Nikmati Citarasa Kopi Mandailing, Kopi Terbaik Dunia dari Indonesia yang Rasanya Ngangenin di 10 Kafe Kopi Jakarta!

Nikmati Citarasa Kopi Mandailing, Kopi Terbaik Dunia dari Indonesia yang Rasanya Ngangenin di 10 Kafe Kopi Jakarta!

Citarasa Kopi Mandailing sudah ternama dan terkenal ke seluruh dunia sejak abad ke-19. Tentunya, Anda juga tertarik untuk menikmati kopi yang satu ini bukan? Simak rekomendasi tempat dan tips menikmati kopi Mandailing yang maksimal agar rasanya semakin mantab.

Kopi Mandailing, salah satu kopi terbaik namun seringkali terlupakan

Anda pecinta kopi? Tidak perlu jauh-jauh, apalagi sampai impor kopi dari luar negeri untuk menikmati kopi yang rasanya mantap. Karena, kopi Indonesia bahkan kualitasnya sudah diakui dunia, kekentalannya pas, rasanya juga nikmat.

Dari berbagai belahan daerah, semuanya memiliki produk kopi andalan. Ditanam dan diolah sepenuh hati, menjadikan produk kopi yang nikmat dan unik. Dalam tulisan kali ini, BP-Guide akan mengulas tentang kopi Mandailing, atau sering juga disebut Mandheling Coffee. Kopi ini berasal dari Mandailing, daerah yang terletak di Pegunungan Bukit Barisan, Provinsi Sumatera utara. Rasa manis dan tingkat keasaman medium, kekentalan yang pas menjadikan kopi ini sebagai kopi yang berkualitas.

Bahkan, William H Ukers, menulis dalam bukunya yang diterbitkan di New York tahun 1922, bahwa kopi ini menjadi kopi terbaik di dunia, sehingga harganya paling mahal di pasaran internasional. Bibit kopi Mandailing sebenarnya dibawa dari Jawa, di perkebunan milik Raja Wilem I pada tahun 1835. Pada tahun 1848, produksi Kopi Mandailing melimpah ruah, sampai 9,3 ton, sehingga menjadi salah satu sentral penghasil kopi terbesar di Sumatera.

Manfaat minum kopi yang harus kamu ketahui

Dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2

Sebelum lanjut ke produk Kopi Mandailing yang oke punya, kita bahas dulu apa saja manfaat dari minum kopi. Tahu tidak, berdasarkan laporan yang termuat dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry menyebutkan bahwa senyawa dalam kopi menghalangi hIAPP yakni sejenis polipeptida yang menghasilkan serat protein buruk dan berdampak negatif pada tubuh.

Nah, serat protein abnormal itulah yang hanya dimiliki oleh orang yang menderita diabetes tipe 2. Oleh karena itu, diambil kesimpulan bahwa minum kopi secara teratur bisa menekan resiko penyakit diabetes tipe II.

Dalam penelitan lainnya, disebutkan bahwa penikmat kopi kemungkinan terserang penyakit diabetes tipe II 50% lebih kecil daripada yang tidak minum kopi.

Menambah jumlah serat yang dikonsumsi

Nah, bagi yang ingin diet atau mempertahankan berat badan saat ini, maka minum kopi adalah pilihan yang tepat. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 1980 menyebutkan bahwa ada rangsangan terhadap metabolisme tubuh dari kafein yang dikandung kopi. Oleh karena itu, akan terjadi oksidasi lemak dalam jumlah besar yang bisa menurunkan berat badan.

Apalagi, kandungan serat di dalam kopi cukup besar, mencapai 1,8 gram. Meski demikian, Anda masih memerlukan makanan berserat yang lain, karena serat yang dibutuhkan tubuh Anda adalah 20 sampai 38 gram serat per hari.

Melindungi dari penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit lain yang kurang mempan menyerang para penikmat kopi adalah alzheimer. Orang yang mengkonsumsi kopi sekitar 3 sampai 5 cangkir perhari, kemungkinan terserang alzheimer lebih rendah daripada yang tidak minum kopi. Kemungkinannya malah 65% lebih rendah daripada yang tidak minum kopi.

Begitu juga penyakit demensia. Penyakit tersebut sangat kecil kemungkinannya menyerang para penikmat kopi. Penyebabnya adalah sifat dari kopi yang antioksidan. Juga, kopi menjadi lawan dari demensia vaskular yang menyebabkan penyakit demensia.

Kafe kopi di Jakarta yang menyediakan Kopi Mandailing, salah satu kopi terbaik Nusantara

Mandailing Cafe Bistro

Sumber gambar pergikuliner.com

Ingin menikmati kopi Mandailing dengan rasa yang nikmat di cafe. Nah, Anda bisa coba datang ke Mandailing Cafe Bistro. Mandailing cafe bistro terletak di Jalan Lebak Bulus 1 no. 1C Fatmawati, Jakarta.

