9 Rekomendasi Merek Teh Terbaik 2019 yang Populer di Seluruh Dunia, Kamu Suka yang Mana?

9 Rekomendasi Merek Teh Terbaik 2019 yang Populer di Seluruh Dunia, Kamu Suka yang Mana?

Bersama dengan kopi, teh menjadi minuman yang paling digemari di seluruh dunia. Efek teh yang menenangkan tubuh membuat minuman ini disukai semua kalangan. Kamu pencinta teh? Berikut BP-Guide punya rekomendasi merek teh terbaik di seluruh dunia. Kamu wajib coba ya!

Teh Adalah Salah Satu Jenis Minuman Tertua dan Paling Populer di Seluruh Dunia

Teh adalah minuman paling populer di dunia selain kopi. Minuman ini pas dinikmati kapan saja dan di mana saja seperti untuk mengawali hari, bersantai, atau berbincang dengan keluarga dan sahabat. Jenis teh di seluruh dunia mencapai ratusan, beberapa di antaranya bahkan dijual dengan harga yang sangat mahal.

Daun teh sendiri kali pertama ditemukan di China lebih dari 4000 tahun silam. Teh adalah minuman favorit seorang Kaisar China yaitu Shen Nong, sang penemu. Awalnya teh adalah minuman obat yang hanya diberikan untuk alasan kesehatan saja. Namun, setelah lebih dari 2000 tahun teh menjadi minuman sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, teh juga menjadi minuman kegemaran semua orang lho. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia memiliki cara masing-masing untuk menikmati teh.

Kenapa Orang Gemar Mengonsumsi Teh?

Tradisi dan Kebiasaan

Sumber gambar jipa.co.id

Teh adalah minuman yang dinikmati semua kalangan, bahkan menjadi menu dalam jamuan khusus di masa lampau dan masa modern. Setiap negara pun memiliki tradisi minum teh yang berbeda-beda.

Di Jepang ada tradisi Sadou, yaitu upacara minum teh tradisional yang diadakan bangsawan saat menjamu tamu. Kini Sadou menjadi tradisi seluruh masyarakat Jepang. Sementara di Inggris ada Afternoon Tea yang populer di kalangan bangsawan dan anggota kerajaan sejak tahun 1800-an. Tradisi itu masih dilakukan hingga kini.

Tidak hanya di luar negeri, tiap daerah di Indonesia juga punya tradisi minum teh yang berbeda. Misalnya di Jawa ada tradisi meminum teh dalam gelas-gelas kecil yang kemudian disebut Teh Poci. Ada tradisi Nyaneut di Sunda, yaitu memutar gelas teh di telapak tangan sebanyak 2 kali lalu menghirup aroma teh 3 kali sebelum meminumnya. Sementara itu di Yogyakarta ada tradisi Patehan dan di Betawi ada tradisi Nyahi.

Antioksidan yang Baik

Sumber gambar aarp.org

Semua teh memiliki kandungan antioksidan, namun yang kandungan tertinggi terdapat dalam teh hijau. Antioksidan di dalam teh hijau 10 kali lebih tinggi dari jenis teh lainnya.

Antioksidan sangat dibutuhkan manusia untuk menangkal radikal bebas agar tidak masuk ke dalam tubuh. Manfaat lain dari antioksidan adalah mencegah berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara, kanker kulit, kanker paru-paru, dan kanker lainnya.

Meningkatkan Metabolisme

Sumber gambar bodyandsoul.com.au

Metabolisme terjadi saat tubuh mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika metabolisme seseorang baik, maka semua makanan yang masuk dapat diubah menjadi energi.

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga mencapai 4 persen. Hal ini disebabkan karena teh mengandung senyawa catechin yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak secara lebih optimal. Terutama pada saat melakukan olahraga. Mengonsumsi teh hijau sangat disarankan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Mempertajam Pikiran

Sumber gambar bbcgoodfood.com

Manfaat teh bagi tubuh sangat besar. Teh menyehatkan bagi tubuh, merawat kecantikan kulit, hingga mempertajam fokus dan memori otak.

Dua hal terakhir sangat dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jika konsentrasi dan memori otak dalam kondisi prima, maka pekerjaan akan berjalan lancar. Menurut sebuah penelitian dari Boston College, teh hijau adalah minuman yang dikonsumsi para biarawan Buddha agar mereka menjadi lebih tenang dan fokus saat melakukan meditasi.

