Tanaman Lebih Rapi dan Terawat dengan 10 Rekomendasi Rak Bunga Minimalis Rekomendasi BP-Guide (2020)

Tanaman Lebih Rapi dan Terawat dengan 10 Rekomendasi Rak Bunga Minimalis Rekomendasi BP-Guide (2020)

Rak bunga merupakan tempat yang wajib ada di rumah. Rak ini selain bisa jadi tempat menata bunga, bisa juga dimanfaatkan untuk rak dekorasi. Yuk, cek rekomendasinya dari kami!

Rumah Lebih Asri dengan Tanaman Hias

Siapa saja tentu setuju bahwa rumah dengan tanaman hijau atau bunga-bunga akan terkesan lebih asri dan terkesan lebih nyaman dihuni. Rumah dengan halaman dan tanaman hias memang akan membuat rumah berkesan indah. Bagi Anda yang baru saja pindah ke rumah baru, jangan lewatkan untuk mendekor rumah Anda dengan tanaman hias ya.

Peletakan tanaman hias tak melulu harus ada di halaman depan atau belakang rumah. Anda juga bisa menghias bagian dalam rumah dengan tanaman hias. Letakkan tanaman hias sebagai salah satu dekorasi rumah sehingga kesannya rumah lebih adem.

Untuk tanaman hiasnya sendiri, Anda bisa sesuaikan dengan selera. Ada dua macam tanaman hias secara umum, ada tanaman bunga dan tanaman berupa dedaunan. Keduanya sama-sama menarik dan pastinya sama-sama bisa memberikan efek estetik pada bagian interior maupun eksterior rumah.

Sebagai pilihan untuk tanaman hias bunga, Anda bisa melirik anggrek, mawar, melati, bunga sepatu, nusa indah, petunia, dan lain sebagainya. Aneka warna warni indah bunga tersebut tentu menjadikan suasana hati jadi lebih ceria. Sementara itu, untuk tanaman hias berupa dedaunan, Anda bisa memilih aglaonema, lidah mertua, sirih gading, dieffenbachia, dan lain sebagainya. Tanaman dedaunan hijau selain lebih mudah dirawat juga bisa menyejukkan mata yang melihatnya.

Rak Bunga Wajib Ada untuk Menata Koleksi Bunga

Rak bunga merupakan salah satu barang yang wajib ada di rumah. Rak bunga cocok untuk tempat menata koleksi bunga Anda. Dengan adanya rak bunga, koleksi bunga Anda jadi terkesan lebih rapi dan lebih estetik. Anda bisa menempatkan bunga di halaman dan bisa juga menempatkannya di dalam rumah dengan rak bunga.

Untuk di luar rumah, rak bunga akan cocok membuat tampilan kebun Anda menjadi lebih tertata. Anda bisa menyusun bunga yang lebih besar untuk ada di rak bawah sementara bunga kecil berada di rak atas. Untuk di dalam rumah, rak bunga bisa juga dijadikan tempat lainnya. Anda bisa meletakkan koleksi buku, pajangan, dan lainnya bersama tanaman yang diletakkan dalam pot.

Rak bunga yang diletakkan dalam rumah juga bisa menjadi pemisah antara dua ruang. Gunakan rak bunga sebagai sekat untuk rumah minimalis Anda. Ini akan membuat kesan rumah makin asri.

Tips Memilih Rak Bunga

Pilih Bahan Rak

Ketika memilih rak bunga, kita wajib tahu bahannya dulu. Secara umum, ada 3 bahan yang biasa dipakai sebagai rak bunga, ada bahan plastik, bahan besi, dan bahan kayu. Setiap bahan tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Jadi, Anda jangan sampai salah pilih bahan rak, ya.

