Bikin Dapur Lebih Tertata dengan 10 Rekomendasi Rak Piring Besi (2020)

Bikin Dapur Lebih Tertata dengan 10 Rekomendasi Rak Piring Besi (2020)

Peralatan makan kita wajib dijaga kebersihannya. Usai dipakai dan dicuci, tentu peralatan makan tersebut butuh wadah yang bersih untuk menampungnya agar bisa lebih mudah dikeringkan dan lebih mudah diambil saat diperlukan. Anda butuh rak piring yang bagus. Rak piring berbahan besi bisa jadi pilihan. Cek segera rekomendasi dari kami!

Setiap Dapur Butuh Rak Piring agar Tampak Lebih Rapi

Dapur kita bisa tampak lebih rapi dengan adanya beberapa alat penyimpanan. Salah satunya adalah rak piring. Piring-piring jadi tidak asal ditumpuk saja sehingga untuk mengambilnya pun jadi lebih mudah saat dibutuhkan. Selain itu, rak piring juga bisa jadi rak peniris peralatan makan yang baru saja dicuci bersih agar lebih cepat kering dan bisa segera digunakan kembali.

Rak piring juga bisa menjadi tempat penyimpanan untuk peralatan makan lainnya. Ini membuat kita jadi lebih mudah meletakkan dan mudah mencarinya saat sedang memasak atau hendak makan. Rak piring hadir dalam berbagai macam model. Ada yang model gantung dan bisa diletakkan di sekitar sink. Ada juga model rak kecil yang bisa diletakkan di manapun Anda inginkan.

Apa pun modelnya, rak piring tetaplah menjadi peralatan yang sangat dibutuhkan di dapur. Selain menjaga kebersihan dapur dan untuk membuat dapur lebih terkesan lapang, rak piring juga bisa menjadi salah satu dekorasi dapur yang oke punya. Jadi, jangan sampai Anda salah pilih rak dapur, ya.

Manfaat Rak Piring Besi

Rak piring memang hadir dalam berbagai bahan. Salah satu bahan yang diunggulkan untuk rak piring adalah bahan besi. Bahan yang satu ini memiliki banyak kelebihan sehingga tidak heran jika para ibu selalu memilih membeli rak piring besi ketimbang lainnya.

Keunggulan pertama adalah kualitasnya baik. Karena bahannya kokoh dan kuat, maka rak piring besi bisa tahan lama digunakan. Rak ini juga tidak mudah penyok dan patah jika karena terbentur atau jatuh.

Rak piring besi juga banyak dipilih karena bersifat isolator. Rak ini tidak mudah menempel dengan bahan lain di sekitarnya. Hal ini tentu membuatnya bebas kotoran dan kerak. Bahan besi juga membuat rak piring tidak mudah keropos dan tidak mudah teroksidasi sehingga bentuknya awet.

Rak piring bahan besi juga sangat mudah untuk dibersihkan. Ini membuat tampilannya awet seperti baru. Perawatannya mudah dan tidak butuh waktu lama sehingga bisa hemat waktu dan bisa bikin tampilan dapur terkesan lebih bersih.

Tips Memilih Rak Piring Besi

Pilih Ukurannya

Saat hendak memilih rak piring besi, Anda wajib mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah mengenai ukurannya. Tentu saja untuk hal ini Anda harus memperhatikan jumlah piring, gelas, sendok, dan lain sebagainya yang akan diletakkan dalam rak. Pastikan raknya cukup untuk menampung semua peralatan makan yang biasa Anda gunakan.

Selain itu, sesuaikan juga ukuran rak dengan tempatnya diletakkan. Jika tempatnya sempit, Anda sebaiknya memilih yang minimalis. Alternatif lainnya adalah, Anda bisa memilih rak piring gantung. Dengan begini, ruang di dapur Anda masih tersisa banyak dan terlihat luas karena rak piringnya digantung jadi tidak akan memenuhi meja bawah Anda.

Cek Kekuatan Rak Piring

Hal lain yang wajib diperhatikan saat hendak memilih rak piring besi adalah mengecek kekuatan rak piring. Bahan besi memang bahan yang kuat dan banyak dipilih. Selain itu bahannya juga awet karena antikarat.

