Ibu Hamil Wajib Tampil Cantik dengan 10 Rekomendasi Kosmetik Aman Berikut (2021)

Ibu Hamil Wajib Tampil Cantik dengan 10 Rekomendasi Kosmetik Aman Berikut (2021)

Wanita akan selalu ingin tampil cantik apa pun kondisinya. Jangan biarkan kehamilan membuat Anda jadi malas berhias diri. Anda tetap harus berdandan untuk meningkatkan suasana hati dan juga untuk menyenangkan suami. Nah, ketahui tips memilih kosmetik untuk ibu hamil dan juga rekomendasinya dari kami!

Ibu Hamil Tetap Bisa Tampil Cantik dengan Makeup

Wanita hamil memang memiliki kecenderungan untuk malas berdandan. Ada juga yang masih rutin berdandan namun khawatir dengan keamanan produk yang akan digunakan. Wajar saja bila khawatir, sebab segala yang dikonsumsi atau digunakan oleh ibu hamil bisa saja menembus aliran darah dan memengaruhi kehamilan serta janinnya. Maka dari itu tidak salah jika ibu hamil kadang berhati-hati dalam memilih apa yang akan dipakainya untuk berdandan.

Sebenarnya, sah-sah saja jika ingin memakai makeup atau berdandan. Wanita hamil juga berhak tampil cantik. Hal yang paling penting untuk diingat adalah Anda harus teliti dalam mengamati berbagai kandungan bahan kimia dalam kosmetik yang akan digunakan. Waspada akan apa yang yang masuk ke tubuh agar tidak memengaruhi kesehatan janin di dalam tubuh.

Tips Memilih Kosmetik yang Tepat untuk Ibu Hamil

Pilih yang Berbahan Alami

Tentunya kita tidak ingin hal yang buruk terjadi pada buah hati dalam perut. Maka dari itu, utamakan untuk memilih produk kecantikan berbahan alami. Produk dengan bahan alami minim efek samping. Selain itu, khasiatnya juga tidak kalah bagus dengan produk yang berbahan kimia.

Kelemahan produk berbahan alami adalah kita butuh waktu yang lama untuk mendapat khasiatnya. Kendati demikian, demi kesehatan janin tentu ini lebih aman. Ada banyak pilihan produk berbahan alami yang bisa memberi manfaat bagus dan banyak dengan aman tanpa efek samping.

Hindari Kosmetik dengan Bahan Berbahaya

Hindari kosmetik dengan bahan-bahan yang berbahaya untuk janin. Contohnya adalah kosmetik dengan efek mencerahkan kulit karena bisa mengandung banyak bahan kimia yang membahayakan janin. Bahan lain adalah retinol dan asam salisilat yang banyak ditemukan pada kosmetik untuk kulit berjerawat.

Anda juga wajib menghindari bahan-bahan seperti differin, asam retinoat, tretinoin, retinyl linoleate, hingga paraben. Berbagai bahan kandungan ini bisa membuat risiko bayi lahir cacat, prematur, atau terjadi keguguran.

Hindari Krim Pemutih

Wajah yang putih dan bersih jadi idaman banyak wanita. Ibu hamil juga banyak sekali yang ingin mendapatkan kulit putih. Ini membuat pemakaian krim pemutih banyak dilirik demi mendapatkan kulit putih bersih dalam waktu singkat. Padahal, kita tahu bahwa kulit putih tidak bisa didapatkan secara instan. Butuh waktu lama dengan proses bertahap yang alami untuk membuat kulit jadi lebih bersih dan putih.

Krim pemutih wajah yang menjanjikan hasil instan biasanya mengandung merkuri. Ini adalah bahan pemutih yang berbahaya. Jika ibu hamil terkontaminasi merkuri maka bisa membuat pertumbuhan janin lebih lambat. Selain itu, juga ada risiko cacat dan juga bisa mengganggu sistem syaraf.

Hindari Mewarnai Kuku dan Rambut

Mewarnai rambut kini bukan hanya dilakukan oleh mereka yang beruban. Mewarnai rambut sudah menjadi tren kecantikan yang membuat banyak wanita dan pria tampil beda. Namun, jika Anda sedang hamil sebaiknya hindari mewarnai rambut, ya. Ini karena bahan-bahan kimia pewarna rambut bisa berpotensi masuk ke dalam kulit ibu hamil. Memang belum ada penelitian mendetail mengenai pengaruh pewarna rambut dengan keamanan janin, kendati demikian, ada baiknya kita menghindari mewarnai rambut utamanya pada trimester pertama kehamilan.