Untuk rak bahan plastik memiliki keunggulan mudah untuk dipindahkan. Bobotnya ringan, jadi Anda tak butuh banyak tenaga untuk memindahkan kapan saja. Rak bahan plastik juga lebih mudah untuk dibersihkan dan dicuci. Harga rak bahan plastik tentu jauh lebih murah dibanding rak bahan lainnya, ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang sedang bokek. Rak bahan plastik juga memiliki kekurangan. Bahannya mudah terkelupas dan patah jika terlalu sering terkena cahaya matahari. Selain itu rak ini juga hanya mampu menahan bobot ringan. Sehingga, Anda hanya bisa meletakkan pot ukuran kecil saja di atas rak bahan plastik.

Selanjutnya, ada rak bahan besi yang bisa dipilih. Rak semacam ini desainnya selalu stylish dan kekinian. Rak besi terkesan kokoh dan kuat. Anda bisa meletakkan pot besar dan isian tanaman lebih banyak pada rak bunga besi. Rak semacam ini juga bisa memberikan kesan elegan karena umumnya memiliki desain ala barat. Rak besi lebih stabil sehingga tak mudah roboh atau terguncang. Kekurangan dari rak bunga besi adalah lebih mudah berkarat dan sulit dipindahkan karena bobotnya berat.

Terakhir, ada rak bunga bahan kayu. Ini cocok untuk Anda yang ingin menghadirkan kesan natural. Rak bunga bahan kayu desainnya cenderung lebih sederhana. Kendati demikian, rak bunga bahan kayu tetap indah dan bisa memberikan kesan estetik untuk rumah. Rak bunga bahan kayu bisa diletakkan di outdoor maupun indoor. Kekurangan dari rak bunga kayu adalah lebih mudah rusak jika diletakkan di luar ruangan atau di ruang yang lembap. Ada juga risiko terserang rayap jika kayunya bukan kayu pilihan.

Pilih Model Sesuai Luas Ruangan

Model rak bunga juga ada bermacam-macam loh. Anda bisa memilih model rak bunga sesuai dengan luas ruangan Anda. Misalnya saja rak model flat. Rak bunga semacam ini akan cocok untuk tempat yang sempit. Dengan rak model flat, maka ruangan tetap terlihat luas dan rak tak terlihat banyak makan tempat. Rak flat juga terbilang ringkas karena kesannya ramping.

Anda bisa juga memilih model rak lainnya, seperti rak bertingkat lebar. Ini bisa memberi kesan lebih bervolume. Rak semacam ini cocok untuk ruang yang luas atau cocok juga diletakkan di halaman. Rak dengan model semacam ini bisa menampung banyak tanaman sekaligus sehingga cocok juga untuk Anda yang memiliki banyak koleksi tanaman hias.

Selanjutnya, ada model rak bunga seperti lemari pakaian terbuka. Ini merupakan rak yang cocok untuk ruang yang luas. Anda bisa mengombinasikan model pot gantung dengan pot tanaman biasa pada rak semacam ini.

Anda bisa juga memilih rak bunga model sudut. Rak bunga semacam ini biasanya bertingkat dan menyudut modelnya. Ini cocok untuk ruang yang sempit maupun luas. Anda bisa meletakkan koleksi bunga bertumpuk dari atas ke bawah.

Pilih Ukuran Rak Bunga

Ukuran rak bunga juga wajib dipilih saat Anda memilih rak bunga. Untuk ukuran rak bunga yang pendek, Anda bisa meletakkan 3 sampai 4 pot bunga saja di atasnya. Rak bunga pendek dengan ukuran kecil cocok untuk Anda letakkan di ruang yang tak terlalu luas. Rak bunga pendek cocok juga diletakkan di kebun yang ukurannya tak terlalu luas. Ini akan memberi aksen tersendiri pada kebun Anda.

Selanjutnya, ada ukuran rak bunga yang tinggi. Rak bunga tinggi bisa muat lebih banyak pot bunga. Anda bisa menampung 5 hingga 7 pot bunga sekaligus. Anda bisa meletakkannya di indoor maupun outdoor. Rak bunga ukuran seperti ini cocok untuk dijadikan pembatas ruang juga.

