10 Rekomendasi Susu UHT Low Fat Untuk Solusi Diet Praktis (2021)

10 Rekomendasi Susu UHT Low Fat Untuk Solusi Diet Praktis (2021)

Ingin minum susu tapi sedang diet dan tidak ingin ribet? Susu UHT low fat bisa jadi solusi terbaik buat Anda. Selain kandungan gizinya memastikan kebutuhan nutrisi harian tercukupi, Anda tidak perlu khawatir dengan kadar lemak di dalamnya. Simak rekomendasi susu UHT low fat dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Susu UHT Low Fat Cocok Untuk Anda yang Ingin Diet Tanpa Ribet

Jika Anda ingin minum susu saat menjalani program diet untuk menurunkan berat badan atau melangsingkan tubuh, pilihlah susu yang rendah lemak (low fat). Soal rasa, susu low fat memiliki rasa yang cenderung tawar, meskipun sebagian produsen ada yang menambahkan cita rasa untuk memberi kenikmatan.

Kandungan protein dan kalsium pada susu low fat biasanya lebih tinggi dari pada produk susu yang lain. Di Indonesia, Anda dapat menemukan berbagai produk susu low fat dengan mudah.

Jenis Susu Low Fat yang Dijual di Pasaran

Susu Sapi

Susu sapi mengandung kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan susu kerbau. Oleh karena itu, proses pencernaannya di dalam tubuh pun lebih ringan dan cepat.

Susu sapi mengandung fosfor, vitamin B12, protein, kalsium, dan berbagai zat gizi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Vitamin D yang terkandung di dalam susu terkenal akan manfaatnya untuk program diet menurunkan berat badan.

Susu Almond

Susu almond menjadi salah satu pilihan susu bagi para vegetarian. Meskipun namanya susu almond, kandungan almond di dalamnya tidak seberapa dibanding air.

Susu almond sarat akan kandungan flavonoid yang dapat menjaga kadar kolesterol. Selain itu, susu jenis ini juga kaya akan vitamin E, rendah gula, sumber kalsium, rendah kalium dan fosfor.

Susu Skim

Susu skim diproses dengan teknik pasteurisasi dan dikemas secara higienis di pabrik pengolahan susu dengan menggunakan teknologi modern. Susu skim ini sangat mudah dicerna dan meskipun rendah lemak rasanya tetap enak.

Hanya ada 0,2 gram kandungan lemak pada 245 gram susu skim, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat menjalani program diet, terutama bagi Anda yang tidak alergi terhadap laktosa.

Susu Kedelai

Susu kedelai juga menjadi salah satu alternatif susu bagi Anda yang bergaya hidup vegan. Kandungan fitosterol di dalam kedelai bermanfaat untuk mengurangi kolesterol. Selain itu, susu kedelai juga mengandung vitamin B2 (riboflavin) yang berfungsi dalam melepaskan energi dan membakar lemak.

Susu Oat

Dibandingkan dengan oat murni, susu oat memiliki kandungan gizi yang lebih sedikit karena beberapa nutrisinya hilang pada saat proses penyaringan. Oleh karena itu, produsen biasanya akan menambahkan vitamin dan mineral tambahan.

Susu oat juga dilengkapi dengan vitamin A, vitamin D, vitamin B12, kalium, kalsium, zat besi, dan fosfor yang bermanfaat bagi tubuh. Dibandingkan dengan susu almond dan susu kedelai, susu oat ini lebih kaya akan kalori, karbohidrat, dan serat.

Tips Memilih Susu Low Fat

Pahami Kadar Lemaknya

Susu low fat banyak dijual dengan kadar lemak 1%, 2%, atau bahkan ada yang lebih rendah di bawah 1%. Susu skim mengandung lemak yang sangat rendah atau bahkan 0%. Susu krim dapat Anda konsumsi jika tidak memerlukan lemak dari susu. Carilah komposisi yang sesuai dengan kebutuhan lemak harian Anda.

