Optimalkan Perkembangan Otak Janin dengan 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin yang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil (2020)

Optimalkan Perkembangan Otak Janin dengan 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin yang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil (2020)

Masa kehamilan adalah masa-masa penting dalam perkembangan otak janin, oleh sebab itu ibu hamil juga harus memperhatikan dengan betul asupan nutrisi. Untuk ibu yang sedang mencari vitamin untuk mendukung perkembangan otak janin, cek rekomendasi Bp-Guide berikut, ya!

Lengkapi Asupan Ibu Hamil dengan Vitamin untuk Otak Janin

Sumber gambar www.mamanatural.com

Nutrisi bagi ibu hamil adalah hal yang sangat krusial. Mencukupi kebutuhan nutrisinya tidak hanya baik untuk sang ibu, tapi juga si janin yang ada di dalam kandungan. Beberapa jenis nutrisi bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Untuk itu, selama masa kehamilan, ibu hamil sangat disarankan untuk meninggalkan kebiasaan makan sembarangan tanpa memerhatikan nutrisinya. Ibu hamil harus mulai mengonsumsi makanan-makanan sehat demi dirinya sendiri dan janin di kandungannya.

Namun perlu menjadi catatan, beberapa jenis nutrisi lain yang diperlukan ibu hamil tidak bisa diperoleh dari makanan sehari-hari. Nutrisi tersebut mungkin terkandung di jenis makanan tertentu, namun kadarnya tidak banyak. Sehingga, ibu hamil memerlukan suplemen atau vitamin khusus untuk memenuhi kadar kebutuhan nutrisinya.

Belum lagi tidak semua ibu hamil bisa makan dengan mudah karena selalu mual. Oleh karena itu, di samping menjaga asupan makanan, banyak juga dokter kandungan yang sangat menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi vitamin.

4 Nutrisi Penting untuk Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin

Tirosin dan Triptofan

Tirosin dan triptofan merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk perkembangan otak janin. Sebab, keduanya berperan besar dalam perkembangan saraf janin, terutama pada bagian reseptor (penerima dan pengolah pesan). Triptofan sendiri merupakan salah satu jenis asam amino, yang mana asam amino adalah salah satu zat penyusun nutrisi penting bagi tubuh, yaitu protein.

Perlu diketahui, bahwa tubuh kita tidak bisa memproduksi triptofan sendiri. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan asupan triptofan dari luar. Kita bisa memperoleh triptofan dari beberapa jenis bahan makanan, bisa juga dari suplemen makanan. Beberapa bahan makanan yang mengandung tirosin dan triptofan adalah susu kedelai, telur, dan kacang-kacangan.

Asam Lemak Omega 3

Tentu kita ingin meminimalisir segala kemungkinan masalah yang hadir selama mengandung hingga proses melahirkan. Salah satu risiko melahirkan yang dihadapi ibu hamil adalah kelahiran sebelum waktunya atau kelahiran prematur.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi zat-zat yang bisa meminimalisir risiko kelahiran prematur, seperti asam lemak omega 3. Tidak hanya untuk mencegah kelahiran prematur, asam lemak omega 3 juga memiliki manfaat lain. Di antaranya adalah membantu perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Dua zat di dalam asam lemak omega 3 yang cukup populer adalah asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA). Kedua zat tersebut sering muncul di iklan produk susu kehamilan. Sebab, ibu hamil memang membutuhkan banyak EPA dan DHA. Susu kehamilan yang mengandung EPA dan DHA diyakini bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Selain dari susu, ibu hamil juga bisa memperoleh EPA dan DHA dari berbagai jenis seafood, termasuk ikan. Namun, Anda tetap harus memerhatikan kandungan gizi di dalam seafood tersebut. Sudah banyak laut yang tercemar oleh merkuri, jangan sampai Anda mengonsumsi seafood yang mengandung zat tersebut. Di tubuh orang dewasa, merkuri dalam jumlah banyak bisa berbahaya. Apalagi untuk si kecil yang ada di dalam kandungan.

Asam Folat

Berbicara tentang kehamilan, kita tidak dapat melewatkan zat penting yang satu ini. Karena merupakan bagian dari vitamin B, zat yang satu ini sangat membantu tubuh dalam menghasilkan sel darah merah serta pembentukan sumsum tulang belakang janin. Asam folat, kalsium, dan zat besi sudah dipercaya memberikan manfaat yang besar bagi kehamilan sejak dulu.

Kekurangan asam folat tidak hanya berdampak buruk bagi sang ibu, tapi juga bagi janin. Perkembangan otak janin tidak akan optimal jika ibu tidak mencukupi kebutuhan asam folatnya. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan dan suplemen yang banyak mengandung asam folat.

Asam folat bisa diperoleh dari berbagai produk hewani seperti telur, susu, dan keju. Jika Anda kesulitan mengonsumsi produk hewani karena mual, Anda bisa mendapatkan asupan asam folat dari sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli.

