10 Rekomendasi Susu Lansia untuk Menjaga Asupan Nutrisi dan Kesehatan Tubuh di Usia Senja (2021)

10 Rekomendasi Susu Lansia untuk Menjaga Asupan Nutrisi dan Kesehatan Tubuh di Usia Senja (2021)

Susu menjadi salah satu asupan yang sangat dibutuhkan oleh para lansia. Tapi tentu saja tidak boleh sembarang susu yang dikonsumsi. Melalui artikel berikut, BP-Guide akan memberikan rekomendasi susu lansia yang dapat menjaga kecukupan nutrisi dan kesehatan tubuh mereka yang sudah berusia lebih dari 50 tahun.

Lansia Butuh Susu untuk Menjaga Asupan Nutrisi

Susu adalah salah satu minuman bernutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Baik itu bayi, anak, remaja, dewasa, hingga lansia, semua harus minum susu untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun sesuai dengan kebutuhan masing-masing yang tidak sama, memilih produk susu tidak boleh sembarangan.

Terutama untuk lansia yang kebutuhan gizinya tidak sama dengan orang-orang yang masih muda. Untuk lansia sendiri, susu dibuat untuk menjaga kekuatan tulang, kesehatan jantung, dan menjaga massa otot agar dapat melakukan aktivitas dengan lancar. Tidak peduli berapa pun usianya, manusia tetap membutuhkan susu untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Kandungan Nutrisi yang Dibutuhkan Lansia

Karbohidrat

Karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas harian. Sumber utama dari karbohidrat tentu saja adalah nasi dan umbi-umbian. Namun orang tua disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks yang kandungan gulanya lebih rendah.

Tujuannya untuk menurunkan risiko penyakit seperti diabetes mellitus dan jantung koroner. Oleh karena itu, pilih susu lansia yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi.

Protein

Kebutuhan protein lansia lebih tinggi dari dewasa muda, yaitu sekitar 1-1,2 gram yang bersumber dari telur, ayam, ikan, daging sapi, seafood, dan tentu saja susu. Sementara itu, protein nabati bisa diperoleh dari makanan seperti kacang-kacangan dan produk turunannya. Itulah mengapa, susu untuk lansia harus memiliki kandungan protein yang tinggi.

Lemak

Dari total kalori harian yang dibutuhkan, komposisi lemak yang ideal untuk lansia adalah 20-35%. Apabila jumlahnya lebih dari itu, maka bisa memicu penyumbatan pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko jantung koroner. Jenis lemak juga harus diperhatikan. Pilih susu dengan kandungan lemak tak jenuh yang bisa diperoleh dari minyak nabati.

Vitamin dan Mineral

Menurut penelitian, para lansia juga cenderung mengalami kekurangan asupan vitamin yang penting. Antara lain seperti vitamin A, B1, B2, B6, C, D, E, serta kandungan mineral seperti kalsium. Berbagai macam vitamin dan mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh lansia.

Serat

Susah buang air besar atau sembelit adalah salah satu penyakit yang sangat rawan diderita oleh para lansia. Oleh karena itu, mereka sangat membutuhkan asupan serat. Sayur, buah, dan biji-bijian adalah sumber serat yang baik. Kebutuhan serat ini juga dapat dicukupi dengan susu khusus lansia yang diperkaya dengan kandungan serat.

Pentingnya Minum Susu Bagi Lansia

Menjaga Jantung Tetap Sehat

Jantung adalah organ penting yang kondisinya semakin menurun seiring dengan berjalannya waktu. Susu dapat membantu kondisi jantung tetap sehat dan bekerja dengan baik. Kandungan susu berupa kalium bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Menjaga Massa Otot

Pertambahan usia menyebabkan massa otot semakin menurun. Padahal peran otot untuk tubuh sangat penting, yaitu untuk menjaga kelancaran metabolisme tubuh. Jika massa otot tubuh tetap terjaga, maka para lansia tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Menurunkan Risiko Alzheimer

Alzheimer atau yang sering disebut dengan pikun adalah penyakit yang mengancam para lansia. Penyebab utamanya adalah faktor usia yang menyebabkan kemampuan otak menurun karena sebagian sel di dalamnya tidak bekerja dengan baik. Susu lansia yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dapat menurunkan risiko alzheimer.

