10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan Orangtua untuk Mengawasi Anak (2020)

10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan Orangtua untuk Mengawasi Anak (2020)

Smartwatch anak adalah salah satu gadget yang kini bisa dimanfaatkan orangtua untuk mengawasi anak meskipun dari jauh. Kalau ingin mencari smartwatch yang tepat, coba saja cek rekomendasi dari BP-Guide berikut!

Teknologi Juga Bisa Digunakan Anak Dalam Bentuk Smartwatch

Sumber gambar www.megebyte.com

Berkembangnya teknologi rupanya memiliki dampak langsung pada berkembangnya berbagai aksesori. Misalnya saja jam tangan yang kini telah di-upgrade menjadi smartwatch. Selain penunjuk waktu, smartwatch juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti penanda lokasi, sinkronisasi alat komunikasi, dan masih banyak lagi.

Kini berbagai keunggulan dari smartwatch tak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa. Sudah banyak produsen yang menghadirkan koleksi smartwatch canggih dan juga trendi bagi anak-anak.

Manfaat Menggunakan Smartwatch Anak

Bisa Melakukan Komunikasi Dua Arah

Sumber gambar www.wareable.com

Hadirnya smartwatch bagi anak-anak memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah kemampuan komunikasi dua arah. Sama seperti ponsel, smartwatch dapat diaktifkan dengan menggunakan simcard.

Dengan begitu, orangtua dapat selalu terhubung dengan anak di berbagai kesempatan. Para orangtua juga tak perlu khawatir, lantaran smartwatch dibekali teknologi untuk otomatis memblokir panggilan asing. Bahkan, telah hadir produk watch phone yang dapat memunculkan notifikasi pada ponsel orangtua yang terhubung sebagai admin.

Berteman dengan Sesama Pengguna Lain

Manfaat lain dari penggunaan smartwatch adalah kesempatan untuk terhubung dengan sesama pengguna. Hal ini bisa menjadi pertimbangan jika si kecil hadir di lingkungan dengan teman sebaya yang menggunakan smartwatch.

Dengan adanya fitur pertemanan pada jam tangan pintar ini, anak-anak dapat bersosialisasi dan menjalin pertemanan dengan mudah. Tak hanya untuk saling terhubung, dengan fitur ini anak-anak juga bisa berkomunikasi mengenai urusan sekolah tanpa menggunakan ponsel.

Mode Kelas

Sumber gambar www.edutopia.org

Bukan rahasia lagi bahwa anak-anak selalu penasaran dengan hal-hal baru, apalagi megenai teknologi. Para orangtua tak perlu khawatir anak-anak tidak fokus sekolah lantaran bermain smartwatch. Dengan fitur mode kelas atau class mode, orangtua sebagai admin watch phone mampu mengatur smartwatch agar berfungsi layaknya jam tangan biasa dengan menunjukkan waktu saja.

Dalam mode ini, tombol panggilan darurat masih tersedia untuk menghubungkan anak dengan orangtua sebagai admin watchphone. Tentu fitur ini memudahkan orangtua dalam memastikan anak tetap fokus pada pelajarannya dan tidak terdistraksi oleh smartwatch yang digunakan.

Mengetahui Keberadaan Anak

Sumber gambar bestaliproducts.com

Salah satu keunggulan yang paling dicari oleh para orangtua dalam memilih smartwatch sebagai jam tangan untuk anak-anak adalah kemampuannya untuk mengetahui keberadaan anak. Bukan rahasia lagi bahwa orangtua kerap kali dibuat khawatir ketika jauh dengan anak.

Kini, dengan fitur global positioning system (GPS) pada watchphone, orangtua dapat mengetahui lokasi anak secara real time. Bahkan orangtua bisa mengetahui pergerakan anak melalui sensor percepatan yang ada pada smartwatch. Dengan begitu, orangtua menjadi lebih tenang dan mudah dalam memantau keberadaan si kecil.

Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik

IMOO Z2 Smartwatch Anak

IMOO Z2 Smartwatch Anak adalah produk jam tangan pintar untuk anak-anak yang patut dimiliki. Produk ini telah dilengkapi dengan beragam fitur, seperti fitur video and call dan fitur tahan air.

Produk dengan layar 1,3 inci ini dibekali kamera 2 MP dan ROM berkapasitas 256 MB + 512 MB. Sistem operasi yang digunakan adalah sistem Android 4.4. Baterainya bisa bertahan hingga 72 jam. Smartwach ini tersedia dalam warna hijau dan pink yang disukai anak-anak.

