Cukupi Kebutuhan Nutrisi Ibu dan Janin dengan 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Ini (2021)

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Ibu dan Janin dengan 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Ini (2021)

Ibu hamil harus mencukupi asupan gizi demi kesehatan janin yang ada di dalam kandungannya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi cukup susu. Minuman yang satu ini banyak mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Intip segera pilihan susu hamil terbaik rekomendasi BP-Guide!

Ibu Hamil Butuh Susu Khusus untuk Dukung Kesehatannya dan Janin

Ibu hamil membutuhkan aneka nutrisi penting guna menunjang tumbuh kembang janin di dalam perut. Salah satu yang disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil adalah susu ibu hamil. Susu khusus ibu hamil ini dibuat dengan aneka ragam bahan alami yang kaya nutrisi penting bagi ibu hamil seperti omega 3, kalsium, DHA, protein, dan lain sebagainya.

Susu ibu hamil memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara rutin. Susu akan membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan membuat ibu tetap bisa aktif melakukan beragam aktivitas tanpa merasa mudah lelah dan lemas.

Susu ibu hamil juga diperlukan untuk membuat janin lebih ternutrisi sehingga perkembangan organ janin makin pesat. Tumbuh kembang tulang janin pun makin optimal.

Mengonsumsi susu ibu hamil dapat membantu mencegah anemia. Pilih susu yang tinggi asam folat dan vitamin sehingga anemia bisa dicegah dan kamu bisa beraktivitas dengan baik. Pilih juga yang tinggi zat besi agar sistem kekebalan tubuh meningkat dan bisa membantu pembentukan sel darah merah janin

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Terbaik

Sesuaikan dengan Tahap Kehamilan

Pemilihan susu ibu hamil sebaiknya disesuaikan dengan tahapan kehamilan. Ini karena setiap tahap kehamilan membutuhkan nutrisi yang berbeda.

Ibu hamil dalam trimester pertama akan lebih banyak membutuhkan vitamin B6. Kandungan vitamin tersebut bisa mengurangi mual karena dalam 3 bulan awal, ibu hamil biasanya mengalami morning sickness. Dalam fase ini, janin tengah mengalami pembentukan saraf, otak, dan organ lainnya sehingga janin juga membutuhkan asam folat dan zat besi.

Dalam kehamilan trimester kedua, janin mulai tumbuh tulang dan gigi. Ini membuat ibu hamil paling butuh banyak kalsium yang bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Susu hamil yang sesuai adalah yang tinggi vitamin D agar bayi tidak lahir dalam kondisi prematur. Susu untuk trimester kedua juga harus tinggi asam lemak omega 3 sehingga bisa menunjang pertumbuhan otak.

Di trimester ketiga, susu yang sebaiknya dikonsumsi adalah susu dengan kandungan karbhidrat dan protein. Ini sebagai sumber energi dan sebagai nutrisi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan bayi.

Pilih Susu yang Dipasteurisasi

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi susu yang telah melewati proses pasturisasi. Biasanya dalam kemasan susu sudah ada keterangan ‘telah dipasteurisasi’. Susu yang sudah dipasteurisasi dijamin lebih aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Susu pasteurisasi merupakan susu yang sudah mengalami proses pemanasan dalam suhu tinggi sehingga bisa memperlambat pertumbuhan bakteri.

Sebaliknya, susu yang belum dipasteurisasi terbilang sebagai susu mentah. Susu semacam ini bisa membahayakan kehamilan karena memiliki kandungan bakteri berbahaya.

Cek Nutrisinya

Tentu saja penting bagi kita untuk mengecek nutrisi yang ada dalam susu kehamilan. Pastikan susu tersebut hadir dengan vitamin D sehingga bisa mencegah persalinan dini dan infeksi. Adanya kandungan vitamin D juga menjamin bayi agar tidak mudah terserang alergi.

Pilih juga susu ibu hamil yang tinggi kalsium dan zat besi. Dua kandungan ini akan bisa membantu pembentukan tulang bayi. Selain itu bisa memperlancar peredaran oksigen pada janin. Nutrisi lain yang harus ada dalam susu ibu hamil adalah asam amino, asam lemak, dan protein karena mampu membantu perkembangan sistem saraf janin.

