Sehat dan Nikmat, Ini Dia 10 Rekomendasi Susu UHT Plain untuk Penuhi Nutrisi Harian (2021)

Sehat dan Nikmat, Ini Dia 10 Rekomendasi Susu UHT Plain untuk Penuhi Nutrisi Harian (2021)

Melengkapi 4 sehat 5 sempurna, susu memang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Dari sekian banyak produk susu yang tersedia di pasaran, susu UHT merupakan salah satu jenis susu yang kerap dikonsumsi. Rasa plain adalah salah satu varian rasa yang banyak disukai karena dinilai lebih segar dan alami. Berikut adalah 10 rekomendasi susu UHT plain yang cocok Anda pilih untuk memenuhi nutrisi harian.

Mengenal Susu UHT

Bukan rahasia lagi bahwa susu merupakan salah satu produk hewani yang memiliki segudang manfaat bagi manusia. Hadir dalam berbagai jenis olahan, salah satu jenis susu yang banyak beredar di pasaran adalah susu UHT. Susu UHT (ultra-high temperature) adalah semua jenis susu yang diolah pada suhu tinggi sekitar 135 derajat Celcius dalam waktu 1-2 detik. Pemanasan cepat atau pasteurisasi ini bertujuan untuk membunuh bakteri pada susu, sehingga aman dikonsumsi.

Berbicara mengenai susu UHT, banyak pula yang menganggap bahwa susu full cream bukanlah susu UHT. Padahal, susu UHT dan susu full cream tidak dapat dibedakan begitu saja. Susu UHT dibedakan berdasarkan proses pengolahannya, sementara susu full cream dibedakan berdasarkan kandungan lemaknya. Sehingga, semua jenis susu bisa saja masuk ke dalam katergori susu UHT, begitu juga susu full cream.

Fakta Tentang Susu UHT

Nutrisi Susu Terjaga

Diproses dengan pemanasan bersuhu tinggi, banyak yang khawatir bahwa proses ini akan memengaruhi kandungan nutrisi pada susu UHT. Tak perlu khawatir, sebab proses pembuatan susu UHT tersebut rupanya tidak menurunkan nilai gizi pada suhu. Tetapi, proses pemanasan yang tinggi ini mungkin saja mengubah kandungan lemak dan protein susu.

Meski demikian, perubahan yang terjadi tidaklah signifikan, sehingga asupan nutrisi yang diserap tubuh tetap optimal. Proses pemanasan ini justru bertujuan untuk membunuh mikroorganisme berbahaya, sehingga nutrisi pada susu tetap terjaga. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan waktu penyimpanan susu.

Dapat Dikonsumsi Anak-anak Mulai Usia 1 Tahun

Susu memang kaya akan kandungan nutrisi, namun kosumsinya juga perlu bijaksana, apalagi untuk anak-anak yang cenderung lebih sensitif terhadap makanan. Begitu pula dalam mengonsumsi susu UHT yang memiliki konsentrasi protein dan mineral tinggi. Sebaiknya, hindari pemberian susu UHT pada anak-anak di bawah usia 1 tahun.

Lapisan saluran pencernaan yang belum sempurna dapat menyebabkan si kecil mengalami iritasi pencernaan akibat protein susu. Hal ini akan berisiko menyebabkan anemia karena sistem pencernaan belum mampu menyerap makanan dengan baik. Pencernaan anak-anak yang belum siap juga akan membebani ginjal dalam menjalankan fungsinya. Pemberian susu UHT mungkin dapat dimulai ketika si kecil berusia 1 tahun, sebab pada usia tersebut sistem pencernaan telah sempurna dan mampu menyerap berbagai kandungan susu sapi.

Dapat Dikonsumsi Ibu Hamil

Tak hanya untuk anak-anak, pemilihan makanan untuk dikonsumsi ibu hamil pun harus hati-hati. Sebab, kehamilan merupakan masa yang sangat rentan. Asupan nutrisi ibu juga akan disalurkan untuk tumbuh kembang janin. Hal ini kemudian memunculkan pertanyaan, mengenai boleh tidaknya ibu hamil mengonsumsi susu UHT. Susu UHT rupanya boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan tidak secara berlebihan.

Konsumsi susu yang berlebihan menyebabkan asupan kalori berlebih dan membuat berat badan naik. Kondisi ini memunculkan risiko diabetes gestasional. Tak hanya susu UHT, ibu hamil juga diperbolehkan mengonsumsi susu pasteurisasi atau susu rendah lemak dan menghindari konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi. Susu yang tidak dipasteurisasi atau raw milk masih mengandung mikroorganisme yang dapat membahayakan ibu dan janin.

