Mandi Air Hangat Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik! (2020)

Mandi Air Hangat Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik! (2020)

Water heater penting untuk dimiliki. Utamanya untuk Anda yang memiliki buah hati berusia balita yang pastinya membutuhkan air hangat untuk mandi. Selain itu, water heater juga bisa mempermudah Anda mandi air hangat saat ingin rileks. Nah, intip yuk apa saja yang wajib diperhatikan saat membeli water heater!

Water Heater Bikin Mandi Lebih Nyaman

Untuk Anda yang selalu memperbarui interior rumah tentu ingin melengkapi kebutuhan setiap ruangan agar lebih nyaman dihuni. Salah satu ruang yang wajib dilengkapi perabotnya adalah kamar mandi. Anda bisa membeli water heater untuk melengkapi kamar mandi Anda. Perabot yang satu ini dipastikan bisa bikin saat mandi jadi lebih asyik dan lebih nyaman.

Water heater merupakan sebuah mesin kecil yang bisa mengubah air dingin menjadi air hangat. Dengan alat yang satu ini, saat udara sedang dingin sekalipun, Anda bisa tetap merasa hangat dan bisa mandi dengan nyaman. Water heater membuat Anda tidak perlu repot lagi menghangatkan air secara manual untuk mandi.

Mungkin tidak banyak dari kita yang merasa butuh mandi air hangat. Apalagi jika cuaca sedang panas, tentu kita lebih memilih mandi air dingin. Namun, Anda wajib tahu bahwa sesekali mandi air hangat memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh lho.

Dengan mandi air hangat maka mood kita bisa lebih meningkat. Berendam air hangat bisa membantu mengurangi depresi dan sikap pesimis karena air hangat bisa menciptakan perasaan tenang dan nyaman. Saat depresi berkurang maka kita bisa tidur lebih lelap di malam hari. Kualitas tidur kita pun jadi lebih baik dan membuat tubuh jadi lebih bersemangat kala bangun keesokan harinya.

Mandi air hangat juga bisa meringankan nyeri otot. Air hangat bisa membuat sirkulasi darah jadi lebih lancar sehingga bisa membantu otot yang sakit dan kaku jadi lebih rileks. Jantung juga bisa jadi lebih sehat sehingga risiko stroke dan lainnya bisa menurun.

Dengan mandi air hangat, gejala flu bisa berkurang dan melancarkan hidung yang tersumbat. Karena mandi air hangat memiliki banyak manfaat, maka tidak ada salahnya Anda segera memasang water heater. Namun sebelumnya, kenali dulu aneka jenisnya dan cara memilihnya yang benar, ya!

Kenali Aneka Jenis Water Heater

Sebelum membeli water heater, ada baiknya Anda mengenali aneka jenisnya dulu. Ini supaya Anda bisa memilih jenis yang mana yang paling pas dengan kebutuhan Anda. setiap jenis water heater memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Pertama ada jenis solar water heater. Jenis semacam ini paling mahal harganya. Water heater solar bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ini karena produknya minim perawatan dan sangat hemat digunakan. Jika sudah dipasang, water heater ini akan bisa digunakan terus-menerus tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk listrik, tenaga, serta waktu.

Kekurangannya adalah water heater ini butuh tempat yang ideal. Lokasi rumah hingga tempat kamar mandi dan bentuknya harus sesuai. Selain itu komponen water heater ini harus langsung terkena sinar matahari. Ini membuatnya sedikti repot untuk dipasang.

Berikutnya ada jenis gas water heater. Jenis yang satu ini juga hemat meski terkenal sedikit ribet dipasang. Saat gas habis, Anda wajib mengganti LPG dengan yang baru. Tak hanya itu, Anda juga akan butuh cerobong asap untuk mengeluarkan asap hasil pembakaran. Air yang dihasilkan juga cukup panas dan cukup cepat. Dalam waktu 3 sampai 5 detik, Anda bisa mendapatkan air panas yang mengalir cepat.

Terakhir, ada jenis electric water heater. Jenis yang satu ini hadir dalam dua mode. Ada yang memakai tangki untuk menampung air panas yang dihasilkan dan ada lagi yang tanpa memakai tangki. Jenis pemanas air elektrik ini akan membutuhkan daya listrik. mode yang memakai tangki akan butuh daya 200 sampai 1200 watt. Sementara yang tanpa tangki butuh daya sampai 2000 watt.

Tips Memilih Water Heater

Perhatikan Sistem Keamanan dan Instalasi Pipanya

Saat hendak membeli water heater, Anda wajib mengecek sistem keamanan dan juga instalasi pipanya agar lebih aman dan nyaman digunakan. Sistem keamanan wajib diutamakan saat membeli water heater.

Anda tentu tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada anggota keluarga yang sedang mandi. Usahakan memilih water heater yang sudah memiliki sistem keamanan berlapis untuk meminimalisir terjadinya kebocoran gas.

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah instalasi pipa. Jangan sampai pemasangan dilakukan secara asal. Hal ini bisa memengaruhi kelancaran water heater. Jangan lupa memastikan ada dua instalasi pipa, yaitu pipa air panas dan air dingin. Dengan begini water heater bisa bekerja dengan baik.

