Pastikan Kebutuhan Cairanmu Tetap Terpenuhi dengan Rekomendasi Minuman Menyegarkan Berikut Ini (2020)

Pastikan Kebutuhan Cairanmu Tetap Terpenuhi dengan Rekomendasi Minuman Menyegarkan Berikut Ini (2020)

Agar tetap sehat dan berenergi, kamu sangat membutuhkan asupan cairan. Yuk, hitung berapa kebutuhan cairanmu setiap hari agar tubuhmu tetap terhidrasi! BP-Guide juga akan merekomendasikan minuman menyegarkan yang bisa kamu nikmati setiap hari.

Terpenuhinya Kebutuhan Cairan Sangat Penting untuk Kesehatan

Sumber gambar medicalnewstoday.com

Lebih dari 50% persen tubuh manusia terdiri dari air. Itulah mengapa di dalam tubuh harus selalu ada jumlah cairan yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi. Kekurangan cairan bisa berakibat fatal dan sangat membahayakan kesehatan lho. Untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, kita disarankan meminum 2 liter air atau 8 gelas sehari.

Tubuh kita mungkin bisa menahan lapar, tetapi tidak dengan haus. Apalagi jika tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Tubuh akan mudah berkeringat karena cuaca panas, sehingga membutuhkan lebih banyak asupan cairan.

Jika tubuh selalu terhidrasi dengan baik dan tersedia jumlah cairan yang cukup di dalamnya, maka kesehatan jantung akan selalu terjaga. Selain itu, kita juga selalu terhindar dari resiko gangguan ginjal dan tekanan darah rendah.

Macam-Macam Fungsi Cairan Bagi Tubuh

Membentuk Struktur Tubuh

Sumber gambar wisdomtimes.com

Sekitar 70 sampai 85 persen komponen utama semua sel di dalam tubuh adalah air. Persediaan air yang cukup di dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap pembentukan komponen tubuh yang berbahan dasar air seperti cairan lambung, enzim, hormon, darah, dan lain sebagainya. Otot juga sangat membutuhkan air untuk bisa berkontraksid engan baik.

Jika sampai ada kekurangan cairan di dalam tubuh, maka seluruh komponen yang disebutkan di atas akan terganggu kerjanya. Akibatnya, kesehatan akan menurun dan fungsi organ juga memburuk. Apabila dibiarkan bisa menyebabkan munculnya penyakit yang akan menurunkan kualitas hidup seseorang.

Paru-paru, darah, kulit, dan otak adalah organ tubuh yang membutuhkan paling banyak air. Masing-masing komposisi air pada organ-organ tersebut adalah 90 persen untuk paru-paru, 82 persen untuk darah, 80 persen untuk kulit, dan 70 persen untuk otak.

Agen Transportasi

Sumber gambar steemitimages.com

Air adalah media transportasi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Air yang terdiri dari satu atom oksigen dan dua atom hidrogen bisa berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat lainnya dalam tubuh manusia.

Berbagai fungsi air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tidak hanya oksigen, air yang terkandung di dalam darah juga mendistribusikan zat besi ke bagian lain dalam tubuh.

Tidak hanya itu, air juga membantu proses biokimia dalam tubuh dan membuang sisa-sisa metabolisme. Tanpa adanya air, tubuh tidak bisa melakukan metabolisme sehingga kesehatan pun akan terganggu.

Air juga bisa membuang toksin atau racun di dalam tubuh. Keringat yang keluar dari pori-pori kulit dan urine yang dikeluarkan tubuh bisa menjaga tubuh tetap sehat, terutama untuk kandung kemih dan ginjal. Minum air putih secara rutin dan sesuai kebutuhan terbukti dapat menurunkan resiko gangguan kesehatan pada kandung kemih.