Namun, tentu saja setiap produk besi memiliki kualitas yang berbeda-beda. Anda wajib tahu kualitas dari bahan besi yang digunakan. Jika bahannya kuat, tentu Anda tidak perlu was-was lagi untuk memakainya.

Perhatikan juga bahan peralatan makan Anda. Jika peralatan makan terbuat dari bahan yang sedikit berat, tentu Anda wajib memilih rak piring besi yang kokoh dan tidak mudah goyah agar bisa menampung peralatan makan dengan baik.

Beli di Toko Tepercaya

Untuk membeli peralatan dapur memang sebaiknya kita pergi ke toko alat dapur langganan kita. Namun, tidak ada salahnya jika sesekali Anda melakukan survei ke toko lainnya. Dengan begini Anda jadi tahu perbandingan harga dan kualitas antara satu toko dengan lainnya.

Jika memutuskan untuk belanja online, Anda juga wajib mengecek kualitas barangnya. Tanyakan detail yang tidak ada pada deskripsi produk untuk memastikan kualitasnya oke. Jangan lupa pilih toko online yang reputasinya bagus.

Pastikan toko tersebut berani memberi garansi untuk memastikan produknya bagus. Selain itu, jangan lupa cek juga review pembeli untuk tahu kualitas barangnya.

Ini Dia Rekomendasi Rak Piring Besi untuk di Rumah

Harko Rak Piring Roll Up

Harko Rak Piring Roll Up merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Rak piring yang satu ini selain bisa menyimpan piring dan peralatan makan juga bisa digunakan untuk mengeringkan peralatan makan yang baru saja dicuci.

Rak piring ini mudah untuk dilipat dan disimpan tanpa memakan banyak tempat saat tidak digunakan. Produk ini terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat dan kokoh. Bagian sisi kakinya dilengkapi silikon.

Hal ini berguna untuk membuat produk agar tidak mudah tergelincir saat digunakan.Ini membuatnya tahan lama digunakan. Ukurannya adalah 37 x 23 cm. Ada pilihan warna hijau yang tersedia.

Harga Rp. 138.000-414.000

Krischef Rak Piring Gantung

Krischef Rak Piring Gantung 60 cm tentu bisa jadi pilihan Anda selanjutnya. Rak piring yang satu ini tidak akan makan banyak tempat. Ini karena raknya bisa dipasang pada bagian dinding dapur.

Uniknya, rak ini juga hadir dengan bagian untuk mengeringkan cangkir yang baru dicuci. Ada warna hitam dan silver yang tersedia untuk produk ini.

Desainnya minimalis sehingga cocok untuk ruang dapur yang terbatas. Bahannya adalah stainless steel yang sangat tahan lama digunakan karena tidak mudah karatan.

Harga Rp. 559.000-1.075.000

Krischef Dish Rack 2 Tier Rak Piring Stainless Steel

Krischef Dish Rack 2 Tier Rak Piring Stainless Steel juga menjadi rak piring yang sayang untuk dilewatkan. Rak yang satu ini bisa dipakai untuk menyimpan piring dan peralatan makan lainnya.

Bahannya tahan karat sehingga tahan lama digunakan. Rak ini memiliki 2 tingkatan sehingga bisa memuat lebih banyak peralatan makan.

Desainnya sangat modern dan tampak elegan di dapur. Ukuran rak ini adalah 67.3 x 29 x 37 cm. Dilengkapi pula dengan water tray yang mudah dilepas pasang sehingga mudah untuk dibersihkan.

Harga Rp. 365.000-553.000

Rak Piring Stainless Steel 2 Susun Tingkat

Rak Piring Stainless Steel 2 Susun Tingkat adalah rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Rak piring yang satu ini terbuat dari bahan stainless steel yang tidak mudah berkarat sehingga tahan lama digunakan.

Rak piring 2 tingkat ini hadir dengan tempat sendok, gelas, dan lain sebagainya. Rak ini bisa memuat hingga 16 piring. Ukuran rak ini adalah 41 x 25 x 12 cm.

Harga Rp. 67.000-75.000

Yoshikawa Rak Piring Stainless Susun 3

Yoshikawa Rak Piring Stainless Susun 3 adalah rekomendasi selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Rak yang satu ini hadir dalam 3 tingkat dan bisa menampung sampai 34 buah piring.