Tersedia Banyak Varian

Apakah Anda gemar mengonsumsi susu? Tentu Anda memiliki varian rasa favorit yang lebih sering dikonsumsi. Bagi Anda yang gemar melakukan eksplorasi rasa, susu UHT merupakan salah satu jenis susu dengan banyak varian rasa yang tersedia di pasaran.

Varian rasa yang beragam ini tentu bertujuan agar konsumen dapat menemukan rasa yang menjadi seleranya dalam suatu merek produk susu UHT. Selain rasa-rasa dasar seperti plain, vanila, cokelat, dan strawberry, beberapa merek memiliki varian rasa lain, seperti buah-buahan, cereal, madu, hingga tiramisu. Salah satu varian susu UHT yang menjadi favorit adalah plain atau full cream.

10 Rekomendasi Susu UHT Plain untuk Penuhi Nutrisi Harian

Greenfields Susu UHT Full Cream

Bukan rahasia lagi bahwa susu UHT varian rasa plain menjadi favorit karena sensasi rasa susunya yang alami. Salah satu produk susu UHT plain yang difavoritkan adalah Greenfields Susu UHT Full Cream. Produk asal Indonesia ini bahkan telah diekspor ke Singapura, Hongkong, dan Malaysia. Setiap susu dari Greenfields diproduksi dengan cermat, sehingga menghasilkan produk yang bermutu tinggi.

Seluruh produk susunya juga berasal dari susu segar peternakan Greenfields sendiri. Dengan demikian, Greenfields dapat menjamin bahwa produknya bebas zat tambahan, hormon, maupun antibiotik. Sapi yang diternakkan merupakan sapi pilihan yang dikelola profesional, sehingga menghasilkan susu yang berkualitas.

Harga Rp. 18.500-19.900

Indomilk Susu UHT Full Cream Plain

Produk susu UHT berikutnya yang tersedia dalam rasa plain adalah Indomilk Susu UHT Full Cream Plain. Susu keluaran Indomilk ini dibuat dengan susu sapi segar yang diproses dengan teknologi UHT dan dikemas secara aseptic. Kemasannya yang multi lapis kedap cahaya membuat kesegaran susu terjaga.

Indomilk Susu UHT Full Cream Plain mengandung beragam nutrisi, seperti Vitamin A, B2, B6, D, dan Fosfor. Susu ini bermanfaat untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Produk ini cocok dikonsumsi untuk anak di atas 1 tahun sebagai asupan kalsium dan nutrisi hariannya.

Harga Rp. 16.000-19.800

Ultra Milk Susu UHT Low Fat

Ultra Milk Susu UHT Low Fat menjadi produk Susu UHT berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Seperti namanya, susu dengan varian rasa plain ini rendah lemak dan tinggi kalsium. Selain kalsium, produk ini mengandung aneka nutrisi penting lainnya, termasuk aneka Vitamin, Protein, Fosfor, Karbohidrat, dan Magnesium.

Susu UHT produksi Ultra Jaya diproses melalui teknologi UHT dengan suhu tinggi yang mampu menghilangkan patogen di dalamnya. Produknya dikemas dalam 6 lapisan karton yang mampu melindungi kualitas susu. Ultra Milk Susu UHT Low Fat telah tersertifikasi halal, sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 17.999-19.900

Frisian Flag UHT Purefarm Full Cream

Frisian Flag adalah salah satu produsen susu ternama yang telah hadir di Indonesia selama 90 tahun. Merek ternama ini juga memiliki produk susu UHT andalan yaitu Frisian Flag UHT Purefarm Full Cream. Susu dengan rasa plain ini dihasilkan dari susu sapi segar yang berkualitas dan diolah melalui proses sterilisasi menggunakan teknologi UHT. Pemanasan pada temperatur tinggi tersebut membuat susu lebih sehat dan aman dikonsumsi.

Frisian Flag UHT Purefarm Full Cream memiliki rasa yang gurih dan banyak disukai konsumen. Tak hanya nikmat, susu UHT ini juga kaya nutrisi, seperti Protein, Vitamin B1, dan Kalsium. Produk ini baik untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi, pembentukan energi, serta membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Harga Rp. 17.000-17.700

Cimory Susu UHT Full Cream

Para penggemar yoghurt pasti sudah tidak asing dengan Cimory. Merek ini memang dikenal dengan produk yoghurtnya yang nikmat dan bervariasi. Tak hanya yoghurt, Cimory juga memproduksi susu UHT, salah satunya Cimory Susu UHT Full Cream. Susu UHT ini dibuat dari susu sapi segar yang berasal dari peternakan di Jawa Barat.