Mengatur Temperatur

Sumber gambar pinterest.com

Fungsi air lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh adalah menjaga suhu tubuh tetap normal, terutama saat berpuasa atau setelah berolahraga. Kekurangan asupan cairan di dalam tubuh saat berpuasa ditambah hawa di luar yang panas membuat suhu tubuh ikut naik juga. Dengan adanya air di dalam tubuh, suhu tubuh tetap terjaga dalam batas normal agar tidak terpengaruh udara luar.

Demikian juga saat berolahraga, dimana keringat yang keluar membuat tubuh terasa dingin. Berkeringat membuat tubuh kehilangan banyak cairan dan bisa berakibat dehidrasi. Segera kembalikan cairan yang hilang dengan minum banyak air putih agar suhu tubuh bisa kembali ke normal.

Mempertahankan Tekanan Hidrostastik

Sumber gambar fibercreme.com

Di dalam tubuh manusia, terdapat tekanan hidrostatik yang mempengaruhi kerja organ di dalamnya. Tekanan hidrostatik harus tetap seimbang agar kebutuhan zat makanan, oksigen, dan sel tetap terpenuhi.

Tekanan hidrostatik sangat dipengaruhi oleh cairan yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh tidak boleh sampai kekurangan cairan dan zat elektrolik. Fungsi hidrostatik ini dikerjakan oleh pembuluh darah manusia. Jika tekanan hidrostatik di dalam pembuluh darah dan pembuluh darah kapiler tetap normal, maka kontraksi jantung tetap stabil dan bisa bekerja dengan baik.

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cairanmu?

Cara Menghitung Kebutuhan Cairan Dewasa dari Berat Badan

Sumber gambar upi.com

Meski idealnya kebutuhan cairan tubuh per hari adalah 2 liter, sebenarnya setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Cara menghitung berapa kebutuhan cairanmu adalah dengan menggunakan berat badan. Per 10 kg pertama berat badan, air yang dibutuhkan adalah 1 liter. Untuk 10 kg kedua, tubuh membutuhkan 500 ml air dan untuk setiap kg berikutnya adalah 20 ml.

Sehingga jika berat badanmu adalah 50 kg, maka hitungannya adalah 1 liter untuk 10 kg pertama, 500 ml untuk 10 kg kedua, dan 600 ml untuk 30 kg sisanya. Dengan demikian, jumlah cairan yang kamu butuhkan setiap hari adalah 2100 ml atau 2,1 liter. Jika berat badanmu adalah 60 kg maka tinggal ditambahkan 200 ml lagi sehingga menjadi 2,3 liter.

Cara Menghitung Kebutuhan Cairan Dewasa dari Kebutuhan Energi

Sumber gambar anigp-tv.com

Cara lain untuk menghitung kebutuhan cairan orang dewasa adalah dengan menggunakan kebutuhan energi. Ini berkaitan dengan banyaknya kegiatan yang dibutuhkan. Rata-rata kebutuhan energi orang dewasa setiap harinya adalah 1800 kkal. Sementara itu, untuk setiap 1 kkal energi dibutuhkan 1 ml air.

Sehingga jika sesuai hitungan kebutuhan energi di atas, jumlah cairan yang dibutuhkan oleh orang dewasa setiap harinya adalah 1800 ml atau 1,8 liter. Meskipun demikian, tetap mengonsumsi 2 liter cairan setiap harinya tentu baik untuk kesehatan.

10 Rekomendasi Minuman untuk Pemenuhan Kebutuhan Cairanmu

Ultra Sari Kacang Hijau

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh tidak hanya dengan air putih saja lho. Air yang terdapat dalam buah atau minuman jenis lainnya seperti susu dan sari kacang hijau juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Minuman sari kacang ijo yang lezat dari Ultra ini bisa jadi alternatif yang lezat untukmu. Ultra sari kacang hijau diracik dengan resep tradisional, menggunakan biji kacang hijau berkualitas untuk memastikan kamu mendapatkan semua manfaatnya. Dengan campuran gula merah dan jahe, minuman ini akan membantu kesehatan tubuhmu tetap terjaga.