Cafe ini buka dari pukul 10 pagi sampai 11 malam, loh. Ada berbagai jenis menu yang disediakan oleh Mandailing Cafe Bistro. Mulai dari kopi tubruk, sampai espresso dengan bahan biji kopi Mandailing.

Biaya menikmati secangkir kopi di sini sekitar Rp 100.000 untuk 2 orang.

Jakarta Coffee House (JCH)

Sumber gambar cikopi.com

Tempat lainnya yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati Kopi Mandailing adalah Jakarta Coffee House (JCH). Tempat ini merupakan penjual, pengecer sekaligus konsultan khusus Arabika di Indonesia. Di tempat ini, kita juga akan mendapat pengetahuan asal kopi, metode pencampuran, dan sebagainya.

Kualitas pembuatan kopi di JCH juga sangat detil dan diperhatikan. Jadi, kopi yang tersedia di cangkir kita, adalah kopi yang dibuat dengan penuh citarasa. Ada banyak jenis kopi yang dijual di JCH, seperti Espresso, Iced Durian latte, dan berbagai jenis lainnya. Tapi, tentunya Anda wajib menikmati Kopi Mandailing di JCH.

JCH terletak di Jalan Cipete Raya No. 2, Fatmawati, Jakarta. JCH dibuka mulai pukul 09.00 sampai 00.00 setiap harinya. Anda hanya perlu merogoh kocek sedalam Rp 80.000 untuk mendapatkan kopi Mandailing sebanyak 200 gram.

Pollung Cafe

Sumber gambar pollungcafe.com

Ingin menikmati kopi Mandailing, sambil mencoba kuliner khas Batak? Pollung Cafe tempatnya. Lebih aman, karena makanan Batak yang dijual di sini dijamin kehalalannya. Anda bisa mengunduh aplikasi Pollung Cafe dari Play Store di Android atau iOs untuk pemesanan dan reservasi tempat.

Lokasi ini didesain keren, santai dan ada live music-nya, loh. Juga ada lokasi yang sering dijadikan tempat reunian sampai arisan di dalam cafe ini. Terpenting, Anda bisa menikmati Kopi Mandailing di Cafe ini.

Silahkan datang saja ke alamatnya di Jalan Ciliman, No,1 Jakarta Pusat. Cafe ini sudah mulai buka pukul 07.00 sampai pukul 22.00. Selain Kopi Mandailing, juga ada Kopi Sidikalang yang memiliki keunikan tersendiri, dijual di sini.

Kopi Sae

Sumber gambar bintaro.online

Kedai kopi Sae merupakan tempat yang menawarkan suasana hangat yang menjadikan Anda akan kangen kembali ke tempat ini. Kedai kopi satu ini didirikan oleh Dedi Hadiat.

Menariknya lagi, Anda bisa memesan jenis kopi dari seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua di kedai ini. Meski tidak pernah belajar Barista, namun pemilik kedai ini belajar secara otodidak dan dengan para senior di komunitas kopi. Sehingga, kopinya tidak dicampur dengan asal-asalan, dan dibuatnya dengan sepenuh hati.

Jenis kopi yang dijual di sini hanya jenis kopi tubruk dan kopi saring (dripped). Selain itu, juga ada kopi susu. Karena menjual kopi dari seluruh Indonesia, maka Anda juga bisa menikmati kopi Mandailing di sini. Silahkan datang saja ke Bintaro Trade Centre PMKA 54, di jalan Jendral Sudirman Pd Jaya, Pd Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten. Kedai ini buka mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Kopi Progo

Sumber gambar breaktime.co.id

Tempat minum kopi yang satu ini terletak di Bandung. Tujuan berdirinya adalah untuk mengenalkan dan mempopulerkan kopi Nusantara dengan kemasan yang berkelas internasional. Tidak hanya kopi, Anda juga bisa memesan makanan, juga cemilan untuk dinikmati sambil ngopi.

Kopi yang menjadi andalan di Kopi Progo adalah kopi kurma. Kopi satu ini merupakan kopi dingin dengan campuran kurma yang sudah diblender dan rasanya sangat nikmat. Kopi Progo juga menjual jenis kopi dari nusantara, termasuk diantaranya Kopi Mandailing.

Jadi, ingin menikmati kopi Mandailing, silahkan datang ke Kopi Progo di jalan progo no.22, Bandung. Lokasi Kopi Progo di Jakarta terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kopi tubruk di Kopi Progo dijual dengan harga mulai dari Rp 15.000 per gelas.

