10 Rekomendasi Ide Kado Mainan Edukatif untuk Anak yang Merangsang Perkembangan Otaknya (2020)

10 Rekomendasi Ide Kado Mainan Edukatif untuk Anak yang Merangsang Perkembangan Otaknya (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Mainan edukatif sangat pas jadi pilihan untuk diberikan pada anak. Tidak hanya disukai anak saja, tapi mainan edukatif juga membantu perkembangan otak dan motoriknya. Ingin cari ide mainan edukatif untuk kado? Simak ulasannya berikut ini.

Anak-anak Sangat Suka jika Diberi Kado

Sumber gambar activeforlife.com

Anak Anda berulang tahun? Tentunya ini waktu yang tepat untuk memberikan kado terbaik yang berkesan dan membuatnya bahagia. Tidak hanya anak Anda, anak orang lain, baik itu keluarga, maupun anak sahabat, juga mesti mendapatkan kado spesial di hari spesialnya.

Kado untuk anak tentunya mesti dipikirkan dengan serius. Kado tersebut mesti berguna, namun disukai anak-anak. Kebanyakan anak-anak akan menyukai mainan dan sebagainya, namun akan lebih selektif.

Kado untuk anak perempuan, dan anak laki-laki tentunya sangat jauh berbeda, bahkan dari warnanya sekalipun. Bila anak penggemar salah satu karakter kartun tertentu, namun yang dibelikan adalah karakter kartun yang lain, bisa jadi ia akan kurang senang dengan kado tersebut. Apalagi, bila anak tersebut masih usia TK atau sebayanya, tentu memikirkan kado bisa dikatakan susah-susah gampang.

Tips Memberi Kado Edukatif Kepada Anak-Anak

Berilah Kado yang Dapat Merangsang Kreatifitas Anak

Sumber gambar whatmomslove.com

Kado yang tepat untuk anak adalah kado yang mampu mengembangkan kemampuannya, menumbuhkan kecerdasannya, juga menjadikan anak tersebut menjadi lebih kreatif dan inovatif. Hadiah-hadiah tersebut tentunya lebih berguna dan bermanfaat.

Anak yang kreatif akan cenderung selalu menciptakan hal yang baru dalam bentuk kreasi. Sedangkan anak yang inovatif tentunya akan menciptakan hal-hal yang benar-benar baru. Untuk menjadikan anak kreatif dan inovatif, diperlukan hal-hal yan dapat merangsangnya.

Stimulasi tersebut ada di mainan edukatif tertentu. Nah, mainan tersebutlah yang bisa menjadi kado yang tepat untuk anak. Selain disukai, juga berguna menjadikan anak semakin cerdas dan teredukasi. Apalagi, bila mampu menuangkan imajinasinya dengan baik dan bebas.

Berikan Hadiah Sesuai Kebutuhan Anak

Sumber gambar whatmomslove.com

Kata kuncinya adalah sesuai dengan usia penerima. Meski sama-sama berkategori anak kecil, tapi anak yang sudah kelas 5 SD tentunya tidak mau menerima hadiah untuk anak TK. Sedangkan anak TK juga begitu sebaliknya.

Karena itu, penyesuaian kado tersebut dengan usia anak mesti diperhatikan. Kadang-kadang banyak orang dewasa yang asal beli, apalagi kalau hanya melihat kategorinya sebagai hadiah untuk anak-anak.

Kalau Anda membeli produk yang tidak sesuai umur, tentunya selain anak tidak suka, kado Anda juga mungkin tidak menyentuhnya sama sekali. Nah, apabila ini adalah pertamakalinya Anda memberikan kado pada anak, maka Anda mesti memelajari dulu mana kado yang tepat sesuai usia, yah.a

Berikan Hadiah yang Bersifat Jangka Panjang

Sumber gambar www.huffingtonpost.ca

Membelikan makanan tentunya sangat disukai anak. Tapi, bukan untuk kado. Karena, kado terbaik adalah kado yang yang bisa digunakan oleh anak dalam jangka panjang.