Tidak perlu repot, kamu bisa meminumnya kapan saja dan dimana saja. Di dalam minuman ini terdapat kandungan asam folat serta vitamin A, B1, dan C. Yuk, dapatkan manfaat kesehatan dan kesegaran minumannya sekaligus.

Harga Rp. 3.900-5.500

Coco 9

Air kelapa tidak hanya menyegarkan dan menghilangkan dahaga saat cuaca sedang panas, tetapi juga bisa menjaga kebutuhan cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi. Coco9, air kelapa siap minum rekomendasi BP-Guide ini diproduksi oleh PT Sari Segar Husada. Produsen ini sudah mengirim produknya hingga ke Eropa dan Amerika, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Coco9 adalah minuman segar yang terbuat dari air kelapa asli. Diolah dengan aman higienis untuk memastikan semua kebaikan air kelapa masih ada hingga sampai ke tanganmu. Dikonsumsi dalam keadaan dingin lebih nikmat, apalagi di siang hari saat cuaca sedang terik.

Kemasannya praktis dan siap minum, sehingga kamu bisa membawanya sebagai bekal ke kantor atau ke kampus.

Harga Rp. 4.500-51.000

Pristine 8+

Ada banyak brand air mineral yang bisa kamu temukan di supermarket, namun pastikan kamu benar-benar tahu kandungan dan manfaatnya. Pristine adalah air minum dengan sejuta kebaikan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya memenuhi kebutuhan caira tubuh, Pristine menganding antioksidan untuk melindungi tubuhmu.

Molekul air yang kecil mudah diserap oleh tubuh secara cepat dan efisien. Kadar pH di dalam air ini juga lebih tinggi yaitu 8-8,5 untuk menetralisir limbah asam yang ada di dalam tubuhmu. Air mineral ini juga telah mengalami ionisasi yang bisa menurunkan proses oksidasi di dalam tubuh.

Pristine juga tidak mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, dan suplemen tambahan sehingga tidak akan menimbulkan efek samping apapun untuk tubuh.

Harga Rp. 3.000-104.640

Larutan penyegar cap kaki tiga

Dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan sariawan dan panas dalam. Meski penyakit ini tidak parah dan mudah disembuhkan, kamu akan merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Jika kamu mengalami gejala di atas, kamu membutuhkan minuman yang langsung meredakan panas dalam di tubuhmu.

Larutan Cap Kaki Tiga sudah dipercaya sejak dulu kala untuk membantu meredakan sariawan dan panas dalam. Sudah diproduksi sejak tahun 1937, Larutan Cap Kaki Tiga masih dipercaya oleh keluarga Indonesia hingga saat ini. Larutan ini mengandung mineral alami yaitu calcitum dan gyspum fibrosum yang bisa mengobati panas dalam.

Semua komposisi dan kandungan di dalam minuman ini alami, tidak perlu mengkhawatirkan dampaknya untuk kesehatan tubuh.

Harga Rp. 3.500-13.000

Fiji Mineral Natural Water

Kamu pernah nonton Keeping Up with the Kardashians? Atau kamu pernah melihat beberapa selebriti dunia menenteng air mineral? Adalah Fiji Natural Artesian Water, air mineral yang jadi favorit para pesohor kelas dunia. Dengan tagline The World's Finest Water, air mineral ini diolah dengan cara yang paling modern dan higienis.

Konon, air mineral ini sama sekali tidak tersentuh tangan manusia sampai kamu membuka tutupnya. Bukan air minum biasa, Fiji Natural Water mengandung berbagai macam mineral baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Antara lain adalah Silica, Potassium, pH, Flouride, Chloride, Bicarbonates, dan Magnesium.

Air minum yang satu ini akan membuatmu tetap segar dan sehat, sehingga kamu tidak akan kelelahan atau kekurangan cairan.

