Rekomendasi Terbaik 7 Mesin yang Membantu Proses Panen Padi bagi Industri Pertanian (2020)

Rekomendasi Terbaik 7 Mesin yang Membantu Proses Panen Padi bagi Industri Pertanian (2020)

Beras merupakan makanan pokok di Indonesia. Oleh karena itu, produksi beras mesti ditingkatkan. Salah satunya dengan menggunakan mesin untuk membantu proses panen. Berikut rekomendasinya untuk Anda.

Padi Merupakan Salah Satu Sumber Daya Alam Terbesar di Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia, tentunya tidak akan asing dengan tanaman yang bernama padi. Bagaimana tidak, selain menjadi bahan makanan pokok masyarakat Indonesia, padi juga merupakan salah satu sumber daya alam terbesar di Indonesia.

Beberapa pulau di Indonesia yang merupakan daerah tempat padi paling banyak ditanam adalah Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Sumatra. Padi dapat tumbuh subur di Indonesia karena padi cocok dengan wilayah yang beriklim tropis.

Proses Pemanenan Padi

Panen Padi

Setelah padi sudah menguning dan siap untuk dipanen, para petani memotong tanaman padi dari pangkalnya. Biasanya para petani dilengkapi dengan mesin pemotong agar dapat menghemat waktu. Namun, tetap ada petani yang masih menggunakan cara yang manual.

Saat memanen padi, para petani harus membuat kelompok atau regu, karena satu petani saja tidak akan sanggup memanen semua padi. Jumlah yang dibutuhkan antara 7 hingga 10 orang yang dilengakapi 1 unit pedal thester.

Penggabahan atau Perontokan Padi

Langkah selanjutnya adalah melepaskan bulir padi dari tanamannya. Proses ini biasanya dikenal dengan nama proses perontokan padi. Proses ini harus dilakukan secara hati-hati, karena perontokan yang tidak tepat hanya akan membuat Anda kehilangan 5 % dari hasil panen Anda.

Salah satu cara tradisional yang umum digunakan petani Indonesia adalah mukul tanaman padi pada kayu agar bulirnya dapat terlepas. Namun Anda juga yang menggunakan cara menginjak-injak.

Pengeringan Gabah

Setelah padi terlepas dari tangkainya atau bisa juga disebut gabah, langkah selanjutnya adalah proses pengeringan. Kadar air yang terkandung di dalam padi haruslah diturunkan agar dapat diolah.

Padi yang memiliki kadar air yang masih tinggi membuatnya tidak tahan saat di simpan dalam waktu yang lama. Salah satu cara pengeringan yang umum dilakukan adalah dengan cara menjemur gabah di bawah terik matahari.

Penggilingan Gabah

Setelah kadar air di dalam padi menurun, langkah selanjutnya adalah penggilingan. Proses ini tidak bisa dilakukan secara manual, biasanya para petani membutuhkan mesin untuk menggiling gabah menjadi beras.

Banyak teknologi yang dimanfaatkan oleh para petani Indonesia untuk menggiling padi, seperti penumbuhkan menggunakan lesung atau kincir air, penggilingan tipe Engelberg, Rice Milling Unit (RMU) dan penggilingan padi besar.

Beberapa Mesin Canggih Untuk Memotong Padi

Mesin Panen Padi dan Jagung CHANGFA CF805N

Mesin Panen Padi Dan Jagung CHANGFA CF805N adalah mesin yang berukuran 51,3 x 25,2 x 30,4 mm yang dilengkapi dengan tipe ban berukuran 90 x 53 x 450/500. Mesin yang memiliki bobot 3,68 ton ini dilengkapi dengan mesin CF4C100T-Z.

Tracknya yang lebar, yaitu 450/500 mm membuat mesin ini dapat berjalan di area berlumpur tanpa terkendala. Mesin dari Cangfa ini dapat membantu petani untuk memanen padi dan jagungnya dengan lebih cepat dengan hasil yang memuaskan.

Harga Rp. 375.000.000

Mesin Panen Padi Mesin Combine Harvester MKV-M09ADI

Mesin Panen Padi Mesin Combine Harvester MKV-M09ADI adalah mesin pemanen padi yang memiliki dimensi 2800 mm x 1400 mm x 1350 mm. Mesin yang dibekali dengan mesin 177(9HP) / 188(12HP) Gasoline Engine ini memiliki tingkat panen lebih dari 600 m/h, volume 0.3 kg/s dan pemotongan 1200 mm.