Rekomendasi Susu Lansia untuk Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi

Anlene Gold Plus

Salah satu anggota tubuh yang rawan terganggu kesehatannya di usia senja adalah tulang. Anlene dengan produknya yang bernama Anlene Gold Plus diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang pada pria dan wanita usia 51 tahun ke atas. Tidak hanya itu, Anlene juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Nama Anlene sendiri tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Dengan slogan "menjaga kesehatan tulang kini dan nanti", Anlene sudah sangat dipercaya khasiatnya oleh para konsumen. Kandungan nutrisi yang ada dalam susu ini antara lain adalah kalsium, kolagen, protein, serta berbagai macam mineral lainnya.

Kandungan ekstra zinc dan magnesium bekerja membuat tulang menjadi lebih padat. Di dalam susu ini juga terdapat kandungan sterols 400 mg yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menjaga jantung agar tetap sehat. Bagi orang tua yang sering bermasalah dengan tekanan darah dan gula darah, kandungan potassium di dalam produk ini akan membantu menyeimbangkan keduanya.

Harga Rp. 40.000-120.000

Ensure FOS

Memilih susu untuk lansia memang tidak bisa sembarangan. Lansia memiliki kebutuhan gizi khusus yang tidak sama dengan mereka yang masih berusia muda. Ensure FOS adalah susu yang mampu memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna dengan berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Susu ini bekerja mempertahankan kepadatan tulang. Kaya akan antioksidan dalam bentuk vitamin A, C, dan E, juga zinc dan selenium yang meningkatkan daya tahan tubuh. Mengonsumsi susu ini secara rutin dapat membantu mengembalikan fungsi tubuh dengan cepat sehingga para lansia tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Harga Rp. 125.000-500.000

Appeton 60+

Selama ini, Appeton mungkin dikenal sebagai susu penambah berat badan. Ternyata, produk Appeton bukan hanya seri Weight Gain saja, tetapi ada juga Appeton 60+ yang diformulasikan khusus untuk lansia. Lansia sangat membutuhkan tambahan nutrisi karena menurunnya nafsu makan membuat asupan gizi dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Susu ini bekerja memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka, sekaligus meningkatkan nafsu makan. Kandungan inulin di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Produk ini dijamin aman untuk ginjal karena memiliki kandungan proteplex yang akan melindungi dan menjaga ginjal tetap sehat.

Harga Rp. 280.000-600.000

Entramix

Bukan sekadar susu, Entramix juga merupakan makanan berbentuk cair untuk para lansia. Kandungan gizi di dalamnya terbilang lengkap seperti karbohidrat, lemak, dan protein yang bisa mencukupi kebutuhan harian untuk orang lanjut usia. Keunggulan susu ini adalah mudah dicerna dan rendah residu, disarankan untuk dikonsumsi selama sakit untuk mempercepat penyembuhan.

Bagi lansia yang mengalamai penurunan nafsu makan karena faktor usia, susu ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan nutrisi. Kandungan 11 vitamin, 8 mineral, dan serat pangan sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Harga Rp. 50.000-150.000

Entrasol Gold

Entrasol Gold adalah susu dengan manfaat yang lengkap untuk para lansia. Mereka yang sudah berusia senja banyak yang mengalami kekurangan nutrisi karena fungsi tubuh tidak lagi bekerja optimal dalam penyerapannya. Susu ini memiliki kandiungan yang tepat untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi lengkap, membantu menguatkan daya tahan tubuh dan mencegah datangnya berbagai macam penyakit lain pada lansia.