Cek Kapasitasnya

Ketika memilih water heater, jangan lupa untuk mengecek kapasitasnya. Jumlah air yang dipakai untuk mandi tentu juga akan tergantung dari kapasitas pemanas airnya.

Untuk mengisi bathtub misalnya, setidaknya Anda akan membutuhkan water heater dengan kapasitas 50 liter untuk 1 orang dan 80 liter untuk 2 orang. Sementara itu, jika kamar mandi memakai shower, untuk dua orang Anda akan membutuhkan kapasitas setidaknya sebesar 15 liter.

Ukuran tangki water heater satu dengan lainnya berbeda-beda. Maka dari itu, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Telitilah saat memilih karena jika salah maka pengisian tangki akan butuh waktu terlalu lama jika ukuran tangkinya terlalu besar.

Pastikan Daya Listrik Memadai

Hal lainnya yang wajib diperhatikan saat memilih water heater adalah memastikan daya listriknya memadai. Ini berlaku jika Anda memakai water heater tipe electrik. Pastikan daya listrik di rumah cocok dan tidak akan mengganggu aliran listrik yang dipakai anggota keluarga lainnya.

Dengan begini water heater bisa berjalan dengan lancar dan dapat digunakan dengan tenang. Biasanya, water heater memiliki kapasitas 15, 20, hingga 30 liter. Daya listrik yang digunakan bervariasi mulai dari 350 hingga 500 watt. Besaran watt yang digunakan akan menyesuaikan tingkat panas dari air yang dihasilkan.

Cek Temperaturnya

Dalam memilih water heater, Anda juga perlu memastikan produknya bisa bekerja efisien dengan cara mengecek temperatur airnya. Ada beberapa water heater yang memiliki temperatur konstan. Namun ada juga water heater yang butuh waktu untuk bisa mengubah air jadi panas.

Water heater dengan temperatur konstan akan menghemat waktu saat menyakakan kran air. Sementara untuk water heater yang butuh waktu untuk mengubah air, maka Anda bisa menentukan seberapa suhu yang Anda inginkan.

Ini Dia Rekomendasi Water Heater Terbaik untuk Anda

Modena Unica ES 15A3

Modena Unica ES 15A3 menjadi rekomendasi pertama kami untuk Anda. Water heater yang satu ini memiliki desain yang modern. Produk yang satu ini tampilannya elegan dengan warna dasar putih dan tombol berwarna hitam.

Water heater ini mampu menampung 15 liter air dalam tangkinya. Ini cukup untuk 2 hingga 3 orang anggota keluarga. Water heater ini sangat aman digunakan karena ada fungsi electric safety untuk mencegah korsleting listrik.

Selain itu, ada juga fitur overheating safety untuk mencegah panas yang berlebihan. Ukuran produk ini adalah 389 mm x 301 mm x 389 mm dengan bobot 8,6 kg.

Harga Rp. 1.759.000-3.831.000

Ariston Andris Lux

Ariston Andris Lux Elemen merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan desain yang keren. Water heater ini merupakan produk dari Italia.

Ada keamanan ELCB (Earth-leakage circuit breaker) yang bikin alat ini super aman digunakan. Thermostatnya juga akurat sehingga Anda lebih mudah menyesuaikan suhunya.

Produk ini hadir dengan lapisan incoloy enamel untuk membuatnya jadi tahan lama digunakan. Produk berkapasitas 30 liter ini membutuhkan daya listrik sebesar 800 watt. Untuk memanaskan air akan butuh waktu 1 jam 58 menit pada pertama kali pemanasan. Ukuran produk ini adalah 430 x 440 x 430 mm.

Harga Rp. 2.500.000-4.488.000

Electrolux EWE241HX-DW

Electrolux EWE241HX-DW ini juga bisa jadi andalan Anda sekeluarga. Water heater terbaik yang satu ini harganya sangat terjangkau namun tetap akan memberikan kualitas terbaiknya. Ada fitur Double Action Termostat pada produk ini.

Fungsinya adalah untuk mempercepat proses pemanasan air dan membuat Anda jadi lebih hemat listrik. Water heater ini juga memiliki hitting Indicator lamp jadi lebih menarik tampilannya.

Ada juga pengaturan manual yang membuat Anda jadi lebih mudah mengaturnya. Pemanas air ini membutuhkan daya 2400 watt.

Harga Rp. 2.505.000-5.746.000

Water Heater Aqua Aes10V-Q1

Jangan melewatkan Water Heater Aqua Aes10V-Q1 Safe Care PTO10. Produk yang satu ini hadir dengan desain tangki perlindungan ganda.

Selain itu, ada dua tingkatan perlindungan pada proses pemanasan air. Tangki produk ini berkapasitas 10 liter. Produk ini membutuhkan daya 200 watt untuk menghasilkan panas. Desainnya minimalis dan keren untuk menjadi hiasan interior rumah juga.