Ada enam gantungan untuk menyimpan gelas di bagian kanan. Selain itu, ada pula tempat untuk sendok, garpu, dan alat makanan lainnya di bagian kiri.

Nampan plastik di bagian bawahnya berguna untuk menampung tetesan air. Nampan ini bisa dilepas pasang dengan mudah. Rak ini hadir dalam ukuran 41 x 25 x 51 CM dan tidak mudah berkarat.

Harga Rp. 246.000-449.000

Rak Piring Stainless Bistro 3 Susun BO 813

Rak Piring stainless Bistro 3 Susun BO 813 menjadi rak selanjutnya untuk jadi pilihan Anda. Produk yang satu ini terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh dan tahan lama.

Rak buatan Cina ini dijamin kualitasnya. Dilengkapi pula dengan rak untuk sendok dan gelas di bagian samping. Ukuran rak ini adalah 45 x 25 x 49 cm dengan berat 2,6 kg. Rak piring yang satu ini dipastikan bisa membuat dapur terkesan lebih rapi.

Harga Rp. 358.000-518.000

ES Rak Dapur Pengering Piring Rak Multifungsi Rak Penyimpanan Dish Drainer Rak Piring Carbon Steel

ES Rak Dapur Pengering piring Rak multifungsi Rak penyimpanan dish drainer Rak piring Carbon steel tentu bisa jadi pilihan Anda. Rak yang satu ini kokoh dan sangat stabil.

Bahannya kuat dan bisa menahan beban hingga 100 kg. Kapasitasnya besar dan bisa muat banyak peralatan makan. Ada tempat piring, tempat pisau, tempat sendok, dan lain sebagainya.

Rak ini sudah lulus tes SGS yang menyatakan rak ini aman dan awet digunakan. Ukurannya adalah 41,3 x 25 x 37,6 CM.

Harga Rp. 199.000-239.000

Shenar Rak Piring Susun 3 Tingkat Anti Karat

Shenar Rak Piring Susun 3 Tingkat Anti Karat adalah rekomendasi selanjutnya untuk Anda. Rak piring yang satu ini terdiri dari 3 susun yang bisa memuat banyak peralatan makan.

Lapisan antikarat akan menjaga produk ini sehingga bisa tahan lama digunakan. Produk ini mudah dibongkar pasang dan mudah dipindahkan. Rak ini juga mudah dibersihkan sehingga senantiasa rapi dan bersih. Ukuran keseluruhan rak ini adalah 42 cm x 39 cm x 25 cm.

Harga Rp. 300.000-428.000

Rak Piring Besi Susun 2 Anti Karat RPK-02

Rak Piring Besi Susun 2 Anti Karat RPK-02 adalah rekomendasi selanjutnya untuk Anda.

Rak dua susun ini tentunya bisa mengakomodasi kebutuhan Anda akan tempat penyimpanan peralatan makan.

Bahannya dari powder coating yang tahan lama karena anti karat. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 42 x 22 x 32 cm.

Harga Rp. 65.000-125.000

Rak Piring Besi Dragon dan Rainbow Susun 4

Rak Piring Besi Dragon dan Rainbow Susun 4 adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Rak ini hadir dalam ukuran 72 x 44 x 132 cm sehingga bisa memuat banyak peralatan makan.

Produk yang satu ini hadir dalam pilihan warna merah, hijau, dan biru. Material yang digunakan adalah besi dengan coating dari plastik. Raknya mudah dibersihkan dan dipindahkan.

Harga Rp. 188.000-287.000
From our editorial team

Lakukan Perawatan Rak Besi agar Awet

Rak dari besi memang terbilang awet. Namun bukan berarti kita tidak perlu merawatnya dengan benar. Kita justru wajib rutin merawatnya agar makin awet dan tetap bersih. Salah satu caranya adalah dengan rutin membersihkannya dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun dan perasan jeruk nipis. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan kotoran sekaligus menghilangkan noda pada rak. Segera bilas lalu keringkan dengan la sampai kering. Dengan begini, rak piring Anda jadi lebih bersih dan lebih higienis untuk meletakkan piring dan peralatan makan lainnya.