Selain pewarna rambut, ada baiknya juga kita menghindari pewarna kuku. Cek kandungan dalam pewarna kuku. Jika ada bahan phthalates sebaiknya dihindari. Ini karena bahan tersebut bisa mengganggu perkembangan seksual bayi.

Konsultasikan kepada Dokter

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kosmetik yang Anda gunakan. Ada baiknya Anda menanyakan kosmetik apa yang sebaiknya digunakan dan dihindari selama kehamilan. Ini untuk mencegah terjadinya efek samping setelah penggunaan produk. Pastikan memilih dokter yang berkompeten di bidangnya. Dengan begini, konsultasi bisa dilakukan dengan lebih mendetail.

Ini Dia Rekomendasi Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Cetaphil - Moisturizing Cream

Cetaphil merupakan merek yang dikenal akan keamanan produk-produknya. Kebanyakan produk Cetaphil bisa digunakan siapa saja termasuk anak-anak dan juga ibu hamil. Salah satu produk yang bisa Anda gunakan adalah Cetaphil Moisturizing Cream. Ini merupakan pelembap yang bisa membantu mengatasi kulit kering pada wajah dan tubuh. Krim ini mengandung bahan alami berupa almond oil. Bahan yang satu ini mampu mengatasi kulit sangat kering dan sensitif.

Krim ini telah terbukti klinis mampu mengembalikan kelembapan kulit dalam 1 minggu. Teksturnya ringan sehingga cepat diserap. Krim ini bersifat nonkomedogenik dan tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Harga Rp. 155.000-538.000

SEBAMED ANTI-AGEING Q10 Lifting Eye Cream

Sebamed merupakan merek selanjutnya yang aman untuk digunakan para ibu hamil. Umumnya produk Sebamed cocok untuk Anda yang memiliki masalah kulit sensitif, kering, dan pecah-pecah selama kehamilan. Anda bisa mengandalkan salah satu produk pelembapnya yang juga bisa merawat kecantikan kulit.

Sebamed Anti Ageing Q10 Lifting Eye Cream ini bisa jadi pilihan. Produk ini bisa mengatasi perubahan pada kulit sesuai dengan perkembangan usia. Kaya akan Vitamin E, produk ini bisa menetralkan radikal bebas penyebab utama penuaan dini. Krim ini juga akan melindungi dan membantu regenerasi kulit.

Di dalamnya juga terkandung Coenzyme Q10 sehingga bisa mengaktifkan proses metabolisme energi pada sel kulit. Produk juga kaya akan botanical phytosterol yang meningkatkan fungsi pertahanan kulit. Ada minyak almond yang bisa mengisi lipid equilibrium untuk kelembutan kulit. Krim ini juga kaya akan shea butter yang mengandung UV filter untuk melindungi kulit melawan sinar UV.

Harga Rp. 138.000-286.000

True to Skin Niacinamide Brigthening Serum

True to Skin adalah merek yang produknya sudah berizin BPOM sehingga aman digunakan. Merek lokal ini hadir dengan konsep minimalis, baik dalam segi kemasan hingga kandungan. Anda bisa mencoba True to Skin Niacinamide Brigthening Serum. Produk ini bisa digunakan sebelum memakai makeup untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya cerah alami.

Serum ini hadir dengan bahan seperti zinc dan allantoin. Bahan-bahan ini bisa membuat kulit bebas kusam, pigmentasi berkurang, dan jerawat jadi lebih terkendali. Serum ini juga bisa memperkuat lapisan kulit, memudarkan bintik hitam, dan meratakan warna kulit lebih baik.

Harga Rp. 103.000-144.000

Wardah Instaperfect Mineralight Matte Bb Cushion

Wardah tentu tak perlu diragukan lagi. Merek yang mengedepankan bahan-bahan dan proses yang halal ini banyak diminati. Produk-produknya juga berkualitas tinggi sehingga banyak dipercaya masyarakat. Produk Wardah juga telah terdaftar di BPOM sehingga terbukti aman dan tidak mengandung zat kimia yang berbahaya.

Anda bisa memilih Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion sebagai salah satu kosmetik andalan. Produk ini hadir dengan coverage yang tinggi dengan bahan mineral natural yang menjaga kulit tetap terhidrasi. Ada juga cooling sensation membuat kulit bebas bernapas dan terasa adem. Cushion ini juga bisa memberi hasil radiant matte. Dilengkapi dengan SPF 29 PA++ produk ini akan melindungi kulit dari sinar UV dengan maksimal. Ada 4 pilihan warna yakni, fair, beige, ivory, dan creme yang bisa dipilih.