Cek Reaksi Alergi

Setiap orang mempunyai kemungkinan alergi. Jika Anda termasuk orang mempunyai reaksi alergi terhadap beberapa jenis susu, maka Anda sebaiknya memilih produk yang aman untuk dikonsumsi. Ketika belum yakin apakah Anda memiliki alergi terhadap produk susu tertentu, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi.

Sesuaikan Ukuran Kemasan Dengan Kebutuhan

Para produsen umumnya mengeluarkan susu low fat dengan berbagai jenis dan ukuran kemasan. Susu bubuk rendah lemak ini ada yang dikemas dalam kemasan kaleng, dan ada pula yang dikemas dalam plastik atau semacam polybag.

Susu bubuk rendah lemak biasanya mempunyai dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun, tidak cukup praktis untuk dibawa bepergian karena harus menyeduhnya terlebih dahulu.

Ada pula susu low fat yang dikemas di dalam kemasan kotak siap minum, dari kotak kecil hingga kotak besar. Kotak kecil akan lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Tetapi, ketika sudah dibuka, isinya harus cepat dihabiskan agar tidak terkontaminasi atau cepat basi.

Rekomendasi Susu UHT Low Fat yang Praktis dan Siap Minum

Greenfields UHT Low Fat Milk

Greenfields menghadirkan susu low fat yang cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. 1 liter susu bisa didapatkan dengan harga di bawah 50 ribu rupiah. Untuk ukuran ini, Greenfields juga akan menyuplai tambahan kalori sebanyak 110 kkal dengan kadar lemak hanya 1,3%.

Harga Rp. 25.000-50.000

Diamond Low Fat Milk

Merk lainnya yang memproduksi susu rendah lemak adalah Diamond yang juga dapat Anda pilih saat sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Dalam 200 ml susu rendah lemak Diamond, terdapat 80 kkal, 2,5 g lemak total, 6 g protein, dan 9 karbohidrat (6 g gula, 3 g serat). Susu ini juga tersedia dalam kemasan kecil yang lebih praktis.

Harga Rp. 4.000-20.000

Frisian Flag Purefarm Low Fat

Produsen susu lainnya yang terkenal dengan jargon “susu saya susu bendera” Frisian Flag juga memproduksi susu rendah Frisian Flag Purefarm Low Fat dengan kemasan siap minum. Frisian Flag Purefarm Low Fat terdiri dari beberapa varian rasa seperti, Belgian Chocolate, Californian Strawberry, serta French Vanilla.

Dalam 225 g Frisian Flag Purefarm Low Fat, terdapat 120 kkal, 2,g g lemak total, 7 g protein, serta 16 g karbohidrat (16 g gula).

Harga Rp. 6.000-20.000

Ultra Milk Low Fat High Calcium

Merk susu terkenal lainnya, Ultra Milk susu memproduksi susu rendah lemak: Ultra Milk Low Fat High Calcium. Klaim-nya adalah rendah lemak, tapi tinggi akan kandungan kalsium yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk untuk menurunkan berat badan bersama dengan vitamin D.

Produk ini diambil dari hewan sapi yang setelah diperah, susu kembali disterilisasi melalui proses UHT (Ultra High Temperature) untuk memastikan bakteri patogen mati dan susu kembali steril. Meskipun proses ini dapat mengubah komposisi atau kandungan dari susu, kelebihannya susu bisa bertahan lebih lama meski tidak didinginkan.

Dalam 1 kotak (250 ml) susu Ultra Milk Low Fat High Calcium, terdapat 130 kkal, 2 g lemak total, 7 g protein, serta 20 g karbohidrat (20 g gula).

Harga Rp. 5.000-20.000

Sanitarium So Good Almond Milk

Merk So Good memproduksi susu almond So Good Almond Milk untuk Anda yang menginginkan susu vegan. Terdiri dari versi original dan versi unsweetened.

