Berencana Renang Ketika Hamil? Ini 10 Rekomendasi Baju Renang yang Nyaman untuk Ibu Hamil (2020)

Berencana Renang Ketika Hamil? Ini 10 Rekomendasi Baju Renang yang Nyaman untuk Ibu Hamil (2020)

Berenang merupakan olahraga yang baik dilakukan untuk ibu hamil. Hal ini membantu ibu hamil meringankan beban pinggul yang riskan mengalami sakit. Selain itu, berenang juga membuat sang janin lebih sehat karena ibu hamil akan melakukan gerakan-gerakan ringan untuk relaksasi. Tentu dibutuhkan baju renang khusus untuk ibu hamil yang ingin berenang.

Berenang Merupakan Kegiatan Menyenangkan yang Membuat Ibu Hamil Lebih Rileks

Berenang merupakan salah satu olahraga yang baik dan aman untuk ibu hamil. Tidak perlu melakukan gerakan renang yang berat, gerakan renang ringan, atau berendam juga sudah cukup. Berenang memberi rasa rileks pada ibu dan bayi, sehingga akan membuat ibu juga bisa tidur lebih nyenyak.

Berenang yang dilakukan ibu hamil tentu akan memberikan emosi yang positif. Anda bisa rutin berenang selama kehamilan tentunya dengan posisi yang nyaman, ya. Kenyamanan ibu hamil ketika berenang bukan dipengaruhi oleh faktor posisi saja, tetapi juga kenyamanan pakaian. Jangan khawatir, karena ada baju renang untuk ibu hamil yang bisa Anda gunakan.

Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

Melatih Pernapasan Ibu dan Bayi

Ibu hamil biasanya mulai mengalami susah napas karena kandungan yang semakin membesar, sehingga mempersempit gerak paru-paru. Berenang bisa menjadi salah satu terapi ibu hamil untuk mengatur pernapasan. Meskipun Anda bisa melatih pernapasan di luar kolam, tetapi ketika berenang Anda bisa melatih paru-paru ibu dan janin.

Dengan latihan pernapasan ketika berenang akan lebih memperkuat janin. Proses latihan pernapasan dengan menyelam akan lebih alami. Melatih pernapasan dengan berenang juga bisa menjadi latihan untuk persalinan nanti.

Melatih Fisik agar Kesehatan Tetap Prima

Berenang untuk ibu hamil sangat disarankan karena sebagai bentuk latihan fisik. Berenang menjadi olahraga yang bisa membantu ibu hamil untuk melahirkan dengan mudah. Hal ini karena dipengaruhi tubuh yang kuat, misalnya punggung akan lebih sehat.

Berenang juga mencegah ibu hamil keguguran karena pergerakan otot perut yang berlebihan akan berkurang. Berenang membantu Anda tidak gampang lelah dan otot-otot send akan lebih kuat. Selain itu, apabila berenang rutin dilakukan dapat membantu kaki dan tangan ibu hamil agar tidak bengkak.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Berenang merupakan olahraga melatih jantung agar lebih kuat. Hal ini juga bisa dilakukan ibu hamil untuk membantu ibu dan janin memiliki jantung yang kuat. Ketika ibu hamil melakukan pernapasan yang baik, janin dalam perut akan mendapatkan cukup oksigen.

Selain itu, berenang dapat memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Tekanan air yang berbeda bisa memperbaiki sistem kardiovaskular, respirasi, dan peredaran darah. Paru-paru pada ibu hamil pun akan berfungsi dengan baik.

Mengurangi Varises Maupun Pembengkakan Kaki

Varises dan pembengkakan kaki atau tangan menjadi masalah kehamilan yang kerap terjadi. Biasanya pembengkakan kaki terjadi pada akhir trimester kedua atau awal trimester satu. Hal ini disebabkan karena adanya penambahan dan penumpukan volume cairan tubuh, sehingga sirkulasi darah kurang lancar.

Masalah ibu hamil yang satu ini bisa diatasi dengan berenang. Olahraga berenang untuk ibu hamil dapat membantu meringankan ketegangan dan rasa sakit pada tubuh.

Mengurangi Sakit Punggung

Semakin bertambahnya usia kehamilan membuat beban perut ibu hamil semakin berat. Otot punggung akan menopang beban tersebut sehingga ibu hamil akan sering mengalami sakit di bagian punggung. Masalah tersebut bisa diatasi dengan melakukan renang untuk menguatkan otot punggung.

Berenang bisa membantu mengurangi ketegangan pada punggung, mengurangi tekanan pada tulang belakang, serta meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot.