Harga Rp. 24.900-34.000

Nestle Pure Life Air Mineral

Begitu mendengar nama Nestle, kamu pasti tahu kalau setiap produknya selalu berkualitas, terbuat dari bahan terbaik, dan diolah dengan cara yang paling higienis. Air mineral produksi Nestle yang bernama Pure Life mampu bersaing di pasar dan membuktikan diri sebagai air minum dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Nestle Pure Life menjadi salah satu air mineral yang paling populer di seluruh dunia. Produk ini tersedia di lebih dari 40 negara di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Nestle Pure Life mulai dipasarkan tahun 2005. Terbuat dari mata air pegunungan alami, Nestle menjamin kualitas dari setiap tetes air yang masuk ke dalam tubuhmu.

Harga Rp. 2.526-81.000

Buavita Jambu

Kalau kamu merasa ribet harus membuat jus buah sendiri, beli saja jus siap minum yang sama segar dan sama menyehatkannya. Buavita Guava adalah jus jambu merah siap minum dengan setiap manfaat dan kebaikan jambu merah yang masih ada hingga tegukan terakhir.

Jambu merah adalah buat yang kaya kandungan vitamin C untuk melancarkan metabolisme tubuh, serta vitamin A yang mampu meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan. Dikemas dengan praktis, kamu tinggal menikmatinya saja. Selain itu, Buavita Guava juga mampu membentuk dan memelihara jaringan kolagen yang mampu membuat kulit tampak segar, sehat, awet muda.

Minuman ini bisa diminum oleh seluruh anggota keluarga.

Harga Rp. 3.850-45.000

Green Field Milk Full Cream

Berdiri sejak tahun 1997, PT Greenfields Indonesia selalu menghadirkan produk berkualitas tinggi yang memenuhi standar mikrobiologi dunia. Susu Greenfields diambil dari peternakan sapi perah perusahaan tersebut yang memelihara 10,000 ekor sapi Holstein dan Jersey yang mampu menghasilkan lebih dari 43,5 juta liter susu setiap tahun.

Susu UHT Greenfields diproses secara modern dan higienis dengan kandungan susu yang masih utuh. Susu diambil dari sapi perah pilihan untuk menjamin kualitas rasanya. Produk ini sudah mendapatkan sertifikasi dari BPOM dan stempel halal MUI. Kamu bisa meminumnya langsung setiap hari atau mengolahnya menjadi smoothies dan campuran oats saat sarapan.

Harga Rp. 19.000-52.000

JIANG ZHI TEA TEH HIJAU

TIENS JIANG ZHI TEA - Teh Hijau Tianshi memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Teh ini mampu menghancurkan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh, membantu tekanan darah tetap stabil, dan menurunkan resiko asam urat, darah tinggi, serta gangguan kesehatan pada jantung.

Teh ini juga bekerja sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menghambat penuaan dini. Teh kesehatan ini sangat direkomendasikan pada penderita hiperlipidemia, hipertensi, dan gangguan pembuluh darah jantung.

Kamu yang sering panas dalam, memiliki kulit kering, dan wajah kusam juga bisa meminum teh yang satu ini secara rutin.

Harga Rp. 32.500-140.000

Susu Kedelai V-Soy Original

Nikmati cara baru minum susu kedelai yang praktis dan menyehatkan ini. Susu Kedelai Vsoy V-Soy Soya Bean Milk membawa manfaat dari susu kedelai seperti mencegah penuaan dini, mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah alergi, dan masih banyak lagi.

Susu ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Sebut saja seperti selenium, vitamin E, isoflavon, dan asam amino triptopan. Minuman ini terbuat dari kedelai impor Thailand yang merupakan sumber protein nabati yang baik. Mengonsumsi minuman ini secara rutin bisa membantu meningkatkan kesehatanmu.

Harga Rp. 28.000-403.200
From our editorial team

Kekurangan Cairan Sangat Berbahaya Buat Kesehatan Lho!

Jangan meremehkan pentingnya cairan untuk tubuhmu ya! Pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan sesuai dengan rekomendasi BP-Guide di atas. Dehidrasi bisa membahayakan kesehatanmu, hingga tidak mungkin memicu penyakit jantung dan kematian. Yuk, jaga kesehatan bersama dengan minum cukup air setiap hari.