10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik dan Aman supaya Tubuh Tidak Gampang Sakit (2019)

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik dan Aman supaya Tubuh Tidak Gampang Sakit (2019)

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tinggi. Kurangnya nutrisi dari asupan makanan kerap membuat tubuh menjadi kekurangan vitamin C pula. Tak perlu khawatir, berikut ini BP-Guide telah menyiapkan rekomendasi suplemen vitamin C yang aman bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu.

Tubuh Membutuhkan Vitamin C agar Tetap Bugar dan Sehat

Tubuh kita memerlukan asupan berbagai macam vitamin untuk bisa berfungsi dengan baik. Misalnya saja vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk bisa tetap bugar dan juga sehat sepanjang hari. Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda menurut jenis kelamin dan usianya. Pria usia 16 sampai 80 tahun ke atas membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari. Sementara itu wanita dalam rentang usia yang sama membutuhkan 75 miligram vitamin C per hari.

Kita bisa menemukan vitamin C dalam berbagai buah dan sayur. Misalnya saja nanas, pepaya, kiwi, kubis hingga cabai.

Tubuh akan menyerap vitamin C secara berkala dan tidak sekaligus. Vitamin C akan masuk ke aliran darah dan diedarkan ke seluruh tubuh. Tidak semuanya terserap tubuh, karena sisa vitamin yang tak terpakai akan diproses oleh ginjal dan dibuang melalui urine.

Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai Antioksidan untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Dalam radikal bebas terdapat elektron bebas yang bisa mendonorkan elektron atau menerima elektron dari molekul sel tubuh yang sehat. Elektron bebas akan membuat radikal bebas menjadi sangat reaktif sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada sel di sekitarnya. Maka dari itu, tubuh butuh vitamin yang bisa menguatkan kekebalan tubuh terhadap radikal bebas.

Dalam vitamin C mengandung zat antioksidan yang tinggi. Zat ini diperlukan tubuh supaya daya tahan tubuh kita terhadap penyakit jadi lebih kuat. Jika vitamin C terpenuhi, maka tubuh bisa lebih kuat dalam menghadapi serangan bakteri dan radikal bebas yang menerpa kita setiap harinya.

Meningkatkan dan Menstabilkan Mood

Beberapa dari kita yang terlalu sibuk kadang mengabaikan pentingnya makanan bergizi. Kita tidak mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin kita sehingga tubuh jadi kurang bertenaga. Kamu yang merasa khawatir dan juga sering gelisah umumnya kekurangan vitamin C.Kestabilan mood juga jadi kurang terjaga. Penuhi kebutuhan vitamin C supaya mood kamu jadi bisa meningkat dan lebih stabil.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit adalah lapisan terluar dari tubuh kita yang perlu dijaga. Supaya bisa lebih maksimal, maka kamu wajib memenuhi kebutuhan kulitmu agar lebih sehat. Vitamin C rupanya juga bisa menyehatkan kulit kita loh. Vitamin ini akan membantu menghambat penuaan pada sel kulit kita. Selanjutnya, vitamin ini bisa membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. Ini adalah protein baik yang dibutuhkan untuk membantu mencegah munculnya aneka tanda penuaan dini pada tubuh.

Sebagai sumber antioksdan, vitamin C akan mampu mengaktifkan antioksidan lain di dalam tubuh. Gunanya adalah membantu meremajakan kulit dan membentuk kekuatan kulit supaya lebih kuat. Vitamin C ini juga bisa mencegah keriput serta munculnya garis halus di wajah loh.

Memilih Suplemen Vitamin C yang Aman bagi Tubuh dan Pencernaan

Kamu bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin C sebagai penambah kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Nah, sebelum memutuskan memilih suplemen, kamu wajib tahu dulu tips memilih suplemen yang aman untuk tubuh dan juga untuk pencernaan. Simak penjelasan BP-Guide di bawah ini ya.

Pilih yang Tingkat keasamannya Mendekati Netral

Saat memilih vitamin C bukan hanya asal beli saja, namun kamu harus tahu mana yang memiliki tingkat keasaman mendekati netral. Ini karena pada umumnya vitamin C bersifat asam dengan pH sekitar 3 sampai 4. Sementara itu, lambung kita memiliki rasa sensitif terhadap asam. Maka, jika kita memilih vitamin C yang terlalu asam, hasilnya lambung jadi perih. Ini berbahaya untuk yang mengidap penyakit maag.