Kado tersebut merupakan barang yang banyak kegunaannya, disukai anak serta bisa digunakan anak tersebut dalam waktu lama. Jadinya, kado tersebut akan berdampak bagi bagi anak. Semakin lama jangka waktu penggunaannya, maka akan semakin tinggi nilai kado tersebut di mata anak tersebut.

Apalagi, bila kado tersebut sangat disukai oleh penerimanya. Maka anak tersebut akan terus menggunakannya, dan menjadikan anak itu semakin erat hubungannya dengan Anda. Hadiah seperti film tertentu, tentunya akan kurang cocok untuk anak, karena jangka waktunya lebih pendek.

Sesuaikan dengan Budget

Sumber gambar www.smithsonianmag.com

Banyak yang menganggap, bukti kecintaan perlu diwujudkan dengan barang yang mahal. Faktanya tidak seperti itu, apalagi untuk anak-anak. Apakah untuk menunjukkan rasa peduli, Anda mesti mengeluarkan dana yang besar untuk hadiah?

Apalagi, belum tentu anak-anak tersebut suka dengan hadiah yang harganya mahal tersebut. Padahal, harapan Anda adalah penerima kado tersebut bahagia dengan kado yang diberikan. Untuk apa harga yang mahal, bila ternyata penerimanya tidak suka?

Tak penting berapa harga dari kado tersebut, terpenting adalah kegunaan dari barang yang diberikan. Terpenting lagi, sesuaikan pula dengan budget yang Anda miliki. Jangan memaksakan membeli produk dengan harga mahal, bila ternyata budget Anda tidak mencukupi.

Rekomendasi Kado Edukatif Terbaru 2020 yang Disukai Anak-Anak

Faber-Castell Twist Crayon Set 24

Anak memiliki bakat di bidang seni menggambar? Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Faber-Castell Twist Crayon Set 24. Produk ini merupakan crayon berkualitas tinggi yang mampu mendukung kegiatan anak menggambar dan mewarnai.

Menggambar dan juga mewarnai, tentunya meningkatkan imajinasi anak untuk terus berkreasi. Tentunya, hal tersebut anak akan semakin berkembang dan terus terasah kemampuannya.

Produk Faber-Castell Twist Crayon Set 24 juga menjadi crayon dengan material berkualitas, untuk keamanan anak Anda. Ada mekanisme putar, yang menjadikan anak bisa mengeluarkan dan memasukkan crayon. Bagian lead crayonnya lembut, tidak berdebu, tidak beracun dan tentunya memberikan warna yang cerah untuk gambar yang lebih indah.

Harga Rp. 65.000-80.000

Tsum Tsum Aladin-Red Innovative Ball

Bagaimana bila anak tersebut ternyata tertarik dengan olahraga? Khususnya sepakbola? Tentu, memberikan hadiah bola menjadi pilihan yang pas. Karena, hal itu bisa menjadikan anak terus melakukan kegiatan fisik yang menjadikan anak lebih sehat.

Ditambah lagi, bermain bola dengan tim mampu menjadikan anak melatih keterampilan sosial. Mulai dari kepemimpinan, empati, komunakasi dan sebagainya. Ditambah lagi, anak juga terus mengasah perkembangan motorik, otak dan perkembangan tubuhnya.

Hadiah bola yang tepat untuk anak salah satunya adalah Tsum Tsum Aladin-Red Innovative Ball. Produk ini adalah bola berbahan karet yang aman bagi anak. Ukurannya adalah 17 cm (diameter) yang tentunya akan sangat pas bagi anak.

Harga Rp. 29.900

Inone Peralatan Makan Anak Baby 5pcs Piring Mangkok Gelas Bahan Alami Aman dengan Pola

Bagaimana dengan anak yang susah makan? Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah membelikan produk peralatan makan khusus untuk anak, yang menjadikan anak jadi lebih suka dengan aktivitas makan. Namun demikian, perlu peralatan makan yang aman, tidak pecah namun berbahan alami dan tentunya disukai oleh anak baik bentuk maupun warnanya.

Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Inone Peralatan Makan Anak Baby 5pcs Piring Mangkok Gelas Bahan Alami Aman dengan Pola. Produk ini merupakan peralatan makan yang disukai anak, berwarna terang, aman bagi anak, dan tentunya tidak mudah pecah.