Harga Rp. 1.300.000-2.880.000

Rinnai Water Heater Rinnai RES-EC010

Anda tentu tidak akan melewatkan Rinnai Water Heater Rinnai RES-EC010. Ini adalah water heater terbaik selanjutnya. Produk ini hadir dengan ELCB yang supersensitif.

Dengan begini Anda lebih aman memakainya tanpa takut korsleting. Produk yang satu ini hadir dengan tangki 10 liter. Water heater ini juga memiliki efisiensi pemanas yang tinggi jadi bisa menghemat listrik Anda.

Water heater ini memiliki ukuran 278 mm x 278 mm x 420 mm. Bobot produk ini adalah 5,6 kg. Produk elektrik yang satu ini praktis digunakan dan tidak butuh ribet untuk menginstalnya.

Harga Rp. 1.310.000-2.085.000

Sanken SWH-PR100L/P

Sanken SWH-PR100L/P juga bisa jadi pilihan Anda selanjutnya. Water heater keren ini memiliki kapasitas hingga 100 lier. Produk ini adalah pemanas air tenaga surya alias solar.

Alat ini bisa menampung air supaya Anda tidak perlu menunggu lama untuk menggunakannya. Ada sistem thermosiphon yang membuat air dalam tabung jadi cepat panas. Pada alat ini ada banyak fitur penting seperti Sensor Terpadu, Digital Solar Controller, Anoda Magnesium, hingga Katup Electromagnetic.

Dengan aneka fitur tersebut, meski cuaca sedang mendung, maka Anda tetap bisa menikmati air panas. Dengan produk ini maka volume airnya bisa dipakai untuk 4 orang. Teknologi yang ada dalam alat ini membuat Anda lebih hemat waktu dan tenaga.

Harga Rp. 8.400.000-14.000.000

Modena Casella – ES 30DR

Modena Casella – ES 30DR ini merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Water heater yang satu ini memiliki pengaturan temperatur digital.

Ada juga fitur electric safety dan pressure safety valve sehingga Anda lebih aman memakai water heater keren ini. Alat ini juga lengkap dengan overheating safety sehingga tidak bikin was-was saat digunakan.

Desainnya juga keren dan minimalis. Dilengkapi remote control, Anda jadi lebih mudah mengontrol alat ini. Kapasitas airnya adalah 30 liter dengan daya listrik 800 watt. Produk ini juga memiliki display info waktu pemanasan.

Harga Rp. 2.400.000-6.321.000

Ariston Fast R

Ariston Fast R bisa jadi rekomendasi berikutnya. Water heater yang satu ini bisa memberikan banyak kemudahan. Alat ini sangat nyaman dan aman digunakan tanpa Anda perlu khawatir terhadap kapasitas listrik.

Ada 2 pin untuk pemanasan yang lebih cepat. Anda bisa memakai menggunakan keran pencampur atau tanpa keran pencampur. Water heater ini dilengkapi garansi 3 tahun. Tekanan air yang dihasilkan maksimal adalah 3,8 liter.

Produik ini berkualitas standar Eropa jadi sangat bagus. Saat airnya sudah terlalu panas maka heater bisa mati otomatis. Aliran gas juga bisa berhenti jika tak ada api maka risiko kebocoran gas bisa diminimalisir.

Harga Rp. 1.265.000-1.400.000

Wasser WH-506A

Wasser WH-506A juga bisa jadi andalan Anda. Produk yang satu ini hadir dengan kapasitas 5 liter per menit. Dengan harga terjangkau, Anda bisa menikmati water heater berkualitas ini. Desainnya minimalis dan sangat stylish.

Produk ini juga memiliki fitur penyaring sehingga bisa memberikan perlindungan ekstra untuk menyingkirkan partikel berbahaya pada air. Ukuran produk ini adalah 290 x 170 x 402 mm dengan berat 5 kg. Water heater dengan gas ini bisa digunakan dengan LPG atau LNG.

Harga Rp. 1.350.000-1.980.000

Water Heater Paloma Gas PH5RX

Water Heater Paloma Gas PH5RX adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Produk yang satu ini bisa bikin Anda lebih irit pengeluaran. Water heater ini memakai gas untuk bekerja.

Produk ini sangat keren karena sudah lengkap dengan pembersih spuyer untuk menjaga saluran gas tetap bersih. Ukuran produk ini adalah 360 mm x 288 mm x 141 mm. Desainnya juga keren sehingga indah dipandang.

Harga Rp. 2.400.000-3.769.000
From our editorial team

Pastikan Water Heater Dilengkapi Garansi

Saat membeli water heater, Anda bisa membeli secara langsung ke toko atau bisa juga membeli secara online. Dimanapun Anda membelinya, pastikan saja bahwa produknya dilengkapi denagn garansi. Ini penting untuk memastikan bahwa kita bisa menukarkan produk tanpa biaya tambahan apapun. Jika terjadi kerusakan pada produk, kita jadi tidak perlu bingung mencari perbaikan dan lainnya. Denagn adanya garansi maka daya tahan produk pun bisa dipertanggung jawabkan dan kita bisa memakainya tanpa was-was. Cek rekomendasi produk water heater di atas, ya!

Tag