Bikin Rumah Semakin Cozy dengan 10 Rak Pot Bunga Minimalis dan Unik yang jadi Favorit Para Wanita (2020)

Bikin Rumah Semakin Cozy dengan 10 Rak Pot Bunga Minimalis dan Unik yang jadi Favorit Para Wanita (2020)

Sumber gambar www.mymove.com

Sebagian wanita ada yang hobi berkebun atau menanam bunga. Ternyata tanaman juga menjadi dekorasi yang cantik untuk ruangan di dalam maupun di luar rumah. Untuk menambah nilai estetika pada tanaman, rak pot bunga dengan desain yang unik dan cantik bisa jadi tempat memajang aneka tanaman.

Rak Pot Bunga Kini jadi Pilihan Para Wanita yang Hobi Bertaman

Sumber gambar https://www.mymove.com/

Bercocok tanam atau berkebun menjadi salah satu hobi yang disukai oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Hobi yang satu ini tidak hanya sekedar untuk mengisi waktu luang saja, tapi juga dapat memberikan kepuasan batin bagi seseorang.

Contohnya saja saat tanaman yang dirawat tumbuh subur dan menghasilkan buah atau bunga yang mekar dan cantik, saat itulah perasaan puas muncul karena telah berhasil merawat tanaman dengan baik.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam di rumah, baik di pekarangan maupun di dalam ruangan. Agar tertata rapi dan indah, tanaman bisa ditanam di dalam pot yang kini tersedia dalam beragam model dan warna yang menarik. Tanaman yang ditanam di dalam pot dan ditaruh di dalam ruangan juga bisa lho, memberikan kesan indah pada ruangan.

Terlebih jika pot yang digunakan memiliki bentuk yang unik sehingga tampak cantik sebagai dekorasi ruang. Makin terlihat cantik lagi jika pot-pot bunga kesayangan disusun di atas rak pot bunga. Rak pot bunga ini menjadi favorit banyak wanita yang hobi bertaman, lho!

Rak Bunga Menjadi Dekorasi yang Dapat Meningkatkan Tampilan Interior Rumah

Sumber gambar sustainablehomemag.com

Tren dekorasi rumah dengan tanaman hias sudah lama ada dan kini trennya makin berkembang. Ada banyak jenis tanaman hias yang cantik untuk dijadikan dekorasi. Untuk memperindah tampilan tanaman hias dalam ruangan, rak pot bunga dengan desain yang unik bisa jadi pilihan. Rak untuk tanaman hadir dalam beragam desain mulai dari yang minimalis, modern, hingga kontemporer.

Salah satu model rak yang membuat koleksi tanaman hias terlihat rapi adalah staircase atau rak model tangga. Model rak lainnya yang juga tak kalah cantik adalah rak model gantung. Rak bunga tanaman hias ini akan menjadi dekorasi yang cantik diletakkan di ruangan mana saja dan akan memberikan kesan indah dan asri pada ruangan.

Tips Memilih Rak Bunga yang Tepat untuk Halaman Rumah

Perhatikan Ketahanan Material dan Tampilannya

Sumber gambar https://www.mymove.com/

Rak pot bunga bisa dibuat sendiri dan modelnya bisa dibuat sesuai dengan keinginan. Bahan yang digunakan untuk membuat rak pun bisa dipilih yang bagus. Namun, jika Anda memilih untuk membeli rak untuk pot bunga, yang perlu diperhatikan adalah tampilan rak dan material rak. Tampilan rak yang dipilih harus disesuaikan dengan tempat rak diletakkan, apakah di dalam ruangan atau di halaman rumah.

Umumnya, rak pot bunga terbuat dari material besi, plastik, dan kayu. Tentunya, setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan. Rak pot bunga dari besi memiliki desain yang lebih menarik karena material ini mudah dibentuk dan dikreasikan. Hanya saja, rak besi bisa cepat berkarat jika diletakkan di luar ruangan dan terkena hujan.

Sementara, rak dari material plastik hadir dalam banyak pilihan warna dan juga tampilan. Material ini juga tahan air tapi ketahanannya tidak sekuat besi. Sedangkan rak dari material kayu tampilannya lebih alami, hanya saja rak dari kayu ini tidak tahan jika diletakkan di halaman rumah karena kayu mudah lapuk jika terkena embun dan hujan.

Pilih Rak Pot Bunga Sesuai Luas Halaman Rumah

Sumber gambar dudescape.info

Rak pot bunga hadir dalam berbagai ukuran sehingga Anda pun harus memilih ukuran rak yang sesuai dengan luas halaman rumah. Jika halaman rumah luas, model rak yang pas adalah model bertingkat dan ukurannya lebih besar untuk dapat menampung lebih banyak pot tanaman. Sementara, jika halaman rumah sempit, model rak yang cocok adalah yang flat dan tidak terlalu lebar.

