10 Rekomendasi Susu UHT Murah yang Kaya Akan Nutrisi (2022)

10 Rekomendasi Susu UHT Murah yang Kaya Akan Nutrisi (2022)

Susu adalah minuman bergizi yang wajib dikonsumsi segala usia. Salah satu bentuknya adalah susu UHT yang praktis dan siap minum. Yuk, simak rekomendasi susu UHT murah bernutrisi untuk segala usia dari BP-Guide berikut ini!

Susu UHT, Praktis dan Bergizi Tinggi

Sesuai dengan namanya, susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang diproses dengan dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi, mencapai 135°C dalam waktu yang singkat. Oleh karena suhu pada saat pemrosesannya sangatlah tinggi, maka seluruh mikroorganisme yang ada di dalam susu pun mati, menjadikan susu UHT sebagai susu yang steril.

Meskipun diproses dengan suhu yang sangat tinggi, nutrisi yang terkandung di dalam susu UHT itu tidak berkurang. Susu UHT mengandung protein, karbohidrat, serta berbagai vitamin dan mineral. Susu UHT pun diproduksi dan dikemas dalam kemasan yang praktis. Anda juga tidak perlu repot untuk menyeduhkan karena bisa langsung diminum.

Pada suhu ruangan, susu ini mampu bertahan dalam jangka waktu 6 hingga 12 bulan. Jika kemasannya sudah dibuka, susu UHT dapat bertahan selama sekitar 4 hari di dalam kulkas.

Jenis Jenis Susu yang Dijual di Pasaran

Susu Murni

Susu murni adalah susu yang memiliki kandungan nutrisi yang tidak dikurangi ataupun ditambah dengan sesuatu apapun, serta tidak mendapatkan perlakuan apapun. Singkatnya, susu murni itu berarti susu yang apa adanya, seperti susu yang baru diperah dari hewan, yang tidak diproses termasuk tidak dimasukkan dibekukan di dalam freezer.

Susu Pasteurisasi

Susu pasteurisasi merupakan susu segar yang dalam prosesnya mengalami pemanasan di bawah titik didih. Ada yang dipanaskan pada suhu 63-66°C dan ada yang 72°C. Setelah proses pemanasan, susu langsung didinginkan sampai pada suhu 10°C, dan disimpan pada suhu maksimal 4,4°C.

Proses pasteurisasi tidak membunuh semua mikroorganisme, melainkan hanya membunuh bakteri patogen saja. Meskipun hanya ada bakteri baik di dalam susu pasteurisasi, tetapi jumlahnya juga harus dikontrol agar mereka tidak bereproduksi dalam jumlah besar, oleh karena itu perlu disimpan dalam suhu yang rendah.

Susu UHT

Seperti yang sudah dibahas di atas, susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu segar yang yang diproses dengan dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi, mencapai 135 derajat Celcius dalam waktu yang sangat singkat, bisa hanya 2 detik saja. Terkadang dalam proses produksinya, susu ini juga ditambahkan air terlebih dahulu sebelum dipanaskan. Susu ini juga kadang ditambahkan pangan lain seperti rasa, warna, dll.

Oleh karena suhu pada saat pemrosesannya sangatlah tinggi, maka seluruh mikroorganisme yang ada di dalam susu pun mati, menjadikan susu UHT sebagai susu yang steril. Pemrosesan ini diketahui membunuh bakteri patogen lebih banyak dibandingkan dengan proses pasteurisasi.

Susu Sterilisasi

Susu sterilisasi adalah susu yang dipanaskan pada suhu di atas 135°C (135-140°C) selama 4 detik. Bedanya dengan UHT adalah lama pemanasannya. Susu sterilisasi juga juga bisa dipanaskan pada suhu 110°C, namun waktu yang dibutuhkannya selama 30 menit.

