10 Rekomendasi Cairan Pembersih Kamar Mandi untuk Menghilangkan Noda Membandel di Kamar Mandi (2020)

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Kamar Mandi untuk Menghilangkan Noda Membandel di Kamar Mandi (2020)

Sumber gambar cleaning.lovetoknow.com

Membersihkan kamar mandi terkadang menjadi menyebalkan ketika sulit menghilangkan noda yang ada pada perabot kamar mandi tersebut. Namun, jangan khawatir karena BP-Guide memiliki 10 cairan pembersih terbaik yang bisa digunakan saat membersihkan kamar mandi. Check it out!

Salah Satu Langkah Menjaga Diri dari Covid-19 Adalah dengan Selalu Membersihkan Area Rumah Kita

Sumber gambar bestlifeonline.com

Meski era normal baru sudah datang, pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita masih tetap harus waspada dan selalu menjaga kebersihan setiap saat. Rumah sebagai tempat menghabiskan sebagian besar waktu bersama keluarga harus tetap bersih dan steril. Apalagi jika kamu termasuk orang yang sudah mulai aktif beraktivitas di luar, kamu harus memastikan tidak ada kuman atau virus yang terbawa masuk ke dalam rumah.

Pandemi Corona memang sangat berbahaya dan menyebabkan ratusan ribu nyawa melayang di seluruh dunia. Namun penularan dapat dicegah dengan selalu membersihkan diri dan membersihkan rumah secara rutin. Terutama benda-benda yang sering kita sentuh seperti gagang pintu toilet, keran wastafel, sakelar lampu, meja, kursi, dan lain sebagainya.

Pastikan kamu memiliki peralatan dan pelengkapan kebersihan yang memadai di dalam rumah. Virus Corona terbukti bisa mati setelah terkena cairan alkohol dan larutan anti-bakteri lainnya.

Tips Membersihkan Rumah agar Selalu Sehat

Bersihkan Area yang Sering Digunakan dan Disentuh secara Rutin

Mungkin saja kita bisa menghindari sentuhan atau kontak langsung di luar rumah. Namun hal ini hampir mustahil dilakukan di dalam rumah. Mau tidak mau kamu akan menggunakan barang-barang yang sama dengan keluarga. Padahal penularan virus Corona yang terjadi di dalam rumah antar anggota keluarga sudah banyak kasusnya.

Hal ini bisa dicegah dengan membersihkan benda-benda yang sering disentuh dan area-area rawan terjadinya kontak. Misalnya seperti gagang pintu, keran, hingga remote TV. Semprot benda-benda tersebut dengan disinfektan atau alkohol dengan kadar di atas 70% untuk mematikan semua virus yang menempel. Jangan lupa juga bahwa handphone juga bisa menjadi sarang virus.

Bersihkan layar dan sisi belakang handphone dengan menggunakan cairan pembersih. Jadikan ini sebagai rutinitas harian. Bila perlu, segera bersihkan benda yang harus kamu pegang sebelum disentuh oleh orang lain.

Sirkulasi udara dan pasokan sinar matahari juga penting. Oleh karena itu, buka pintu dan jendela rumah setiap pagi supaya rumah tidak terasa pengap dan udara di dalamnya bisa berganti dengan udara yang lebih bersih.

Gunakan Masker dan Sarung Tangan

Di era pandemi seperti sekarang ini, masker dan sarung tangan harus jadi teman baikmu. Bukan hanya saat keluar rumah saja lho, kamu juga harus mematuhi protokol kesehatan saat membersihkan rumah. Tujuannya tentu saja untuk melindungi diri agar kamu terhindar dari paparan virus yang menempel pada benda-benda yang ada di rumahmu.

Masker yang kamu pakai haruslah dilengkapi dengan filter atau penyaring yang bisa mencegah kuman dan bakteri masuk ke dalam organ pernapasan. Disarankan menggunakan masker bedah dan sarung tangan bedah sekali pakai karena dikhawatirkan ada virus yang menempel selama pembersihan.