Tips Memilih Baju Renang Bagi Ibu Hamil agar Tetap Nyaman

Pastikan Ukurannya Sesuai dan Nyaman Dikenakan

Pemilihan baju renang untuk ibu hamil tentu perlu memerhatikan ukuran yang tepat. Baju renang memiliki ukuran yang berbeda dan Anda sesuaikan dengan bentuk tubuh Anda. Begitu pun ukuran, pilih ukuran yang tepat agar nyaman dipakai di dalam air.

Perlu diperhatikan bahwa pasti Anda ingin menutupi perut dan payudara yang menonjol, jadi Anda harus menyesuaikannya dengan tubuh Anda. Jangan sampai ukuran baju renang Anda kekecilan atau kebesaran.

Sesuaikan dengan Bentuk Badan untuk Menyamarkan Kekurangan

Baju renang untuk ibu hamil perlu menyesuaikan bentuk tubuh. Apabila payudara Anda tergolong besar, sebaiknya pilih baju renang dengan garis leher tinggi dan dilengkapi cup bra. Apabila pinggul Anda tergolong besar, Anda bisa memilih bukaan kaki yang rendah agar bagian pinggul tertutupi.

Perlu diketahui bahwa payudara akan semakin membesar pada masa kehamilan. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih baju renang yang memberikan kenyamanan pada area dada.

Pilih Model dan Warna yang Membuat Anda Percaya Diri

Warna mungkin terlihat sepele, tetapi perlu diketahui pula bahwa warna juga memengaruhi rasa percaya diri kita. Anda yang lebih percaya diri dengan warna-warna gelap atau terang bisa memilih warna-warna tersebut. Apabila Anda percaya diri dengan baju renang bermotif juga bisa menjadi pilihan.

Ketika Anda merasa percaya diri, berenang juga akan membuat Anda lebih bahagia. Proses berenang pun akan lebih maksimal.

Pilih Desain yang Mendukung Perubahan Bentuk Tubuh

Masa kehamilan kerap kali mengalami perubahan bentuk tubuh secara signifikan, khususnya payudara, bokong, dan perut. Tentu Anda membutuhkan baju renang yang tetap bisa dipakai sampai masa kehamilan berakhir. Pastikan pilih baju renang untuk ibu hamil yang mampu mendukung selama masa kehamilan, ya.

Ada banyak pilihan baju renang untuk ibu hamil yang dapat mendukung perubahan tubuh. Ada pilihan model tank top dan atasan, atasan tankini, kemben, atau halter neck. Model celananya juga ada yang memiliki model boyshort atau celana dalam. Pilih yang dapat membuat Anda nyaman.

Pastikan Panjang Tali Baju Renang Bisa Diatur

Baju renang untuk ibu hamil dengan model adjustable strap bisa menjadi pilihan. Anda perlu menyesuaikan panjang tali agar tepat di tubuh Anda. Penggunaan baju renang model adjustable strap bisa membantu mengurangi tekanan berlebih pada tubuh.

Anda bisa memerhatikan bagian pundak Anda setelah pemakaian baju renang. Apabila pundak meninggalkan bekas, berarti baju renang Anda terlalu kecil.

10 Rekomendasi Baju Renang untuk Ibu Hamil

Carriwell Halter Neck Maternity Tankini Swimsuit

Pakaian renang ibu hamil ini didesain untuk memberikan kenyamanan selama olahraga renang karena mengakomodasi perubahan tubuh. Memiliki bantalan payudara yang bisa dilepas untuk menambah bentuk dan gaya ataupun menjadi penyangga. Memiliki model leher halter yang memberikan kenyamanan Anda. Anda juga bisa mengatur tankini ini dengan menariknya ke atas atau ke bawah pada bagian perut Anda untuk menutupi ataupun memperlihatkan perut.

Harga Rp. 523.000-780.000

Mooimom Maternity Tankini & Bottom Swimsuit

Mooimom Maternity Tankini & Bottom Swimsuit memiliki baju dan celana dalam yang terpisah. Model ini memiliki bra yang langsung menyatu dengan baju. Memiliki lapisan ganda pada celana untuk memberikan perlindungan ekstra.

Terbuat dengan bahan 82% polyester dan 18% nilon. Memberikan kenyamanan ekstra untuk ibu hamil karena dirancang dengan model elastis, mudah digunakan, serta nyaman.