Oleh sebab itu, usahakan memilih vitamin C yang tingkat keasamannya mendekati air dengan pH sekitar 6 hingga 7. Makin mendekati pH normal yakni 7, maka dipastikan suplemennya makin aman untuk kesehatan lambung.

Pilih yang Lebih Cepat Diserap Tubuh

Kebanyakan dari kita memilih vitamin C dengan dosis yang tinggi. Tujuannya supaya vitamin C bisa memberikan manfaat maksimal pada tubuh. Padahal anggapan ini keliru karena dosis tinggi tidak menjadi jaminan vitaminnya mudah terserap tubuh.

Vitamin C bisa efektif terserap hingga 250 miligram per hari. Jadi, meski dosisnya lebih tinggi dari itu, tidak akan memberi pengaruh banyak pada tubuh. Maka dari itu, makin tinggi dosis yang masuk, maka makin tinggi jumlah vitamin yang terbuang percuma.

Suplemen Vitamin C dengan Oksalat Rendah Lebih Baik

Memilih vitamin C sebaiknya yang memiliki oksalat rendah. Hal ini dikarenakan saat kita minum vitamin C dosis tinggi secara terus menerus, maka ada potensi pengendapan oksalat di ginjal. Oksalat sendiri merupakan metabolit akhir Vitamin C yang tidak terserap sempurna.

Oksalat bisa membahayakan karena berpotensi menyebabkan batu ginjal. Maka dari itu periksa komposisi vitamin C yang akan kamu beli. Usahakan memilih oksalat rendah sehingga tidak ada oksalat yang tertumpuk di dalam tubuh ya.

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik dan Aman bagi Tubuh

Blackmores Bio C Chewable Suplemen Vitamin C

Sumber gambar shopee.co.id

Blackmores Bio C Chewable 500mg ini bisa menjadi suplemen Vitamin C terbaik untuk kamu. Berisi 30 tablet, suplemen ini bisa dikunyah sehingga memudahkan untuk mengonsumsinya. Vitamin ini rasanya enak dan manis tanpa perasa buatan. Dengan ekstrak bioflavonoid sitrus untuk meningkatkan aksi vitamin C dalam tubuh, ada antikoksidan tinggi di dalamnya. Bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 155.900.

Nature's Plus Vitamin C Suplemen Kesehatan

Sumber gambar lemonilo.com

Nature's Plus Sustained Release Vitamin C 500 mg ini tentu saja bisa menjadi pilihan kamu selanjutnya. Produk suplemen vitamin C ini baik untuk kamu dan kesehatan tubuhmu. Hadir dengan teknologi Sustained Release, maka vitamin C terserap secara bertahap sepanjang hari. Daya tahan tubuh kamu bisa lebih terjaga sehingga kamu tidak gampang sakit.

Berisi 90 tablet produk ini bisa berperan dalam menjaga kesehatan jantung, sirkulasi darah, dan membantu mencegah kanker. Produk juga bisa membantu pembentukan kolagen dan meremajakan kulit. Dapatkan di Lemonilo dengan harga Rp 270.000.

Unicity Bio C Suplemen

Sumber gambar bukalapak.com

Unicity Bio C Suplemen ini bisa menjadi pilihan kamu. Dalam satu botol berisi 60 tablet yang bisa dikonsumsi 1 tablet 2 kali sehari. Suplemen ini akan memenuhi kebutuhan

Vitamin C untuk memelihara kesehatan tubuh. Turunkan kolesterol dan darah tinggi dengan tablet yang satu ini. Produk ini mengandung serat kompleks larut dan tak larut yang telah dipatenkan. Dilengkapi vitamin dan mineral sehingga terbukti klinis bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 225.000.

CNI Ester C Plus Suplemen

Sumber gambar geraicni.com

CNI Ester C Plus Suplemen ini cocok juga untuk kamu. Produknya diproses dengan teknologi terstandarisasi. Hadir dengan pH netral sehingga aman bagi lambung dan tidak bikin perih lambung. Produk ini aman dikonsumsi dan tidak berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, suplemen ini memiliki kadar oksalat rendah. Khasiatnya mampu menyembuhkan sariawan lebih cepat dan lebih baik. Vitamin ini juga memiliki kadar dalam leukosit 4 kali lebih tinggi. Produk ini akan menjaga elastisitas kulit dan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena tingginya antioksidan. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 167.500.

