Jangan Salah Pilih, Inilah 10 Rekomendasi Jam Tangan Anak Perempuan yang Paling Favorit (2020)

Jangan Salah Pilih, Inilah 10 Rekomendasi Jam Tangan Anak Perempuan yang Paling Favorit (2020)

Jam tangan tidak hanya untuk orang dewasa, namun anak-anak pun akan lebih baik jika sudah dikenalkan dengan konsep waktu melalui jam tangan yang dikenakannya. Tapi, tidak bisa asal pilih lho. Yuk, langsung saja cari tahu jam tangan keren dan berkualitas untuk anak perempuan!

Anak juga Perlu Diajarkan untuk Mengenal Waktu dengan Menggunakan Jam Tangan

Pada awal kemunculannya, jam tangan lebih berfungsi kepada perhiasan, baik berupa jam saku atau jam tangan. Baru pada awal World War II, jam tangan ini diakui fungsinya untuk mengetahui waktu dengan lebih mudah. Sejak itu, penggunaan jam tangan mulai masif digunakan. Tidak heran, karena barang siapa yang menguasai waktu, tentu ia bisa menguasai banyak hal.

Karena pentingnya memahami waktu, tentunya kamu bisa mengenalkan jam tangan pada anak. Memperkenalkan konsep waktu bukan hanya untuk mendeteksi jam dan menit pada satu waktu, melainkan mempunyai makna lebih kepada manajemen. Mengenal waktu berarti bisa menghitung-hitung jadwal kegiatan, sehingga anak-anak bisa mengefisiensikan waktu 24 jam yang kamu punya.

Tidak hanya belajar untuk mengatur waktu, mengenal konsep jam juga berarti mengenal konsep matematis di balik perhitungan waktu. Misalkan saja, pada jam analog, anak diperkenalkan dengan konsep 1 jam berarti 60 menit, dan 1 menit berarti 60 detik. Lalu, masing-masing angka pada jam berarti kelipatan 5 pada hitungan menitnya.

Agar Jam Tangan Cocok untuk Anak, Pelajari Dulu Tips Membeli Jam Tangan Anak

Kualitas Jam Tangan

Tidak hanya aktivitas kognitif, anak-anak pun butuh aktivitas fisik yang menuntutnya untuk bergerak sampai berlari. Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan anak, maka fisik anak semakin sehat. Karena begitu banyak aktivitas, maka barang-barang yang anak kenakan harus terbuat dari kualitas yang baik. Apalagi, jam tangan yang tidak bisa lepas dari keseharian.

Misalkan saja, ketika anak bermain basket atau sepak bola, tentunya akan ada kemungkinan anak jatuh dan jam tangan beradu dengan semen yang keras. Atau bisa saja jam tangan terbentur bola berkali-kali. Kalau jam tangan berkualitas baik, tentunya tidak akan terpengaruh dengan benturan-benturan ini. Tentunya kamu tidak suka kalau harus terus-menerus mengganti jam tangan anak, bukan?

Sebisa Mungkin Tahan Air

Jam tangan yang tahan air juga sangat diperlukan. Walaupun sambil berenang dan bermain, anak tetap bisa mengatur waktu, sehingga tidak kelepasan bermain seharian. Karena itu, sangat penting mempunyai jam tangan, bagi anak-anak dan dewasa, dengan daya resisten yang baik terhadap air.

Kalau anak kamu suka berenang, kamu bisa membelikan mereka jam tangan dengan daya water resistant sebesar 50 hingga 100 meter. Karena daya ini akan menjaga jam tetap berfungsi baik, walaupun direndam di dalam air. Kalau kamu dan anak-anak suka olahraga yang lebih ekstrim, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jam dengan daya resisten terhadap air yang lebih tinggi.

Karakter yang Sesuai

Sudah awam diketahui kalau jam tangan juga merupakan aksesori pada penampilan. Karena letaknya yang memang cenderung di area terbuka pada tubuh, pemilihan jam tangan bisa mendukung atau merusak penampilanmu.

Untuk anak-anak, kamu bisa memilih karakter yang sesuai dengan kesukaan dan favorit mereka agar mereka tertarik dan tidak bosan memakai jam tangan. Tentu saja, kamu harus berhati-hati dalam memilih jam tangan berkarakter ini. Karena ditambah dengan motif-motif yang rumit, jam tangan bisa menjadi berlebihan dan norak. Karenanya, sulit untuk dipakai di segala situasi.