Jangan Lupa Perhatikan Desain dan Warnanya

Sumber gambar https://www.mymove.com/

Sebagai dekorasi, rak pot bunga hadir dalam beragam desain dan pilihan warna. Sebelum memutuskan untuk membeli, perhatikan betul desain dan warna rak yang dipilih. Pilihlah desain rak yang cocok ditempatkan di halaman dan serasi dengan konsep rumah Anda. Demikian pula dengan warna rak, Anda bisa memilih warna rak yang serasi atau kontras dengan jenis tanaman maupun potnya.

Periksa Bobot Rak untuk Menyimpan Pot Bunga

Sumber gambar https://www.mymove.com/

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih rak pot tanaman untuk halaman rumah adalah bobot rak. Jika rak bobotnya ringan, maka tidak akan kuat menopang koleksi tanaman hias yang dipajang di atasnya. Selain itu, rak pot bunga yang ringan juga lebih mudah terjatuh atau oleng. Rak dengan bobot yang ringan lebih cocok untuk memajang koleksi tanaman berukuran kecil.

Sesuaikan Harga dengan Bujet

Sumber gambar https://www.mymove.com

Aneka model rak untuk pajangan pot bunga dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang harganya murah hingga mahal. Rak yang ditawarkankan dengan harga yang mahal tentunya memiliki kualitas yang baik dan desainnya pun lebih cantik dan mewah.

Namun, rak yang dijual dengan harga murah juga memiliki model yang tak kalah bagus. Nah, jika bujet Anda terbatas untuk membeli rak pot bunga yang mahal, rak dengan harga terjangkau juga bisa menjadi pilihan.

Rekomendasi Rak Pot Bunga Minimalis Paling Cocok untuk Halaman Rumah

Set Rak Bunga Dua Susun Model Lengkung Mini

Set Rak Bunga Dua Susun Model Lengkung Mini hadir dalam ukuran 40 x 15 x 15 cm. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu jati dengan ketebalan 2 cm. Permukaan kayu dilapis dengan finishing sending natural sehingga tampak lebih indah dan memberikan kesan alami pada halaman.

Kayu jati sudah sangat dikenal keawetannya karena tahan jamur dan rayap serta tidak mudah lapuk terkena perubahan cuaca. Kayu jati juga terkenal dengan seratnya yang indah. Kayu jati yang paling bagus dan kokoh adalah yang sudah berumur tua lebih dari 80 tahun.

Saat ini, berdasarkan kualitasnya kayu jati terbagi atas 3, yakni grade A, B, dan C. Kayu jati grade A kualitasnya yang paling bagus dan baru diambil setelah pohon berumur 40 tahun. Ciri-ciri kayu jati grade A ini adalah serat kayunya terlihat lurus, rapat, warnanya seragam, dan permukaannya terasa licin dan berminyak. Kayu jati grade A ini langka dan harganya pun sangat mahal.

Kayu jati grade B kualitasnya di bawah grade A tapi cukup awet jika diolah menjadi furniture. Ciri-ciri dari kayu jatdi grade B adalah seratnya tampak kurang beraturan, warnanya lebih terang, dan permukaannya tampak kurang mengkilap. Sedangkan kayu jati grade C adalah kayu jati yang kualitasnya paling rendah dan harganya pun murah. Ciri-ciri kayu jati grade C ini adalah warnanya yang putih dan pada kayu terdapat goresan atau coretan.

Harga Rp. 45.000

Geometric Standing Planter

Rak bunga menjadi salah satu dekorasi rumah yang trennya tak lekang oleh waktu. Anda yang ingin menjadikan halaman rumah tampak indah dan asri bisa menempatkan rak bunga pada salah satu sudut halaman. Geometric Standing Planter merupakan rak pot bunga dengan bentuk yang unik dan modern.

Desain rak bunga bentuk geometris ini akan memperindah halaman rumah dengan konsep minimalis. Rak warna hitam ini berukuran 39 x 33 x 18 cm dan cocok untuk memajang aneka jenis tanaman hias.

Harga Rp. 120.000-300.000

Triangle Plant Wall Frame

Triangle Plant Wall Frame juga merupakan rak pot bunga yang cocok untuk memperindah halaman rumah.

Rak bentuk segitiga ini terlihat unik dan modern yang hadir dalam 2 pilihan warna, yakni hitam dan putih.

