Dapatkan Manfaat Telur dengan 10 Makanan dari Telur yang Kekinian

Dapatkan Manfaat Telur dengan 10 Makanan dari Telur yang Kekinian

Telur sudah menjadi bahan makanan yang penting untuk asupan protein tubuh. Selain harga yang cukup terjangkau, berbagai macam olahan makanan dari telur yang membuat banyak orang menyukainya. Nah kalau kamu bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja, yuk coba resep makanan dari telur yang kekinian di artikel ini.

Telur Dapat Dijadikan Cara Termudah, Termurah, dan Paling Serba Guna untuk Mendapatkan Asupan Nutrisi

Banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, salah satunya ialah protein. Protein berguna untuk membentuk jaringan otot, pertumbuhan dan pengganti sel-sel otak, serta membantu hormon dalam proses pencernaan.

Salah satu makanan yang paling banyak mengandung protein ialah telur yang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan, wanita hamil, ibu menyusui, dan para lansia.

Dalam sebutir telur terdapat 11% kulit telur, 58% putih telur dan 31% kuning telur. Sedangkan kandungannya terdapat 6,3 protein, 0,6 gram karbohidrat, 5 gram lemak, serta sejumlah vitamin dan mineral. Dengan kandungan asupan protein sehat di dalamnya, menjadikan telur sebagai solusi termudah dan terjangkau untuk dikonsumsi.

Beragam Macam Manfaat Telur untuk Tubuh

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari konsumsi telur, salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung. Pada kuning telur terdapat kolin yang berfungsi meregulasi kardiovaskuler sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita jantung.

Selain itu dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3 dapat mengurangi trigliserida dalam darah yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Di dalam telur juga mengandung vitamin B6, B-12, A, D, E, K, kolin dan folat dimana vitamin B1, vitamin E dan juga kolin dapat mempercepat penyembuhan penyakit jantung.

Melindungi Otak

Salah satu makanan yang dapat membantu perkembangan otak ialah telur karena terdapat kolin di dalamnya. Mengkonsumsi telur sebagai menu yang murah, sederhana, dan mudah disiapkan menjadi pilihan yang tidak bisa kamu tinggalkan.

Dalam sebutir telur terdapat 28% kebutuhan kolin yang sangat berguna untuk tubuh. Apabila tubuh kekurangan kolin, maka dapat menyebabkan gangguan neurologis dan penurunan fungsi kognitif, serta meningkatkan risiko demensia dan penyakit Alzheimer.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Tidak hanya baik bagi organ dalam tubuh, tetapi telur juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, serta kuku. Kandungan vitamin A, vitamin B12, dan sulfur membuat telur menjadi asupan yang berperan dalam menjadikan rambut lebih kuat dan sehat. Sedangkan zat amino yang terdapat di dalamnya berperan untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Kandungan vitamin B5 yang terkandung di telur juga dapat membantu dalam memastikan sistem saraf berfungsi sebagaimana mestinya. Dan, kandungan kolagen dalam memberannya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan cerah, serta mencegah kulit keriput sejak usia muda.

Meningkatkan Profil Kolesterol

Telur memang tidak diragukan lagi mengandung kolesterol yang tinggi. Dalam telur terdapat 210 mg kolesterol sedangkan tubuh hanya membutuhkan 300 mg per harinya. Sehingga tak heran, bila telur pernah menjadi makanan yang dihindari karena kandungan kolesterol yang dimilikinya.

Kandung kolesterol yang paling tinggi terdapat pada kuning telur, tidak hanya itu kuning telur juga mengandung nutrisi penting dan asam lemak.

Namun, kandungan kolesterol yang tinggi tersebut tidak membuat kolesterol dalam tubuh meningkat karena liver akan memproduksi lebih sedikit kolesterol. Dengan banyaknya penelitian yang telah dilakukan membuat telur diyakini menjadi makanan super dengan nutrisi yang tinggi.

Meningkatkan Imun Tubuh

Salah satu makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh ialah telur. Kandungan nutrisi yang dimilikinya mengatur hormon tiriod pada tubuh, sedangkan selenium pada telur bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi telur sangat diperlukan oleh anak-anak karena lebih mudah terserang penyakit, sedangkan binaragawan juga mengkonsumsi telur untuk meningkatkan kadar protein dalam pembentukan otot.