Pada proses sterilisasi, karena suhu yang digunakan sangat tinggi, maka dalam prosesnya akan membunuh semua mikroorganisme di dalam susu beserta sporanya. Daya simpan susu steril juga akan lebih lama. “Susu beruang” adalah produk susu sterilisasi yang terkenal di negeri ini.

Susu Evaporasi

Kebalikan dari susu pasteurisasi, susu UHT, dan susu steril yang diolah pada suhu yang tinggi, susu evaporasi justru diolah pada suhu yang rendah. Proses pengolahannya memakan waktu yang lama, sehingga 60% kandungan airnya sudah menguap, sehingga teksturnya menjadi kental.

Orang-orang banyak yang tertukar dengan susu evaporasi dan susu kental manis. Padahal, keduanya tidaklah sama. Susu evaporasi tidak mendapatkan tambahan pemanis, sedangkan susu kental manis mengandung gula tambahan sekitar 40-45%.

Tips Mengonsumsi Susu UHT

Pilih Jenis Susunya

Jenis susu UHT yang banyak beredar di pasaran adalah susu full cream dan low fat. Susu full cream yang mengandung lebih banyak lemak dibandingkan dengan susu low fat. Karena mengandung lemak yang lebih banyak, susu full cream memiliki rasa yang lebih gurih, namun kalorinya pun lebih tinggi dibandingkan dengan susu low fat. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera atau kebutuhan Anda.

Konsumsi Sesuai Dengan Kebutuhan

Susu UHT juga tersedia dalam banyak rasa. Bagi Anda yang ingin mengolah susu UHT menjadi berbagai kreasi makanan, dapat memilih rasa yang pas untuk resep Anda.

Bagi Anda yang menggunakan susu UHT untuk resep MPASI anak, dapat menggunakan UHT plain, karena rasa originalnya akan lebih netral dan tidak merusak rasa asli menu makan anak. Tujuan MPASi juga adalah untuk mengenalkan berbagai rasa pada anak. Selanjutnya, pada usia 2 tahun, Anda bisa mengenalkan susu UHT khusus anak dengan aneka varian rasa.

Beda Usia, Beda Susunya

Para produsen ada yang memproduksi susu UHT khusus anak-anak, dengan kemasan yang menarik. Jika anak Anda masih berusia di bawah 5 tahun, sebaiknya berikan susu UHT yang memang diproduksi khusus untuk anak-anak. Anda dapat memberikan rasa favorit anak, seperti coklat atau stroberi. Bila Anda ingin memberikan susu UHT untuk anak di bawah 1 tahun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak.

Ibu hamil juga disarankan untuk minum susu. Ibu hamil dapat memilih susu yang mengandung formula khusus yang diperlukan bagi ibu dan janin. Contohnya produk susu yang diperkaya dengan asam folat, DHA, zat besi, dan zat tambahan lain.

Rekomendasi Susu UHT Murah yang Bisa Dikonsumsi Kapan Saja dan Di Mana Saja

Milo Susu UHT

Jika umumnya susu UHT kemasan memiliki berbagai variasi rasa, Milo hanya tersedia dalam rasa cokelat. Selain menawarkan rasa coklat yang lezat, susu Milo juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, fosfor, serta kaya akan kandungan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan anak.

Harga Rp. 2.500-5.000

Ovaltine Susu UHT

Sama seperti Milo, produk Ovaltine ini juga hanya tersedia dalam satu varian rasa yaitu rasa coklat. Produk susu Ovaltine ini mengandung sekitar 16,9% ekstrak malt, multivitamin, dan mineral. Susu Ovaltine ini diklaim memiliki jumlah protein yang pas untuk memenuhi kebutuhan harian konsumennya.

Harga Rp. 2.500-6.000

Morinaga Chil Go! UHT

Susu Morinaga chil*go! ini dikemas dalam kemasan botol plastik yang tidak mudah tumpah ataupun rusak terkena benturan. Produk ini tersedia dalam lima rasa yang berbeda dengan kandungan nutrisi yang sangat kaya. Di dalamnya juga terkandung kolin dan inositol yang bisa menunjang kecerdasan anak.

