Tetap Cantik saat Hamil dengan 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Hamil (2020)

Tetap Cantik saat Hamil dengan 10 Rekomendasi Skincare untuk Ibu Hamil (2020)

Penggunaan skincare untuk ibu hamil diperbolehkan namun tetap dibatasi. Sebaiknya pilih skincare dengan sangat hati-hati dan teliti untuk menjaga kesehatan janin. Yuk, cek tips dari kami!

Ibu Hamil Tetap Boleh Pakai Skincare

Saat hamil memang ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Ini tergantung dari hormon setiap orang. Ada yang jadi lebih mudah jerawatan, ada yang kulit wajahnya sering terlihat kusam, dan lain sebagainya. Apapun kondisi kulit kita saat hamil, kita wajib tetap menjaga kesehatan kulit kita supaya tetap percaya diri saat beraktivitas.

Banyak dari kita yang percaya bahwa saat hamil sebaiknya tidak memakai skincare. Ini karena dikhawatirkan ada kandungan berbahaya dalam skincare ayng bisa membahayakan kesehatan janin. Tentunya sebagai calon ibu, kita tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan pada buah hati sebelum lahir. Maka dari itu kita pasti menghindari hal-hal yang membahayakan keselamatan janin.

Sebenarnya, boleh saja kok memakai skincare untuk merawat kulit. Sensitivitas kulit saat hamil jadi meningkat sehingga tak jarang muncul stretch mark, kulit kusam, atau berjerawat saat hamil. Untuk mengatasi hal tersebut, skincare pilihan Anda tidak bisa sembarangan ya. Apa yang Anda gunakan bisa terserap ke dalam aliran darah dan mungkin menembus plasenta. Maka dari itu, pastikan tidak berlebihan memakai skincare dan hanya gunakan bahan yang aman saja.

Beberapa bahan skincare yang aman untuk ibu hamil adalah asam laktat, asam glikolat, asam azelaic, erythromycin, dan clindamycin. Berbagai kandungan tersebut bisa ditemukan pada toner, moisturizer, hingga serum wajah. Kandungan ini jga umum ada pada obat jerawat. Jadi untuk yang sedang berjerawat saat hamil, jika mendapati produk dengan bahan tersebut, maka Anda aman memakainya.

Anda bisa juga mempertimbangkan produk skincare dengan bahan zinc oxide dan titanium dioxide. Keduanya tidak dapat menyerap langsung ke dalam kulit sehingga aman digunakan oleh ibu hamil. Bahan-bahan ini biasanya ada di sunscreen alias tabir surya yang bisa melindungi kulit dari bahaya buruk sinar UV.

Untuk melembapkan kulit, Anda bisa memakai skincare bahan gliserin, asam hialuronat, atau bahan alami seperti shea butter. Ini akan lebih aman digunakan dan tidak memberikan efek samping terhadap janin yang Anda kandung.

Hindari Skincare Jika Memiliki Bahan Berikut

Wanita memang ingin selalu tampil sempurna. Begitu juga dalam hal perawatan kulit. Saat kulit terkesan kusam dan banyak masalah tentu kita jadi ingin segera mengenyahkan gangguan kulit tersebut. Maka dari itu kita memakai skincare. Namun, waspadalah jika hendak memakai skincare saat hamil ya. Hindari skincare jika memiliki bahan seperti berikut;

Retinoid alias vitamin A adalah bahan skincare yang sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil. Umumnya bahan ini didapati dalam toner, pelembab, hingga produk antiaging. Bahan ini bisa membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin Anda.

Bahan lain yang sebaiknya dihindari saat hamil adalah merkuri. Meski jumlahnya sedikit, tetap saja merkuri membahayakan dan bisa menyebabkan kerusakan saraf permanen dan gangguan perkembangan janin. Umumnya merkuri terkandung dalam skincare pemutih.

Bahan hidroquinon juga tergolong bahan yang berbahaya untuk skincare ibu hamil. Bahan yang satu ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Umumnya bahan ini untuk meratakan warna kulit wajah dan melenyapkan flek di wajah. Saat hamil, flek di wajah adalah hal yang bersifat sementara dan akan hilang setelah melahirkan, jadi jangan keburu panik, ya.

Bahan lain yang berbahaya adalah Dihydroxyacetone dan Paraben. Kedua bahan ini bisa menyebabkan gangguan perkembangan janin. Hindari juga bahan Benzophenone dan Tetracycline yang bisa menyebabkan perubahan warna keabuan pada bayi saat masa pertumbuhannya.

