Ini Dia Daftar 9 Minuman Terenak di Dunia, Kamu Mau Coba?

Ini Dia Daftar 9 Minuman Terenak di Dunia, Kamu Mau Coba?

Setiap tahunnya, CNN selalu mengeluarkan daftar makanan dan minuman terenak dari berbagai negara di dunia. BP-Guide akan memberikan daftar minuman terenak yang masuk ke dalam ranking CNN. Ada minuman asal Indonesia juga lho. Mau coba?

Tak Hanya Makanan, Minuman Indonesia Masuk Dalam Minuman Terenak di Dunia

Sumber gambar wowshack.com

Sebagai warga Indonesia, kita harus bangga lho. Nggak hanya kaya akan budaya, kekayaan kuliner kita juga sudah diakui di seluruh dunia. Nikmatnya kuliner nusantara sudah tidak perlu diragukan lagi. Rendang bahkan sudah berkali-kali menduduki peringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia versi CNN.

Ternyata tidak hanya makanan saja. Minuman khas Indonesia juga tidak luput dari peringkat 50 minuman terenak di dunia versi CNN, lho. Es cendol asli Indonesia masih bertahan di urutan yang ke-19. Menurut peringkat yang dikeluarkan oleh CNN, kelezatan es cendol bahkan melebihi thai tea dari Thailand yang sedang hits itu lho.

Kenikmatan Minuman Indonesia Diakui di Seluruh Dunia

Sumber gambar soyacincau.com

Masuknya es cendol sebagai minuman terenak di dunia pada posisi ke-19 membuktikan bahwa kelezatannya telah diakui di seluruh dunia. Minuman yang terbuat dari santan, gula merah, dan cendol warna hijau ini memang menyajikan perpaduan rasa manis dan gurih yang pas.

Nah, minuman terenak di dunia tentu bukan cuma cendol. BP-Guide akan memberikan daftar minuman terenak di seluruh dunia yang wajib kamu coba!

10 Minuman Terenak di Dunia

Shikuwasa Juice, Jepang

Sumber gambar soranews24.com

Minuman yang satu ini terbuat dari buah sejenis jeruk bernama shikuwasa. Karena rasa yang segar dan asam seperti buah lemon, shikuwasa tidak hanya dikonsumsi sebagai minuman tetapi juga bumbu masakan. Sayangnya, minuman ini cukup langka di Jepang.

Varietas tumbuhan shikuwasa hanya tumbuh di Kepulauan Okinawa saja, sehingga akan mudah menemukan jus shikuwasa di sana. Shikuwasa banyak dijual di supermarket di Okinawa, bahkan juga dijual melalui vending machine.

Selain rasa yang nikmat, shikuwasa juga terbukti baik untuk kesehatan. Minuman ini dapat menurunkan resiko alzheimer dan diabetes. Tidak heran shikuwasa banyak dimanfaatkan orang Jepang untuk menjaga kesehatan, agar mereka bisa berumur lebih panjang.

Pastis, Perancis

Sumber gambar huffingtonpost.com

Pastis adalah minuman asal Perancis yang dihidangkan sebagai aperitif atau minuman pembuka. Alasannya karena minuman ini dapat merangsang nafsu makan. Pastis sangat segar jika dihidangkan dengan sedikit air es, kemudian dinikmati dengan makanan pendamping seperti biskuit, kraker, atau buah zaitun.

Minuman warna kuning ini punya aroma adas manis yang pas. Tambahan sedikit air dingin membuat warna minuman menjadi sedikit keruh, semakin menggoda saja untuk cepat diminum.

Dalam bahasa Perancis, pastis diambil dari kata "provencal pastisson" yang artinya campuran. Pastis terbuat dari campuran licorice, adas bintang, dan beberapa ramuan provencal. Minuman ini sudah ada sejak abad ke-18 di Perancis.

Cider, Inggris

Sumber gambar independent.co.uk

Cider adalah minuman beralkohol asal Inggris, terbuat dari sari apel yang difermentasikan. Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu buah apel dihaluskan lalu di-press sampai semua ekstraknya keluar. Ekstrak apel kemudian dibiarkan agar bisa mengalami fermentasi natural. Namun jika ingin proses fermentasi berjalan lebih cepat bisa ditambahkan sedikit ragi.

Karena terbuat dari buah, cider punya rasa manis yang khas. Warna minuman cider juga khas, yaitu kuning kecokelatan. Dibandingkan minuman beralkohol lain seperti bir, keberadaan cider di Indonesia memang masih kurang populer. Padahal cider tidak hanya bisa diminum saja, tetapi juga sebagai bahan masakan untuk menambah kelezatannya.

Chocolate Milkshake, Amerika Serikat

Sumber gambar smalltownlivingusa.com

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, milkshake artinya adalah "susu kocok". Seperti namanya, milkshake terbuat dari susu, es krim, dan sirop berbagai rasa yang dicampur menjadi satu ke dalam blender. Rasanya yang manis membuat milkshake sangat populer di seluruh dunia.