Begitu selesai membersihkan rumah, kamu harus langsung mandi dan berganti baju. Jangan lupa rendam dan cuci bersih lap yang digunakan untuk membersihkan tadi ya.

Mandi dan Berganti Baju Setelah Membersihkan Rumah

Menurut badan kesehatan dunia WHO, virus Corona bisa mati oleh kandungan yang ada di dalam sabun dan air mengalir. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik sebelum dan sesudah menyentuh benda apa pun.

Sebelum berkontak dengan anggota keluarga, jangan lupa cuci tangan di depan rumah dan langsung mandi dan berganti baju setelah masuk ke dalam.

Namun, mencuci tangan saja tidak cukup, kamu bisa mandi dan berganti baju untuk memastikan dirimu benar-benar bersih. Kebiasaan ini juga wajib diterapkan ketika kamu selesai beraktivitas di luar rumah.

Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

Sumber gambar www.thejakartapost.com

Setelah memahami prosedur yang benar, kini kamu tinggal memilih cairan pembersih yang tepat. Kuman dan virus hanya bisa mati oleh cairan disinfektan atau alkohol dengan kadar minimal 70%. Tanpa adanya kedua atau salah satu dari kandungan tersebut maka cairan yang kamu gunakan tidak akan efektif untuk membunuh virus.

Kamu juga bisa membuat sendiri cairan disinfektan, lho. Bahan yang kamu butuhkan adalah cuka apel dan air. Campurkan kedua bahan tersebut dalam satu wadah, aduk sampai benar-benar merata. Kemudian pindahkan ke dalam botol semprotan dan gunakan setiap saat kamu membutuhkannya.

Tips Memilih Pembersih Kamar Mandi

Jenis

Sumber gambar valetmaids.com

Kamar mandi adalah tempat yang sangat dibutuhkan di dalam rumah. Sayangnya kondisinya yang lembap membuat kamar mandi menjadi lebih mudah ditumbuhi berbagai macam virus dan bakteri. Itulah mengapa kamar mandi wajib dibersihkan secara rutin. Jangan lupa gunakan cairan pembersih yang mampu membasmi kerak dan kotoran di dalamnya.

Jenis pembersih yang biasanya digunakan untuk membersihkan kamar mandi adalah karbol. Karbol mengandung formula yang lebih kuat sehingga lebih efektif jika digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Setelah dibersihkan dengan karbol, kamar mandi akan terlihat lebih harum, lebih bersih, dan bebas dari kerak.

Komposisi Bahan

Berbeda dengan pembersih lantai biasa, pembersih yang digunakan untuk membersihkan kamar mandi harus memiliki kandungan bahan aktif yang lebih banyak. Di antara bahan aktif yang ada dalam produk pembersih kamar mandi adalah klorin.

Klorin memang banyak dipakai untuk membersihkan kolam. Namun, tidak jarang bahan kimia ini juga ditemukan di dalam produk pembersih kamar mandi. Klorin mampu bekerja mengatasi jamur dan kotoran. Salah satu keunggulan klorin adalah tidak kehilangan kemampuan dalam membersihkan kotoran meski sudah dilarutkan di dalam air.

Selain klorin, senyawa kimia yang juga banyak digunakan dalam cairan pembersih kamar mandi adalah hidrogen klorida atau HCl. Sama seperti klorin, senyawa ini juga keras dan berbau tajam sehingga kamu harus menghindari kontak langsung dengan kulit saat menggunakannya.

Ampuh atau Tidaknya

Sumber gambar www.hgtv.com

Hal yang terpenting dalam memilih sebuah produk pembersih kamar mandi adalah keampuhan produk tersebut. Kamar mandi merupakan ruangan yang paling banyak mengandung virus, kuman, dan bakteri sehingga diperlukan pembersih dengan kekuatan yang lebih besar daripada pembersih lantai biasa.