Harga Rp. 177.000-250.000

Burt's Bees Lip Balm Strawberry

Burt’s Bees merupakan merek asal Amerika yang banyak disarankan para ahli untuk ibu hamil. Produk kosmetik dari Burt’s Bees kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Ini karena produknya hanya memakai bahan-bahan natural langsung dari alam. Produk dari Burt’s Bees juga dijamin bebas paraben dan bahan sintetik berbahaya lainnya.

Ada Burt's Bees Lip Balm Strawberry yang cocok jadi kosmetik ibu hamil. Lip balm ini nyaman digunakan di bibir karena teksturnya ringan. Bibir akan menjadi lembap dengan maksimal. Selain itu, lip balm ini memiliki warna natural.

Harga Rp. 44.000-75.000

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion

Sensatia Botanicals merupakan merek asal Bali yang menghadirkan deretan produk perawatan tubuh dan wajah. Produknya memakai bahan alami. Selain itu, merek ini juga tidak mengujicobakan produknya terhadap hewan. Produknya beragam sehingga Anda bisa memilih mana yang sekiranya cocok.

Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen Lotion wajib Anda coba. Terbuat dari aneka bahan alami seperti minyak bunga matahari dan beeswax. Sunlotion ini bersifat waterproof dan bisa memberikan perlindungan maksimal dari sinar UVA dan UVB. Teksturnya lembut di kulit dan aman digunakan karena sudah terseritifkasi halal.

Harga Rp. 150.000-270.000

Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer

Mama's Choice merupakan merek kosmetik yang paling pas untuk ibu hamil. Produknya telah dikembangkan oleh para ahli dan praktisi terbaik sehingga cocok digunakan oleh para wanita yang hamil dan menyusui.

Untuk melengkapi penampilan riasan Anda setiap hari, gunakan Mama’s Choice Daily Protection Face Moisturizer. Pelembap wajah ini hadir dengan bahan yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Cocok untuk semua jenis kulit, utamanya kulit kering. Produk ini hadir dengan SPF 25 yang bisa melindungi dari Sinar UV. Pelembap ini juga hadir dengan rice extract, mineral sunscreen, dan hyaluronic acid sehingga bisa mengatasi kulit kusam. Bebas alkohol dan bahan kimia, produknya aman untuk digunakan kulit sensitif.

Harga Rp. 90.000-226.000

Emina Creamatte

Emina adalah merek kosmetik yang aman juga digunakan ibu hamil. Produknya beragam dan kualitasnya juga sangat bagus. Anda bisa melirik Emina Creamatte sebagai pilihan. Kosmetik bibir ini akan membuat tampilan wajah jadi lebih segar dan bebas pucat.

Lipstik dalam bentuk cair ini memiliki tekstur creamy, namun mudah dioleskan secara merata. Daya tahannya lama dan bisa bikin Anda cantik seharian. Kaya akan ekstrak macadamia, lip cream ini bisa menjaga kelembapan bibir.

Harga Rp. 33.000-40.000

Viva Queen Eye Brow Pencil

Viva merupakan salah satu merek kosmetik paling lama yang dikenal. Berada di bawah naungan PT Vitapharm, Viva telah merilis aneka produk kecantikan sejak tahun 1962. merek ini dikenal banyak mengeluarkan produk yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Viva Queen Eye Brow Pencil bisa Anda gunakan. Produk ini hadir dalam 3 pilihan warna. Desainnya simpel dan mudah diaplikasikan. Warnanya intens dan pastinya membuat riasan alis tampak lebih alami.

Harga Rp. 27.186-32.000

Mineral Botanica Highlight And Contour

Mineral Botanica Highlight And Contour juga bisa Anda lirik sebagai pilihan kosmetik yang aman untuk ibu hamil. Produk ini praktis dibawa ke mana saja. terdapat dua ujung yang bisa berfungsi sebagai highlight dan contour. Formulanya creamy sehingga mudah dibaurkan pada wajah. Hasilnya tampak alami dan natural. Pemakaiannya mudah karena cukup dioles langsung pada area tulang pipi, dahi, dan rahang. Ada 3 pilihan warna yang tersedia.

Harga Rp. 49.000-76.000
From our editorial team

Selektif Dalam Memilih Produk Kecantikan

Apa pun kondisi kita, sedang hamil atau tidak, tentu kita tak bisa asal memilih produk kecantikan. Ada baiknya Anda mencari informasi lengkap mengenai produk yang akan digunakan agar tidak menimbulkan efek samping pada janin. Perhatikan juga komposisi produk tersebut secara detail karena dikhawatirkan ada bahan yang membuat alergi dan lain sebagainya. Dengan selektif memilih produk, maka kesehatan kulit terjamin, kecantikan kulit di dapat, dan janin bisa tumbuh dengan baik.