Produk ini dibuat dari bahan serat bambu alami. Terdiri dari piring, mangkuk, cup, sendok dan garpu dengan ukuran yang pas untuk anak dan ringan. Satu paket ini bahkan hanya seberat 680 gram menjadikannya ringan dan hadir dengan pola yang disukai anak. Juga aman digenggam, serta mudah dicuci.

Harga Rp. 79.900-169.000

GUNDAM KERORO GUNSO 13 DORORO ROBO 57436

Salah satu hadiah lainnya yang disukai anak adalah mainan robot-robotan. Apalagi, anak-anak kerap menyaksikan film robot dan menggemari salah satu karakternya. Film Transformer, Gundam dan lain-lain, tentunya menjadi pemantik anak menyukai robot-robotan.

Bila anak tersebut penggemar Gundam, maka produk yang bisa Anda pertimbangkan adalah GUNDAM KERORO GUNSO 13 DORORO ROBO 57436. Produk satu ini bisa mendukung anak Anda berpikir sistematis, karena robot ini bisa disusun dan dibongkar kembali.

Produk ini merupakan kit perakitan robot sederhana dari Dororo. Ada bagian dicetak dengan warna, stiker dan sebagainya yang diperlukan untuk menyusun sebuah robot. Jadinya, untuk membentuk Robo Peleton yang kuat itu, anak perlu menyusun dan menggunakan kemampuan berpikir sistematisnya.

Harga Rp. 99.000

RMB Sepeda Anak Pushbike 3.0 Air

Hadiah yang bisa dipertimbangkan berikutnya adalah sepeda. Dengan bersepeda, anak-anak tentunya bisa berlatih dan berolahraga dengan baik. Tidak hanya itu, ada banyak fungsi lain dengan anak memiliki sepeda.

Anak mulai belajar bertanggung jawab dengan barangnya sendiri. Ia akan menjaga kebersihan, juga menjaga sepedanya tetap dalam keadaan baik. Hal itu berdampak baik untuk masa depannya.

Salah satu produk yang direkomendasikan adalah RMB Sepeda Anak Pushbike 3.0 Air. Sepeda satu ini memiliki frame berbahan steel, fork rigid lengkap dengan ban angin yang dilengkapi ban dalam. Bagian stang, stem dan saddle adalah RMB komponen, dan ada 5 warna yang bisa dipilih sesuai kesukaan anak.

Harga Rp. 500.000-570.000

Hasbro Monopoly Token Madness Game - C0087

Salah satu permainan edukatif yang menyenangkan bagi anak adalah monopoli. Ini adalah jenis permainan yang bisa merangsang kemampuan anak berpikir solutif, juga melatih insting bisnis anak Anda. Hal itu sangat baik bagi anak untuk belajar mandiri dan melihat peluang.

Bermain monopoli juga menjadikan anak akan berpikir bagaimana cara mencari penyelesaian terhadap setiap masalah. Anak juga belajar mengantri dan menunggu giliran, karena ketika melempar dadu, maka anak akan menunggu gilirannya berjalan. Monopoli juga memberikan anak cara untuk membangun impiannya dan berbisnis, sehingga anak menyadari bahwa untuk sukses dibutuhkan kerja keras.

Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Hasbro Monopoly Token Madness Game - C0087. Produk dari Hasbro ini adalah jenis gameplay monopoly yang keren dengan 16 token, 8 di antaranya perak klasik dan 8 lainnya emas. Ada 28 title deed chard, 16 kartu kesempatan, 16 kartu komuniti chest, 1 paket uang, 32 rumah, 12 hotel, 2 dadu dan buku manual atau instruksi.

Harga Rp. 519.000-675.000

LEGO DUPLO brand Cars MaterS Shed 10856

Permaianan lain yang disukai anak tapi juga sangat baik untuk melatih kreatifitasnya adalah Lego. Produk satu ini bahkan menjadi salah satu produk dari Denmark yang sudah mendunia dan populer di semua anak. Bahkan, tidak hanya anak, tapi juga dewasa juga menyukai permaianan ini.