Pastikan pembersih yang kamu pilih dapat membersihkan segala macam permukaan mulai dari stainless steel, kaca, plastik, hingga keramik.

Cairan Pembersih Kamar Mandi Terbaik

Astonish

Astonish Fresh Breeze Bathroom Cleaner adalah pembersih yang diformulasikan menggunakan bahan-bahan khusus. Bekerja membersihkan kerak, buih sabun, dan noda yang menempel pada permukaan kamar mandi. Kandungan yang ada di dalam produk ini dapat melindungi, membersihkan, dan membuat kamar mandi kembali mengkilap.

Dikemas dalam botol spray untuk memudahkan penggunaan. Bersihkan kamar mandi secara rutin menggunakan produk ini dan gunakan lap bersih untuk mengelap nodanya. Produk ini juga memiliki bau wangi yang segar untuk kamar mandimu.

Harga Rp. 65.163-173.000

MR. MUSCLE

Produk rekomendasi berikutnya adalah Mr. Muscle Pembersih Kamar Mandi. Pembersih yang satu ini sangat ampuh dalam membunuh bakteri dan menghilangkan noda sabun yang menempel di permukaan kamar mandi. Bisa juga digunakan untuk membersihkan keran dalam kamar mandi dan shower box supaya tampak mengkilap seperti baru.

Dengan menggunakan pembersih serbaguna ini, kamar mandi akan tampak semakin cemerlang, bebas kuman, dan berbau harum. Praktis digunakan karena tidak perlu dibilas. Bersihkan kamar mandi secara rutin agar selalu bersih dan terbebas dari kuman.

Harga Rp. 15.400-20.800

Gurilap

Gurilap merupakan terobosan terbaru dalam produk pembersih kamar mandi. Diformulasikan dengan bahan-bahan yang ampuh untuk mengangkat kerak, jamur, dan membersihkan kotoran yang membandel. Bekerja 100 kali lebih cepat dibandingkan pembersih lainnya.

Kandungan di dalam cairan pembersih ini aman untuk bahan-bahan porselen yang ada di kamar mandi dan juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan berbahan metal. Cara menggunakannya cukup mudah, sapukan cairan ke permukaan yang akan dibersihkan dengan kuas. Tunggu beberapa saat lalu gosok secara perlahan dan bilas dengan air.

Harga Rp. 82.000-90.000

SNAP CLEAN Bowl Getter

Pembersih bernama SNAP CLEAN Bowl Getter ini sangat efektif dalam menghilangkan semua noda dan kotoran yang membandel pada kamar mandi seperti toilet bowl, keramik, urinoir, dan kloset. Cairan ini memiliki sifat disinfektan sehingga bisa mematikan semua kuman dan bakteri yang menempel di kamar mandi.

Mudah dan praktis digunakan, membuat permukaan kamar mandi menjadi bersih dan mengkilap dalam sekejap. Saat bekerja dengan produk ini, gunakan sarung tangan karet untuk melindungi kulitmu dari kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya. Produk ini juga bisa membunuh kuman dan bakteri yang ada di septic tank.

Harga Rp. 45.000-77.000

Degra Simba Pembersih Organik Kamar Mandi

Degra Simba Pembersih Organik Kamar Mandi dihasilkan dari limbah organik yang kemudian diolah kembali menjadi produk pembersih kamar mandi. Bahan aktif di dalam pembersih ini adalah simbiosis bacteria yang mampu membunuh bakteri patogen, mengurai limbah yang ada di dalam septic tank, dan mencegah pencemaran yang ada di air sumur.

Kandungan microba lain yang ada di dalam pembersih ini adalah lactobacillus, sacharomyces, acetobacter, dan bacilus yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Produk ini bekerja menjaga kualitas air sumur di dekat WC, membunuh berbagai macam kuman, dan menghilangkan bau tidak sedap di dalam kamar mandi.

