Puasa Makin Semangat dengan 14 Rekomendasi Minuman Menyehatkan untuk Dikonsumsi Selama Berpuasa (2021)

Puasa Makin Semangat dengan 14 Rekomendasi Minuman Menyehatkan untuk Dikonsumsi Selama Berpuasa (2021)

Ketika berpuasa, kesehatan tubuh harus dijaga dengan baik. Asupan nutrisi tubuh harus dijaga, termasuk minuman yang Anda minum. Simak artikel BP-Guide berikut ini untuk mendapatkan rekomendasi minuman sehat selama bulan puasa.

Jaga Kesehatan dengan Minuman Menyehatkan Selama Puasa

Berpuasa di tengah pandemi menjadi tantangan tersendiri. Agar beribadah menjadi semakin lancar, kesehatan harus dijaga selama puasa.

Selain rajin berolahraga dan mengonsumsi multivitamin, ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Yaitu dengan cara minum minuman yang menyehatkan saat sahur dan berbuka. Yuk, simak apa saja rekomendasi minuman sehat dari BP-Guide yang bisa kamu beli atau bahkan kamu buat sendiri selama bulan Ramadhan ini.

Rekomendasi Minuman Sehat Saat Sahur

Air Lemon dan Madu Hangat

Lemon dan madu dikenal memiliki manfaat yang sangat tinggi untuk kesehatan, apalagi jika diminum bersama. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari kombinasi air lemon dan madu adalah kekebalan tubuh yang semakin baik, juga tambahan energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Rasa manis pada madu adalah sumber energi alami yang mencegah Anda dari rasa lemas meski sedang berpuasa. Ini sangat baik bagi penderita diabetes yang takut mengonsumsi gula.

Susu Rendah Lemak

Segelas susu rendah lemak saat sahur dapat menjadi penutup sahur yang sempurna bagi Anda. Susu dapat mencegah Anda dari dehidrasi berlebihan di siang hari ketika berpuasa. Selain itu, susu juga kaya akan kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh dan menjaga Anda tetap bersemangat hingga saat berbuka puasa tiba.

Jika Anda ingin mengonsumsi susu yang berlemak juga boleh, lho. Sesuaikan semuanya dengan kebutuhan Anda. Oh iya, jika ingin mengonsumsi susu saat sahur, pastikan Anda tidak memiliki gangguan pencernaan yang disebabkan oleh susu, ya.

Jus Sayur

Jus juga nikmat disantap hangat saat sahur. Penuhi kebutuhan gizi dan serat harian dengan menjadikan jus sayur sebagai bagian dari menu makanan saat saat sahur. Mengolah sayur menjadi jus adalah cara yang disukai oleh sebagian besar orang karena lebih mudah dikonsumsi. Namun, yang harus diperhatikan adalah memilih jenis sayur yang tepat dan memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Air Putih Hangat

Ketika puasa, tubuh rawan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kebutuhan cairan tetap terjaga agar tidak terjadi gangguan kesehatan yang tidak diinginkan. Saat sahur, pastikan Anda minum cukup air putih ya.

Pilih air putih hangat yang lebih menenangkan untuk tenggorokan Anda. Meminum segelas air putih sebelum makan sahur akan membantu Anda mencerna makanan dengan lebih baik. Jadi, meskipun Anda sudah minum minuman yang lain, air putih tetap tidak boleh ketinggalan.

Wedang Jahe

Wedang jahe dikenal sebagai minuman kesehatan yang baik diminum kapan saja, tidak terkecuali di bulan puasa. Sensasi kehangatan yang bisa diberikan oleh jahe memberikan ketenangan bagi tubuh.

Ini karena jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang bekerja meningkatkan suhu tubuh manusia. Tidak hanya itu, wedang jahe bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga menjalani puasa semakin mudah. Manfaat kesehatan lain yang bisa diberikan oleh wedang jahe adalah memperkuat ketahanan tubuh, sehingga Anda tidak akan mudah sakit.

Air Kelapa

Bagi sebagian dari Anda, mungkin terdengar asing meminum air kelapa saat sahur. Padahal segelas air kelapa dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Selain itu, air kelapa juga sangat menyegarkan dan mencegah Anda dari dehidrasi.

Air kelapa juga kaya akan kandungan gula dan elektrolit yang mudah diserap oleh tubuh, sehingga mencegah tubuh Anda dari dehidrasi selama Anda berpuasa.

Susu Kurma

Saat bulan puasa, kita cenderung lebih mudah mengalami gangguan pencernaan karena perubahan dalam pola makan. Untuk menyiasatinya, minumlah susu kurma di pagi hari saat sahur. Kurma mengandung serat alami yang bisa membawa air ke dalam usus, sehingga buang air besar semakin lancar.