Tanamera

Sumber gambar indoindians.com

Nama kedai kopi satu ini berasal dari kata "Tanah Merah". Tanah merah merupakan salah satu jenis tanah yang bisa menghasilkan kopi terbaik. Oleh karena itu, Tanamera Coffee menyajikan produksi kopi terbaik dari seluruh Nusantara dengan penyajian yang mantap dan rasa yang nikmat.

Anda bisa mengunjungi Tanamera Coffee di office Park Thamrin City, di Jalan Thamrin Boulevard, Tanah Abang, Jakarta. Tidak terlalu sulit menemukannya, karena Tanamera Coffee tampak begitu mencolok dengan bentuk ruko warna hitam dan tulisan berwarna merah.

Kopi Mandailing juga dijual di Tanamera Coffee. Anda juga bisa menemukan kopi dari daerah lainnya di Indonesia yang juga punya citarasa unik dan nikmat. Kedai ini buka mulai pukul 07.00 sampai 22.00 WIB.

Warung Kopi Mandailing

Sumber gambar pabrikultur.com

Tempat lainnya adalah Warung Kopi Mandailing. Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa Kopi Mandailing merupakan menu unggulan dari warung kopi satu ini.

Rasa dari Kopi Mandailing yang nikmat dan unik bisa Anda nikmati di sini. Penasaran bagaimana rasa kopi di Warung Kopi Mandailing? Silahkan datang ke Jalan Pd Rangon Sel, Cipayung, Jakarta Timur.

Watt Coffee

Sumber gambar manual.co.id

Kopi Watt terletak di Kwitang, dan membuka satu cabang di wilayah Kemang. Anda bisa mengunjungi tempat ini, tepatnya di alamat Jalan Kwitang Raya no. 14 Senen, Jakarta. Kopi Watt buka mulai pukul 08.00 pagi sampai 22.00.

Menu yang dihadirkan antara lain kopi hitam, dengan bahan biji kopi dari berbagai wilayah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Tentunya, Anda juga bisa memesan Kopi Mandailing di sini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memesan kopi flat white, latte dan cappuccino di sini. Untuk bersantai dengan teman-teman, lokasi ini sangat pas dan recommended. Apalagi ada sinyal Wifi yang super cepat, untuk menambah kenyamanan Anda.

Kedai Locale

Sumber gambar zomato.com

Kedai Locale merupakan kedai yang mengusung berbagai jenis kopi, makanan, cemilan khas Indonesia. Kopi dan kuliner dari berbagai wilayah Indonesia, bisa Anda temukan di kedai ini. itulah kenapa nama kedai ini adalah "locale" karena ingin mengusung tema lokal sebagai menu andalan di cafe ini.

Kopi menjadi salah satu kekuatan dari kedai ini. Berbagai jenis kopi dari daerah penghasil kopi terbaik Indonesia dihadirkan di sini. Termasuk di antaranya Kopi Mandailing.

Anda bisa mengunjungi lokasi ini di Jalan Balai Pustaka timur C6, Rawamangun, Jakarta timur. Kedai Locale buka mulai pukul 10.00 sampai 23.00 WIB.

Anomali

Sumber gambar detik.com

Ini juga tempat ngopi yang recommended. Anomali Coffe sejak awal berdiri sudah konsisten mengembangkan kopi asli Indonesia dari berbagai tempat di Indonesia. Ditambah lagi desain ruangannya yang keren dan ngangenin, dan pemandangan aksi para Barista yang meracik kopi.

Selain kopi, juga ada cemilan dan makanan yang bisa Anda pesan untuk menemani kopi Anda. Anda bisa datang ke Anomali Coffee di Jalan Senopati no. 9, Senopati, Jakarta. Mulai buka pukul 07.00 sampai pukul 23.00 WIB.

Segelas Kopi Mandailing di Anomali Coffee, dijual dengan harga mulai dari Rp 27.000 per cangkirnya. Begitu juga dengan berbagai kopi dari Sumatera, Flores dan berbagai daerah lainnya di Indonesia. Hanya kopi Papua saja yang lebih mahal di kedai ini.

From our editorial team

Nikmati Rasa Kopi Mandailing yang Ngangenin dan Romantis

Dengan paduan rasa yang sedikit asam, pahit, manis dan sensasi floral dan fruity menjadikan menikmati kopi Mandailing menjadi hal yang wajib bagi pecinta kopi. Rasanya ngangenin dan romantis, di setiap tegukan dan tetesnya. Kopi terbaik Indonesia dan termasuk dalam jajaran kopi terbaik dunia, jadi penasaran ingin menikmatinya, kan?

Tag