Milkshake berasal dari Amerika Serikat dan menjadi minuman khas negara tersebut. Milkshake di Amerika punya ciri khas masing-masing berdasarkan asal negara bagiannya. Misalnya di wilayah Rhode Island dan Massachusetts, milkshake tidak dicampur dengan es krim.

Milkshake banyak dijual di gerai fast food bersama dengan makanan cepat saji lainnya seperti burger dan ayam goreng. Proses pembuatannya pun juga bermacam-macam. Ada milkshake yang dikocok dengan blender, namun ada juga yang diaduk dan dikocok secara manual menggunakan tangan.

Varian rasa milkshake yang sangat beragam membuat minuman ini populer di kalangan remaja dan anak-anak.

Cendol, Indonesia

Sumber gambar indoindians.com

Tidak kalah dengan bubble tea dan Thai tea, cendol menempati urutan ke 45 dari 50 minuman paling lezat di dunia.

Cendol yang punya tekstur kenyal ini terbuat dari tepung hunkwe dan diberi pewarna hijau. Disiram dengan kuah manis yang terbuat dari santan dan gula merah cair. Minuman asal Jawa Barat ini dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Rasanya sangat khas dan cocok untuk segala usia. Uniknya lagi, setiap daerah di Indonesia punya minuman cendol dengan kekhasan dan nama yang berbeda-beda.

Mango Lassi, India

Sumber gambar everyday-delicious.com

Lassi adalah sejenis minuman yoghurt dingin yang dihaluskan bersama dengan air, es, merica, garam, dan rempah-rempah. Mango lassi adalah varian yang populer karena memiliki rasa manis dan segar. Minuman ini cocok untuk mendinginkan cuaca panas di siang hari.

Mango lassi terbuat dari yogurt, air, dan potongan buah mangga. Tanpa perlu ditambahkan gula, lassi sudah punya rasa manis yang khas. Minuman ini sangat pas disajikan dingin bersama dengan topping kacang pistachio yang ditaburkan di atasnya.

Kamu yang ingin mencoba minuman ini, sebaiknya gunakan mangga harum manis asal Medan yang sudah matang. Rasakan sensasi minuman mangga segar berpadu dengan yoghurt yang asam.

Sujeonggwa, Korea

Sumber gambar knowingkorea.org

Minuman terenak berikutnya berasal dari Korea Selatan, sujeonggwa namanya. Bahan utama minuman ini adalah buah kesemek yang dikeringkan, dicampur dengan sari jahe, madu, kayu manis, dan gula. Minuman khas ini disajikan di hari istimewa, yaitu Seollal atau tahun baru Imlek.

Sujeonggwa adalah minuman yang pas dinikmati saat udara sedang dingin. Rasakan sensasi kehangatan minuman ini sejak tegukan pertama. Proses pembuatan sujeonggwa cukup sederhana lho. Rebus buah dan pemanis hingga mendidih. Setelah itu tambahkan kayu manis dan jahe pada sentuhan terakhir. Tunggu sampai minuman dingin lalu hidangkan bersama dengan es batu, buah kesemek kering, dan kacang cemara.

Sujeonggwa adalah minuman tradisional yang sudah ada sejak tahun 1849. Resepnya tertulis dalam buku resep Dongguksesigi dan secara tradisi dihidangkan pada perayaan tahun baru.

Mojito, Kuba

Sumber gambar artofdrink.com

Minuman beralkohol asal Kuba ini dibuat karena masyarakat Kuba yang tidak bisa meminum alkohol secara langsung. Kemudian ditambahkan bahan-bahan lain yaitu lime, leci, dan daun mint hingga menghasilkan rasa minuman khas yang segar dan sedikit asam. Mojito asli asal Kuba memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi, mencapai 40 persen.

Bagi yang tidak mengonsumsi alkohol, ada mojito versi orisinal yang disebut dengan Virgin Mojito. Dalam mojito jenis ini alkohol diganti dengan air soda. Rasanya tidak kalah lezat dan menyegarkan, apalagi di tengah cuaca yang panas.

Sangria, Spanyol

Sumber gambar recipesavants.com

Kalau dilihat dari tampilannya, sangria mirip dengan es buah khas Indonesia. Minuman khas asal Spanyol ini juga tidak kalah menyegarkan lho. Kata sangria sendiri dalam bahasa Latin berarti "darah". Minuman ini diberi nama sangria karena menggunakan campuran anggur merah dan ditambah dengan berbagai macam buah dan pemanis untuk menciptakan rasa yang segar.

Varian lain sangria dibuat menggunakan anggur putih atau champagne Spanyol yang warnanya jernih. Sangria segar disajikan dingin bersama es batu. Benar-benar minuman yang pas di tengah musim panas.

From our editorial team

Minuman Terenak Mengandung Kearifan Lokal Setiap Negara

Masing-masing negara di dunia memiliki minuman khas mereka masing-masing. Seperti daftar minuman terenak dari BP-Guide di atas, pasti ada keunikan tersendiri dari setiap negara asalnya. Kamu yang penasaran ingin mencicipi minuman terenak dari seluruh dunia wajib coba ya!