Untungnya, kini banyak susu kurma siap minum yang dijual di pasaran. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk membuatmu. Minum susu kurma secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Rekomendasi Minuman Sehat Saat Berbuka

Kolak Pisang

Kolak pisang yang dingin dan menyegarkan adalah menu andalan berbuka yang disukai oleh banyak orang. Ternyata bukan hanya rasanya saja yang nikmat, kolak pisang mengandung segudang manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Buah pisang yang kaya akan kandungan vitamin B6 yang berfungsi memecah protein dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh semakin baik, maka tubuh juga lebih cepat dalam menghasilkan energi. Vitamin B6 juga dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin bertugas untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh, sehingga sel-sel di dalamnya dapat berfungsi dengan baik.

Ini adalah minuman yang sangat pas dikonsumsi saat bulan puasa di mana asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangat terbatas.

Es Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman super yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Inilah yang menjadikan es lidah buaya salah satu minuman sehat yang bisa Anda konsumsi saat berbuka puasa.

Lidah buaya bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Ini sangat pas untuk penderita diabetes yang terkadang bingung saat harus memilih menu untuk berbuka puasa. Manfaat lainnya adalah lidah buaya dapat membantu mengobati sariawan, salah satu penyakit yang sering melanda orang berpuasa karena kurangnya asupan vitamin C di dalam tubuh.

Sop Buah

Rasanya sudah bukan rahasia lagi bahwa sop buah adalah minuman segar yang nikmat sekaligus menyehatkan untuk menu berbuka puasa Anda. Sop buah terdiri dari berbagai macam buah-buahan yang kaya akan serat dan cairan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setelah berpuasa selama seharian penuh.

Rasa manis dari sop buah juga membantu mengembalikan semangat pada tubuh yang mungkin lemas karena kurangnya asupan gula. Anda bisa membeli sop buah atau membuatnya sendiri. Isian buah yang ada di dalamnya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing.

Es Kacang Hijau

Kacang hijau dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda selama berpuasa. Salah satunya adalah mengurangi risiko darah tinggi yang bisa berakibat buruk bagi jantung. Anda yang memiliki gangguan dengan tekanan darah sangat wajib untuk mengonsumsi kacang hijau. Kandungan mineral yang ada di dalam kacang hijau adalah magnesium dan kalium yang bertugas untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil.

Susu Kedelai

Susu kedelai bisa diminum saat sahur atau berbuka puasa, sesuai selera Anda. Kapan pun Anda mengonsumsi susu kedelai, Anda akan bisa merasakan manfaat kesehatannya.

Susu kedelai mencegah tubuh dari sembelit akibat kurangnya asupan cairan ketika berpuasa. Meminumnya ketika berbuka akan mengembalikan kadar cairan di dalam tubuh dan membuat Anda segar kembali.

Kandungan serat tidak larut dalam kacang kedelai juga sangat tinggi sehingga proses penyerapannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika dikonsumsi saat sahur, susu kedelai dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Infused Water

Infused water akan terasa sangat segar jika diminum saat berbuka. Apalagi jika sudah disimpan di dalam kulkas selama semalaman. Selain kesegaran, manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari infused water juga banyak, lho.

Infused water dapat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dan membuat metabolisme tubuh menjadi semakin lancar. Kandungan nutrisi dari buah-buahan yang ada di dalamnya dapat mencegah penuaan dini dan merawat kecantikan kulit.

Susu Almond

Untuk Anda yang tidak mengonsumsi susu sapi, susu almond adalah alternatif yang tepat. Susu rendah lemak ini mendukung Anda yang sedang menjalani program diet selama puasa. Kandungan kalorinya sangat rendah, hanya sekitar 39 kalori saja dalam secangkir susu almond.

Meminum susu almond saat berbuka puasa dapat mengembalikan energi yang hilang setelah seharian penuh tidak menyantap banyak makanan. Agar rasa lemas hilang dan Anda kembali bersemangat, minum susu almond saat berbuka mulai dari sekarang ya!

From our editorial team

Perhatikan Porsinya, Jangan Terlalu Berlebihan

Ragam rekomendasi minuman sehat dari BP-Guide di atas bisa Anda nikmati secara bergantian setiap hari agar tidak bosan. Selain menyehatkan, minuman tersebut rasanya juga nikmat, sehingga membuat Anda semakin bersemangat menjalani puasa. Eits, tapi konsumsi dalam batas wajar saja ya. Segala sesuatu yang berlebihan dampaknya akan tidak baik untuk tubuh Anda nantinya.