Harga Rp. 500.000-695.000

Nabaiji Baju Renang Wanita Hamil One Piece Romane - Black Pink

Nabaiji Baju Renang Wanita Hamil One Piece Romane - Black Pink memiliki elastisitas yang nyaman untuk ibu hamil. Tetap nyaman digunakan hingga masa kehamilan 9 bulan. Memiliki strap lebar dan punggung scoop berbentuk U yang bisa memudahkan Anda memakainya. Tersedia dalam ukuran S, M, L, dan XL yang bisa menjadi pilihan.

Harga Rp. 176.000-250.000

Baju Renang Wanita Hamil Model Siamese Motif Print

Baju Renang Wanita Hamil Model Siamese Motif Print merupakan baju renang untuk ibu hamil yang nyaman digunakan. Produk ini memiliki bantalan payudara tanpa kawat. Hal itu tentu akan memberikan perawatan tubuh Anda. Terbuat dari bahan poliester yang mampu memberi kenyamanan pada tubuh. Tersedia pilihan warna kuning dan biru.

Harga Rp. 145.000-269.500

Lasona Baju Renang Wanita Hamil SWP-3167J-I00109

Lasona Baju Renang Wanita Hamil SWP-3167J-I00109 didesain untuk memberikan kenyamanan selama berenang. Menggunakan bahan nilon lycra yang tahan kaporit dan sinar matahari sehingga memberi perlindungan yang superior. Anda akan mendapatkan kenyamanan elastisitas dua arah yang akan memberikan kelenturan untuk mengikuti semua gerakan renang.

Cara perawatannya cukup mudah, Anda bisa membilasnya di air dingin setelah memakainya dan biarkan sampai kering. Pada saat mencuci pastikan suhu air tidak lebih dari 30 derajat celcius. Selain itu, jangan diperas terlalu keras dan jangan dijemur di bawah terik matahari langsung.

Harga Rp. 789.000

Mooimom Maternity Halter Stripe 2-Piece Set Swimsuit

Mooimom Maternity Halter Stripe 2-Piece Set Swimsuit memiliki bahan elastisitas yang nyaman digunakan. Baju renang untuk ibu hamil ini terbuat dari campuran bahan polyester dan nylon. Mooimom Maternity Halter Stripe 2-Piece Set Swimsuit sudah sepasang dengan baju dan celana renang, ya. Memiliki bra yang menyatu dengan baju dan memiliki karet di bagian punggung. Selain itu, celana renangnya dilapisi dengan lapisan ganda sehingga memberikan perlindungan ekstra pada perut ibu hamil.

Harga Rp. 399.000-511.000

Estilla Mama Babetta Baju Renang Hamil Model Rok

Estilla Mama Babetta Baju Renang Hamil Model Rok merupakan baju renang ibu hamil model baby doll dengan celana selutut. Terbuat dari bahan poly doff spandex yang memiliki kualitas terbaik, tebal, dan elastis. Dilengkapi pula dengan cup busa premium yang menyatu dengan baju. Terdapat pilihan warna fuchsia, grey-yellow, dan black-blue.

Harga Rp. 190.000-311.890

Maternity Swimwear Pregnant Women Swimsuits Maternidad - Floral

Maternity Swimwear Pregnant Women Swimsuits Maternidad - Floral tampak cantik dipakai ibu hamil. Memiliki bantalan payudara tanpa kawat penyangga sehingga dapat menopang beban payudara Anda. Terbuat dari bahan nylon yang mampu memberikan kenyamanan selama berenang.

Harga Rp. 195.000-296.480

Estila Mama Vilana Baju Renang Model Celana

Estila Mama Vilana Baju Renang Model Celana memiliki kualitas terbaik untuk baju renang karena terbuat dari bahan polydoff spandex. Dilengkapi pula dengan cup busa premium yang menyatu dengan baju. Terdapat pilihan warna biru dan black-peach yang bisa Anda pilih.

Harga Rp. 180.000-297.890

Lee Vierra Nautical Summer Rufle Maternity

Lee Vierra Nautical Summer Rufle Maternity merupakan baju hamil dengan perpaduan bahan nylon dan spandex lycra yang didesain chic dan memiliki detail leotard pada bawahannya. Cup bra dan inner-nya dapat dilepas sehingga memberikan kenyamanan selama olahraga renang.

Harga Rp. 224.955-324.900
From our editorial team

Pertimbangkan Kenyamanan untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Kenyamanan menjadi faktor utama dalam melakukan aktivitas. Pilih baju renang ibu hamil yang membuat nyaman selama melakukan olahraga. Dengan begitu, berenang dapat dilakukan dengan maksimal.