Rak besi susun ini cocok untuk memajang tanaman kesayangan yang ditanam dalam pot berdiameter 15 cm. Ukuran rak 26 x 21 x 14 cm dan materialnya terbuat dari besi 8 mm berkualitas SNI.

Harga Rp. 131.300-117.000

Rak Bentuk Rumah Kayu Gantung DIY

Rak untuk tanaman yang bentuknya unik adalah Rak Bentuk Rumah Kayu Gantung DIY. Rak pot bunga ini hadir dalam bentuk rumah Pastoral yang memberikan kesan hangat dan segar.

Rak terbuat dari bahan kayu dan ukuran rak 24 x 19 x 9 cm. Rak yang diimpor langsung dari China ini multifungsi sehingga tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat menaruh pot tanaman, tapi juga bisa digunakan untuk menaruh pernak-pernik lainnya.

Harga Rp. 88.177-283.000

Rak Gantung Holder Pot

Rak Gantung Holder Pot cocok dijadikan sebagai tempat memajang koleksi tanaman hias yang cantik-cantik. Rak ini sangat pas ditaruh pada halaman rumah dan bisa juga ditempatkan pada ruangan lainnya.

Rak model gantung ini terbuat dari besi tempa yang tahan lama. Rak dengan desain yang simpel dan minimalis ini tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih.

Harga Rp. 45.000-174.700

Rak Besi Pot Bunga Model Sepeda Putih

Tanaman hias jika dijadikan sebagai dekorasi akan menambah keindahan dalam ruangan. Untuk menambah nilai estetika, pot yang digunakan pun harus yang cantik dan dipajang pada rak yang desainnya juga unik.

Rak Besi Pot Bunga Model Sepeda Putih modelnya juga tak kalah unik dan cocok dijadikan sebagai dekorasi di taman depan dan belakang rumah atau di sudut halaman rumah. Rak yang cantik ini dapat menampung hingga 5 buah pot tanaman.

Harga Rp. 175.000-345.000

Rak Bunga Besi 6 Susun

Rak Bunga Besi 6 Susun ini juga akan menjadi dekorasi yang cantik untuk memajang koleksi tanaman. Ukuran rak 31 x 21 x 140 cm yang terbuat dari bahan besi dan kayu. Rak ini hadir dalam 3 pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan konsep rumah, yakni hitam, putih, dan natural.

Harga Rp. 220.000-340.000

Rak Dinding Besi

Rak Dinding Besi juga menjadi dekorasi untuk sudut halaman atau teras rumah. Rak dengan desain elegan ini akan membuat tanaman tertata rapi dan tampak indah.

Rak pot bunga untuk ditempel di dinding ini papannya terbuat dari kayu jati belanda warna natural dan holdernya dari besi yang dicat warna hitam. Rak ini tersedia dalam 3 ukuran, yakni besar (40 x 15 x 1.5 cm), sedang (30 x 15 x 1.5 cm), dan kecil (20 x 15 x 1.5 cm).

Harga Rp. 14.000-25.500

Rak Bunga Kayu Standing Pot

Anda yang suka menghias rumah dengan aneka tanaman hias, bisa memilih Rak Bunga Kayu Standing Pot ini sebagai dekorasi. Rak ini memiliki model yang unik dan elegan sehingga tanaman kesayangan Anda akan tersusun rapi dan cantik.

Rak berukuran 100 x 85 x 24 cm ini terbuat dari kayu pinus solid dengan finishing cat plistur. Untuk warna cat bisa dipesan sesuai dengan keinginan, apakah warna coklat natural atau coklat tua.

Harga Rp. 35.000-3.898.000

Rak Balkon-Rak Bunga Tempel

Anda yang ingin menghias balkon rumah agar terlihat indah, bisa memilih Rak Balkon-Rak Bunga Tempel ini. Rak gantung ini didesain kuat dan kokoh untuk menyimpan pot tanaman seperti succulents dan tanaman hias mini lainnya.

Rak dibuat dari stamping kawat besi dengan kepadatan tinggi sehingga lebih kuat dan tahan lama. Rak dapat dipasang dengan mudah dengan cara menggantungnya pada pagar stablely. Rak ini tersedia dalam dua model dengan ukuran yang berbeda.

Harga Rp. 65.000-152.874
From our editorial team

Tanaman Hias Menghadirkan Suasana Asri pada Ruangan

Tanaman hias yang berfungsi sebagai dekorasi ruang dapat menghadirkan suasana yang nyaman, asri,dan sejuk pada ruangan. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghadirkan suasana rumah yang sejuk dan hidup, aneka jenis tanaman hias bisa jadi pilihan dekorasi yang tepat.