Meredakan Stres

Sumber gambar tripadvisor.com

Padatnya aktivitas sehari-hari dan beban kerja yang menumpuk seringkali menyebabkan stres. Akibatnya kamu akan lebih sering mengalami bad mood. Suasana hari yang buruk sangat mengganggu keseharianmu.

Untuk menenangkan pikiran dan membuat suasana hati kembali membaik, seduh saja secangkir teh hijau. Teh hijau dan berbagai jenis teh lainnya dapat membantu menenangkan diri sehingga kamu akan merasa lebih rileks, tenang, dan bersemangat menjalani aktivitas.

9 Merek Teh Terbaik di Seluruh Dunia

Twinings

Sumber gambar www.bukalapak.com

Twinings adalah merek teh asal Inggris yang sangat populer. Merek ini sudah ada sejak tahun 1706. Twining Tea Original 10pc tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 49.900. Ada 10 kantung teh dalam satu dus dan tersedia 30 rasa yang bisa dipilih sesuai selera Anda.

Dilmah

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selama lebih dari 50 tahun, Dilmah telah membuktikan bahwa mengolah teh bukan hanya soal bisnis, tetapi juga bersifat kemanusiaan. Teh Dilmah ditanam dan diolah secara langsung di perkebunan terbaik di Sri Lanka dan menggunakan cara tradisional untuk menghasilkan teh yang berkualitas. Dilmah dikemas langsung dari kebunnya sehingga kandungan antioksidannya tidak berkurang sama sekali.

Varian Dilmah yang wajib dicoba antara lain Dilmah Peppermint Leaves Tea kemasan 20 sachet, tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 95.000. Ada juga Dilmah Berry Sensation kemasan 100 gram yang dijual di situs resmi Dilmah dengan harga Rp 82.000.

Sedangkan Teh Dilmah Chamomile Original PURE CAMOMILE INFUSION yang wajib dikonsumsi para penderita insomnia. Teh ini tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 72.000 untuk 20 kantong teh.

Harney & Sons

Sumber gambar id.luckyvitamin.com

Perusahaan teh asal Amerika ini berdiri pada tahun 1983 di Connecticut dan kini berbasis di New York. Teh milik Harney&Sons didistribusikan ke restoran, hotel, dan toko tertentu seperti Barnes&Noble, Four Season Hotel, dan Affinia Hotel di Chicago.

Harney and Sons Classic Hot Cinnamon Spice adalah yang paling populer. Teh ini menghadirkan kombinasi rasa teh hitam yang kuat, kayu manis, kulit jeruk, dan cengkeh manis. Sejak dikembangkan pada tahun 1980-an, teh ini masih menjadi favorit sampai sekarang. Dapatkan hanya di website id.luckyvitamin.com dengan harga Rp 113.848 untuk 20 sachet.

Harney & Sons, Tea /teh Chocolate Mint adalah teh yang memadukan kelezatan rasa teh hitam dengan cokelat dan peppermint yang unik. Aroma vanilla pada teh menambah rasa manis yang menenangkan. Teh ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 130.000 untuk kemasan 20 sachet.

Harney & Sons Yellow & Blue Caffeine Free Chamomile and Lavender menghadirkan wewangian bunga pada aroma dan rasa teh yang unik. Kombinasi kamomil dan lavender bekerja untuk menenangkan pikiran. Dapatkan teh ini di Bukalapak dengan harga Rp 206.000.

Tong Tji

Sumber gambar www.monotaro.id

Merek teh lokal Tong Tji telah berdiri sejak 1938 di Tegal, Jawa Tengah. Tong Tji menghadirkan rasa teh otentik dengan wangi melati yang khas. Produk Tong Tji terbuat dari daun teh berkualitas tinggi.

Tong Tji Jasmine Tea Premium 90gr Isi 10pcs/Teh Tongtji/Teh Melati 90g adalah teh melatu premium dengan campuran teh hijau dan bunga melati asli. Teh ini tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 9.900.

Tong Tji Lemon Tea 15 Kantong Teh Celup Rasa Lemon TongTji adalah teh celup yang memadukan rasa teh asli dengan lemon. Perpaduan yang pas menghasilkan rasa teh lemon yang lezat. Dapatkan produknya di Bukalapak dengan harga Rp 22.500.

Tong Tji Teh Celup Jasmine 200g (100pcs) Rp44.900 dengan wangi melati yang khas dijual di Monotaro dengan harga Rp 44.900.

Lipton

Sumber gambar www.bukalapak.com

Lipton yang berasal dari Inggris ini mengumpulkan daun-daun teh terbaik dari berbagai negara seperti Sri Lanka, Cina, Kenya, dan India. Daun teh diolah dengan teknologi canggih untuk menghasilkan teh premium yang lezat.

LIPTON BLACK TEA PAPER isi 100 kantong teh tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 52.500. Teh ini terbuat dari daun teh terbaik. Dalam satu boks terdapat 100 kantung teh.

Yellow Label Tea adalah varian yang paling populer dari brand Lipton. Lipton | Yellow Label Tea | International Blend 100 sachet dijual di Tokopedia dengan harga Rp 75.000 dan di Shopee dengan harga Rp 60.500.

Tetley

Sumber gambar www.ubuy.co.id

Tetley Tea adalah anak perusahaan Tata Group yang berpusat di Mumbai, India. Varian Tetley Tea sangat beragam, antara lain teh rasa, teh hijau, teh, putih, dan teh tanpa kafein. Namun varian yang paling populer adalah teh hitam celup.

Tetley Original Tea Bags menghadirkan rasa teh asli yang khas dari Tetley. Tetley Original Tea Bags - 80's dijual di Ubuy Indonesia dengan harga Rp 258.672. Dalam satu boks terdapat 80 kantung teh.

Bigelow

Sumber gambar id.luckyvitamin.com

Bigelow adalah perusahaan teh asal Amerika Serikat yang berbasis di Fairfield, Connecticut. Teh celup Bigelow terkenal karena aromanya yang wangi. Salah satu yang paling terkenal adalah Constant Comment, yaitu teh hitam dengan bumbu jeruk dan rempah-rempah.

Chai Tea Spiced - 20 Kantong Teh Celup Tea tersedia di website di luckyvitamin.com dengan harga Rp 53.887. Ini adalah produk teh hitam yang berpadu dengan rempah-rempah.

Celestial Seasonings

Sumber gambar www.ubuy.co.id

Celestial Seasonings adalah perusahaan teh asal Amerika Serikat yang berbasis di Boulder, Colorado. Ciri khas dari merek ini adalah memproduksi teh dengan varian teh hitam, putih, dan hijau.

Celestial Seasonings Decaf Green Tea adalah produk yang terbuat dari teh hijau dan teh putih tanpa kafein dengan rasa halus. Dapatkan produk ini di Ubuy dengan harga Rp 305.478.

Yorkshire Tea

Sumber gambar www.amazon.com

Yorkshire adalah merek teh yang sangat populer di Inggris dan sudah berdiri sejak tahun 1886. Bahan baku tehnya diambil dari perkebunan India dan Afrika.

Taylors of Harrogate Yorkshire Gold adalah teh hitam berkualitas tinggi. Daun tehnya diambil dari 10 kebun teh di Kenya, Asam, dan Rwanda. Aroma dan rasanya segar, wajib dicoba oleh pencinta teh. Taylors of Harrogate Yorkshire Gold dijual di Amazon dengan harga Rp 189.751 dan di Ebay dengan harga Rp 219.883 untuk 160 kantung teh.

Taylors of Harrogate Yorkshire Red adalah terbuat dari daun teh pilihan. Dalam proses produksinya, Yorkshire selalu menjaga kualitas daun teh sehingga rasanya tetap lezat dan segar. Teh ini dapat dibeli di Ubuy dengan harga Rp 114.426 untuk 100 kantung teh.

From our editorial team

Teh, Minuman Segar yang Menyehatkan

Teh memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan kesehatan dan mencegah stres. Ratusan varian teh yang dijual di pasaran memiliki kekuatan dan aroma masing-masing yang khas lho. Teh juga menjadi minuman favorit tokoh-tokoh terkenal dunia. Barack Obama, misalnya. Mantan presiden Amerika Serikat ini lebih suka meminum teh di pagi hari. Buat kamu pencinta teh seperti Obama, wajib mencicipi salah satu rekomendasi teh terbaik dari BP-Guide di atas, ya!

Tag