Harga Rp. 2.100.000-2.225.000

Snifa23 Smartwatch Anak Anti Air IP67

Snifa23 Smartwatch Anak Anti Air IP67 menjadi rekomendasi produk selanjutnya yang patut dilirik. Produk ini dibekali dengan berbagai fitur, seperti GPS, WiFi, LBS positioning, panggilan SOS, dan kesehatan.

Dimensinya 45 x 39 x 15 mm dengan dukungan layar sentuh dan G-senser. Dilengkapi dengan chip MTK MT2503, produk ini dapat dioperasikan dengan satu kartu SIM. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 2.3 dan iOS 5.0.

Keunggulan lain dari smartwatch ini adalah dapat memeriksa rute historis dalam tiga bulan terakhir. Tak hanya itu, jam tangan keren ini didukung bahasa Cina sederhana, Inggris, dan Rusia. Satu paket smartwatch dengan baterai 450 mAh ini berisi masing-masing satu smartwatch, kabel, dan manual.

Harga Rp. 889.900-1.704.971

Smartwatch Anak Layar IPS Anti Hilang IP67

Tak mau memberikan jam tangan pintar pada anak karena khawatir mudah hilang? Kini Anda perlu mengenal produk Smartwatch Anak Layar IPS Anti Hilang IP67. Produk ini dilengkapi pelacak GPS, LBS, serta A-GPS.

Smartwatch ini memiliki berbagai kegunaan, seperti panggilan dua arah, SMS, panggilan SOS, pedometer, alarm, dan pagar GEO. Smartwatch ini juga tahan air sehingga aman digunakan kala mencuci tangan hingga berenang.

Beroperasi dengan kartu SIM mikro, produk ini menggunakan baterai 3.7 V 460 mAh. Produk berukuran 110 x 75 x 65 mm ini dibekali layar sentuh HD IPS 1.22 dengan resolusi 240 x 240 dan fitur kamera 1,3 MP. Tersedia dalam warna biru, merah muda, dan ungu yang bisa dipilih sesuai selera anak-anak

Harga Rp. 1.040.488-1.068.337

Q90 Smartwatch Anak

Q90 Smartwatch Anak menjadi salah satu produk smartwatch yang cocok dihadiahkan untuk si kecil. Smartwatch ini dilengkapi berbagai fitur, seperti GPS, LBS, panggilan darurat SOS, dan monitor jarak jauh.

Jam tangan pintar ini menggunakan layar warna 1,22 inci yang didukung sistem Android 3.0+ dan iUS 6.0+. Material yang digunakan adalah shell ABS serta silicon yang dapat dilepas pada bagian talinya.

Produk dengan frekuensi GSM 1900 MHz ini menggunakan kartu SIM yang mendukung jaringan 2G dalam pengoperasiannya namun sudah cukup mumpuni untuk digunakan oleh anak-anak.

Harga Rp. 1.075.000-1.454.666

Wonlex gw400x

Bingung mencari smartwatch berkamera untuk anak? Produk Smartwatch Anak WONLEX GW400X bisa menjadi pilihan. Produk keluaran WONLEX ini dilengkapi WiFi location sehingga lebih akurat dalam menunjukkan lokasi real time anak. Disertai fitur daily waterproof IP67 sehingga aman digunakan anak ketika terkena cipratan air.

Produk ini juga dibekali kamera 0,3 MP sehingga Anda bisa menghubungi anak melalui video call. Smartwatch Anak WONLEX GW400X menggunakan sistem MT2503 yang kompatibel dengan Android dan iOS.

Produk berukuran 39.35 x 46 x 15.6 mm ini disertai layar 1.22 inch touch colorful. Jam tangan ini menggunakan baterai gel polimer berkapasitas 405 mAh.

Harga Rp. 1.000.000-2.130.000

Xiaomi Xiaoxun Kids Watch Smartwatch

Siapa yang tak kenal dengan Xiaomi? Merek yang lebih dikenal dengan produk smartphone ini rupanya juga memproduksi smartwatch untuk anak-anak, salah satunya adalah Xiaomi Xiaoxun Kids Watch Smartwatch GPS.

Jam tangan pintar ini memiliki layar sentuh modular besar berukuran 1,44 inci. Produk ini terbuat dari bahan silikon food grade yang aman untuk anak-anak. Terdapat lima penentuan posisi pada jam ini yaitu GPS, kompas, stasiun pangkalan, WiFi, dan sensor gravitasi.