Ada juga rak bunga lebar dan besar. Rak semacam ini bisa menampung belasan pot bunga. Rak semacam ini cocok untuk diletakkan di kebun. Anda bisa juga meletakkannya di halaman belakang rumah atau di area hijau di dapur. Ini akan memberikan kesan asri dan nyaman pada rumah.

10 Rekomendasi Rak Bunga Minimalis untuk Keindahan Rumah

Geometric Standing Planter Rak Minimalis

Geometric Standing Planter Rak Minimalis merupakan rak bunga minimalis yang bisa jadi pilihan. Produk ini cocok untuk dipasang di dinding dalam atau luar rumah. Anda bisa meletakkan pot tanaman kecil di rak yang satu ini. Desainnya unik dan modern sehingga membuat rumah jadi lebih menarik. Anda bisa meletakkan tanaman hijau atau bunga hias di rak yang satu ini. Produk ini hadir dalam ukuran 39cm x 33cm x 18cm. Warna rak ini hitam sehingga tak mudah kotor. Rak besi ini kokoh dan tak mudah rusak. Dalam pembelian sudah termasuk pot dengan diameter 12 cm.

Harga Rp. 140.000-200.000

Rak Besi Bunga 4 Tingkat

Berikutnya, ada Rak Besi 4 Tingkat. Produk yang satu ini begitu kokoh dan kuat. Rak bunga minimalis ini bisa menampung beban hingga 10 kg. Rak ini memiliki kedalaman berbeda, sehingga Anda bisa menyesuaikan tanaman apa yang Anda letakkan di setiap raknya. Anda bisa juga meletakkanya dalam rumah. Anda bisa mengombinasikan tanaman dengan pajangan, foto, dan lainnya.

Harga Rp. 219.000-330.000

Rak Holder Pot Bunga 4 Tingkat Bahan Metal untuk Dekorasi Taman

Ada juga Rak Holder Pot Bunga 4 Tingkat Bahan Metal yang sayang untuk dilewatkan. Rak yang satu ini bergaya Eropa sehingga terkesan elegan dan mewah. Ada aksen lengkung dan ornamen bentuk hati pada rak bunga ini. Keindahan rak bunga ini akan mempercantik ruangan tempatnya diletakkan. Desainnya keren sehingga membuatnya tak membosankan untuk dipandang. Produk ini memiliki ukuran 50 x 24 x 81 cm. Ada pilihan warna hitam dan putih. Produk ini bisa menampung hingga berat 20 kg. Bahan raknya kokoh sehingga tak mudah rusak.

Harga Rp. 1.209.000-1.686.000

Rak Dinding Kayu Tempat Pot Bunga Kaktus

Rak Dinding Kayu Tempat Pot Bunga Kaktus ini keren untuk dimiliki. Anda bisa meletakkannya di halaman depan, halaman belakang, atau area cuci di belakang rumah. Lebar papan rak ini adalah 7 cm dengan tebal papan 1,5 cm. Produk ini memakai finishing pernis berkualitas tinggi yang anti hama dan tak mudah tergores. Warna produk ini seperti kayu alami sehingga bisa memberi kesan natural pada rumah. Cara perawatan rak bunga ini mudah, hanya perlu dilap dengan kain kering setiap seminggu sekali. Anda bisa memakainya untuk memajang kaktus dan tanaman lainnya. Rak kayu ini dijamin tahan lama digunakan.