Mesin yang dapat Anda gunakan untuk lahan sawah yang lembek ini dapat membuat proses panen padi menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu saja, mesin padi ini juga meminimalisirkan hasil panen yang terbuang.

Harga Rp. 104.500.000

Galaxy Combain Harvester 4LZ - 3.2 Mesin Panen Jagung dan Padi

Sumber gambar www.klikteknik.com

Galaxy Combain Harvester 4LZ - 3.2 Mesin Panen Jagung dan Padi adalah mesin yang berukuran 485 × 290 × 250 cm dan berat 3000 kg. Mesin yang mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 80 Liter ini memiliki kecepatan hingga 2600 rpm.

Dengan lebar pemotongan 208 cm, mesin pemanen ini dapat menghasilkan kapasitas panen 2 – 6 ha/hari. Mesin yang dilengkapi dengan empat silinder, berpendingin dan injeksi langsung ini dapat membuat kerja Anda menjadi lebih cepat dan lebih maksimal. Anda bisa mendapatkan produk ini di Kllkmesin dengan harga Rp 290.000.000.

Alat Mesin Reaper Pemanen Panen Jagung Padi Sorgum Pemotong Rumput Gajah SAAM 4GL120H

Alat Mesin Reaper Pemanen Panen Jagung Padi Sorgum Pemotong Rumput Gajah SAAM 4GL120H adalah mesin pemanen jagung atau padi. Mesin yang memiliki lebar potongan 120 CM dapat memotong tanaman dengan tinggi potongan minimum 5 CM.

Mesin pemanen yang memiliki berat 120 kg (tidak termasuk traktor) ini memiliki produktivitas hingga 2000-2600 M2 / JAM. Mesin pemanen ini dapat membuat proses panen menjadi lebih efektif dan maksimal.

Harga Rp. 14.500.000

Mesin Panen Padi Kombinasi / Mini Combine Harvester YANMAR YH 150

Mesin Panen Padi Kombinasi / Mini Combine Harvester YANMAR YH 150 adalah mesin pemanen yagn dirancang untuk dapat memanen dan merontokkan tanaman padi di sawah. Mesin yang memiliki ukuran panjang 3540 mm, lebar 1485 mm, tinggi 1800 mm dan berat 830 kg ini dilengkapi dengan engine diesel, 4-Stroke Horizontal.

Mesin yang memiliki jenis bahan bakar solar ini memiliki daya kontinyu 14.5 HP dengan daya maksimum 15.5 HP. Mesin penen padi ini dapat membantu Anda meminimalisirkan kerugian hasil panen.

Harga Rp. 142.475.000

Brush Cutter Mesin Babat Rumput Mesin Panen Padi Mesin Pemotong

Brush Cutter Mesin Babat Rumput Mesin Panen Padi Mesin Pemotong adalah mesin dari Matrix yang memiliki mesin berkekuatan 0.81 kw / 30.5cc. Mesin yang menggunakan bahan bakar bensin campur 25:1 ini menggunakan metode starting recoil stater.

Gagangnya yang terbuat dari bahan alumunium sangat kuat dan ringan. Anda bisa memanfaatkan mesin ini untuk memanen padi, jagung, tebu dan tanaman yang lain. Yuk, dapatkan segera produk ini!

Harga Rp. 1.169.000

Mesin Potong Serbaguna 6in1 Panen Padi Chain Saw Dll

Mesin Potong Serbaguna 6in1 Panen Padi Chain Saw Dll adalah mesin potong serba guna yang dilengkapi dengan alat pemotong yang sangat tajam.

Mesin chain saw ini dapat Anda gunakan untuk banyak hal, seperti memotong padi, kayu, rumput, pohon, gulma, dan lainnya. Mesin 2T dari Jepang ini membuat Anda dapat memotong banyak hal dengan mudah dan cepat.

Harga Rp. 3.500.000
From our editorial team

Mesin Panen, Untuk Efisiensi dan Efektivitas Panen dengan Hasil yang Lebih Banyak

Mesin panen adalah salah satu inovasi dan terobosan teknologi di bidang pertanian. Dengan demikian, Anda bisa membuat hasil panen menjadi jauh lebih banyak dan lebih cepat. Tentunya mesin yang direkomendasikan BP-Guide menjadi pilihan yang pas untuk Anda.