Anak bisa belajar mengenal warna, belajar menyusun sesuatu dengan sistematis, juga berlatih kesabaran dan kreativitas. Anak akan menghafal, menghitung, berkreasi, menyelesaikan masalah dan sebagainya dalam satu kali bermain. Hal-hal tersebut bisa menjadi bekal berharga anak untuk masa depannya.

Produk LEGO yang direkomendasikan adalah LEGO Duplo Brand Cars. Terdiri dari 23 pieces untuk anak usia 2 hingga 5 tahun. Produk ini tentunya tepat untuk anak yang menyukai Disney dengan karakter Mater dan lighting McQueen.

Harga Rp. 315.000-494.000

Wange 094 1A Rubic

Mainan edukatif berikutnya adalah rubik. Rubik menjadikan anak berlatih berpikir, daya ingat dan menyelesaikan masalah. Tidak hanya itu, rubik juga menjadikan anak mesti lebih sabar untuk menyelesaikan sesuatu.

Kelebihan dari rubik yang menjadikannya sebagai maian yang digemari adalah mampu melatih otak kanan dan kiri bersaman. Tidak hanya itu, kemampuan koordinasi, persepsi visual dan berimajinasi juga dilatih secara maksial dengan rubik ini.

Salah satu rubik yang direkomendasikan adalah Wange Rubik. Produk Rubik dari Wange ini adalah produk dari bahan plastik ABS yang kuat dan sudah bersertifikat SNI. Jadinya, lebih kuat dan tahan lama.

Harga Rp. 119.999-163.000

Ensiklopedia Saintis Junior: Antariksa

Anak gemar belajar dan membaca, serta memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi? Ada rekomendasi hadiah yang tepat untuk anak satu ini, yakni buku ensiklopedi. Buku satu ini adalah buku dengan penjelasan dan informasi tertentu, dengan bahasa yang lugas dan mudah dipahami anak.

Dengan ensiklopedia, anak-anak bisa seperti membuka dunia hanya dengan satu buku. Pemahaman yang komprehensif dan mendalam bisa didapati anak. Anak bisa mendapatkan pengetahuan berharga sesuai dengan kegemarannya, dengan buku ensiklopedi yang tepat.

Apabila anak Anda menyukai dan penasaran dengan alam semesta ini, maka ensiklopedi tentang antariksa bisa menjadi pilihan yang pas. Anak akan belajar mulai dari pesawat, robot, satelit dan planet-planet di luar bumi. Berbagai temuan teknologi, hingga kejadian unik di antariksa ini menjadikan anak semakin cerdas.

Harga Rp. 118.400-162.920

Intex-Kolam Renang Anak Pelangi Sunset Glow Baby Pool-57422 NP

Anak suka berenang? Kenapa tidak menghadirkan kolam renang di rumah Anda? Tapi bila rumah kecil, dan tidak ada kolam renang, maka produk kolam renang karet tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satu produk yang bisa dipertimbangkan adalah Intex Sunset Glow Pool Full Color.

Kolam renang portabel satu ini adalah kolam renang dengan warna pelangi yang disukai anak. Bahannya adalah PVC yang kuat berkualitas dan tentunya tahan lama. Ukurannya 1,47 m x 33 cm yang menjadikannya cukup luas untuk anak Anda belajar berenang dengan baik.

Kolam renang satu ini juga tidak memakan ruang. Anda hanya perlu memompa produk ini ketika akan digunakan, lalu diisi air secukupnya. Maka anak Anda bisa berenang kapan saja dan tentunya di mana saja, karena produk ini mudah dibawa-bawa.

Harga Rp. 136.500-264.900
From our editorial team

Hadiah Terbaik dengan Harga Terjangkau

Rekomendasi produk yang dipaparkan BP-Guide di atas adalah pilihan hadiah mainan edukatif yang bisa Anda pertimbangkan untuk anak Anda. Tentunya, harga yang terjangkau bisa Anda dapatkan untuk produk terbaik. Simak terus berbagai ulasan dan rekomendasi produk menarik dari BP-Guide lainnya.

Tag