Maka dari itu, diskusikan pilihan jam tangan dengan anakmu, supaya dia mendapatkan jam tangan dengan karakter yang dia sukai, tapi dengan warna dan bentuk yang tetap nyaman dipandang mata. Selain itu, kalau ditambah dengan karakter favorit mereka, kamu akan lebih mudah menarik perhatian mereka untuk belajar tentang waktu.

Ukuran yang Pas

Karena anak-anak biasa bergerak secara aktif, pemilihan jam tangan dengan lingkar yang sesuai juga harus dipertimbangkan. Kalau terlalu longgar, pastinya jam tangan ini akan hilang dalam sekejap. Walaupun jam tangan biasanya dilengkapi dengan pengaturan ukuran lewat lubang-lubang pengait, kamu tetap harus mengecek apakah ukuran tangan anak cocok dengan jam tangan.

Bisa saja ukuran strap yang panjang membuat jam tetap longgar sekalipun telah dikaitkan ke lubang pengait yang paling ujung. Cermat sebelum membeli adalah keharusan, kalau kamu tidak mau menyesal. Secara tidak langsung kecermatan ini juga bisa diajarkan kepada anak-anak, lho!

Rekomendasi Jam Tangan Anak Wanita

Minnie Mouse 1030040202 Proyektor Digital Jam Tangan Anak Perempuan

Seluruh anak di dunia tentu tahu Minnie Mouse. Dengan gerak-gerik feminine dan pita pink besar di atas kepalanya, karakter ini memberikan ciri khas yang imut dan manis. Dilengkapi dengan penutup jam berupa muka Minnie Mouse ini dipadu dengan strap bermotif gambar seluruh tubuh Minnie Mouse yang cantik.

Jam ini bisa membantu anak-anak untuk lebih mudah mengenal waktu, karena format digital dengan penunjuk jam dan menit berupa angka-angka yang jelas. Selain itu, jam tangan ini dilengkapi dengan proyektor gambar ke dinding, yang akan membuat anak-anak makin tertarik untuk mengenakan jam ini.

Jam tangan Minnie Mouse 1030040202 ini dilengkapi dengan strap berbahan rubber, sedangkan penutupnya terbuat dari plastik. Pemasangannya pun mudah, karena tinggal dikaitkan dengan pin yang ada di strap.

Harga Rp. 64.000-70.000

Q&Q VP47J033Y Analog Petite Jam Tangan Anak Wanita

Sumber gambar https://www.blibli.com

Anak-anak biasanya menyukai barang-barang yang beraneka warna. Memang warna-warni ini sendiri merupakan stimulasi yang baik bagi visual anak. Jam tangan analog Petite ini mengusung tema colorful sekaligus playful dengan 3 warna berbeda dipadu dengan motif bangun datar, seperti segitiga, persegi dan lingkaran.

Kedua strapnya menggunakan warna berbeda yang kontras antara biru dan merah, dipadukan dengan case jam berwarna kuning. Ditambah dengan tingkat water resistant sebesar 100 meter atau 10 ATM, jam ini cocok buat anak-anak yang sporty dan suka berenang. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau anak-anakmu malas membuka jam ketika berenang.

Membaca waktu pada jam ini mungkin lebih sulit daripada jam digital, tapi melalui jam ini, kamu bisa membiasakan anakmu untuk memahami pembacaan jam analog. Jam ini bisa kamu dapatkan di Blibli dengan harga Rp 250.000, yang sekarang ini tengah dibanderol dengan harga khusus sebesar Rp 199.000.

Q&Q VQ96J Jam Tangan Anak Perempuan

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Warna pink termasuk warna yang sangat digemari sejak zaman dulu. Kalau dulu warna pink biasanya digunakan oleh kalangan bangsawan karena dianggap warna yang sophisticated, sekarang ini warna pink sudah menjadi warna untuk semua. Orang dewasa sampai anak-anak menyukai warna ini.

Tidak heran kalau Q&Q memutuskan untuk memakai warna ini lagi untuk produknya. Jam Q&Q VQ96J ini didesain dengan motif yang mengusung kontras antara pink gelap dan terang, sehingga tampak cerah, namun tidak berlebihan. Dengan motif bintang-bintang dan planet, yang biasa disukai anak-anak, jam tangan ini akan membuat penampilan anakmu jadi terlihat semakin manis.