Fitur lain dari smartwatch anak ini adalah obrolan bahasa WeChat dan satu kunci SOS untuk bantuan. Dalam sekali pengisian daya, produk ini bisa digunakan hingga 4 hari. Tahan air, Xiaomi Xiaoxun Kids Watch Smartwatch GPS ini juga memiliki radiasi yang sangat rendah.

Harga Rp. 513.000-642.000

BIP BIP V.02 Family's Guardian GPS Watch

Bipbip V.02 Green Smart Watch Anak adalah produk jam tangan pintar anak selanjutnya yang bisa dijadikan koleksi. Beberapa fitur yang tersedia dalam jam tangan ini adalah voice chatting, GPS, WiFi, BTS posisi, pedometer, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai fitur di atas, jam tangan ini memiliki berbagai fungsi dan keunggulan. Misalnya saja dalam kondisi darurat, anak dapat mengirimkan sinyal tanda bahaya pada orangtua melalui aplikasi Bipbip. Orangtua juga dapat mengatur zona aman bagi anak pada smartwatch.

Bahkan, dengan jam tangan ini orangtua dapat mendukung kesehatan anak dengan memperhitungkan jumlah kalori yang terbakar dengan fitur pedometer. Jam tangan dengan material karet ini dilengkapi dengan garansi 1 tahun pada setiap pembelian.

Harga Rp. 1.873.500-2.024.000

Garmin Vivofit Jr 2

Rekomendasi berikutnya adalah Garmin Vivofit Jr 2 Smartwatch yang merupakan produk keluaran Garmin. Jam tangan uniseks ini hadir dengan seri Vivofit yang tahan air hingga 5 ATM.

Terbuat dari material polimer pada case-nya dan screw case back untuk kacanya, produk ini menggunakan kristal mineral yang dilengkapi strap berbahan silikon.

Memiliki case berdiameter 19 mm dan ketebalan case 9 mm, jam tangan ini cocok untuk anak usia 4-7 tahun. Dengan baterai yang tahan lebih dari 1 tahun, produk ini bisa menyimpan history hingga 4 minggu.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh jam tangan ini, antara lain adalah kalender, automatic daylight saving, alarm, timer, stopwatch, bluetooth, step counter, move bar, dan sleep monitoring. Produk ini juga kompatibel untuk iPhone dan Android.

Harga Rp. 1.199.000-1.999.000

VTech Kidizoom DX2

Produk smartwatch anak berikutnya yang patut dipilih adalah VTech KidiZoom Smartwatch DX2 Camouflage. Jam tangan dengan dimensi 8,9 x 1,8 x 0,7 inci ini dapat disesuaikan sebagai jam tangan analog atau digital sesuai keinginan si kecil.

Produk ini juga dilengkapi game monster catcher yang menarik, sehingga anak tidak akan mudah bosan. Beberapa fitur lain yang tersedia pada produk ini adalah sensor gerak, pedometer, dan pengontrol waktu.

Smartwatch yang cocok untuk anak usia 4-12 tahun ini disertai kabel Micro-USB yang berfungsi untuk mengunggah foto dan video, isi ulang baterai, serta mengunduh konten gratis. Tersedia pula kamera yang memungkinkan anak dalam mengambil video atau gambar untuk mengabadikan momen favorit.

Harga Rp. 1.702.482-3.332.000

Fitbit Ace 2 Activity Tracker for Kids 6+

Fitbit Ace 2 Smartwatch Anak menjadi produk yang terakhir direkomendasikan. Jam tangan ini terbuat dari material stainless steel.

Dilengkapi perlindungan IPX7 water resistant, jam tangan ini mendukung aktivitas si kecil dalam berbagai cuaca. Hemat energi, baterai jam tangan bisa tahan hingga 5 hari pemakaian.

Beberapa layanan tracking data yang tersedia, antara lain adalah aktivitas, pembakaran kalori, jarak, aktivitas tidur, dan waktu tidur.

Dalam satu paket produk ini berisi masing-masing satu buah smartwatch, Ace classic wristband, dan kabel charging. Produk smartwatch ini juga dilengkapi garansi resmi 1 tahun dari Fitbit.

Harga Rp. 1.065.000-1.269.000
From our editorial team

Pilih Smartwatch Anak Sesuai Kebutuhan dan Bujet

Kalau sedang mempertimbangkan smartwatch yang tepat untuk anak, sebaiknya orangtua perlu mempertimbangkan dulu fungsi utama smartwatch yang dibutuhkan. Cek dulu fitur yang ditawarkan dan ada baiknya jika mempertimbangkan juga harga serta bujet yang dimiliki. Jangan lupa untuk mengecek keaslian barang supaya tidak tertipu dengan barang palsu, ya!