Harga Rp. 125.000-208.000

Rak Dinding Kayu Dekorasi Tempat Pot Bunga Kaktus Susun Tingkat

Rak Dinding Kayu Dekorasi Tempat Pot Bunga Kaktus Susun Tingkat adalah produk selanjutnya untuk Anda. Rak bunga minimalis ini selain bisa dipakai meletakkan bunga juga bisa meletakkan benda lainnya. Anda bisa menaruhnya di dalam ruangan. Produk ini keren juga untuk diletakkan di kebun atau halaman belakang. Anda bisa juga meletakkan di dinding dapur. Produk ini terbuat dari kayu pinus yang sudah diserut dan diamplas halus dengan ketebalan sekitar 1,5 cm. Rak bunga minimalis ini sangat kokoh. Finishing rak memakai pelitur warna transparan clear gloss. Produknya anti hama sehingga lebih awet.

Harga Rp. 110.000-129.000

IKEA LANTLIV Stand Tanaman 78cm

IKEA LANTLIV Stand Tanaman 78cm merupakan rak bunga yang cocok diletakkan di dalam ruangan. Anda bisa meletakkan di samping kursi tamu atau bisa juga meletakkan di sudut ruangan. Rak bunga minimalis ini memiliki panjang 32 cm dan lebar 32 cm. Dengan tinggi 78 cm, produk ini bisa menahan beban maksimal 25 kg. Anda bisa meletakkan tanaman hias kesayangan di rak bunga ini. Produk ini memiliki bahan kayu birch yang dicat dengan akrilik.

Harga Rp. 549.000-600.000

Rak Sepeda Shabby Medium 3 Tempat Tidak Termasuk Bunga

Rak Sepeda Shabby Medium 3 Tempat Tidak Termasuk Bunga juga bisa jadi pilihan. Rak bunga minimalis ini hadir dalam ukuran 77 cm x 40 cm x 68 cm. Produk yang satu ini bikin interior rumah tampak makin menarik dengan nuansa vintage dan shabby chic yang indah.

Harga Rp. 310.000-670.000

AONEZ Rak Tanaman Bunga Mini

AONEZ Rak Tanaman Bunga Mini ini juga sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini hadir dalam dua tingkat sehingga Anda bisa menyusun tanaman yang Anda sukai dengan rapi. Rak bunga minimalis ini terbuat dari bahan PVC yang berkualitas tinggi sehingga aman dan awet untuk digunakan. Selain bisa jadi rak bunga, bisa juga untuk jadi rak buku, rak pajangan, dan lainnya. Desainnya sederhana namun kokoh. Produk mudah untuk dipindahkan. Rak ini memiliki ukuran 52 x 23 x 40 cm.

Harga Rp. 91.000-121.000

RB03 Rak Pot Bunga Besi

RB03 Rak Pot Bunga Besi ini juga bisa jadi pilihan untuk mempercantik tampilan rumah. Desainnya artistik dan terbuat dari bahan besi yang kokoh. Dengan jumlah tatakan 3, lebar rak ini 30 cm. Lebar diameter pot pada rak ini adalah 12 cm.

Harga Rp. 135.000-143.000

Rak Bunga Minimalis Perpaduan Besi dan Kayu Jati Belanda

Rak Bunga Perpaduan Besi ini juga tak bisa dilewatkan. Modelnya zig zag sehingga terkesan sangat artistik. Rak bisa diletakkan di sudut ruangan. Produk ini keren juga untuk diletakkan di halaman belakang. Rak bunga minimalis ini terbuat dari bahan kayu jati belanda dikombinasikan dengan besi. Rak ini bisa didapatkan dengan sistem pre order selama 3 hingga 4 hari. Warna produk bisa disesuaikan dengan keinginan.

Harga Rp. 130.000-450.000
From our editorial team

Letakkan Tanaman dalam Rumah untuk Relaksasi

Tanaman hias perlu juga diletakkan dalam rumah. Dengan melihat tanaman hijau atau bunga berwarna-warni maka bisa menstimulasi pelepasan hormon adrenalin. Ini bisa membuat aliran oksigen menuju otak bertambah sehingga membantu Anda menjadi rileks. Pikiran jadi tenang dan mood juga jadi lebih baik. Supaya tanaman bisa tertata dengan rapi, Anda bisa gunakan rak bunga untuk menatanya ya.