Pemilik Sawah, Ini 10 Rekomendasi Pupuk yang Bagus agar Padi Tumbuh Subur

Pemilik Sawah, Ini 10 Rekomendasi Pupuk yang Bagus agar Padi Tumbuh Subur

Pemupukan adalah bagian penting dari menanam tanaman, tak terkecuali padi. Apalagi jika padi adalah salah satu bahan pangan yang paling dicari di Indonesia. Agar padimu tumbuh baik, ada beberapa pupuk yang direkomendasikan. Cek rekomendasinya di bawah ini.

Pemupukan adalah Bagian Penting dari Penanaman Padi

Sumber gambar Shutterstock

Hasil panen yang melimpah merupakan harapan setiap petani. Namun untuk itu, banyak usaha yang juga diperlukan. Terutama terkait dengan pemeliharaan tanaman dan pengolahan tanah. Jika tanah subur dan tanaman Anda berasal dari benih yang bagus, maka mungkin Anda tidak perlu terlalu memikirkan perawatannya.

Namun begitu, hampir semua tanah perlu perlakuan tertentu agar hasil panen seperti harapan. Semua itu karena kadar hara dan mineral tanah berbeda-beda. Oleh karena itu pemupukan yang tepat juga penting. Tanaman padi juga tidak lepas dari masalah tersebut. Karena itu, pemupukan sangat penting untuk menentukan kesuburan hasil panen

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Pemupukan Padi

Pemberian Pupuk Harus Terjadwal

Sumber gambar Shutterstock

Seperti halnya zat gizi pada tubuh, pupuk bisa memberi nutrisi bagi tanaman padi Anda secara optimal. Agar optimal, maka Anda perlu memberi pupuk pada tanaman padi Anda secara teratur. Selain pemupukan yang terjadwal, Anda juga perlu memerhatikan waktu pemupukan padi yang tepat.

Biasanya dilakukan pada pagi sekitar jam 10 atau sore sekitar jam 3. Anda juga perlu pula memerhatikan umur tanaman padi yang Anda tanam, karena setiap varietas memiliki umur tanam yang berbeda-beda.

Cara Memupuk dengan Benar

Sumber gambar Shutterstock

Selain pemberian pupuk secara terjadwal, Anda juga perlu memperhatikan cara pemupukan dengan tepat agar terserap secara optimum. Jika Anda memakai sistem tegel, Anda bisa menaburkan pupuk secara merata ke area tanam. Sistem tanam pada jajar legowo memerlukan cara pemupukan yang beda lagi.

Ada pula cara pemberian pupuk yang dilakukan secara dijimpitkan pada setiap perempatan antar jarak tanam, sehingga pupuk bisa lebih lebih dihemat.

Perhatikan Fase Pertumbuhan

Sumber gambar Shutterstock

Pemberian pupuk juga harus mengingat pada fase pertumbuhan padi. Karena dalam setiap perkembangannya, dari masa vegetatif hingga masa generatif, padi memerlukan nutrisi yang berbeda.

Sebagai contoh, jika tanaman sudah mulai masa buah, pupuk yang mengandung fosfor mestinya diberikan. Karena bisa merangsang terjadinya buah. Sebaliknya itu, Anda tidak bisa terus memberikan pupuk berbasis nitrogen pada saat tanaman melalui proses vegetatif, karena pertumbuhannya akan terhambat.

Rekomendasi Pupuk untuk Padi Agar Pertumbuhannya Maksimal

Pupuk NPK 30 6 8

Sumber gambar BLANJA

Pupuk NPK (Nitrogen-Phospat-Kalium) sangat berguna untuk membuat tanah lebih gembur. Unsur N-P-K merupakan unsur hara makro. Pupuk ini juga bisa mencegah hilangnya unsur hara, meningkatkan daya serap unsur hara pada padi, serta meningkatkan perkembangan mikroorganisme tanah. Lebih pentingnya, pupuk NPK bisa meningkatkan hasil panen karena bisa memberi keseimbangan bagi unsur hara mikro, sesuai kebutuhan tanaman.

Jika Anda sedang mencari pupuk NPK, coba Pupuk NPK 30 6 8. Tiga angka di belakangnya merupakan jumlah persentase dari masing-masing pupuk. Bentuknya telah dalam kondisi tercampur atau blending, warna kecoklatan. Pupuk NPK hasil olahan UKM ini bisa dibeli di blanja.com dengan harga Rp 175.000 per 25 kg.

Pupuk Nasa Untuk Budidaya Padi

Sumber gambar Bukalapak

Untuk produksi padi yang optimum, coba menggunakan Pupuk Nasa Untuk Budidaya Padi. Pupuk hasil produksi dari PT Natural Nusantara, berguna untuk menggemburkan tanah yang keras, melarutkan residu sisa pupuk kimiawi di dalam tanah, serta mendukung kesehatan tanah. Karena 1 liter Nasa setara dengan 1 ton pupuk kandang terkait dengan fungsi unsur hara mikronya.

Pada tanaman, pupuk Nasa akan memacu pertumbuhan batang dan akarnya, mengurangi kerontokan bunga/buah, juga merangsang pengumbian. Pupuk ini juga bagus untuk daya tahan tanaman padi Anda. Anda bisa mendapatkan pupuk ini di Bukalapak dengan harga Rp 325.000 per paket 2.600 gr.