Berbagai Macam Olahan Telur yang Kekinian dan Berbeda

Frittata

Sumber gambar www.berrykitchen.com

Olahan telur memiliki variasi yang berbeda tidak hanya dimasak dengan cara direbus atau digoreng, tetapi dimasak dengan cara dipanggang, ialah frittata. Makanan yang berasal dari Italia ini sangat pas jika dikonsumsi pada pagi hari atau siang hari dengan dilengkapi isian seperti daging, keju, sayuran, atau pasta.

Apabila kamu ingin membuat frittata ini dirumah, maka kamu bisa mempersiapkan bahan-bahannya seperti 150 gram kentang dikukus yang dipotong bentuk korek api, 1 buah wortel dipotong kotak, 100 gram buncis iris, 1 batang daun bawang yang diiris halus, 1 buah jagung yang dipipil, 50 gram keju cheddar yang diparut, 5 butir telur bebek, 150 ml susu, 1 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, dan 1 sdm minyak untuk mengolesi pan.

Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut :

  1. Kamu bisa mengocok telur yang ditambah dengan susu cair hingga tercampur rata.
  2. Masukan wortel, buncis, daun bawang, jagung, dan keju. Kemudian aduk rata.
  3. Bila sudah, tambahkan kentang halus dan aduk hingga rata.
  4. Panaskan minyak diatas panci anti lengket, kemudian tuangkan adona secara perlahan dengan diratakan.
  5. Tutup panci dan keciklan api. Tunggu hingga berubah warna menjadi kecoklatan.
  6. Angkat dan sajikan.

Telur Kukus

Makanan dari telur yang bisa kamu coba ialah telur kukus sayur di mana sangat sehat karena minim minyak. Telur kukus sayur ini dapat kamu makan untuk sarapan atau siang hari dengan rasanya yang gurih. Kamu bisa membuat telur kukus ini menjadi masakan yang berbeda seperti sup dan pepes.

Untuk membuat telur kukus sayur, kamu dapat menggunakan bahan seperti 8 butir telur ayam, 2 batang wortel yang diserut, 1 buah jagung manis yang disisir, 3 batang daun bawang, 10 siung bawang merah, 10 butir bakso, dan 2 buah sosis. Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti proses sebagai berikut:

  1. Masukan irisan bawang, bakso, sosis, wortel, jagung, dan daun bawang kedalam aluminium foil yang tahan panas.
  2. Kocok telur hingga rata, kemudian tuangkan secara perlahan ke dalam campuran sayur dalam aluminium foil.
  3. Tambahkan lada, garam, dan kaldu bubuk secukupnya.
  4. Panaskan kukusan hingga mendidih, lalu masukan campuran bahan tadi dan kukus selama 10 menit.
  5. Sajikan selagi hangat.

Egg Benedict

Sumber gambar www.nibble.id

Egg benedict dapat menjadi salah satu pilihan makanan dari telur yang tidak bisa kamu lewatkan. Rasa creamy dan lezat yang terkandung di dalamnya membuat makanan asal Amerika ini sangat pas dimakan pada pagi hari. Selain itu, makanan ini sangat mudah untuk dibuat.

Untuk coba membuat egg benedict di rumah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti 6 butir telur, 250 gram mentega tawar, 1 sdt air jeruk nipis atau lemon, 2 lapis roti bagel atau english muffin, 4 lembar beef bacon atau daging asap, 3 sendok makan cuka, 1 liter air mineral, dan daun bawang secukupnya. Prosesnya cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama buat hollandaise sauce terlebih dahulu dengan melelehkan mentega lalu disaring.
  2. Pisahkan putih dan kuning telur dari 4 butir telur.
  3. Tambahkan sedikit cuka, lalu aduk adonan di atas air yang sedang direbus.
  4. Masukan mentega leleh dan air jeruk nipis ke dalam adonan. Aduk hingga rata dan pastikan adonan telur matang terlebih dahulu.
  5. Dilanjutkan dengan memasak beef bacon hingga matang tanpa menggunakan minyak.
  6. Goreng roti bagel atau english muffin hingga berwarna kuning keemasan
  7. Panaskan air dalam wajan yang diberi sedikit cuka dan aduk hingga rata.
  8. Masukkan 2 butir telur kedalam wajan berisi air dan diamkan selama 3 hingga 4 menit. Kemudian, tiriskan. Telur rebusan ini disebut pouched egg.
  9. Sajikan egg benedict dengan meletakkan roti bagel/english muffin, beef bacon, dan pouched egg di atas piring saji secara berurutan.
  10. Siram hollandaise sauce tadi di atas pouched egg secara perlahan. Untuk mempercantik tampilan egg benedict, bisa ditambahkan daun bawang.

Egg salad

Makan olahan telur yang unik ialah egg salad di mana telur diolah sebagai layaknya salad. Salad telur ini termasuk golongan salad khas Amerika yang biasanya dimakan sebagai appetizer atau makanan pembuka.

Untuk membuat egg salad ini, kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti 3 butir telur yang direbus, 500 gram kentang yang direbus, 200 gram wortel yang direbus dan dipotong dadu, 200 gram buncis, 100 gram kacang polong, 50 gram batang seledri , mayonnaise, 2 buah tomat, lada secukupnya, garam secukupnya, pala secukupnya, dan 4 bahan asinan mentimun yang di potong dadu.

Proses pembuatannya cukup sederhana, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Kamu bisa mencuci semua sayuran hingga bersih. Lalu, dipotong berbentuk kubus dan direbus.
  2. Rebus telur hingga matang, lalu potong dadu.
  3. Campurkan semua bahan tersebut dan dicampuri dengan mayonnaise, lalu aduk hingga rata.
  4. Letakkan di piring saji, dan egg salad siap disantap

Selain itu, egg salad ini juga dapat kamu gunakan sebagai isian dari sandwich yang sangat cocok untuk sarapan. Kamu bisa mempersiapkan bahan-bahan seperti 4 butir telur rebus, 2 sdm mayonnaise botolan, 2 sdt mustard pasta, 1 sdm air jeruk lemon, 1 sdm daun dill atau peterseli cincang dan sedikit merica dan garam.

Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti proses sebagai berikut :

  1. Kupas kulit telur rebus lalu potong cincang hingga menjadi potongan kasar. Taruh di mangkuk.
  2. Kemudian masukkan mayonnaise, musatard, daun dill, merica dan garam. Aduk semua bahan hingga tercampur secara merata.
  3. Egg salad siap dijadikan isian untuk sadwich.
  4. Agar salad telur semakin menarik, kamu bisa tambahkan potongan apel hingga terasa lebih renyah. Bisa juga ditambahkan cabai bubuk atau bubuk kari agar terasa lebih kuat.

Sate Telur Puyuh ala Yakitori Jepang

Sumber gambar www.qetring.com

Telur puyuh memiliki kadar protein yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh profesional untuk meningkatkan energi. Olahan telur puyuh ini dapat menjadi pilihan yang tidak bisa kamu lewatkan, ialah sate telur puyuh di mana bisa kamu santap bersama dengan nasi hangat. Rasa yang sedikit manis serta tampilan penyajiannya yang berbeda membuat anak-anak menyukai sajian ini.

Untuk membuat sate telur puyuh ini cukup mudah, kamu bisa menyiapkan bahan seperti 30 btr telur puyuh yang direbus, 2 sdm kecap manis, 1 sdm kecap asin, 1 lbr daun salam, 2 sdt garam, 1 cm lengkuas di memarkan, 2 sdm gula pasir, 250 ml air, minyak goreng secukupnya, dan 10 buah tusuk sate. Sedangkan, untuk bumbu halusnya, kamu cukup menyiapkan 3 btr bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 btr kemiri disangrai, 1/4 sdt ketumbar, 1/4 sdt merica, dan 1 cm jahe.

Proses pembuatannya sederhana, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Haluskan bumbu halus kemudian ditumis bersama dengan lengkuas dan daun salam. Aduh hingga tercium aroma harum.
  2. Masukan telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas kulitnya. Aduk hingga rata.
  3. Tambahkan kecap asin, kecap manis, gula pasir, garam, dan air. Masak hingga matang dan kuah terlihat mengental.
  4. Bila sudah, angkat telur puyuh dan tusuk dengan tusukan sate.
  5. Sate telur puyuh siap disajikan.

Telur Awan (Cloud Eggs)

Sumber gambar club.iyaa.com

Salah satu makanan olahan telur yang sedang hits ialah cloud eggs atau telur awan di mana nama ini sesuai dengan bentuk sajiannya. Putih telur tampak seperti gumpalan awan yang mengelilingi kuning telur layaknya matahari. Sajian ini dapat kamu santap bersama dengan berbagai jenis sayur dan buah seperti avokad, tomat, daun bayam, buncis, dan lain sebagainya.

Apabila kamu ingin mencoba membuat makanan olahan telur ini dirumah, maka kamu bisa menggunakan bahan seperti telur ayam segar, sejumput garam/lada, irisan daun bawang. Proses pembuatannya sangat sederhana, yaitu sebagai berikut:

  1. Kamu bisa memisahkan putih telur dan kuning telur dengan cara membuat pecahan telur sedikit untuk mengeluarkan putih telurnya terlebih dahulu. Pastikan bila putih dan kuning telur terpisah dengan sempurna.
  2. Kocok putih telur dengan menggunakan mixer hingga bertekstur tebal, kemudian masukan lada atau garam serta daun bawang untuk menambah cita rasa.
  3. Bila sudah, letakkan adonan dalam loyang datar dan buat cekungan di bagian tengah adonan. Oven selama kurang lebih 6-7 menit.
  4. Setelah matang, keluarkan dari oven dan letakkan kuning telur pada cekungan yang sudah dibuat sebelumnya.
  5. Lalu masukan kembali dalam oven dan masak hingga putih telur berwarna kecoklatan. Cloud eggs siap disajikan.
  6. Kamu juga bisa mengkombinasikan cloud eggs dengan roti bakar, irisan daging ayam atau sapi, hingga saus keju.

Egg en Cocotte

Sumber gambar nulis.co.id

Makanan dari telur asal Perancis yang bisa kamu coba ialah egg en cocotte yang memiliki 3 bagian dengan cita rasa yang berbeda. Sajian telur yang dipanggang dalam sebuah mangkuk ini sangat cocok menjadi menu sarapan yang lezat.

Kamu bisa menyiapkan beberapa bahan berikut untuk coba membuat d irumah seperti 4 sendok makan mentega yang dilelehkan, 3/4 gelas krim tebal, 1/2 cangkir ayam rebus atau potongan lobster, udang mentah kupas kecil, bayam yang dimasak, atau beberapa potong truffle hitam, gram dan merica, 4 telur, pala, serta segenggam kecil daun bawang cincang, tarragon, peterseli atau bumbu halus lainnya.

Untuk membuatnya cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Kamu bisa memanaskan oven hingga 4000 F.
  2. Sembari menunggu oven panas, kamu bisa letakkan mentega pada 4 cangkir custard 4 ons atau ramekin dengan 2 sendok makan mentega.
  3. Kocok telur ke dalam masing-masing cangkir, lalu bumbui dengan garam, merica, dan sejumput pala.
  4. Kamu bisa membagi krim dan masukkan ke dalam cangkir dengan hati-hati hingga menutupi telur.
  5. Bumbui dengan garam, merica, dan pala, lalu top masing-masing dengan knop dari 2 sendok makan mentega yang tersisa.
  6. Atur gelas kedalam panci yang penuh dengan air mendidih. Bila sudah, pindahkan panci ke oven dengan hati-hati.
  7. Panggang telur hingga krim menggelegak di mana bagian atasnya sudah kecokelatan dan telur hampir tidak terbenam. Panggang kurang lebih selama 10 menit.
  8. Bila sudah, keluarkan telur dan taburi dengan ramuan cincang. Kamu bisa menyajikan egg en cocotte di cangkirnya dengan irisan roti panggang panas.

Telur Krispi

Sumber gambar kumparan.com

Telur krispi dapat menjadi pilihan makanan dari telur yang bisa kamu cicipi di mana olahan telur goreng ini berbeda dengan telur goreng pada umumnya. Untuk membuat telur krispi ini kamu bisa menyiapkan bahan seperti tepung terigu 1 gelas, 2 sendok makan tepung maizena, 2 butir telur ayam, penyedap rasa dan air, dan minyak untuk menggoreng secukupnya.

Dengan bahan yang mudah diperoleh tersebut, kamu bisa membuat telur krispi ini dengan proses yang cukup mudah, seperti :

  1. Kamu bisa mengocok telur dengan memberikan sedikit penyedap rasa. Lalu goreng telur seperti biasa.
  2. Iris tipis-tipis telur dadar tersebut, dan sisihkan sejenak.
  3. Campur tepung dengan maizena, dan tambahkan penyedap rasa.
  4. Bila sudah tercampur rata, pisahkan adonan menjadi 2 bagian dan tambahkan air pada salah satu adonan, sedangkan adonan lainnya dibiarkan kering.
  5. Masukan irisan telur pada adonan basah, kemudian masukkan ke adonan kering hingga rata. Lakukan proses berikut hingga irisan telur habis.
  6. Goreng pada minyak panas hingga berubah warna keemasan, lalu tiriskan.
  7. Telur krispi siap disajikan dengan saus sambal favoritmu.

Makaroni Telur

Jika kamu bosan dengan olahan telur yang biasa-biasa saja, maka kamu bisa mencoba makaroni telur. Sajian ini dapat menjadi pelengkap makan siangmu atau sebagai camilan yang menarik.

Bila kamu ingin membuat sajian ini, kamu bisa mempersiapkan bahan seperti 100 gram makaroni, 3 butir telur ayam, 2 batang keju mozzarella dan cheddar, 3 sendok mayones, 2 bumbu rasa barbeque, 3 sendok minyak goreng, saus tomat, saus cabai, garam, dan 3 sendok margarin. Proses pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan cara berikut:

  1. Kamu bisa merebus makaroni hingga empuk dan matang selama kurang lebih 10 menit, lalu tiriskan.
  2. Campurkan makaroni dengan telur, tambahkan pula garam secukupnya.
  3. Masukkan margarin di atas wajan panas, lalu goreng telur hingga matang. Aduk telur dan makaroni hingga tercampur rata.
  4. Masukkan keju mozarella, mayonaise, saus sambal, saus tomat, dan bumbu barbeque. Aduk hingga rata.
  5. Bila sudah matang, taburkan keju cheddar secukupnya.
  6. Kamu juga bisa mengkreasikan makaroni telur dengan menambahkan 1 ikat bayam yang sudah disiangi dan seduh.

Omurice

Sumber gambar sajiansedap.grid.id

Kamu bisa bereksperimen dengan sajian olahan dari telur dengan membuat omurice yang merupakan perpaduan omelet dan nasi. Omelet nasi khas Jepang ini disajikan dengan berbagai varian tambahan seperti kuah kare dan saus demi-glace, cream sauce dan jamur enoki, saus redspace, dan soboro. Kamu bisa menjadikan omurice sebagai menu sarapan yang menarik.

Bila kamu ingin membuat omurice ini di rumah, maka kamu bisa menyiapkan bahan-bahan seperti 600 gram nasi putih, 100 gram dada ayam fillet dipotong dadu, 50 gram jamur kancing segar diiris tipis, 3 lembar daging asap dipotong kotak, 2 siung bawang putih dicincang halus, 100 gram bawang bombay dicincang kasar, 50 gram paprika hijau dipotong kotak, 3 sdm saus tomat, 1 sdm kecap inggris, 1 sdt garam, 1 sdt merica bubuk, dan 2 sdm minyak sayur.

Sedangkan untuk membuat kulitnya, kamu bisa menggunakan 6 butir telur ayam, 1 sdt merica bubuk, 1 sdt garam, dan 3 sdt minyak sayur.

Proses pembuatannya cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut :

  1. Pertama tumis bawang bombay hingga tercium aroma harum.
  2. Kemudian masukkan potongan ayam yang sudah disiapkan sebelumnya. Tumis hingga ayam berubah warna.
  3. Tambahkan pula jamur kancing, daging asap, dan paprika hijau, kemudian aduk semua bahan hingga rata.
  4. Lalu kamu bisa memasukkan nasi, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
  5. Masukan juga saus tomat dan kecap inggris. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
  6. Bila sudah matang. Angkat dan bagi omurice menjadi 3 bagian. Lalu sisihkan sejenak.
  7. Selanjutnya membuat bagian kulit dengan cara mengocok telur yang sudah dicampuri dengan garam dan merica. Bagi adonan menjadi 3 bagian.
  8. Panaskan minyak di atas teflon datar, lalu tuangkan 1 bagian telur dan ratakan.
  9. Masak hingga matang, lalu angkat. Lakukan hal yang sama untuk 2 sisa adonan.
  10. Bila sudah, sambil 1 lembar telur dadar dan letakkan 1/3 bagian nasi. Gulung dan rapatkan seperti omelet.
  11. Lakukan hal tersebut hingga telur dan nasi habis.
  12. Kamu bisa menyajikan omurice dengan saus tomat di atas telur.
From our editorial team

Telur Punya Kandungan Protein yang Tinggi, Jangan Sampai Berlebihan Mengonsumsinya, Ya

Telur memang sering jadi andalan masakan rumah, tapi diingat juga bahwa semua hal yang berlebihan itu tidak baik. Apalagi, kadang timbul reaksi alergi karena kebanyakan memakan protein yang bersumber dari telur. Tapi selama wajar, telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi kok. Apalagi dengan resep kreatif makanan dari telur di atas. Hmm, yummy!