Tips Memilih Skincare Aman untuk Ibu Hamil

Pilih yang Kaya Vitamin E

Usahakan untuk memilih skincare yang kaya akan vitamin E. Ini adalah bahan yang bagus untuk kesehatan kulit, baik kulit tubuh maupun kulit wajah. Dalam vitamin E ada efek mencerahkan serta mampu memperbaiki sel kulit mati yang rusak.

Jika merasa kulit kasar dan butuh vitamin tambahan, Anda bisa gunakan skincare dengan kandungan vitamin E karena aman digunakan. Jika merasa ragu, Anda bisa juga bertanya dulu pada dokter.

Vitamin E biasanya terdapat pada body serum, toner, moisturizer, dan essence. Dengan adanya vitamin E, maka kulit iritasi jadi bisa diminimalisir. Selain itu, kulit juga jadi lebih sehat, lembap, dan terasa nyaman.

Gunakan Sesuai Kebutuhan

Gunakanlah skincare sesuai kebutuhan. Hindari memakai skincare dalam jumlah berlebihan. Hindari juga memakai skincare jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Ini karena kulit pada ibu hamil cenderung lebih sensitif, mudah iritasi dan mudah terinfeksi.

Kulit lebih sensitif akibat kadar hormon pada masa kehamilan bisa mempengaruhi peningkatan sirkulasi darah dan sistem imun, termasuk di kulit. Maka gunakan saja skincare sesuai kebutuhan. Sebab, pemakaian produk yang berlebihan juga akan memperparah iritasi bahkan bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya reaksi alergi.

Pilih Skincare Bahan Alami

Namanya wanita tentu tetap ingin tampil cantik meskipun sedang dalam proses kehamilan. Untuk ibu hamil yang tetap ingin pakai skincare maka bisa memilih skincare berbahan alami. Ini akan lebih aman daripada skincare berbahan kimia.

Skincare bahan alami lebih minim efek samping terhadap ibu hamil. Pilih skincare dengan bahan yang sudah teruji klinis. Ini juga akan membuat Anda lebih tenang saat memakainya.

Ini Dia Rekomendasi Skincare Aman untuk Ibu Hamil

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Wajah kita tetap perlu dibersihkan dengan sempurna saat hamil. Karena itu, Anda bisa gunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Produk yang satu ini merupakan sabun pencuci wajah yang efektif. Produk ini aman untuk masa kehamilan Anda juga.

Gunakan pembersih wajah ini dua kali sehari untuk membuat wajah bebas debu, polusi, minyak, dan sisa makeup. Bahan sabun ini ringan dan tidak mengandung parfum sehingga tidak akan bikin iritasi dan tidak akan membuat pori-pori jadi tersumbat.

Harga Rp. 40.000-253.000

Bio Oil Skincare Oil

Dalam masa kehamilan, kerap terjadi stretch mark yang bikin Anda jadi kurang percaya diri. Oleh karena itu, Anda butuh Bio Oil Skincare. Ini merupakan minyak multifungsi untuk merawat kulit.

Produk ini bisa menghidrasi wajah dan menyingkirkan noda-noda hitam hiperpigmentasi akibat bekas jerawat. Selain itu, produk ini juga bisa mengurangi atau menyingkirkan stretch mark serta luka di bagian tubuh lainnya.

Produk ini aman digunakan. Minyak yang satu ini bisa menghidrasi kulit kering dan bersisik. Anda bisa memakainya seusai mandi setiap hari.

Harga Rp. 50.000-130.000

Neutrogena Hydro Boost Gel-Cream

Wajah kita juga tetap harus dijaga kelembapannya agar lebih nyaman. Produk Neutrogena Hydro Boost Gel-Cream bisa jadi pilihan.

Produk yang satu ini memiliki kandungan asam hialuronat yang dapat menghidrasi dan mampu membantu untuk memproduksi sel-sel kulit baru.

Krim pelembap yang satu ini bisa menyamarkan garis-garis halus pada wajah sehingga terlihat lebih awet muda.

Harga Rp. 110.000-310.000

Elta MD UV Clear SPF 46

Elta MD UV Clear SPF 46 juga wajib jadi salah satu skincare ibu hamil. Ini merupakan sunscreen yang cocok Anda gunakan untuk beraktivitas di bawah terik matahari.

Produk ini akan mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan dari sinar UV. Sunscreen yang satu ini memiliki kandungan zinc oxide dan titanium dioksida sehingga bisa juga dipakai untuk menghindari hiperpigmentasi akibat kehamilan.

