech

Rekomendasi cairan pembersih AC yang terakhir adalah AC Cleaner Foaming RS Tech. Produk keluaran RS Tech ini berupa aersol yang akan menjadi foam ketka disemprotkan. Efektif membersihkan kisi-kisi AC mobil, produk ini juga memberikan kesegaran aroma citrus mint. Dengan demikian, penumpang mobil menjadi lebih nyaman.

Harga Rp. 39.400-119.900
From our editorial team

Gunakan Kuas Kecil untuk Membersihkan Bagian Luar AC Mobil

Dari rekomendasi di atas, kira-kira cairan pembersih AC mobil mana yang tertarik kamu coba? Tak hanya evaporator dan bagian dalam, bagian luar AC mobil juga perlu rutin dibersihkan untuk mencegah debu masuk ke dalam kisi-kisi AC. Kamu bisa membersihkan bagian luar dengan kain bersih atau kuas. Agar dapat menjangkau lubang-lubang kecil AC, kamu bisa menggunakan kuas kecil.