Jam ini dilengkapi dengan index dan arabic numeral dengan 3 jarum penunjuk bergerak dalam Quartz movement yang akurat untuk menunjukkan waktu. Jam ini juga bisa dipakai untuk anak-anak ketika bermain di kolam renang. Di Blibli, jam tangan ini dibanderol dengan harga Rp 123.000. Strap yang berbahan karet juga tidak akan terpengaruh kalau basah dalam waktu yang lama.

Q&Q VP47J035Y Analog Petite Watch Jam Tangan Anak Wanita

Sumber gambar https://www.blibli.com

Siapa bilang biru hanya untuk anak laki-laki? Jam ini membuktikan kalau warna apapun itu sebenarnya tidak spesial diperuntukkan bagi salah satu gender. Warna biru langit pada strap yang lembut berpadu apik dengan warna biru gelap pada case jam.

Pada bagian strap yang satunya, warna putih kebiru-biruan dilapisi dengan motif segitiga-segitiga yang asimetris, membuat jam tangan ini tampak trendi sekaligus elegan. Apalagi, dengan model sederhana pada bagian case yang dipercantik dengan crown berwarna silver.

Jam tangan ini memiliki 3 jarum, sehingga akurat dalam menentukan jam, menit dan detik ketika anak-anak beraktvitas. Selain itu Quartz movement memastikan tingkat akurasi alat penunjuk waktu ini. Jam keluaran produsen dari Jepang ini juga water resistant, jadi kamu tidak perlu khawatir kalau anak-anak memakainya ketika bermain dengan air.

Produk ini tersedia di Blibli dengan harga Rp 250.000. Kalau kamu masih ragu membelinya, kamu mungkin tertarik untuk memeriksa jam ini sekarang juga, selagi produk ini dijual dengan harga khusus, yaitu sebesar Rp 199.000.

Disney FZ5000 Frozen Original - Jam Tangan Anak Perempuan - Biru

Siapa yang tak kenal Elsa dan Anna, salah satu karakter utama dalam Frozen? Pada waktu film ini diputar pertama kali, rasanya semua anak-anak ingin jadi Elsa dan Anna. Bahkan, ada orang dewasa yang memakai kostumnya.

FZ5000 ini menggunakan tema Frozen yang pasti akan disukai anak-anak, sebagaimana halnya film Frozen sendiri. Jam ini didesain dengan wajah Elsa dan Anna menjadi latar yang dibingkai dengan case stainless steel. Hal ini membuat keduanya menjadi fokus perhatian pada jam ini. Ditambah dengan gantungan snowflakes perak yang manis menambah daya tarik jam ini.

Jam tangan analog ini bisa membantu anakmu terbiasa menggunakan logika numerik, dengan memahami deret-deret jam yang berdurasi 5 menit. Karena jam tangan ini menunjukkan waktu hingga ke detik-detiknya, kamu juga bisa mengajarkan anak kamu tentang konsep detik pada penunjuk waktu.

Harga Rp. 270.000-351.000

Smiggle Colour Change Slapband Rabbit

Jam tangan dengan model slapband ini akan menarik bagi anak-anak. Sekali 'slap!' ke pergelangan tangan, jam tangan ini akan melingkar dengan sendirinya. Bahkan, warna ini bisa berubah-ubah.

Jam tangan ini mempunyai 4 desain yang berbeda, yaitu kelinci, pengontrol permainan, sepak bola dan unicorn. Salah satunya adalah kelinci. Dengan penutup wajah kelinci yang tersenyum ditambah semarak warna-warni motif kelinci di seluruh strapnya, jelas jam tangan ini punya kesan meriah dan playful.

Jam ini cocok untuk anak-anak dengan warna-warni elektrik yang meriah darinya. Memasangnya pun mudah, anak tinggal sedikit menghempaskannya di pergelangan tangan.

Harga Rp. 175.000-205.000

SKMEI 1478 Anak Jam Olahraga 50 M

Jam tangan SKMEI 1478 ini memiliki daya resisten terhadap air yang baik, hingga ketahanan 50 meter atau 5 ATM. Jadi, jam ini bisa dibawa ketika anak berenang atau sambil bercucuran keringat seusai olahraga.