Produk ini bisa diserap kulit dengan cepat. Sunscreen ini meninggalkan residu pada pori-pori wajah. Kaya akan niacinamide yang aman untuk kehamilan, sunscreen ini juga cocok untuk kulit sensitif. Formulanya bebas minyak sehingga nyaman digunakan.

Harga Rp. 530.000-1.065.000

Bioderma Sensibio H2O

Bioderma Sensibio H2O ini merupakan produk yang bagus untuk digunakan. Ini adalah micellar water yang bisa digunakan untuk membersihkan sisa make up, debu, dan kotoran di wajah.

Produk ini akan membersihkan kulit wajah ibu hamil dengan optimal. Micellar water ini paraben free, alcohol free, soap free, dan fragrance free sehingga aman untuk digunakan pada kulit yang sensitif sekalipun.

Harga Rp. 154.000-377.000

Kiehl’s Midnight Recovery Eye

Beberapa wanita hamil biasanya mengalami sulit tidur. Ini yang membuat mata ibu hamil biasanya jadi bengkak dan kurang terhidrasi. Karenanya, Anda jangan sampai tidak memakai eye cream. Gunakan saja Kiehl’s Midnight Recovery Eye.

Skincare yang satu ini hadir dengan squalane, butcher’s broon extract, lavender essential oil, dan evening primrose oil. Berbagai kandungan ini bisa membuat kulit sekitar mata jadi lebih halus dan lembut.

Produk juga akan merevitalisasi kulit sekitar mata. krim mata ini akan mengurangi lingkaran bawah mata. dengan bahan alami, maka bisa meningkatkan mikrosirkulasi dan mengurangi peradangan. Dibuat tanpa paraben, produk ini aman digunakan.

Harga Rp. 79.000-117.000

Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil

Ada juga Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil yang bisa diandalkan jadi skincare ibu hamil. Produk yang satu ini merupakan produk lokal yang berasal dari Bali. Pembersih wajah ini hadir dengan ekstrak delima yang kaya akan vitamin E.

Skincare dengan bahan alami ini tidak mengandung paraben dan phthalate. Produk yang satu ini juga telah memiliki sertifikasi halal dari MUI.

Harga Rp. 150.000-443.000

Wardah Aloe Vera Hydramild Moisturizer Cream

Untuk krim perawatan wajah, ibu hamil bisa memakai Wardah Aloe Vera Hydramild Moisturizer Cream. Brand yang satu ini memang terdepan soal skincare halal untuk muslimah.

Kali ini Wardah menghadirkan krim dengan bahan dasar lidah buaya. Krim yang satu ini bisa melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Krim ini juga bisa mengurangi peradangan, menenangkan kulit yang gatal, dan meningkatkan regenerasi sel.

Produk yang satu ini bisa memberikan efek menenangkan pada kulit. Bebas alkohol dan paraben, produknya ringan dan mudah meresap.

Harga Rp. 15.000-32.000

Lacoco Watermelon Glow Mask

Lacoco Watermelon Glow Mask ini merupakan produk skincare aman selajutnya untuk ibu hamil. Produk buatan lokal ini memiliki kandungan alami dari semangka.

Produk ini bisa melembapkan dan mengenyalkan kulit. Sleeping mask ini dijamin bikin kulit jadi lebih nyaman. Dibuat tanpa paraben dan alkohol, produk ini cocok juga untuk kulit sensitif.

Sleeping mask ini juga bisa mengatasi kondisi kulit yang berubah-ubah karena hormon.

Harga Rp. 153.000-225.000

Dear Klairs Supple Preparation Facial Toner

Dear Klairs Supple Preparation Facial Toner juga merupakan produk yang aman untuk digunakan ibu hamil.

Skincare yang satu ini bisa mempersiapkan kulit agar dapat menyerap produk skincare selanjutnya.

Toner ini terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan bahan alami sehingga bisa menjaga keseimbangan pH kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

Harga Rp. 69.000-239.000
From our editorial team

Hindari Skincare dengan Wewangian Kimia

Saat memilih skincare, ada baiknya memilih yang tidak memiliki bahan pewangi. Ini karena bahan pewangi yang berlebihan atau pewangi sintetis bisa berakibat kurang baik bagi perkembangan janin. Sebaiknya, Anda memilih skincare dengan wangi alami karena bisa dipastikan lebih aman untuk janin. Untuk jenis skincare yang aman dipakai ibu hamil, Anda bisa cek di atas ya rekomendasinya!