Harga Rp. 20.990-90.000

Toppas Karbol Sereh Wangi

Bicara soal jenis pembersih yang paling ampuh untuk menghilangkan bau di kamar mandi, maka karbol adalah jawabannya. Aroma karbol yang kuat memang dapat membuat kamar mandi kembali segar dan berbau lebih harum.

Toppas Karbol Sereh Wangi ini termasuk yang wajib kamu coba. Karbol sereh dengan aroma wangi ini tidak sekedar membersihkan kamar mandi saja, tetapi juga mengusir kecoa dan serangga. Bahan aktif yang digunakan tidak akan merusak permukaan keramik, logam, atau kain. Aman juga untuk cat kendaraan, mesin cuci, dan lain sebagainya.

Aroma sereh yang menyegarkan dari produk ini akan membuat kamar mandi selalu harum dan bersih.

Harga Rp. 5.000-36.500

FastClean Aroma Pine Karbol

Masih tentang produk karbol, kali ini datang dari produk yang bernama FastClean Aroma Pine Karbol. Pembersih kamar mandi yang berfungsi sekaligus sebagai pewangi dan disinfektan yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit. Cocok digunakan untuk membersihkan kamar mandi, toilet, tempat sampah, dan tempat-tempat sumber bau tidak sedap. Aroma pinusnya sangat menyegarkan.

Untuk menggunakan produk ini, campurkan dengan air bersih sesuai dengan komposisi yang diinginkan. Karbol cair ini bisa dijadikan sebagai pembersih harian kamar mandi untuk menjaganya tetap bersih dan wangi.

Harga Rp. 45.000

Domestos

Domestos Anti kerak Pembersih Toilet memiliki kandungan Green Active Formula yang bekerja menghilangkan noda pada permukaan berbahan porselen, toilet jongkok, toilet duduk, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan produk pembersih ini untuk membersihkan kamar mandi setiap hari.

Cara kerja produk adalah dengan menghilangkan noda, membunuh kuman dan bakteri, menjadikan kamar mandi lebih bersih dan sehat. Sangat praktis karena satu produk yang sama bisa digunakan untuk membersihkan lantai, dinding, bak kamar mandi, hingga septic tank.

Harga Rp. 14.000-16.200

Topron Clean Power

Topron Clean Power adalah pembersih kamar mandi yang bekerja membasmi kerak membandel hanya dalam satu usapan saja. Bisa digunakan untuk membersihkan ember yang kotor, kloset, bak kamar mandi, gayung, dan permukaan lain yang menguning dan berkerak.

Bahannya aman dan ringan karena tidak berbau menyengat, tidak menyebabkan gatal-gatal pada kulit, tidak terasa panas di tangan. Dengan kemasan besar 2 liter, produk ini relatif awet dan tahan lama.

Harga Rp. 18.500-25.000

Faaz Cleaner

Terakhir ada rekomendasi produk dari Faaz Cleaner. Pembersih kamar mandi ini tidak mengandung HCl serta tidak akan memudarkan kilap pada porselen. Dapat digunakan untuk membersihkan berbagai macam permukaan seperti keramik, porselen, dan stainless steel.

Cara menggunakannya mudah, cukup oleskan dengan kuas lalu usap sampai bersih dan dibilas. Gunakan produk ini untuk membersihkan kamar mandi setiap hari.

Harga Rp. 45.000-75.000
From our editorial team

Pilih Pembersih Kamar Mandi yang Sesuai

Semakin lama digunakan, maka di kamar mandi akan muncul kerak dan bau tak sedap. Maka, diperlukanlah pembersih kamar mandi yang cocok dan sesuai. Pembersih kamar mandi yang sesuai akan membantu kita dalam membersihkan noda dan kotoran serta memberikan aroma dan sensasi segar di kamar mandi.

Tag