Iodium

Sumber gambar selfhacked.com

Tidak hanya perkembangan fisik, kita juga perlu memerhatikan aspek non-fisik janin. Meski tidak kasat mata, perkembangan aspek non-fisik ini sangatlah penting. Zat yang bisa membantu perkembangan aspek non-fisik janin adalah iodium. Iodium berperan penting dalam perkembangan mental dan kecerdasan janin.

Karena perkembangan otak janin juga terjadi di dalam kandungan, maka kebutuhan iodium pada ibu hamil pun menjadi lebih besar daripada orang dewasa pada umumnya. Kebutuhan iodium ibu hamil adalah 0.22 mg per hari, sedangkan kebutuhan iodium orang dewasa hanya 0.15 mg per hari.

Kondisi kekurangan iodium bisa bermacam-macam, mulai dari kondisi ringan hingga yang terberat. Untuk kondisi terberat, biasanya terjadi kepada ibu hamil. Ibu hamil yang kekurangan iodium bisa melahirkan anak berkebutuhan khusus hingga beresiko kondisi kelahiran prematur.

10 Pilihan Vitamin untuk Perkembangan Otak Janis yang Bisa Jadi Tambahan Nutrisi Ibu Hamil

Prolacta DHA for Mother

Kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat drastis. Setelah memperoleh nutrisi utama dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, vitamin adalah pilihan tepat sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi tersebut. Salah satu jenis vitamin yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah Prolacta for Mother.

Prolacta for Mother memberi manfaat yang baik bagi kondisi kehamilan seorang ibu karena mengandung minyak ikan dan asam folat, yaitu EPA dan DHA. Minyak ikan dapat mengurangi risiko ibu terserang tekanan darah tinggi serta meningkatkan kecerdasan janin. Sedangkan asam folat, EPA dan DHA, bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin.

Harga Rp. 57.000-69.000

Natavit

Perubahan pola makan dan pola hidup sehat, baik sedikit atau banyak, cukup sulit dilakukan oleh ibu hamil. Untuk membantu upayanya, ibu hamil memerlukan dukungan orang-orang di sekitarnya.

Dukungan bisa ditunjukkan lewat upaya untuk membantu memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Agar lebih mudah memantau asupan nutrisi ibu hamil, kita bisa membuat “meal plan” untuknya. “Meal plan” adalah catatan yang berisi tentang rencana makanan apa saja yang akan dikonsumsi oleh ibu selama 9 bulan ke depan.

Jenis makanan yang dipilih, tentu saja, makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan trimester ibu hamil. Sebab, setiap trimester membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda.

Di trimester awal kehamilan, ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen yang kaya akan asam folat. Natavit adalah salah satu produk suplemen yang mengandung asam folat, sehingga baik untuk ibu hamil maupun ibu menyusui.

Selain asam folat, Natavit juga mengandung vitamin B kompleks, DHA, dan arachidonic acid. Kandungan di dalam vitamin tersebut dapat meningkatkan kecerdasan otak serta menjaga kesehatan janin.

Harga Rp. 75.000-117.000

OSFIT DHA

Saat ini, sudah ada banyak produk vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Salah satu yang mudah kita temukan di pasaran adalah Osfit DHA.

Vitamin ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mampu mengandung kalsium dan DHA yang baik untuk ibu hamil.

Selain itu, vitamin juga kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin D3. Asam lemak omega 3 baik untuk perkembangan otak janin, sedangkan vitamin D3 bagus untuk memelihara fungsi sel dalam tubuh dan membantu pertumbuhan tulang janin.

Harga Rp. 137.299-170.000

Folamil Genio

Apabila kebutuhan asam folat ibu hamil terpenuhi, proses perkembangan janin di dalam kandungan akan semakin optimal. Selain itu, asam folat juga bisa mengurangi risiko gangguan kehamilan.

Oleh karena itu, asam folat sangat banyak ditemukan di produk suplemen makanan untuk ibu hamil. Salah satunya ada pada Folamil Genio.

Vitamin berbentuk kaplet yang satu ini baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan dan masa menyusui. Selain asam folat, Folamil Genio juga mengandung vitamin B kompleks, DHA, dan beta karoten.

Agar tepat dosisnya, ada baiknya jika didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang lebih mengerti kondisi ibu hamil dan kebutuhan nutrisinya.

Harga Rp. 120.900-155.000

Nutrimax Junior + DHA

Neuromins DHA merupakan sumber DHA yang paling aman untuk dikonsumsi orang-orang dari berbagai kalangan usia. Tidak hanya aman, keefektifannya dalam bekerja di dalam tubuh pun telah terbukti. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jenis vitamin yang satu ini.

Selain mengandung neuromins DHA, produk ini juga mengandung AA/ARA, folic acid, choline, dan l-taurine. Dari segala kandungannya tersebut, ada beberapa manfaat yang diberikan yaitu meningkatkan daya tangkap dan pembentukan memori anak, mengoptimalkan pembentukan saraf dan jaringan lemak otak.

Kandungannya juga berperan dalam meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kecerdasan, dan kemampuan belajar. Sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui, kandungan-kandungan tersebut mampu mendukung proses tumbuh kembang otak dan sistem saraf pada janin serta mencegah cacat lahir pada bayi.