Penggunaan jam digital pada jam SKMEI 1478 ini akan memudahkan anak untuk mengenal waktu. Ditambah dengan desain yang cantik dengan warna ungu gelap pada strap dan perpaduan hot pink dan baby pink pada case jam akan menarik perhatian anak. Apalagi dengan fitur cahaya yang akan membuat anak akan lebih tertarik mengamati jamnya.

Fitur khusus yang membuat jam ini spesial buat anak-anak adalah adanya kronograf, kalender dan sistem waktu lebih spesifik dengan format 12/24-nya.

Harga Rp. 98.000-104.000

Jam Tangan Anak Perempuan Anti Air - Ungu Pink Merah Putih Biru

Jam tangan ini menggunakan format analog yang bisa mengajarkan tentang konsep matematis pada jam. Ditambah dengan 3 pergerakan jam, yaitu jam, menit dan detik, anak-anak bisa menentukan waktu dengan lebih akurat. Pergerakannya juga menggunakan Quartz movement, yang lebih terjamin akurasi waktunya.

Tersedia berbagai macam pilihan warna, jam hamster imut ini akan mencerahkan penampilan anak-anak sekaligus mengajarkan anak untuk menghargai waktu dengan cara yang menyenangkan. Ada warna shocking pink, pink muda, biru, putih, ungu dan hitam-putih. Semua sama imutnya.

Strapnya sendiri terbuat dari karet, sehingga anak-anak akan nyaman memakainya. Dipadu dengan case jam yang terbuat dari stainless steel yang awet dan tahan lama.

Harga Rp. 50.000-129.000

Synoke Jam Bermerek Anak Kuarsa Warna Permen Menyenangkan Kaos Gambar Kartun Strap 5195

Modelnya sendiri sederhana, dengan casing berbentuk bundar dipasangkan dengan strap mungil yang manis. Ditambah aksesori sederhana berbentuk kupu-kupu pada case jam, jam Synoke ini jadi semakin manis. Strap ini terdiri dari berbagai pilihan warna layaknya permen warna-warni, seperti shocking pink, pink muda, putih, biru dan ungu.

Case jam ini terbuat dari aloi, yaitu campuran dua logam yang menghasilkan karakteristik logam yang lebih baik. Dipadu dengan penutup jam berupa akrilik, kamu tidak perlu khawatir jam ini akan pecah kalau anak-anak tidak sengaja menjatuhkan atau membenturkannya.

Dengan daya water resistant 30 meter atau 3 ATM, anak-anak bahkan bisa memakainya ketika berhujan-hujanan, tentu saja tidak boleh dalam waktu yang lama atau dalam kondisi hujan yang sangat deras. Dengan strap berbahan kulit PU, jam tangan ini akan mudah dibersihkan dari noda-noda bekas aktivitas anak kamu.

Harga Rp. 153.000

Fortuner Digital - Jam Tangan Perempuan - Rubber Strap - FR 1600 Purple

Jam tangan fortuner menggunakan strap berbahan karet, dengan case plastik. Dengan format digital, akan lebih mudah mengajarkan anak mengenal waktu dengan jam ini. Bentuknya lebih didesain dengan model sporty, sehingga cocok juga untuk dipakai ketika berolahraga.

Keuntungan jam digital biasanya fitur-fitur tambahan padanya, seperti halnya jam digital Fortuner berseri FR 1600 ini. Jam ini sendiri memberikan fitur seperti kalender, alarm, stopwatch dan lampu yang akan menarik hati anak kamu untuk memakainya.

Dengan daya water resistant sebesar 30 meter atau 3 ATM, anak-anak juga tidak perlu melepasnya ketika bermain hujan, asalkan tidak sebegitu deras.

Harga Rp. 164.300
From our editorial team

Selain Melengkapi Penampilan, Jam Tangan untuk Anak Banyak Manfaatnya

Bukan hal yang asing lagi jika jam tangan menjadi aksesori wajib bahkan bagi anak-anak. Pengenalan konsep waktu pada anak sangatlah penting, tentu akan lebih baik jika dikenalkan sejak dini. Apalagi kemampuan disiplin anak akan semakin terasah jika anak mengenal konsep waktu dengan baik. Jadi, pilihkan jam tangan anak favorit mereka yuk!