Pupuk Nitrea Urea

Sumber gambar Tokopedia

Pupuk urea juga diperlukan untuk tanaman padi. Unsur nitrogen diperlukan oleh tanaman. Secara praktis, urea akan diubah oleh tanah menjadi nitrogen. Nitrogen inilah yang akan dimanfaatkan oleh tanah dan tanaman.

Urea berbentuk prill curah warna putih yang sangat mudah larut di air. Urea berfungsi untuk meningkatkan kadar protein tanaman serta membuat tanaman lebih segar dan hijau. Urea juga bisa membuat tanaman cepat tumbuh dan bertunas.

Jika Anda memerlukan pupuk urea, coba pilih Pupuk Nitrea Urea dari PT Pupuk Kujang. Kadar nitrogennya Nitrogen 46.6%. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 8.500 per kg.

Pupuk Organik Cair Multitonik

Sumber gambar Tokopedia

Untuk memberi keseimbangan pupuk kimiawi, Anda juga perlu menggunakan pupuk organik. Anda bisa memilih Pupuk Organik Cair Multitonik. Pupuk cair ini merupakan pupuk lengkap yang berguna dan dapat diserap dengan gampang oleh tanaman. Fungsinya untuk meningkatkan hasil dan kualitas tanaman.

Pupuk cair Multitonik juga bisa merangsang pertumbuhan cabang, batang, daun, dan tanaman secara keseluruhan. Daya tahan tanaman terhadap hama juga meningkat. Pupuk ini mengandung C Organik 4.84% dan berbagai mineral berguna.

Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 13.500 per 500 ml. Harap perhatikan aturan pemakaiannya.

Pupuk Majemuk Multi Padi

Sumber gambar Tokopedia

Selanjutnya Anda mungkin juga memerlukan Pupuk Majemuk Multi Padi untuk tanaman padi. Produk ini merupakan pupuk majemuk yang sudah lengkap, dibuat dengan takaran khusus. Sehingga bisa membuat tanaman padi Anda meningkat hasil produksinya.

Pupuk Majemuk Multi Padi mudah larut dalam air, bisa meningkatkan produksi, membuat tanaman lebih kuat dan tidak mudah roboh. Pupuk ini juga meningkatkan penyerapan hara makro N-P-K serta membuat tanaman tahan hama. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 39.000 per kg. Perhatikan cara penggunaan untuk hasil yang optimal.

Simba Agri Pupuk Cair Organik [1 L]

Sumber gambar Bukalapak

Satu lagi pupuk cair yang harus Anda pertimbangkan adalah Simba Agri Pupuk Cair Organik 1 L. Pupuk organik cair ini merupakan hasil formulasi berbagai ragi probiotik dan bakteri yang bermanfaat untuk pertanian, terutama pertanian organik.

Pupuk organik ini bisa memperkaya unsur hara tanah dan memperbaiki strukturnya. Proses penyerapan unsur hara oleh tanaman juga semakin cepat. Lebih lagi, tanaman juga akan tahan hama serta semakin kuat. perhatikan cara pemakaiannya agar hasil semakin mantap. Anda bisa mendapatkannya di Bukalapak dengan harga Rp 38.000.

Pupuk KILAT Organik Cair

Sumber gambar Bukalapak

Pupuk KILAT organik cair juga perlu dipertimbangkan. Pupuk ini banyak sekali manfaatnya bagi tanah dan tanaman Anda, seperti merangsang pembungaan yang kuat sehingga tidak rontok. Selain itu juga memperkuat akar, batang, dan daun tanaman.

Pupuk organik cair ini juga efektif untuk mempercepat masa perkecambahan biji benih. Pertumbuhannya pun juga semakin cepat. Pada sisi tanah, pupuk ini mampu mengembalikan produktivitas tanah yang telah tandus.

Pupuk kilat ini juga bisa membuat Anda berhemat, karena bisa mengurangi konsumsi pupuk anorganik hingga 50%. Anda bisa mendapatkan pupuk ini di Bukalapak dengan harga Rp 165.000.

K Bioboost Pupuk Organik Untuk Tanaman Padi

Sumber gambar K-LINK

Pupuk organik memang sangat diperlukan untuk tetap menjaga kesuburan tanah. Anda bisa memilih K Bioboost Pupuk Organik Untuk Tanaman Padi. Pupuk cair ini mengandung mikroorganisme tanah yang berkualitas tinggi. Penggunaan yang sesuai aturan akan membuat tanaman Anda tumbuh sehat dan menghasilkan panen optimum.

Anda pun bisa berhemat dengan menggunakan pupuk ini. Konsumsi pupuk kimia Anda bisa berkurang hingga separohnya. Pupuk cair ini sangat bagus untuk padi, karena mengandung hormon pertumbuhan alami dan bisa membuat tanah cepat menyerap zat hara.

Zat hara sendiri dapat membuat tanah akan tetap subur. Tanaman pun bisa cepat berbuah dan dipanen. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee dengan harga Rp 115.000 per botol ukuran 1 liter.

From our editorial team

Pemupukan pada Padi

Pemupukan memang diperlukan untuk tanaman agar semakin baik pertumbuhannya. Selain itu ada berbagai jenis pupuk untuk kondisi yang berbeda. Pupuk-pupuk ini bisa membantu tanaman tumbuh maksimal. Jangan lupa untuk membaca cara penggunaannya, ya.