1 porsi So Good Almond Milk Original (100 ml), terdapat 29 kkal, 1,4 lemak, 0,6 protein, dam 3,6 karbohidrat total.

Harga Rp. 20.000-70.000

HiLo Teen UHT

Produk HiLo Teen sudah terkenal akan jargonnya “Tumbuh itu ke atas, bukan ke samping”. Meski menyinggung soal pertumbuhan, HiLo tidak hanya memproduksi susu untuk anak-anak, tetapi juga bagi remaja dan orang tua yang nutrisinya disajikan sesuai dengan kebutuhan usia.

HiLo memproduksi berbagai varian rasa, salah satunya rasa kopi. Untuk 200 ml HiLo Low Fat High Calcium Coffee Milk, terdapat 160 kkal, 2 g lemak, 6 g protein, serta 26 g karbohidrat.

Harga Rp. 6.000-30.000

Blue Diamond Almond Breeze

Jika Anda ingin mengonsumsi susu almond dalam menjalani program diet, Blue Diamond Almond Breeze juga hadir menjadi salah satu pilihan.

180 ml Blue Diamond Almond Breeze Almond Milk Original mengandung 45 kkal, 2 g lemak, 1 g protein 6 g karbohidrat (6 g gula).

Harga Rp. 10.000-50.000

Bear Brand Gold

Produk yang dikenal sebagai “susu beruang” ini kerap dicari orang untuk menambah daya tahan tubuh. Salah satu keluarannya, Bear Brand Gold, disebut-sebut sebagai varian terbaik karena kaya akan manfaat. Untuk seri Gold, Bear Brand mengeluarkan 2 varian berupa White Malt dan White Tea. Untuk White Malt, varian ini akan menyuplai energi agar badan tetap fit saat beraktivitas. Sedangkan varian White Tea difokuskan untuk membantu proses regenerasi kulit serta mengurangi terjadinya kerusakan sel sejak dini.

1 kaleng (140 ml) Bear Brand White Malt mengandung 110 kkal, 1,5 g lemak total, 4 g protein, 19 g karbohidrat (9 g gula).

Sementara pada 1 kaleng (140 ml) Bear Brand White tea mengandung 70 kkal, 2 g lemak total, 4 g protein, 10 g karbohidrat (8 g gula).

Harga Rp. 10.000-150.000

WRP Diet To Go

WRP Diet To Go dirancang untuk Anda yang sedang menjalani program diet, jadi produk ini dibuat dari bahan dan kandungan yang dibutuhkan oleh para pejuang diet.

1 porsi (200 ml) WRP Diet to Go mengandung 200 kkal, 5 g lemak, 12 g protein, 31 g karbohidrat (3 g serat, 22 g gula).

Harga Rp. 10.000-30.000

Oatly Oat Milk

Salah satu alternatif susu diet bagi Anda yang tidak mengkonsumsi produk hewani adalah susu oat. Sesuai dengan namanya, Oatly Oat Milk menghadirkan susu berbahan dasar oat yang kaya akan nutrisi. Susu ini memiliki tekstur yang lembut tidak seperti susu vegan pada umumnya yang memiliki konsistensi kasar saat diminum.

Dalam 100 ml Oatly Oat Milk, terdapat 59 kkal, 3 g lemak, 1 g protein, 6,6 g karbohidrat (0,8 serat, 4 g gula).

Harga Rp. 100.000-120.000
From our editorial team

Bawa Susu UHT Low Fat Saat Beraktivitas Agar Program Diet Tetap Lancar

Jika Anda beraktivitas di luar rumah, ada baiknya membawa serta susu UHT low fat di dalam tas. Pilih kemasan yang mini agar tidak merepotkan buat Anda. Pilih susu UHT low fat favorit dari rekomendasi BP-Guide di atas agar diet makin lancar dan tidak menyiksa!