Pada umumnya, dosis yang tepat untuk mengonsumsi vitamin ini adalah 2 kaplet per hari. Namun, tidak ada salahnya jika mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang mendampingi.

Harga Rp. 204.000-363.100

Innolife Fish Oil

EPA dan DHA adalah zat yang sangat penting bagi ibu hamil. Mengapa demikian? Sebab, kedua zat ini memiliki peran yang besar dalam perkembangan otak janin.

Dosis yang diperlukan akan kebutuhan EPA dan DHA ini adalah 300 mg per hari. Ditambah lagi dengan fakta bahwa 80% proses perkembangan otak manusia terjadi di dalam kandungan. Sudah jelas kita tidak bisa lagi meremehkan kebutuhan EPA dan DHA ini.

Produk yang satu ini merupakan produk minyak ikan terbaru dari VICOMAS International. Berdasarkan kandungan nutrisinya, produk ini sudah mampu mencukupi kebutuhan EPA dan DHA bagi perkembangan otak janin.

Selain itu, harganya yang cukup terjangkau dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan minyak ikan yang lain, membuat produk ini sangat diminati oleh masyarakat.

Harga Rp. 49.500-74.400

Nordic Natural Prenatal Fish Oil

Nordic Naturals merupakan vitamin untuk ibu hamil yang berupa minyak ikan. Kandungannya sudah terjamin aman karena setiap batch-nya diuji langsung oleh pihak ketiga yang terjamin objektifitasnya.

Produk ini tidak mengandung pewarna dan perasa buatan, campuran susu, serta gluten. Bahkan, tingkat kesegaran dan kemurniannya pun telah memenuhi standar farmasi.

Menurut anjuran pada kemasan, vitamin ini baik dikonsumsi sebanyak 2 kapsul per hari. Dosis tersebut memenuhi rekomendasi internasional terkait asupan DHA per hari, yaitu 200 mg.

Dengan asupan DHA tersebut, produk ini akan membantu ibu hamil dalam menjaga suasana hatinya agar lebih rileks sekaligus mengoptimalkan perkembangan otak janin.

Harga Rp. 485.000-650.000

Sunhope Deep Sea DHA EPA

Kita masih akan membahas vitamin yang mengandung omega 3. Produk vitamin Deep Sea terbuat dari minyak ikan salmon alaska yang juga kaya akan vitamin E.

Aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena sudah melewati rangkaian uji klinis, terbukti mampu untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain untuk jantung dan pembuluh darah, produk ini juga memiliki sejumlah manfaat lain seperti meningkatkan fungsi otak dan kepadatan tulang.

Harga Rp. 125.000-700.000

Wellness Omega RX-3

Dr. Barry adalah seorang peneliti ahli tentang omega 3. Selain sebagai profesor, beliau juga populer karen berhasil menulis buku berjudul “The Omega 3 RX Zone The Miracle of The New High Dose Fish Oil”.

Masih tentang omega 3, beliau baru saja meluncurkan sebuah produk vitamin untuk ibu hamil yang merupakan hasil penelitiannya selama 20 tahun terakhir.

Produk ini mengandung generasi terbaru omega 3 yang sangat bagus untuk melancarkan sirkulasi darah serta menjaga daya tahan tubuh.

Harga Rp. 245.000-375.000

Omar Smart Brain

Produk yang satu ini dipersembahkan oleh Khalifah Group. Ia terbuat dari bahan herbal alami, sehingga tidak memberikan efek samping pada tubuh. Ia aman dikonsumsi baik oleh anak-anak, remaja, orang dewasa, dan ibu hamil.

Meski menggunakan bahan herbal, produk ini sudah terdaftar resmi di BPOM dan mendapat sertifikasi halal dari MUI. Oleh karena itu, Anda tidak perlu meragukan kualitasnya. Untuk memastikan keasliannya, sebaiknya dapatkan produk ini dari situs resminya.

Beberapa manfaat dari produk ini antara lain mengurangi kelelahan fisik maupun mental, mengurangi stress, meningkatkan stamina dan vitalitas otak sehingga daya konsentrasi bisa meningkat, memaksimalkan kinerja otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, merevitalisasi pembuluh darah di sekitar otak sehingga aliran darah menuju otak lebih lancar, serta bisa juga membantu terapi pada anak berkebutuhan khusus.

Harga Rp. 299.000-450.000
From our editorial team

Pilih Vitamin yang Sesuai untuk Ibu Hamil

Masa penting pembentukan otak janin adalah sejak hari ke-8 sampai akhir minggu ke-7 kehamilan, dan terus disempurnakan hingga lahir. Pada minggu ke-10 kehamilan, sel saraf otak telah tumbuh cepat hingga mencapai 250.000 sel saraf baru per-menitnya. Oleh sebab itu, untuk mendukung pertumbuhan otaknya, ibu harus pandai memilih jenis makanan terutama vitamin yang diperlukan untuk perkembangan otaknya. Jangan sampai salah pilih, ya!