Pilih Rasanya

Susu ibu hamil biasanya dibuat dalam aneka macam rasa. Ini supaya ibu hamil tidak merasa eneg saat mengonsumsinya. Ada varian rasa cokelat, vanilla, stroberi, jeruk, hingga alpukat yang tersedia di pasaran. Kamu bisa memilih rasa yang kamu sukai. Perlu diingat bahwa rasa yang ditawarkan setiap merek berbeda meski sama namanya. Misalnya saja rasa vanilla. Rasa vanilla susu merek A belum tentu sama dengan rasa vanilla yang ditawarkan merek B. Mungkin saja ada yang cenderung lebih manis, lebih wangi, dan lain sebagainya.

Ini Dia Rekomendasi Susu Ibu Hamil Terbaik untuk Kamu

Frisomum Gold Dualcare+

Sebagai pilihan pertama, kami merekomendasikan Frisomum Gold Dualcare+. Susu ibu hamil yang diproduksi dengan teknologi canggih ini mampu menjamin kualitas susu di dalamnya. Nutrisi susu terjaga sehingga mampu memberikan manfaat maksimal pada ibu dan janin di dalam kandungan.

Kaya akan protein yang mudah dicerna, susu ini juga mengandung ALA sebagai asam lemak untuk membantu perkembangan sel-sel tubuh. Susu ini juga kaya akan nukleotida yang bisa merangsang hormon tiroid untuk perkembangan otak. Ada juga kandungan FOS yang bisa menstimulasi pertumbuhan bakteri baik di dalam organ pencernaan dan menjaga kesehatan pencernaan.

Susu ini juga memiliki kandungan asam folat yang bisa meminimalisir risiko terjadinya cacat pada bayi. Tinggi kalsium, susu yang satu ini juga akan membantu tumbuh kembang fisik bayi dengan optimal. Ada juga kandungan zat besi yang bisa mengatasi anemia dan kekurangan sel darah merah.

Harga Rp. 85.900-287.000

SGM Bunda Rasa Cokelat

SGM Bunda Rasa Cokelat juga bisa kamu andalkan sebagai pilihan. Susu dengan formula tinggi kalsium, zat besi, asam folat, dan minyak ikan ini bisa menutrisi ibu hamil dan juga bisa mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Selain itu, susu ini juga bisa mencegah anemia dan membantu pembentukan otak janin agar terhindar dari risiko cacat tabung saraf. Selain rasa cokelat, kamu juga bisa menikmati rasa vanila atau stroberi yang tersedia.

Harga Rp. 18.000-60.000

Anmum Materna

Penuhi kebutuhan nutrisi kehamilan dengan mengonsumsi Anmum Materna. Susu tinggi nutrisi ini baik untuk ibu dan janin dalam kandungan. Dengan GA dan DHA, susu ini akan membantu pembentukan dan perkembangan otak janin. Susu ini juga tinggi asam folat yang bisa membantu perkembangan sel buah hati. Ada juga serat pangan yang dapat memelihara fungsi pencernaan ibu.

Susu yang satu ini juga kaya protein, kalsium, dan zat besi. Zat-zat lain yang juga penting adalah kolin, omega 3, omega 6, biotin, dan aneka vitamin untuk tubuh.

Harga Rp. 34.000-85.000

Lactamil Pregnasis

Dengan formula ACTIDuobio+, susu Lactamil Pregnasis terbilang rendah lemak dan tinggi inulin sebagai serat pangan. Susu ini juga kaya asam folat yang bisa mengurangi risiko cacat tabung saraf. Produk ini juga mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia pada ibu hamil. Kandungan omega 6 akan mendukung tumbuh kembang otak janin.

Susu ini hadir dalam aneka varian rasa yang enak dan tidak bikin eneg. Ada rasa vanilla, cokelat, dan stroberi yang bisa dinikmati.