Kandungan kalsiumnya sangat tinggi dan diperkaya dengan profit formula untuk usia 50 tahun ke atas. Manfaatnya antara lain adalah melindungi organ tubuh dari penyakit degeneratif seperti jantung koroner, rematik, dan osteoporosis. Diperkaya dengan vitamin C dan E sebagai antioksidan yang melindungi organ tubuh. Kadar serat yang tinggi di dalam susu ini menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Harga Rp. 30.000-90.000

Nestle Nutren Boost Optimum

Berikutnya ada rekomendasi susu dari merek ternama, Nestle. Nestle Nutren Boost Optimum adalah susu kesehatan yang tidak khusus diciptakan untuk lansia, namun sangat jika dikonsumsi oleh mereka. Susu jenis probiotik ini diperkaya dengan kandungan gizi yang lengkap, cocok untuk mengatasi masalah susah makan yang umum dialami para lansia.

Susu ini juga mengandung lemak nabati yang menjaga jantung agar tetap sehat. Kandungan 50% protein whey dapat menjadi sumber protein yang baik. Ditambah dengan 30 kandungan vitamin dan mineral untuk mengembalikan vitalitas tubuh dan mencegah tubuh agar tidak cepat lelah.

Harga Rp. 130.000-300.000

Tropicana Slim Skim Milk

Satu lagi produk susu yang tidak dikhususkan untuk orang tua, namun sangat baik dikonsumsi oleh mereka. Kali ini rekomendasinya datang dari merek Tropicana Slim yang terkenal memproduksi makanan rendah gula, rendah lemak, dan rendah kalori.

Tropicana Slim Skim Milk adalah susu yang tidak memiliki kandungan lemak, bebas gula, dan tinggi kalsium yang bekerja menjaga kepadatan tulang. Susu ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Penderita diabetes juga boleh mengonsumsi susu ini. Fitosterol dalam susu juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meski tidak mengandung gula, susu ini tetap punya rasa yang nikmat, kok.

Harga Rp. 100.000-200.000

Diabetasol Vita Digest Pro

Semakin tua usia seseorang, maka semakin rentan pula tubuhnya akan serangan berbagai macam penyakit. Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan. Penyakit ini bisa dicegah dengan gaya hidup sehat dan asupan gizi seimbang yang dilengkapi dengan susu.

Diabetasol Vita Digest Pro adalah susu yang diciptakan khusus untuk penderita diabetes untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Susu ini juga mampu memperlambat penyerapan glukosa, memberikan rasa kenyang lebih lama, serta menurunkan kadar lemak dalam darah.

Harga Rp. 50.000-200.000

Prolansia

Seperti namanya, Prolansia adalah susu yang diformulasikan untuk lansia khusus usia 51 tahun ke atas. Dilengkapi dengan kandungan serat tinggi dan ekstrak sayur untuk menyehatkan organ pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan lain yang ada di dalam susu ini adalah asam folat serta vitamin B6 dan B12 yang berfungsi mencegah penyakit jantung koroner.

Kalsium di dalam susu ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Tidak hanya itu, mengonsumsi susu ini secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit pada usus besar. Tersedia dalam 2 varian rasa yaitu cokelat dan vanila yang dapat dipilih sesuai selera.

Harga Rp. 28.000-70.000

Produgen Gold

Terakhir ada Produgen Gold yang mencegah berbagai macam penyakit tulang pada lansia, terutama osteoporosis. Penyakit tersebut sangat rentan menyerang orang tua karena mengakibatkan pengeroposan pada tulang karena menurunnya kedapatan tulang. Susu tinggi kalsium dan rendah ini diformulasikan untuk orang berusia 51 tahun ke atas.

Susu ini memiliki kandungan nutrisi tinggi, fosfor, magnesium, vitamin D, dan glukosamin untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Susu tanpa kandungan gula ini juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Susu yang digunakan untuk membuat susu ini diekstrak dari susu Eropa yang bisa memperbaiki jaringan tubuh dan menjaga kesehatan fungsi saluran pencernaan.

Harga Rp. 35.000-100.000
From our editorial team

Konsumsi Susu Lansia Teratur untuk Mendapatkan Manfaatnya

Susu lansia telah diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada mereka yang sudah berusia senja. Rekomendasi susu lansia dari BP-Guide di atas dapat membantu para lansia untuk menjaga kesehatan tubuh mereka juga. Namun yang paling adalah susu harus dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.