8 Susu UHT Full Cream yang Enak dan Bergizi untuk Lengkapi Nutrisi Tubuh Sehari-hari (2021)

8 Susu UHT Full Cream yang Enak dan Bergizi untuk Lengkapi Nutrisi Tubuh Sehari-hari (2021)

Susu adalah salah satu jenis minuman menyehatkan. Sayangnya, tidak banyak orang yang berusaha untuk melengkapi kebutuhan mineralnya dengan minum susu. Padahal, susu kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh baik untuk anak maupun dewasa. Susu UHT bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi setiap hari, loh. Yuk, kenalan dengan susu UHT dan manfaatnya. Cek juga cara memilihnya dan rekomendasinya dari BP-Guide!

Susu UHT Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Minum susu setiap hari bisa melengkapi gizi kita. Seperti yang dianjurkan, setiap hari setidaknya kita harus mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain makan nasi, sayur, lauk, dan buah, kita juga butuh susu untuk melengkapi gizi keseharian. Tidak hanya anak-anak yang butuh susu, namun juga orang dewasa.

Salah satu jenis susu yang bisa kamu konsumsi dalam keseharian adalah susu UHT. Ini adalah susu yang berasal dari susu sapi segar. Susu telah melewati proses pengolahan pasteurisasi dengan alat bertemperatur tinggi. Teknik pengolahan ultra-high temperature pasteurization alias IHT ini tujuanya adalah untuk membunuh bakteri-bakteri di dalam susu. Meski dipanaskan dalam suhu tinggi, namun susu UHT tidak kehilangan nutrisinya sehingga aman dan menyehatkan untuk diminum.

Susu UHT memiliki sederet manfaat bagi tubuh. Ini karena dalam susu UHT terkandung aneka vitamin seperti vitamin A, B12, dan vitamin D. Ada juga kandungan kalsium, zinc, magnesium, dan potasium. Aneka kandungan tersebut memberikan manfaat pada kesehatan tubuh peminumnya.

Karena kaya kalsium, tentu saja susu UHT bisa mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi anak serta bisa menjaga kekuatan gigi dan tulang pada orang dewasa. Susu juga kaya vitamin D sehingga bisa berperan untuk membantu pembentukan tulang dan menjaga tingkat kepadatan serta kekuatan tulang sehingga bisa terhindar dari risiko osteoporosis.

Manfaat lain susu UHT adalah untuk meningkatkan fungsi sistem saraf. Rutin minum susu akan membantu memaksimalkan fungsi saraf-saraf tubuh. Selain itu bisa juga menjaga kesehatan otot dan bisa membantu memulihkan otot-otot yang rusak.

Aneka nutrisi dan vitamin pada susu UHT juga bisa meningkatkan energi tubuh. Nutrisi dalam susu UHT tetap tinggi dan tidak mudah hilang. Kamu bisa mengonsumsinya setiap pagi supaya nutrisi tubuh terpenuhi sehingga kamu memiliki energi lebih untuk beraktivitas seharian. Kandungan lemak dalam susu UHT juga cukup tinggi sehingga bisa membantu proses metabolisme oleh tubuh.

Di masa seperti sekarang ini, daya tahan tubuh wajib dijaga dengan baik. Susu UHT adalah salah satu produk yang wajib dikonsumsi demi membantu menjaga daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut bisa membantu agar sistem imun tubuh bisa bekerja dengan baik dan bisa menangkal aneka bakteri serta virus agar tidak menginfeksi tubuh.

Susu UHT juga bisa memberi manfaat pada perkembangan otak. Bagi anak-anak yang sedang dalam fase pertumbuhan dan perkembangan, susu UHT akan membantu otaknya berkembang dengan baik.

Susu UHT bagus juga dikonsumsi untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya. Sudah ada banyak riset yang dilakukan pada efek susu UHT dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Dengan kandungan asam lemak tak jenuh yakni omega-3, susu UHT akan membantu menurunkan risiko penyakit mematikan seperti jantung dan diabetes.

Tips Memilih Susu UHT

Cek Tanggal Kedaluwarsa

Susu UHT biasanya hadir dalam bentuk cair. Saat membelinya, kamu wajib meneliti kemasannya. Cek bentuk kemasannya, dan pastikan kemasannya tidak penyok dan masih dalam kondisi yang bagus. Kemasan penyok bisa berarti bahwa susu sudah lama berada di rak persediaan toko, ini juga bisa menunjukkan bahwa kondisi susu sudah tidak baik.

Agar kamu lebih yakin bahwa susu UHT yang kamu beli masih berkualitas bagus, ada baiknya kamu mengecek tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Hindari susu UHT yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa atau bahkan sudah melewati tanggal kedaluwarsanya. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Susu yang mendekati tanggal kedaluwarsa akan memiliki warna kekuninga. Teksturnya juga ada yang kental atau ada yang sangat cair. Aromanya pun tidak sedap. Selain rasanya tidak enak, susu yang kedaluwarsa juga penuh dengan bakteri yang berkembang biak sehingga dipastikan tidak ada lagi nutrisi yang tersisa di dalamnya.

Cek Kandungan Nutrisi

Ketika membeli susu UHT, cek juga kandungan nutrisinya. Perhatikan kemasan susu untuk tahu nutrisi di dalamnya. Pastikan ada kandungan kalsium karena ini adalah kandungan utama yang kita butuhkan dalam susu. Umumnya, ada 300 mg kalsium dalam susu UHT. Jumlah tersebut akan mampu memenuhi 60% kebutuhan kalsium anak dalam sehari.

Selain kalsium, kamu juga perlu mengecek kandungan vitamin di dalamnya. Pastikan kandungan vitmainnya masih tinggi dan tidak rusak karena proses pemanasan UHT.

Pilih Jenisnya

Susu UHT juga hadir dalam ragamnya sendiri. Ada susu UHT full cream dan ada susu UHT low fat. Keduanya sama enaknya dari segi rasa. Namun, dari segi nutrisi dan kegunaan, keduanya memiliki perbedaan.

Susu UHT full cream merupakan susu yang kandungan nutrisinya masih utuh layaknya susu asli. Di dalamnya ada kalsium, protein, vitamin D, dan lemak. Meski kandungan lemaknya tinggi, bukan berarti tidak baik dikonsumsi karena manusia akan membutuhkan lemak 67 gram setiap hari. Maka dari itu, kamu bisa aman dan tenang minum susu ini. Maksimal minum dua gelas saja setiap hari agar tidak terlalu banyak lemak, ya.

Jenis susu UHT low fat cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet. mereka yang diet butuh lebih sedikit lemak. Susu UHT low fat sesuai namanya merupakan susu yang sudah mengalami penyusutan lemak pada pengolahannya. Lemak dalam susu UHT low fat umumnya hanya 1 atau 2 persen saja. Susu UHT low fat juga rendah koleksterol jadi lebih dianjurkan untuk mereka yang mengidap sakit jantung atau sedang diet. susu ini juga kaya akan kalsium dan vitamin D sehingga mampu memperkuat tulang. susu ini akan membantu menurunkan berat badang, mengontrol tekanan darah, dan menyehatkan jantung.

Hindari Pemanis Tambahan

Perhatikan kandungan gula atau pemanis tambahan dalam susu UHT yang akan kamu beli. Usahakan memilih susu dengan kadar pemanis yang rendah. Kandungan gula atau pemanis tambahan pada susu memang membuat rasa susu lebih manis dan lebih enak. Sayangnya, ini juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari risiko diabetes, berat badan berlebih, kerusakan gigi, dan lain sebagainya.

Ini Loh Rekomendasi Susu UHT Full Cream Terbaik

Ultra Milk UHT Full Cream

Ultra Milk UHT Full Cream merupakan rekomendasi pertama dari kami. Susu yang satu ini rasanya segar dan sangat bernutrisi. Di dalam susu terkandung protein, kalsium, vitamin, karbohidrat, magnesium, dan fosfor. Susu UHT ini diproduksi dan disterilkan dalam suhu yang tinggi. Hal ini membuat susu jadi bebas bakteri dan lebih aman dikonsumsi.

Susu UHT dari Ultra cocok dikonsumsi anak-anak hingga dewasa. Susu ini bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan melengkapi nutrisi harian. Susu bisa langsung diminum atau bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas untuk sensasi lebih segar. Tak hanya diminum, namun kamu juga boleh memakainya ke dalam masakan atau bisa juga dipakai membuat kue.

Susu bisa tahan lama disimpan. Ada 3 ukuran yang tersedia di pasaran, yakni 200 ml, 250 ml, dan 1000 ml. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu, ya.

Harga Rp. 5.000-32.000

Diamond Milk UHT Full Cream

Diamond Milk UHT Full Cream tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan. Susu UHT yang satu ini memiliki rasa creamy yang kental. Rasanya yang lezat membuatnya cocok untuk dicampur pada kopi juga, loh. Kamu bisa juga meminumnya langsung tanpa tambahan lainnya. Susu cocok jadi tambahan untuk kue atau makan sereal. Susu ini hadir dalam kemasan 1 liter sehingga cocok untuk diminum seluruh anggota keluarga.

Harga Rp. 15.500-18.000

Ultra Mimi Kids Full Cream

Ultra Mimi Kids Full Cream merupakan susu yang khusus untuk anak-anak. Dihadirkan oleh PT Ultrajaya, produk yang satu ini hadir dengan aneka nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Susu bisa diberikan pada anak usia 2 tahun ke atas.

Susu selain hadir dalam rasa full cream, juga ada rasa lain seperti vanila, stroberi, hingga cokelat. Susu terbuat dari bahan alami tanpa pengawet sehingga lebih aman diberikan pada anak.

Harga Rp. 2.750-4.500

Frisian Flag UHT Purefarm Full Cream

Frisian Flag UHT Purefarm Full Cream ini merupakan susu cair yang siap minum. Produk ini cocok untuk diminum seluruh keluarga. Dikemas dalam ukuran 1 liter sehingga cocok jadi pendamping sarapan pagi hari. Selain bisa diminum langsung, cocok juga dicampur dengan sereal. Kamu juga bisa menjadikannya bahan tambahan kue atau masakan.

Susu yang satu ini kaya akan vitamin A, D, dan B2. Ada juga kandungan karbohidrat, lemak, protein, kalsium, dan lain sebagainya. Minum 2 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu dan keluarga, ya.

Harga Rp. 17.700-23.920

Greenfields UHT Full Cream Milk

Greenfields UHT Full Cream adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini diperkaya dengan vitamin dan mineral yang tinggi. Susu kaya akan nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh, menguatkan tulang, dan menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat.

Diproses patreurisasi dalam suhu tinggi, susunya bebas bakteri sehingga lebih sehat dikonsumsi. Produk ini cocok diminum sekeluarga dari anak-anak hingga dewasa. Susu hadir dengan umur simpan yang cukup lama.

Harga Rp. 18.950-23.000

Cimory UHT Full Cream

Cimory UHT Full Cream tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan. Susu yang satu ini dibuat dari susu sapi segar. Diolah dengan pemanasan suhu tinggi, susunya bebas bakteri sehingga bisa tahan lama tanpa berkurang nutrisinya. Susu nikmat dikonsumsi seluruh keluarga.

Produk yang satu ini memiliki kandungan vitamin B2, kalsium, lemak, kalium, dan protein. Dengan aneka nutrisi, susu akan sangat menyehatkan tubuh. Susu hadir dengan tekstur cair dan rasa yang creamy. Kamu bisa menikmatinya saat santai. Bisa diminum langsung, dicampur sereal, jadi tambahan masakan, atau bisa juga jadi puding dan lainnya. Produk ini dikemas dalam ukuran 250 ml hingga 950 ml.

Harga Rp. 5.000-8.600

Indomilk Full Cream

Indomilk Full Cream terbuat dari susu sapi segar asli. Susunya diproses dengan suhu tinggi sehingga menghasilkan susu murni bebas bakteri. Ini tentu sangat menyehatkan karena meski dipanaskan maksimal namun susu tetap terjaga nutrisinya.

Di dalam susu terkandung aneka vitamin seperti A, B1, B6, D3, dan E. Ada juga kandungan kalsium, kalium, magnesium, zinc, dan lain sebagainya dalam susu ini. Dikemas dalam berbagai ukuran mulai dari 200 ml hingga 950 ml, susu ini cocok untuk dikonsumsi seluruh keluarga.

Harga Rp. 15.000-18.900

Dancow FortiGro Full Cream

Dancow FortiGro Full Cream merupakan rekomendasi terakhir kami. Susu hadir dengan aneka kandungan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, C, D, dan E. Selain itu, susu juga hadir dengan protein, kalsium, zat besi, zinc, serta kolin. Aneka nutrisi tersebut baik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Susu ini rasanya enak dan bikin anak jadi tidak eneg saat mengonsumsinya. Susu cocok diminum biasa atau bisa juga jadi tambahan dalam kue atau makanan lainnya.

Harga Rp. 23.070-46.100
From our editorial team

Pilih Ukuran Kemasan

Susu UHT memang hadir dalam aneka kemasan. Saat membeli pertimbangkan kemasan yang akan kamu beli. Umumnya, ada kemasan kecil 200 ml hingga kemasan sebesar 1000 ml. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Jika ingin yang habis dalam sekali minum, maka bisa pilih kemasan kecil 200 ml hingga 250 ml. Kemasan kecil cocok untuk sekali minum tanpa disisakan. Sementara, kemasan besar seperti 750 ml hingga 1000 ml cocok untuk satu keluarga. Bisa sekali minum jika untuk banyak orang. Atau bisa beberapa kali minum jika untuk satu orang.

Tag