Harga Rp. 3.000-5.000

Indomilk Good To Go

Jika Anda merasa bosan dengan rasa susu yang monoton, dan ingin mencoba rasa yang berbeda, cobalah Indomilk Good To Go. Susu yang satu ini memadukan dua rasa dalam tiap kemasannya. Anda dapat merasakan rasa pisang yang dipadukan dengan stroberi, atau rasa coklat yang dipadukan dengan alpukat.ga Pada susu ini, Indomilk juga mencoba memadukan susu segar, oat, beras merah, malt, dan gandum, sehingga kaya akan serat. Produk ini dikenal juga dengan istilah multi sereal.

Harga Rp. 5.000-8.000

Frisian Flag Purefarm UHT

Satu kotak susu Frisian Flag akan memberikan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak serta zat gizi mikro berupa multivitamin dan mineral. Susu ini tersedia dalam 2 jenis, yaitu Frisian Flag Purefarm Full Cream dan Frisian Flag Purefarm Low-fat, dengan berbagai varian rasa. Anda bisa memilih rasa favorit, dan menikmatinya hingga tetes terakhir.

Harga Rp. 5.000-6.000

HiLo Teen UHT

Susu HiLo hadir dengan berbagai varian rasa unik tiramisu, coklat, vanila, hingga coffee tiramisu yang lezat dan bergizi tinggi. Selain berbagai rasa, HiLo juga memproduksi susu sesuai dengan usia, ada HiLo school untuk anak, HiLo teen untuk remaja, HiLo platinum untuk yang berumur 20 tahun ke atas, dan HiLo gold untuk dewasa dan lansia.

Harga Rp. 5.000-7.500

Vidoran Xmart Milk UHT

Vidoran Xmart Milk mengandung cod liver oil (minyak hati ikan cod) yang bagus untuk perkembangan otak dan sistem saraf anak. Susu ini juga kaya akan kalsium, fosfor, serta aneka vitamin yang diperlukan dalam proses tumbuh kembang buah hati. Produk susu ini dalam dua rasa yaitu stroberi dan coklat yang menjadi favorit anak-anak.

Harga Rp. 2.500-4.000

Dancow FortiGro Susu UHT

Dancow UHT diproses dari susu murni segar dengan teknologi canggih sehingga membuat produk ini juga tidak kalah dengan produk pesaingnya. Produk susu ini pun mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Susu ini juga tersedia dalam varian rasa seperti full cream, cokelat, hingga stroberi yang lezat.

Harga Rp. 2.500-4.000

Ultra Mimi Kids

Susu UHT yang satu ini diproduksi khusus untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas sehingga mengandung semua nutrisi yang baik untuk anak. Ultra Mimi memiliki empat macam rasa, dari rasa full cream, vanila, cokelat, vanila, hingga stroberi. Selain itu, semua perasa dan pewarna yang digunakan untuk susu ini terbuat dari bahan alami. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir memberikannya pada buah hati.

Harga Rp. 2.500-4.000

Prenagen Mommy UHT

Susu ini dikemas dengan kemasan yang praktis, sehingga ibu hamil bisa tinggal meminumnya tanpa menyeduh terlebih dahulu. Susu ini memiliki varian rasa yang lezat seperti rasa berry yang segar, cokelat yang manis, atau almond yang enak. Kandungan nutrisinya yang lengkap seperti asam folat, zat besi, kalsium, serat, dan vitamin juga mampu memenuhi kebutuhan harian ibu hamil dan janin.

Harga Rp. 8.500-10.000
From our editorial team

Susu UHT Bisa Jadi Cara Terbaik Memulai Hari

Sebelum beraktivitas, pastikan perut sudah terisi agar Anda tetap fokus dan bertenaga. Jika tidak sempat, minum susu UHT yang praktis dan kaya nutrisi. Meskipun harganya murah, Anda tidak perlu meragukan manfaatnya. Pilih susu UHT favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag