Bangun Instalasi Air Bersih di Rumah dengan 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik Ini (2021)

Bangun Instalasi Air Bersih di Rumah dengan 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik Ini (2021)

Dalam membangun instalasi air bersih tentunya diperlukan beberapa komponen, salah satunya adalah tandon air. Tandon berfungsi untuk menyimpan air bersih sebelum dialirkan. Agar bisa berfungsi maksimal, Anda bisa pilih tandon terbaik untuk keperluan instalasi air bersih di rumah.

Instalasi Air Bersih adalah Salah Satu Prioritas Membangun Rumah

Sumber gambar newsroom.arlingtonva.us

Air adalah salah satu kebutuhan penting dalam hidup dan pastinya seseorang tidak akan bisa hidup tanpa air bersih. Air bersih merupakan kebutuhan sehari-hari dan digunakan untuk keperluan memasak, mencuci, mandi, dan keperluan lainnya. Oleh sebab itulah setiap rumah atau bangunan harus dilengkapi dengan instalasi saluran pipa air bersih. Agar instalasi dapat berjalan dengan lancar serta efisien, pastikan Anda merencanakan dan membuat instalasi air dengan benar atau menyerahkan tugas tersebut kepada ahlinya.

Peralatan yang Diperlukan untuk Membuat Instalasi Air Bersih

Pompa Air

Terdapat beberapa komponen utama yang diperlukan dalam membangun instalasi air bersih. Salah satu komponen penting yang dibutuhkan adalah pompa air. Pompa air berfungsi untuk mengalirkan air dari sumber air yang digali atau sumur maupun dari perusahaan air minum ke tandon, keran, hingga bak kamar mandi.

Saat ini Anda bisa menemukan berbagai jenis pompa air untuk rumah tangga baik yang digerakkan secara manual maupun dengan menggunakan energi listrik. Pompa air juga sangat vital bagi rumah yang tidak memiliki akses air yang cukup. Selain itu, dengan menggunakan pompa Anda juga bisa menghemat waktu itu dalam mengalirkan air bersih.

Pipa PVC

Sumber gambar www.chemtradeasia.com

Anda tentu tidak bisa membangun instalasi air bersih tanpa saluran pipa. Pipa PVC adalah komponen penting dalam instalasi air bersih dan berfungsi sebagai jalan atau tempat mengalirnya air. Pipa PVC dengan beragam jenis dan ukuran bisa dengan mudah ditemukan saat ini. Umumnya jenis pipa yang digunakan adalah pipa AW yang juga digunakan sebagai saluran induk air bersih dari tangki air ke dalam rumah. Anda tidak perlu khawatir, pipa yang terbuat dari poly vinyl chloride ini aman untuk digunakan dan tidak berbahaya bagi kesehatan jika digunakan untuk mengalirkan air.

Filter Air

Sumber gambar t2conline.com

Tidak semua sumber air jernih dan bebas kotoran. Ada kalanya air tanah di suatu tempat terkontaminasi zat lainnya. Oleh sebab itu sangat penting untuk memasang filter air pada instalasi saluran air bersih. Filter adalah suatu alat yang berfungsi untuk menyaring atau menghilangkan zat kontaminan yang terdapat dalam air baik melalui proses fisika, kimia, maupun biologi. Dengan menggunakan filter air maka Anda bisa mendapatkan air keran yang bersih dan tidak mengandung zat kontaminan seperti tanah atau minyak. Jadi, sebelum membangun instalasi air pastikan Anda juga menggunakan filter air dalam sistem tersebut.

Tandon Air

Sumber gambar b2flex.com

Tandon air juga seringkali dibutuhkan dalam instalasi air bersih terutama jika pasokan air tidak lancar. Tandon sendiri adalah kontainer yang digunakan untuk menyimpan air sementara sebelum dialirkan pada keran atau saluran air lainnya. Biasanya tandon ini diletakkan di atas atap rumah. Penempatan ini bukannya tanpa alasan melainkan agar air bisa mengalir sesuai dengan gaya gravitasi. Jadi, sebelum memasang tangki air pastikan Anda mengetahui cara memasangnya dengan benar dan lokasi peletakan tandon tersebut.

Tips Memilih Tandon Air Terbaik untuk Instalasi Air Bersih

Lihat Bahan Pembuatannya

Keberadaan tandon akan sangat berguna terutama jika pasokan air sudah tidak lancar terutama saat musim kemarau. Jika Anda berencana untuk memasang tandon, Anda tentu harus mempertimbangkan beberapa hal di antaranya adalah memilih jenis tandon yang tepat. Tandon air bisa dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan material asalnya yakni fiberglass, plastik PE atau polyethylene, dan stainless steel.

Setiap jenis tandon tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda sehingga Anda perlu memastikan jenis tandon apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis tandon air yang terbuat dari fiberglass dan plastik PE umumnya lebih awet dan tahan lama namun mudah ditumbuhi jamur dan lumut.

Sebaliknya, tandon air yang terbuat dari stainless steel lebih sulit ditumbuhi jamur dan lumut dan dindingnya bersifat tidak tembus cahaya. Meski demikian tandon air dengan material stainless steel tidak cocok digunakan di daerah pesisir karena tandon bisa lebih cepat berkarat dan mengalami kebocoran. Jadi, sebelum memilih jenis tandon yang tepat ada baiknya Anda pelajari dahulu kebutuhan serta kualitas tandon yang akan digunakan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Air di Rumah

Sumber gambar decimalreviews.com

Setelah memilih jenis atau material tandon, hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyesuaikan ukuran tandon dengan kebutuhan. Pilih kapasitas tandon yang sesuai untuk rumah tangga maupun bangunan di mana instalasi tersebut akan dibangun. Biasanya untuk kebutuhan rumah tangga, diperlukan setidaknya 230 liter air per harinya untuk satu orang atau bahkan lebih tergantung dari jumlah orang yang tinggal di rumah atau bangunan tersebut. Jangan sampai Anda memilih tandon yang terlalu kecil karena bukannya bisa membantu Anda menyimpan air, tangki tersebut justru bisa merepotkan.

Kekokohan Struktur Bangunan

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih dan membeli tandon adalah dengan memperhatikan struktur kekuatan bangunan rumah. Jika Anda ingin memasang tandon pada bangunan rumah tanpa menggunakan menara khusus, pastikan bangunan tersebut memiliki pondasi yang kuat. Ingat, semakin tinggi tandon diletakkan maka semakin berat juga beban yang ditahan oleh bangunan tersebut. Akan lebih baik jika tandon diletakkan pada menara khusus yang terbuat dari logam seperti besi agar lebih kokoh. Selain dipasang diatas menara besi, tandon air dengan kapasitas lebih dari 500 liter juga bisa diletakkan pada menara yang terbuat dari beton.

Pilih yang Ada Tutup Ulirnya

Sumber gambar merkbagus.id

Terkadang hal kecil ini tidak diperhatikan saat membeli atau memilih tandon. Tandon yang bagus biasanya memiliki tutup yang berulir. Mengapa Anda harus memilih tangki dengan tutup berulir? Sederhana saja, karena tutup tangki tersebut berfungsi untuk merapatkan tangki serta menghindarkannya dari kotoran. Dengan tutup berulir, Anda juga bisa membuka tandon air tersebut jika sewaktu-waktu diperlukan.

Rekomendasi Tandon Terbaik untuk Keperluan Instalasi Air Bersih

Excel 1100L - AL 1100K

Saat membeli tandon air pastikan jika kualitasnya sudah sesuai standar dan memiliki ukuran sesuai kebutuhan. Jika Anda kesulitan membuat menara khusus tandon air, Anda bisa memilih tandon air dengan model tanam. Tangki air Tanam Excel AL 1100K adalah tandon air yang diproduksi oleh Excel dan dibuat dengan standar JIS atau Japan Industrial Standard dan telah didaftar serta dipatenkan.

Tandon air ini memiliki beberapa kelebihan di antaranya memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan jenis tangki lainnya serta mampu menghambat peresapan kimia di dalam tanah. Struktur dan kaki tandon memiliki kekuatan yang ekstra dan mampu meredam tekanan alami maupun goncangan yang terjadi di dalam tanah. Tandon ini dirancang untuk iklim ekstrem dari bisa digunakan juga sebagai tandon untuk menampung bahan kimia.

Harga Rp. 2.290.000-2.840.800

Mpoin Plus 1200L

Seringkali jamur atau lumut menjadi salah satu masalah pada tandon air dan hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas air. Tandon MPoin Plus 1200 L bisa jadi solusi yang tepat jika Anda membutuhkan tandon air antilumut.

Tandon ini dibekali dengan teknologi antimicrobial silver ion yang diimpor langsung dari Amerika dan sudah teruji mampu membasmi 99,99% mikroba seperti bakteri jahat dan jamur dalam air sehingga air lebih aman dan higienis untuk dikonsumsi dan digunakan sehari-hari. Tangki ini juga dilengkapi dengan fitur lightblock yang dapat melindungi tandon dari sinar UV atau sinar matahari sehingga tangki tidak mudah berlumut.

Terbuat dari bahan Dow Chemical America, tangki ini memiliki elastisitas 10 kali dibandingkan tandon pada umumnya, lebih kuat menahan tekanan serta tahan lama. Tidak hanya itu, tandon juga dilengkapi dengan thermal stabilizer yang dapat menstabilkan suhu panas dalam air sehingga air yang mengalir dari tangki tersebut lebih sejuk. Sistem pewarnaan compounding pada tandon juga menjamin warna tandon tidak cepat pudar meskipun terpapar sinar matahari dan cuaca panas.

Harga Rp. 763.000-1.800.000

Pennyu Tandon Air Blake Series 1000L

Tandon atau tangki air PENNYU Air BLAKE Series 1000L bisa jadi pilihan tandon air dengan kapasitas yang cukup besar hingga 1050 liter. Terbuat dari material yang kuat dan elastis sehingga tandon ini memiliki kekuatan ekstra dan tidak mudah retak.

Tandon dengan diameter 105 cm dan tinggi 148 cm ini adalah tandon air yang food grade sehingga aman digunakan untuk air minum. Dilengkapi juga dengan lapisan UV sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang serta bebas lumut. Tandon yang dibuat dengan teknologi UltraViolet resistence dan 0lux yang mampu mencegah cahaya ini cocok digunakan di iklim tropis, dikarenakan memiliki suhu yang lebih stabil sehingga tidak mempengaruhi suhu air di dalamnya.

Harga Rp. 1.287.000-1.982.000

Penguin Rotamould 4 800L

Tandon air keluaran Penguin cukup populer dan banyak digunakan untuk kapasitas rumah tangga di Indonesia. Tandon Penguin Rotamould 4 800 L adalah tandon dengan 5 lapisan material yang mampu menyimpan air hingga 800 liter. Tandon ini terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga aman digunakan termasuk untuk air minum.

Dilengkapi dengan fitur ribless dan tanpa sambungan yang dapat mengurangi risiko kebocoran. Tandon ini juga punya penstabil UV20 yang dapat menahan sinar ultraviolet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Beberapa lapisan yang ada pada tandon ini di antaranya adalah lapisan insulasi yang dapat memastikan kestabilan suhu air dan lapisan dalam Plascobrite yang memudahkan saat inspeksi. Tersedia dalam 8 pilihan warna sehingga Anda bisa memilihnya sesuai warna kesukaan atau sesuai dengan konsep warna pada bangunan rumah.

Harga Rp. 1.484.000-1.930.000

Marine Smart 1200L

Tandon Air Smart Marine 1200 L adalah tandon berdiameter 1085mm yang sudah memenuhi standar SNI dan dibuat dengan menggunakan bahan baku terbaik. Tandon ini memiliki struktur yang lebih elastis dan tidak mudah pecah sehingga tangki bisa digunakan lebih lama. Dengan sistem Lightblock, tangki ini bisa mencegah masuknya sinar matahari atau sinar UV sehingga tangki tidak mudah berlumut.

Dilengkapi juga dengan temperature stabilizer yang dapat menstabilkan suhu panas dalam air sehingga air yang dialirkan lebih sejuk. Warna tangki juga tidak mudah pudar meskipun terkena cuaca ekstrem karena menggunakan sistem pewarnaan compounding. Anda bisa memilih warna tangki yang sesuai jika menggunakan tandon yang satu ini.

Harga Rp. 1.295.000-1.927.500

Profon PS-1100

Jika Anda membutuhkan tandon air dari bahan stainless steel, Anda bisa pilih Tank PS 11pp PROFON yang satu ini. Tandon ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan tinggi 1730 mm dan diameter tandon yang mencapai 980mm. Terbuat dari material ST 304, tandon ini sudah memiliki kualitas internasional dengan presisi kepadatan dan ketebalan yang sempurna. Tandon ini juga dilengkapi dengan teknologi terbaru UV armor yang bisa menahan lapisan sinar ultraviolet sehingga bebas dari lumut. Tandon ini juga mudah dikuras dan dibersihkan sehingga bisa menjadi solusi penyimpanan air yang cocok dan elegan untuk kebutuhan instalasi air Anda.

Harga Rp. 2.915.000-5.658.000

Titan Blowing 1000L

Tandon Air Titan Blowing adalah tangki air yang terbuat dari bahan baku plastik HDPE murni yang terdiri dari dua lapisan. Kedua lapisan serta material penyusun tandon dapat menjamin kualitas terbaik sehingga lebih awet, kuat, elastis dan tahan lama. Dengan kapasitas 1000 L, tangki ini memiliki diameter 97 cm dan tinggi 142 cm. Sementara itu, lapisan luar tandon dilengkapi dengan teknologi penstabil UV untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Pada lapisan dalamnya terdapat lapisan plastik yang sudah sesuai dengan standar FDA atau food grade sehingga air yang disimpan dalam tandon tetap aman dikonsumsi.

Harga Rp. 850.000-1.554.000

Lucky Polytank Standard 1100L - LS 110

Tandon Lucky Polytank Standard 1100 Liter - LS 110 bisa jadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan tandon berdiameter besar. Dengan diameter 108 cm dan tinggi 136 cm, tandon ini dapat menyimpan air hingga kapasitas 1100 liter. Dibuat dari bahan baku polyethylene yang berkualitas tinggi, tandon ini sudah memiliki sertifikat ISO 9001:2008, SNI dan FDA.

Tandon ini juga memiliki empat lapisan di antaranya adalah lapisan pertama yang mengandung anti UV dan lapisan keduanya dibuat dari bahan yang shock absorbant yang tahan benturan. Sementara itu, lapisan ketiga adalah lapisan double protection yang memberikan perlindungan lebih sehingga mampu mencegah masuknya sinar matahari. Lapisan keempat pada tandon ini menggunakan teknologi optical brightener yang merupakan antistatic agent yang dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan lumut. Dengan kapasitas serta teknologi yang dimiliki tandon ini, Anda tidak perlu lagi meragukan lagi kualitasnya.

Harga Rp. 1.150.000-1.437.000

Excel GS 1500 1100L Stainless Steel

Tandon air Excel GS 1500 1100 Liter Stainless Steel ini juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki tangki air berbahan stainless steel. Tandon yang diproduksi oleh Excel ini menggunakan bahan stainless steel berkualitas AISI 304 asal Jepang dengan kadar nikel 8%. Pada bagian ujung bawah tandon ini terdapat lubang pembuangan sehingga lebih mudah dibersihkan atau dikuras.

Meski terbuat dari stainless steel, tandon ini memiliki double protection layer yang menggunakan teknologi Anti Rust System atau lapisan food grade yang bebas merkuri dan zink. Lapisan tersebut juga dapat mencegah terjadinya korosi pada tandon sehingga air tetap bersih dan dapat dikonsumsi. Soal desain, tandon air ini bisa membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih elegan karena memiliki dual finishing desain yang merupakan gabungan matte satin finishing dan super shine polishing sehingga menghasilkantandon dengan warna yang lebih hidup dan tidak mudah terkena noda maupun goresan.

Tandon ini juga disusun dengan Triple Bone Structure yang dapat memperkuat struktur dan menjaga daya tahan tandon dari tekanan. Produk ini mampu menyimpan air hingga 1100 liter dan bergaransi 10 tahun.

Harga Rp. 3.000.000-3.350.000

Jumbo Tangki Air 550L SK-55

Tangki Air Jumbo 550L dapat menjadi pilihan tandon air yang tidak terlalu besar. Dengan bahan polyethylene, tangki ini dibuat dengan multi layer technology di mana lapisan terdalamnya merupakan lapisan food grade yang dapat mencegah pertumbuhan lumut dan jamur sehingga air tetap aman digunakan. Lapisan tengah tandon ini memiliki ketebalan maksimal untuk menahan tembusnya panas matahari sehingga suhu di dalamnya tetap sejuk. Lapisan tengah ini juga lebih kuat dan elastis sehingga mampu menahan benturan serta tekanan dengan maksimal.

Pada lapisan terluar, tandon ini dilengkapi dengan teknologi penangkal radiasi sinar ultraviolet sehingga tidak mudah retak dan warna tandon tidak mudah pudar. Tandon dengan diameter 82cm dan tinggi 128 ini sudah memiliki sertifikat SNI dan ISO 9001 Manajemen Mutu serta disetujui oleh FDA sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan tandon ini sebagai bagian dari instalasi air di rumah Anda.

Harga Rp. 777.000-875.000
From our editorial team

Sesuaikan Tandon dengan Kebutuhan Instalasi Air Bersih

Tandon air memang bisa sangat membantu dalam menyimpan air bersih terutama jika pasokan air tidak lancar. Sebelum membeli, pertimbangkan terlebih dahulu spesifikasi tandon air dan sesuaikan dengan kebutuhan air di rumah Anda. Pastikan juga materialnya kokoh dan awet digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Tag