Vitalong C Suplemen Makanan

Sumber gambar shopee.co.id

Vitalong C Multivitamin Kesehatan Vitamin C 500 mg ini juga bisa menjadi pilihan tepat. Dalam satu botol berisi 30 kapsul yang bermanfaat. Multivitamin ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, terutama saat tubuh mengalami flu, infeksi, atau sedang dalam masa kehamilan. Cocok untuk kamu yang membutuhkan vitamin C lebih banyak seperti para olahragawan dan mereka yang bekerja keras sehingga rawan stres.

Setiap kapsulnya memiliki teknologi time release. Mudah larut dalam air, produk ini dapat terbuang bersama urine. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 33.900.

Wellness Excell-C + Beta Glucan Suplemen

Sumber gambar shopee.co.id

Wellness Excell-C + Beta Glucan Suplemen ini tentu bisa jadi pilihan tepat untuk kamu. Wellness adalah merek yang selalu menghadirkan produk vitamin terbaik.

Setiap tabletnya bisa membuat tubuh lebih kebal dari penyakit karena tinggi antioksidan. Ada tambahan Beta 1,3 Glucan yang menunjang manfaat Excell C. Kandungan ini aman bagi ginjal dan lambung. Cocok dikonsumsi mereka yang sensitif dan bermasalah dengan lambung. Daya tahan tubuh terpelihara dengan baik, penyakit seperti sariawan jadi lebih cepat sembuh. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 281.000.

Cenovis Vitamin C Suplemen Kesehatan

Sumber gambar blibli.com

Cenovis Vitamin C Suplemen Kesehatan ini bisa kamu pilih sebagai suplemen vitamin C terbaik. Dihadirkan oleh Cenovis, vitamin ini bisa menyembuhkan pilek dengan mengurangi keparahan dan durasi gejalanya sakitnya.

Berisi 150 tablet kunyah, produk ini akan mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa menjaga kesehatan gusi dan juga memperbaiki jaringan kulit lebih cepat dan lebih baik. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 170.000.

Sunkist Vitamin C Buffered Suplemen

Sumber gambar lemonilo.com

Sunkist Vitamin C Buffered Suplemen ini juga bisa menjadi andalan kamu kala butuh vitamin C. Mampu memperbaiki jaringan tubuh, sehingga daya tahan tubuh jadi lebih kuat lagi. Aman di lambung, kamu bisa mengonsumsinya supaya tetap bugar dan tidak mudah sakit meski kegiatan seabrek menantimu.

Sebagai antioksidan, produk ini juga mampu mengendalikan alergi dan menjaga kesehatan kulit. Produksi kolagen dalam tubuh jadi lebih terbantu dan bisa menyembuhkan semua jenis luka. Tubuh juga bisa terlindung dari efek buruk stres dan otak serta sistem saraf juga jadi lebih sehat. Dapatkan di Lemonilo dengan harga Rp 290.000.

Jamieson Chewable Vit C Orange Suplemen

Sumber gambar blibli.com

Jamieson Chewable Vit C Orange Suplemen bisa menjadi andalan kamu berikutnya. Vitamin ini bisa memberikan semua manfaat vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Suplemen ini hadir dengan rasa jeruk dan berupa tablet kunyah sehingga mudah dikonsumsi dan bisa menunjang kekebalan sistem imun tubuh.

Penyerapan zat besi lebih cepat, dan penyembuhan luka serta patah tulang juga lebih cepat dengan mengonsumsi produk yang satu ini. Bisa membantu mengatasi anemia juga karena tablet ini akan terlibat dalam hemoglobin dan sel-sel darah merah di sumsum tulang belakang. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 232.000.

Kirkland Signature Vitamin C 500 MG Suplemen

Sumber gambar tokopedia.com

Kirkland Signature Vitamin C 500 mg ini berisi 500 buah tablet. Suplemen kesehatan yang satu ini istimewa karena mengandung rose hips dan citrus bioflavonoids complex. Mampu menunjang aktivitas tubuh lebih maksimal, ada kandungan antioksidan tinggi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Tanpa perasa, pewarna, pengawet, laktosa, gluten, ragi, produk buatan Amerika ini aman untuk dikonsumsi. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 450.000.

From our editorial team

10 Suplemen Vitamin C Rekomendasi BP-Guide

Tak hanya makan makanan bernutrisi dan olahraga, kesehatan tubuh dapat ditunjang dengan mengonsumsi suplemen. Tubuh kerap kali kekurangan vitamin C akibat kurangnya asupan nutrisi dari makanan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Dengan artikel ini, kamu dapat memilih suplemen vitamin C yang aman untuk tubuh rekomendasi dari BP-Guide.