Harga Rp. 28.500-85.000

Enfamama A+

Enfamama A+ hadir dengan formula yang pas untuk ibu hamil dan menyusui. Susu dengan kandungan asam folat, kalsium, vitamin C, dan zat besi ini bagus untuk perkembangan janin. Dilengkapi pula dengan vitamin dan mineral yanga akan mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Dalam susu ini juga kaya ALA, DHA, kolin, dan biotin yang bisa mendukung pertumbuhan janin secara maksimal. Kamu bisa memilih rasa cokelat atau vanilla yang tersedia karena rasanya enak dan tidak bikin mual.

Harga Rp. 64.000-121.000

SUN Ibu

Nutrisi penting ibu hamil bisa didapatkan dari SUN Ibu. Susu yang satu ini hadir dalam banyak variasi rasa seperti vanila, stroberi, cokelat, dan kombinasi cokelat dan alpukat. Dikemas dalam kotak yang tersegel rapi, susunya aman hingga tangan konsumen dan terjaga kualitasnya.

Dalam susu ini terkandung aneka nutrisi. Ada kalsium, zat besi, vitamin B6, omega 3 dan 6, serta kolin. Berbagai kandungan tersebut mampu mendukung metabolisme energi dan membentuk jaringan sel pada bayi. Susu ini telah mendapatkan sertifikat halal MUI dan juga izin BPOM jadi lebih aman dikonsumsi.

Harga Rp. 14.000-16.000

Nestle Mom & Me

Nestle Mom & Me merupakan produk yang wajib kamu andalkan selanjutnya. Susu yang satu ini bisa menutrisi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Dalam susu ini terdapat asam folat, kolin, DHA, kalsium, protein, dan zat besi. Ada juga deretan vitamin seperti A, B1, C, D, dan E. Susu ini juga dilengkapi dengan probiotik bifidus BL yang merupakan dua jenis probiotik guna mempertahankan fungsi saluran cerna.

Harga Rp. 48.700-280.000

Prenagen Mommy

Prenagen Mommy dikemas praktis sehingga sangat ideal untuk dibawa bepergian. Susu yang satu ini bisa memenuhi asupan nutrisi selama kehamilan. Ada berbagai kandungan nutrisi dalam susu ini seperti DHA, omega 3, kalsium, dan lain sebagainya. Berbagai kandungan tersebut akan membantu tumbuh kembang janin, membentuk otak dan tabung saraf janin, membantu membentuk tulang dan memadatkan tulang ibu, serta mencegah pendarahan berlebih saat melahirkan.

Harga Rp. 34.500-52.500

Lovamil

Lovamil adalah susu hamil lainnya yang bisa diandalkan. Susu dengan kandungan omega 3 dan 6 ini mampu membantu perkembangan otak janin. Lovamil juga tinggi prebiotik inulin yang bisa memelihara fungsi saluran cerna dan mendukung penyerapan kalsium. Ada juga kandungan AA dan DHA yang akan mendukung pembentukan otak. Ibu tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa mudah merasa lelah. Uniknya, produk ini hadir dalam aneka rasa yang enak sehingga nikmat diminum dan tidak bikin eneg. Ada rasa stroberi, vanila, cokelat, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 14.025-19.900

Frisian Flag Mama

Frisian Flag Mama merupakan susu yang seporsinya setara dengan sepotong ikan bawal dan 9 gram protein. Susu ini memiliki rasa yang enak dan tidak bukin mual karena rasanya tidak terlalu manis. Di dalamnya tinggikandungan zat besi, kalsium, asam folat, hingga 29 multivitamin. Ini tentu bisa mendukung nutrisi untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu.

Harga Rp. 18.900-34.500
From our editorial team

Cek Kemasan Susu

Jangan asal saja membeli susu kehamilan. Kamu wajib juga mengecek kemasan, utamanya bagian komposisi dan nilai gizinya. Setiap susu ibu hamil memiliki memiliki fortifikasi zat gizi yang berbeda. Pilih kandungan gizi sesuai kebutuhan. Selain itu, cek juga tanggal kedaluwarsanya. Jangan sampai kamu mengonsumsi susu yang sudah lewat masanya. Teliti mengecek kemasan, membuat kamu bisa mendapatkan susu berkualitas bagus.

Tag