Cimory Susu UHT Full Cream mengandung Kalsium, Fosfor, Vitamin, dan Mineral yang tinggi. Rasanya yang fresh dan creamy membuatnya nikmat dikonsumsi oleh siapa saja. Produk ini diolah dengan teknologi UHT dan telah mendapat sertifikasi halal dari MUI, sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Harga Rp. 5.600-8.800

Milk Life Susu UHT Plain

Produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Milk Life Susu UHT Plain. Susu UHT ini hadir dengan rasa plain yang segar dan nikmat. Kesegaran susu selalu terjaga karena diproses langsung dari peternakan dan berasal dari sapi-sapi bahagia yang diberikan perhatian ekstra.

Milk Life Susu UHT Plain menggunakan susu sapi Frisian Holstein yang berasal dari Australia. Proses produksinya telah diawasi secara ekstra tanpa henti di suatu kawasan, sehingga kualitas produk dari Milk Life selalu terjaga. Selain bisa langsung diminum, Milk Life Susu UHT Plain juga cocok dijadikan bahan dasar makanan, misalnya kue atau puding.

Harga Rp. 4.140-6.400

Ultra Milk Susu UHT Full Cream

Selain hadir dengan varian low fat, Ultra Milk juga memiliki produk susu UHT dengan varian full cream. Susu dengan rasa plain ini berasal dari susu segar alami yang berkualitas tinggi dan mengandung beragam nutrisi di dalamnya. Apabila dibandingkan varian low fat, Ultra Milk Susu UHT Full Cream memiliki kadar lemak yang lebih tinggi. Rasanya pun lebih gurih dan legit.

Produk ini mengandung Protein, Kalsium, Mineral, dan Vitamin, yang dibutuhkan oleh tubuh. Ultra Milk Susu UHT Full Cream dikemas secara aseptic dengan 6 lapisan karton yang terdiri atas polyethylene plastic, aluminium foil, dan kertas pelindung dari ultra violet, udara, dan bakteri. Kemasan ini memastikan kesegaran susu dan kualitasnya tetap terjaga.

Harga Rp. 16.500-19.500

Diamond Milk Susu UHT Full Cream

Apakah Anda gemar membuat kue atau aneka dessert? Diamond Milk Susu UHT Full Cream bisa menjadi salah satu bahan pilihan. Susu UHT ini tak hanya bisa langsung dikonsumsi, namun juga kerap dijadikan bahan tambahan untuk usaha minuman kekinian yang berbahan susu.

Diamond Milk Susu UHT Full Cream memiliki rasa yang gurih, sehingga sangat cocok ditambahkan pada kopi, teh, atau minuman boba. Produk ini memiliki kemasan yang rapat dan steril. Susu UHT dapat disimpan di suhu ruangan apabila belum terbuka, atau disimpan pada kulkas apabila kemasan sudah dibuka.

Harga Rp. 15.000-16.000

Indomilk Kids Susu UHT Full Cream

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah Indomilk Kids Susu UHT Full Cream. Susu UHT ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan anak, seperti Kalsium, Fosfor, Vitamin A, B1, B6, D, dan Inulin. Dibuat dengan susu sapi segar, produk keluaran Indomilk ini diproses dengan teknologi UHT untuk menjaga kandungan nutrisinya.

Indomilk Kids Susu UHT Full Cream dikemas secara aseptic menggunakan kemasan multi lapis kedap cahaya dan udara. Kemasan ini memastikan kesegaran susu tetap terjaga. Produk ini cocok dikonsumsi oleh anak-anak dengan usia di atas 1 tahun. Sebaiknya segera habiskan susu apabila kemasan telah dibuka.

Harga Rp. 2.700-3.200

Frisian Flag Junio Susu UHT Plain

Frisian Flag Junio Susu UHT Plain merupakan produk terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi. Susu UHT plain ini terbuat dari susu segar yang diformulasikan khusus untuk anak-anak. Kandungan nutrisinya mampu membantu tumbuh kembang anak dan memenuhi asupan nutrisi setiap hari.

Produk ini mengandung 9 Vitamin, yaitu Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, dan D. Susu UHT ini juga diperkaya dengan 6 Mineral, yaitu Kalsium, Fosfor, Magnesium, Iodium, Zink, dan Selenium. Frisian Flag Junio Susu UHT Plain cocok dikonsumsi oleh anak-anak di atas usia 1 tahun.

Harga Rp. 2.900-3.200
From our editorial team

Pilih Susu UHT yang Tidak Disertai Gula Tambahan

Susu UHT hadir dengan berbagai jenis, mulai dari susu full cram, susu skim, hingga susu low fat. Begitu juga dengan varian rasanya yang beragam dan menggugah selera. Produk apa pun yang Anda sukai, sebaiknya pilih susu UHT yang tidak mengandung gula tambahan. Periksa terlebih dahulu label susu untuk mengetahui kandungan yang terdapat di dalam susu.